Strategi Pemasaran Buku ala Paulo Coelho

Mari saya perkenalkan dengan penulis masyhur bernama Paulo Coelho. Bapak ini dikenal sebagai penulis jenius dari Brazil dengan karyanya yang begitu banyak dan anehnya best seller semua.

Beberapa yang terkenal adalah The Alchemist dan Aleph.

Loh, belum pernah baca bukunya?

Cupu sekali. Makanya, jangan kebanyakan scrolling di Instagram. Sudahlah ngabisin waktu, kamu juga nggak bisa baca karya bagus, apalagi berkarya yang bagus.

Hidup hanya sekali kok ya unfaedah, sih.

Baik, kembali membahas Bapak Coelho.

Ceritanya, hanya dalam setahun, The Alchemist, nyaris terjual satu juta eksemplar. HarperCollins, penerbit bukunya, sempat keheranan.

Kok bisa laku sebanyak itu mengingat pada saat yang sama, di situs-situs bajakan seperti The Pirate Bay, Bit Torrent, dan yang semisalnya, versi bajakan digitalnya bermunculan dengan masif.

 

Baca Juga: Menjadi Aktor Sejarah Lewat Menulis

 

Herannya, penjualan buku versi fisik bukannya menurun, malah meningkat. Tak hanya itu, selain The Alchemist, karya-karya lain Coelho juga mulai begitu banyak bermunculan di situs-situs bajakan tersebut.

Pada satu sisi, HarperCollins senang karena penjualan meningkat. Akan tetapi, efek jangka panjang dari pembajakan ini tentu mengkhawatirkan pihak penerbit. Lalu, dimulailah investigasi kecil-kecilan, dan ternyata didapati fakta bahwa yang mengunggah file bajakan tersebut justru Coelho sendiri. Bahkan, serunya, Coelho justru membuat situs bajakannya sendiri bernama Pirate Coelho.

Jeniusnya Coelho adalah, ada beberapa bagian dalam bab buku tersebut yang sengaja dihilangkan dan hanya bisa dinikmati dengan membeli buku versi cetaknya. Coelho memercayai bahwa dengan tersedianya buku karangannya secara gratis di berbagai tempat di internet akan ikut menjadi ajang marketing dan justru menjadi daya ungkit untuk meledakkan penjualan versi cetaknya.

…. dan yah, berhasil pakai banget.

Tentu saja, syaratnya juga harus dipenuhi terlebih dahulu: karyamu harus berkualitas. Kalau karyamu hanya sebatas karya-karya medioker, ya mana akan menjadi perbincangan dan perburuan banyak orang.

Ye kan …..

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!