Berapa Tarif Ghost Writer

Berapa Tarif Ghost Writer? Ini Cara Menentukannya!

Berapa Tarif Ghost WriterGhost writer saya masukkan ke dalam ranah high income writer karena memang bayarannya yang cukup besar. Bahkan, saya memiliki guru, yang prinsip hidupnya sederhana. Hanya cukup menerima empat project dari ghost writing saja dalam setahun, tetapi nilainya sudah sangat lebih dari cukup untuk membeli Avanza baru.

Terasa aneh sekaligus menyebalkan pada saat yang bersamaan, memang.

Kamu pasti memiliki dua pertanyaan mendasar pada bagian ini: bagaimana cara menentukan harga untuk setiap project-nya dan berapa tarif jasa ghost writer?

Yah, saya tahu. Tenang, kita akan bahas satu per satu. Sebagaimana saya bilang, satu buku ini akan benar-benar mengubah hidupmu, kalau kamu memang hobi alias suka menulis dan ingin menjadikan menulis sebagai sumber utama pemasukanmu dan bertransformasi menjadi high income writer.

Saran saya, kustomisasi sesuai dengan kebutuhan klien. Semua jangan disama-ratakan. Beberapa pertimbangan sebelum menentukan harga untuk jasa ghost writing adalah sebagai berikut:

1 – Melihat Terlebih Dahulu Kemampuan Finansial Klien

Yah, kemampuan finansial klien berbeda-beda. Artinya, kita harus jeli melihatnya. Misalkan, sangat ‘tidak sopan’ ketika memasang tarif Rp15 juta kalau kliennya Raffi Ahmad.

2 – Tingkat Kesulitan Penulisan

Nah, inilah yang menarik. Saya sendiri membaginya menjadi tiga tingkat: mudah, menantang, dan kakap. Kesulitannya berbanding lurus dengan waktu yang saya butuhkan dalam pengerjaannya.

Tingkatan Mudah

Adalah untuk project yang pengerjaannya sangat mudah. Proses penggalian data pun gampang dan pengerjaan naskahnya bisa dikerjakan maksimal dalam dua minggu. Bisa dimulai dengan tarif minimal Rp8-15 juta.

Tingkatan Menantang

Adalah untuk project pengerjaannya cukup menantang, seperti harus interview, riset, baca buku, dan pengerjaannya memakan waktu maksimal satu bulan setengah. Bisa dimulai dengan tarif minimal Rp30-45 juta.

Tingkatan Kakap

Adalah untuk yang pengerjaannya sangat-sangat ‘sulit’, dan harus mengorbankan banyak hal. Bisa dimulai dengan tarif minimal Rp120 juta. Makin sulit berarti makin mahal. Misalkan, bisa kamu pasang tarifnya minimal Rp250 juta atau Rp300 juta. Tak masalah. Asalkan kamu dan klienmu sepakat, kenapa harus ditolak, kan? Ya kali uang halal kita tolak, sih. Mana besar lagi.

‘Sulit’ di sini berarti variabelnya banyak, ya. Seperti banyaknya narasumber yang harus diwawancarai, buku-buku yang harus dibaca, tempat-tempat yang harus dikunjungi, dan lain sebagainya. Estimasi waktunya adalah maksimal tiga bulan.

Proyek penulisan untuk ghost writing sebaiknya dikerjakan tidak lebih dari tiga bulan karena jika lewat tiga bulan, akan menimbulkan biaya operasional tambahan sehingga cenderung merugikan kita sebagai ghost writer. Tetapi, tidak masalah juga kalau lebih dari tiga bulan tetapi bayaran yang kita dapat sangat bisa untuk menutupi kebutuhan dalam rentang waktu tersebut. Akan tetapi, sepengalaman saya, memiliki project yang pengerjaannya di atas tiga bulan itu sangat menyulitkan siklus hidup dan siklus pekerjaan. Jadi, sebaiknya kita memasang target yang ketat agar kita sebagai penulis bisa happy dan klien pun bisa gembira.

Untuk itu, penting sekali seorang ghost writer berdisiplin terhadap waktu dan deadline yang sudah ditetapkannya bersama klien.

