Manfaat Instagram untuk Penulis Kreatif

Manfaat Instagram untuk Penulis – Siapa yang tak kenal Instagram? Media sosial paling populer, khususnya di kalangan anak muda. Kepopulerannya mengalahkan Facebook dan juga Twitter. Mengapa? Karena Instagram berfokus pada kualitas foto dan juga video, dua buah jenis konten yang sangat digandrungi oleh anak muda.

Bila Facebook terasa “tua” karena hanya berisi perdebatan dan ajang narsis para pakdhe-pakdhe dan budhe-budhe, begitu juga Twitter yang terlalu singkat karena hanya memuat beberappa karakter teks saja, Instagram menghadirkan solusi dalam bermedia sosial sehingga menyuguhkan pengalaman yang berbeda untuk para penggunanya.

Oke, jadi, pertanyaannya kemudian adalah, apa manfaat Instagram untuk penulis kreatif seperti kita ini?

1. Tempat Menguatkan Personal Branding

Bila kita memang berniat menjadi seorang penulis kreatif ataupun creative writerpreneur, maka sejatinya Instagram adalah tempat yang tempat untuk melakukan personal branding.

2. Inspirasi dari Penulis Kenamaan Dunia

Dari mulai J.K. Rowling, Paulo Coelho hingga A. Fuadi, semuanya memiliki akun Instagram. Coba deh follow mereka. Maka, kita akan menemukan banyak inspirasi dan gairah menulis kita akan semakin kuat dan hebat.

3. Quotes Menarik

Tak jarang, kita mendapatkan inspirasi untuk menulis buku ataupun artikel, berasal dari satu quote sederhana, kan? Nah, Instagram adalah juga tempat yang tepat untuk mendapatkannya karena banyak banget akun-akun yang bisa dijadikan inspirasi karena menyajikan quote-quote keren.

4. Strategi Kreatif Berjualan Buku

Kalau kita cerdas, kita bahkan bisa membuat buku hanya berasal dari satu akun khusus Instagram yang memang kita dedikasikan khusus untuk menjadi buku nantinya.

Contohnya adalah akun Instagram @nkcthi atau singkatan dari Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Nah, sajikan secara rutin konten inspiratif selama beberapa waktu. Setelah mendapatkan follower yang banyak dan loyal, kita bisa membukukan konten-konten kita dari sana sehingga bisa menjadi buku. Bahkan, penerbit besar pun biasanya tak kuasa untuk menolak karen memang pasar kita sudah terbentuk.

 

Baca Juga: Bagaimana Membuat Buku Best Seller?

 

Sejatinya, Instagram hanyalah platform, asalkan kita memiliki jiwa entrepreneurship sekaligus skill menulis yang baik, maka ketika kita menggabungkan dua kekuatan itu, kita akan bisa menghasilkan karya luar biasa yang bisa di-monetizing.

Jadi, sudah nggak ada ceritanya menjadi penulis kere di zaman sekarang ini. Rajin-rajinlah belajar dan berkreasi, banyak banget peluang di luar sana, apalagi internet telah membuat kita semua menjadi setara dan beragam kesempatan yang terbuka lebar. Tinggal kitanya saja mau untuk bergerak dan berubah ataukah tidak. Demikianlah manfaat Instagram untuk penulis. Semoga menginspirasi, ya! []

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.