Cat Dasar Tembok

Cat Dasar Tembok: Penting Tapi Sering Dilupakan

Cat Dasar Tembok – Halo teman-teman. Kamu saat ini sedang bikin rumah atau sedang mempercantik rumah? Nah, informasi yang bakalan saya sampaikan ini akan menjadi pengetahuan yang penting banget buat kamu. Yakni, tentang cat dasar tembok. Jangan salah, satu hal penting ini sering banget dilupain sama orang-orang saat mempercantik rumahnya.

Oke, langsung kita gas saja ya pembahasannya.

Jadi begini. Mengecat rumah adalah salah satu hal penting yang perlu dilakukan supaya tampilan rumah bisa terlihat menarik dan tidak tampak membosankan. Jelas, dong. Proses pengecatan juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena ada tahap yang perlu kamu lakukan terlebih dahulu. Salah satunya adalah cat dasar di tembok kamu. Banyak sekali yang menganggap bahwa cat dasar tembok ini tidak diperlukan dan kamu bisa langsung mengaplikasikan cat tembok.

Itu termasuk informasi yang salah, ya. Jangan kamu ikutin.

Banyak sekali yang beranggapan bahwa penggunaan cat dasar tidak diperlukan dalam konstruksi bangunan. Padahal, produsen cat sudah memberikan anjuran bahwa lapisan cat dasar sangat penting dan perlu diaplikasikan terlebih dahulu sebelum menggunakan cat utama di tembok rumah kamu.

Cat dasar tembok atau biasa disebut sebagai cat primer merupakan sebuah cat yang berfungsi sebagai pelapis dari sebuah material untuk memastikan supaya lapisan cat yang selanjutnya bisa menempel secara sempurna sekaligus melindungi permukaan supaya tidak membuat lapisan cat menjadi mudah kotor.

Jadi, peran pentingnya cat dasar tembok memang pada intinya akan membuat material tembok kamu awet dan warna cat yang kamu inginkan nantinya jadi lebih bisa memiliki hasil yang maksimal.

Eits, tapi tidak itu saja. Ada manfaat besar lainnya dari cat dasar tembok. Apa sajakah itu?

 

Cat Dasar Tembok

 

Ragam Manfaat Cat Dasar Tembok

Kamu pasti kesal kan jika memiliki tembok yang tidak rata, bocor, dan berjamur? Wajar banget sih, karena memang sangat mengganggu kenyamanan kita ketika di dalam rumah. Karena itu, penggunaan dari cat dasar tembok ini pun sangat berpengaruh dalam menutupi setiap kekurangan.

1. Melengkapi Kesempurnaan Warna Cat Tembok

Manfaat utama dari cat dasar ini adalah sebagai penyempurna warna cat tembok. Tembok yang belum di-finishing ternyata ikut dengan warna yang sama seperti warna dari material bangunannya. Sehingga tanpa diberi cat dasar, maka justru bisa menghabiskan cat tembok lebih cepat karena dibutuhkan ber-layer-layer warna.

Padahal simpelnya hanya butuh pemakaian cat dasar saja loh. Karena cat dasar ini mempunyai warna netral yang nantinya mampu meng-cover warna cat agar lebih kuat. Sehingga tidak boros-boros lagi menghabiskan cat tembok ketika ingin cat ulang rumah, bukan?

2. Daya Rekat Antara Cat dengan Tembok Jadi Lebih Kuat

Nah, yang ini jadi penting banget nih. Apalagi kalau tipe tembok kamu tuh tipe tembok yang mudah mengelupas. Sudahlah begitu, tembok kamu ada di tempat yang ekstrem kelembabannya atau tembok luar ruangan alias outdoor. Duh, makin wajib banget pakai cat dasar dinding ini, deh!

Kenapa? Ya jelas, karena untuk memperkuat daya rekat dari cat tembok itu sendiri.

3. Membuat Daya Tahan Anti Alkali atau Garam Alkali Bertambah

Fungsi umum dari cat dasar tembok, yakni untuk mencegah adanya kontaminasi zat-zat alkali yang terletak di lapisan cat, yang nanti sebenarnya bisa merusak tampilan akhir dari bagian tembok rumah. Tahukah kamu apa itu zat alkali? Nah, zat ini biasa ditemukan di material bangunan seperti bata dan juga semen.

Dengan begitu, apabila memakai warna cat dasar, tentu bisa mencegah adanya kerusakan yang ditimbulkan oleh zat ini! Selain kerusakan, zat alkali pun bisa menyebabkan proses pengapuran dinding dan menghasilkan debu yang tak sehat untuk tubuh. Karena itu, pemakaian cat dasar ini pun sangat penting, ya!

4. Menutup Pori-Pori yang Kurang Rata pada Tembok

Tidak hanya wajah dan kulit manusia yang punya pori-pori, namun tembok pun nantinya juga akan terbentuk pori-pori tersendiri yang menyebabkan permukaannya kasar. Apalagi bila tidak di-finishing, tentu sangat terlihat ketidaksempurnaan dari tembok ini kan?