Oiya, terkadang, ada juga klien yang meminta waktu pengerjaan naskah dalam durasi yang sangat pendek dengan tingkat kesulitan ‘menantang’. Asalkan klien berani membayar lebih, tak masalah project ini untuk diambil.

Intinya sih, soal tarif akan terus berkembang seiring dengan

  • perkembangan waktu dan kondisi perekonomian bangsa
  • penambahan portofolio yang kita miliki
  • pengalaman yang makin kita kuasai

Meski begitu, tarif yang saya sebutkan di atas, bisa kamu jadikan fondasi. Tentukan saja sendiri batas bawah dan batas atasmu dalam memasang tarif. Selain itu, jelilah juga melihat siapa klienmu. Jangan semua dipukul rata dengan tarif yang sama. Atau, modifikasi saja sesuai dengan kebutuhanmu, jenis klien yang datang, serta kebutuhan bulananmu. Tak perlu iri dengan pencapaian ghost writer lain. Akan lebih baik kok misalkan per bulan kamu rutin mendapatkan income Rp15 juta per bulan untuk berkali-kali project selama setahun daripada Rp45 juta hanya satu kali porject dalam setahun.

Hingga saat menulis buku ini, saya masih menerima project-project untuk ghost writing tingkat Mudah, kok. Alasannya, bisa saya kerjakan maksimal dua pekan. Misalkan, saya beberapa bulan yang lalu mengerjakan buku agama Islam untuk membantu seorang Ustadz di Jakarta. Setelah brief dan outline disepakati, langsung saya mulai pengerjaannya.

Risikonya sangat kecil, karena saya hanya melakukan wawancara sekali via Zoom. Selebihnya, saya kerjakan dengan riang gembira, karena melimpahnya sumber referensi tentang tema yang diangkat. Apalagi, saya adalah lulusan pesantren dan lumayan oke bahasa Arab-nya. Jadi, mengerjakannya seperti mengalir saja dan tak perlu effort yang berlebihan.

Karena temanya yang cenderung sangat ‘mudah’ menurut saya dan memungkinkan untuk saya kerjakan dalam waktu dua pekan. Bahkan, pada kasus project ini, hanya berkisar 10 hari pengerjaan.

Jadi, banyak variabel yang harus kita putuskan sebelum mematok harga. Apakah harus melakukan interview di tempat yang jauh dan kita harus naik pesawat. Siapa yang menanggung biaya, dan sebagainya. Singkatnya, kita harus bisa melihat faktor apa saja yang dibutuhkan untuk meloloskan project tersebut.

Perhatikan juga faktor-faktor tambahan, seperti: risiko-risko yang mungin saja timbul di tengah jalan dan estimasi-estimasi waktu yang dibutuhkan serta kemungkinan jika klien telat membayar. Apakah mungkin klien telat membayar? Ya, mungkin saja. Tetapi, tak perlu khawatir. Selama ada hitam di atas putih, semua akan beres dan saling bertanggung jawab.

Beberapa ghost writer yang saya kenal memiliki harga jasa yang bervariasi. Rata-rata memiliki harga terendah Rp50 juta untuk satu kali proyek penulisan sebuah buku. Ada juga yang mencapai Rp150 juta hingga Rp250 juta. Yang dikerjakan pun bermacam-macam. Ada buku nonfiksi dan ada juga kisah hidup seperti biografi, autobiografi, juga memoar, tetapi dengan konsep ghost writing.

Bisa jadi, ada ghost writer yang dibayar per halaman bahkan per jam. Tetapi, yang paling umum memang untuk proyek satu buku. Yang pasti, besaran honor ghost writer bervariasi bergantung pada jenis naskah dan tingkat kesulitan naskah yang akan dikerjakannya. Itu adalah dua kunci utama dalam memasang tarif.

Di luar negeri, dari informasi beberapa website, bayaran ghost writer adalah $10.000 sampai $25.000 dalam satu kali project sebuah buku yang bisa dikerjakan maksimal tiga sampai enam bulan.

Nah, begitu biasanya saya dalam mengelola tarif jasa saya sebagai ghost writer. Apabila ingin menggunakan Jasa Ghost Writer Terbaik di Indonesia, jangan lupa menghubungi saya, ya.


Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.



I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.

Kesempatan terbatas!


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!


Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Maaf, konten terlindungi. Tidak untuk disebarkan tanpa izin.