Manfaat Kolaborasi Bisnis

Manfaat Kolaborasi Bisnis: Usaha Jadi Melesat Hebat!

Manfaat Kolaborasi Bisnis – Berkolaborasi dalam sebuah bisnis, sekarang menjadi salah satu hal yang banyak dipilih oleh para pelaku bisnis, baik pemula maupun mereka yang sudah lama terjun dalam dunia bisnis.

Seiring berkembangnya zaman, orang-orang kini lebih memahami arti penting dari kolaborasi dibandingkan harus bersaing satu sama lain.

Kadangkala bagi pebisnis pemula, berkolaborasi dengan mereka yang jauh lebih dulu memulai bisnis, lebih aman karena tiddak terlalu menempatkan mereka dalam risiko besar.

Selain itu dengan kolaborasi, para pebisnis pemula bisa belajar dari para senior yang lebih dahulu terjun ke dunia tersebut.

Jika disebutkan secara rinci, ada begitu banyak manfaat dari kolaborasi, lantas apa saja manfaat dari sebuah kolaborasi bisnis?

 

1. Sumber Inspirasi

Bagi pebisnis pemula, kolaborasi sangat penting untuk sumber inspirasi mereka. Setidaknya, mereka bisa mendapatkan gambaran mengenai tantangan apa saja yang kelak akan mereka temui dan bagaimana menghadapinya.

Akan tetapi, tak hanya para pemula. Mereka yang lebih dulu terjun ke dunia bisnis juga berpeluang mendapat inspirasi baru saat mereka mulai berkolaborasi.

Inspirasi tersebut bisa berupa berbagai macam hal, seperti inspirasi terkait bagaimana sebaiknya bisnis dikembangkan.

Selain itu, dengan kolaborasi pelaku bisnis juga bisa mendapatkan saran-saran apabila mereka mengalami permasalahan dengan bisnisnya. Atau mendapatkan cerita dari mereka yang telah berpengalaman dalam menghadapi masalah yang mungkin dapat menginspirasi terkait cara penyelesaian.

 

2. Bisa Saling Belajar

Manfaat dari kolaborasi adalah masing-masing pelaku bisnis bisa saling belajar satu sama-lain. Bisa saling bertukar pikiran, serta bisa saling mengoreksi satu sama-lain.

Adakalanya pebisnis juga harus belajar dari pebisnis lain, untuk mengembangkan dirinya atau menemukan cara guna membuat strategi bisnis yang lebih baik.

Karena itulah pastikan saat berkolaborasi tak hanya benefit uang saja yang dikejar, namun juga ilmu untuk pengembangan diri dan bisnis yang dimiliki.

 

Baca juga: Belajar Copywriting Lengkap

 

3. Membuka Banyak Jejaring

Dengan kolaborasi, maka peluang para pebisnis untuk mengembangkan jaringan juga semakin terbuka lebih luas. Sebagaimana banyak diketahui, jejaring memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah perkembangan bisnis.

Karenanya penting untuk mengembangkan sebuah jaringan bisnis bagi seorang pebisnis apalagi jika dia merupakan pebisnis pemula.

Anda bisa mengenal lebih banyak orang, bisa jadi dengan orang-orang yang Anda ajak kolaborasi tersebut mengenalkan Anda pada orang lain yang mungkin akan bermanfaat untuk perkembangan bisnis Anda lebih lanjut.

 

4. Membuka Peluang Jaringan Lokasi Sumber Daya

Sumber daya adalah salah satu faktor penting dalam sebuah bisnis. Memilih lokasi tepat untuk mencari sumber daya adalah hal yang diperlukan seorang saat berbisnis. Karena, sumber daya akan menentukan seberapa kuat bisnis bisa bersaing.

Tanpa sumber daya yang murah, seorang pebisnis mungkin akan kesulitan menjual produknya karena harga produk otomatis menjadi mahal. Dan jika produk mahal pembeli tentunya akan lebih memilih produk dengan harga lebih murah, apalagi untuk produk-produk yang mungkin bisa dengan mudah didapatkan di pasaran.

 

5. Menciptakan Perubahan Positif

Saat berkolaborasi, akan ada setidaknya dua kepala untuk saling bertukar pikiran.

Manfaat dari ini, bisa menciptakan perubahan positif dalam bisnis. Hal ini karena akan memunculkan ide dan pemikiran yang berbeda ketika dua kepala bertukar pandangan soal bisnis.

Dampaknya, bukan tidak mungkin kamu bakalan menciptakan inovasi produk yang luar biasa.

Selain itu, akan membantu lebih cepatnya solusi ditemukan ketika menghadapi suatu masalah.

 

6. Menghargai Komitmen

Kerap kali seorang pebisnis pemula memiliki masalah perihal komitmen. Akan tetapi, dengan melakukan sebuah kolaborasi seorang pebisnis pemula bisa belajar bagaimana cara menghargai komitmen yang telah sama-sama disepakati sehingga kata “wacana” menjadi kata yang jauh-jauh dihindari.

Dengan adanya komitmen, maka seseorang akan bisa menjadi lebih disiplin dalam mengatur dan menghargai waktu.

Selain itu, komitmen adalah kunci besar sebuah kesuksesan saat berbisnis. Semakin terlatih seseorang untuk berkomitmen, maka semakin ia menghargai waktu, dan menghargai setiap upaya yang akan membantu bisnis untuk berkembang dan semakin berkembang.

 

7. Menambah Teman

Banyak yang mengatakan, bahwa “bisnis adalah bisnis, sementara teman adalah teman”. Meski demikian bukan berarti kita tak berhak memandang rekan kolaborasi kita sahabat.

Sebagai makhluk sosial, boleh-boleh saja kita menjadikan mereka teman professional, sekaligus sahabat, bahkan menjadi teman hidup.

Adakalanya kolaborasi demikian bisa membuat bisnis menjadi lebih enjoy untuk dijalani, dan semakin mudah untuk berkembang karena sama-sama menikmati bisnis itu dan ingin menjadikannya jauh lebih baik.

Yang perlu diingat, adalah sama-sama berkomitmen saling professional meskipun seandainya nanti ada masalah pribadi yang dihadapi.

 

8. Bisa Saling Melengkapi

Tujuan kolaborasi di antaranya adalah antara dua orang pebisnis bisa saling melengkapi. Bisa jadi kamu adalah orang yang pandai soal IT, namun kurang soal finance maupun desain.

Kemampuan ini ketika saling bekerjasama bisa saling melengkapi satu sama lain bahkan membuat produk yang sangat baik.

Karena itulah, jangan ragu untuk bergabung dalam sebuah komunitas, bertemu banyak orang, atau mungkin berkomunikasi dengan pesaing.

Karena dari jalur-jalur itulah kerap kali peluang seseorang untuk melakukan kolaborasi menjadi terbuka. Namun, yang perlu diingat adalah sebaiknya Anda mengenal dahulu orang yang akan diajak kolaborasi.

Ini penting karena nantinya kalau orang yang kita ajak kolaborasi bermasalah, hal tersebut bisa menghambat perkembangan bisnis yang kita miliki.

Demikian pembahasan mengenai manfaat kolaborasi bisnis. Semoga bisa menjadi inspirasi.


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!

Ingin menghasilkan ratusan juta dari skill menulis? Baca saja buku terbaru saya ini. Pembahasan super lengkap, dan bakalan bikin kamu yang hobi dan suka menulis, berubah selamanya! KLIK DI SINI atau pada gambar di bawah ini, ya!


Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.