Karena itu, pentingnya penggunaan cat dasar sangat berpengaruh untuk menjaga agar enak dipandang.

5. Agar Dijauhkan dari Lumut

Proteksi yang diciptakan oleh cat dasar ini, diakui sangat menjaga adanya perlindungan dalam setiap gedung. Baik rumah, perkantoran, restoran dan lain sebagainya yang ada di dalam gedung wajib menggunakan cat dasar untuk menjaga adanya tumbuh lumut dan jamur.

Apabila sudah tumbuh, maka dinding pun akan mengeluarkan air yang sering disebut dengan istilah “mengompol” yang diakibatkan karena seringnya kebocoran air tanpa dilakukan pemberian cat dasar itu sendiri.

 

Jenis Cat Dasar Tembok

Nah, biar makin kenal dengan cat dasar dinding ini, yuk kita kenali jenis-jenisnya. Karena ternyata, cat dasar tembok juga memiliki variannya. Pengetahuan ini kamu butuhkan agar kamu tidak salah pilih, jenis cat dasar tembok apa yang cocok untuk kamu pakai nantinya di tembok kesayangan rumah kamu.

1. Alkali Killer Oil Based

Jenis cat dasar dinding yang pertama adalah Alkali Killer Oil Based. Sesuai dengan namanya, cat ini memiliki bahan dasar minyak dan sangat cocok untuk digunakan pada tembok eksterior rumah yang sering terkena terpaan cuaca buruk. Kandungan di dalam cat ini akan membuat lapisan cat luar tidak akan mengalami reaksi kimia.

2. Alkali Resisting Primer Acrylic

Cat selanjutnya adalah yang memiliki bahan dasar emulsi akrilik. Cat dengan jenis ini biasanya digunakan pada dinding yang baru saja selesai dibangun. Salah satu kelebihannya adalah supaya pori-pori pada dinding bisa tertutup secara sempurna dan membuat lapisan cat terbaru bisa diaplikasikan secara sempurna.

3. Wall Sealer Primer

Cat dengan jenis wall sealer primer ini sangat baik untuk diaplikasikan pada tembok yang sebelumnya sudah pernah dicat. Lapisan cat primer akan berfungsi sebagai sealer dinding supaya cat baru bisa menempel dengan baik dan tidak menjadi mudah untuk luntur.

4. Waterproofing Sealer Primer

Apabila tembok yang akan dicat baru saja selesai dibangun dan berada di tempat yang lembap, maka sebaiknya kamu menggunakan cat primer yang berjenis waterproofing sealer. Cat primer ini mampu untuk membuat tembok tahan terhadap kelembaban yang tinggi dan mengurangi risiko tembok menjadi rembes dan basah. Cat dasar ini juga baik untuk menutup tembok yang retak.

 

Cara Menggunakan Cat Dasar Tembok

Mengaplikasikan cat tembok bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Selama cara dan proses yang kamu lakukan benar, maka cat yang sudah kamu aplikasikan bisa memiliki kualitas yang baik. Di bawah ini adalah beberapa cara untuk menggunakan cat dasar ini yang bisa kamu jadikan sebagai referensi.

Pertama, jelas dong kamu harus mempersiapkan terlebih dahulu tembok yang ingin kamu cat dasar. Pastikan supaya permukaan dari tembok sudah tidak berdebu dan kotor untuk memastikan cat primer bisa diaplikasikan secara sempurna. Tutup dan lindungi lantai dengan menggunakan kertas koran atau terpal supaya cat tidak menetes dan mengotori lantai rumah Anda.

Kedua, pilihlah jenis cat primer yang tepat sesuai dengan jenis temboknya. Apabila kamu akan mengecat eksterior rumah, gunakan cat primer yang memiliki lapisan waterproofing supaya air hujan tidak rembes dan masuk membasahi tembok.

Ketiga, aduk cat primer secara merata sebelum kamu membuka kaleng dari cat. Tuanglah cat ke sebuah wadah, lalu ambil cat dengan menggunakan rol khusus untuk cat. Aplikasikan cat secara merata pada tembok yang kamu inginkan.

Dah, itu aja, kok. Gampang, kan!

Dengan berbagai manfaat tersebut, penggunaan cat dasar ini tak hanya memberikan tampilan akhir cat yang lebih sempurna tapi juga membuat cat pada dinding menjadi lebih awet. Selain itu, kamu tak perlu khawatir mengenai total biaya karena penggunaan cat dasar ini justru akan membuat proses pembangunan dan perawatan bangunan jauh lebih hemat dalam jangka waktu panjang.

Jangan sepelekan kegunaan cat dasar ini untuk meraih tampilan hunian yang rapi, ya!

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Incoming search terms:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Maaf, konten terlindungi. Tidak untuk disebarkan tanpa izin.