Siklus Berjualan yang Mujarab dalam Digital Marketing

Saat kita berjualan, agar siklus jualan kita bisa menjadi tahap siklus berjualan yang berjalan seiringan dan berkesinambungan serta memiliki konsep jangka panjang, maka kita perlu memahami tiga prinsip dasarnya.

Pertama: kita menjadikan ORANG YANG TIDAK TAHU menjadi TAHU dan tergerak untuk MEMBELI.

Tugas kita berusaha mengenalkan orang-orang di luar sana agar mengenali produk kita. Caranya bisa lewat:

Blog. Edukasi pembaca tentang beragam artikel yang berkaitan dengan produk kita. Lalu, pada bagian closing bisa diarahkan ke website jualan. Ini namanya bagian dari content marketing, atau blog for business.

Akun instagram yang khusus didedikasikan sebagai umpan. Misalkan, membuat akun berkonten informasi, kata mutiara, tips, dan sebagainya. Setelah follower banyak, baru sesekali iklan produk sendiri, bisa lewat feed bisa juga lewat story, yang diarahkan ke akun utama jualan.  Ini namanya juga bagian dari content marketing.

Intinya, kita membuat “umpan” agar orang-orang yang belum tahu tentang bisnis kita pada akhirnya tahu. Yang penting tahu dulu, kemudian pelan-pelan kita edukasi. Itulah gunanya content marketing.

 

Baca Juga: High Income Skill yang Bisa Dikuasai oleh Siapa pun!

 

Kedua: menjadikan ORANG YANG SUDAH MEMBELI menjadi MEMBELI LEBIH BANYAK LAGI.

Caranya bisa lewat:

Testimoni. Sajikan beberapa testimoni, baik dari orang-orang terkenal maupun dari para pembeli asli.

Paketan. Misalkan beli dua dapat harga sekian dan beli tiga dapat harga sekian. Jadi, calon pembeli justru malas memilih membeli satu.

Diskonan. Pasti sudah paham, ya.

Upseling. Beli produk ini dan produk lain, dapat harga sekian. Gunanya untuk melariskan produk kita yang lain yang tidak laku.

Lakukan update informasi secara berkala kepada pembeli yang sudah membeli. Itulah gunanya kita menyimpan datanya, seperti nomor WA dan alamat emailnya. Secara rutin (bukan sering), kita kirimkan kabar bahwa sedang ada promo tertentu dan penawaran tertentu kepada pelanggan yang sudah pernah membeli produk kita. Lakukan email marketing dan WA marketing dengan baik.

Ketiga: menjadikan ORANG YANG SUDAH MEMBELI agar MENGAJAK TEMANNYA untuk membeli.

Caranya adalah dengan:

Pasukan Penjualan. Berikan kepadanya peluang menjadi reseller atau agen atau affiliate. Intinya, kita mengubah pelanggan menjadi tim penjualan.

***

Lakukan ketiga siklus ini dengan baik, dan bisnis kita akan bertumbuh dengan baik.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!