cost leadership

Cost Leadership: Menang Bisnis di Era Kompetitif

Cost Leadership atau strategi kepemimpinan adalah salah satu strategi dalam berbisnis yang dapat membuat sebuah produk menjadi unggul.

Penerapan strategi kepemimpinan digunakan sebagai strategi untuk menekan biaya produksi agar biaya menjadi rendah sehingga laba yang didapatkan juga bisa lebih banyak.

Sebenarnya, terdapat banyak strategi yang bisa diterapkan oleh pebisnis. Yang perlu diingat adalah strategi itu penting, sehingga perlu adanya perencanaan ketika membuat strategi.

Langkah-langkah tersebut harus direncanakan secara gambling agar tak absurd dan membuat bingung.

Hal ini karena dalam hidup ketika seseorang gagal merencanakan, maka ia sebenarnya tengah merencanakan kegagalan.

Dan tentunya kegagalan adalah hal yang tidak diinginkan oleh pengusaha.

Lantas bagaimanakah cara untuk menerapkan strategi cost leadership?

Cost leadership merupakan strategi bersaing dengan cara memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah namun kualitas cenderung sama dengan pesaingnya.

Cost leadership berbeda dengan low cost strategi. Pada cost leadership ia masih mempertimbangkan kualitas produk, berbeda dengan low cost yang cenderung menekan biaya produksi namun tak peduli kualitas yang dihasilkan.

Cost leadership bisa digunakan dengan membuat pertimbangan sejumlah hal-hal penting sebagai berikut:

  • Skala ekonomi: Selalu ingat untuk membuat produksi yang efisien guna menurunkan biaya produksi.
  • Ukuran keuntungan: Lakukan negosiasi sebaik mungkin dengan pemasok agar mendapatkan lebih banyak keuntungan. Ukuran keuntungan ini sebaiknya juga direncanakan secara lebih gambling di awal perencanaan strategi
  • Teknologi: Penerapan teknologi yang tepat bisa menekan biaya produksi sehingga perlu memilih teknologi yang sebaik mungkin untuk proses produksi
  • Fokus: Membuat bisnis fokus pada satu produksi, adalah hal yang baik karena pengusaha bisa berfokus mengembangkan bisnisnya. Fokuskan pada suatu produksi dan teruslah lakukan pengembangan ketika sudah kuat bisnis yang dibangun.
  • Bahan baku: Carilah bahan baku semurah mungkin agar produk bisa dibuat sehemat mungkin.

Salah satu penerapan cost leadership di antaranya adalah dengan melalui penerapan investasi melalui teknologi.

Sebagai contoh ketika seseorang adalah seorang pengrajin souvenir, mungkin ia bisa membuat souvenir dengan manual. Tetapi ketika ia menggunakan mesin, ia bisa mendapat barang berkali-kali lipat lebih banyak di hari yang sama. Dengan demikian, biaya produksi turun karena tak memerlukan tenaga yang terlalu banyak. Sehingga, biaya pun menjadi murah.

Contoh lain penerapan strategi ini adalah ketika seseorang memperbanyak bahan produksinya. Bahan produksi penting dipakai. Saat membeli barang untuk bahan produksi tentunya bisa menekan biaya dengan cara membeli bahan dalam jumlah banyak agar bisa mendapatkan diskon.

Contoh penerapan yang lain adalah dengan berfokus pada satu produk atau satu usaha. Ketika seseorang fokus dengan satu usaha maka secara otomatis ia akan lebih bisa menekan biaya produksi. Pasalnya alat dan bahan bisa digunakan beberapa kali sehingga biaya produksi bisa lebih ditekan.

 

Kelebihan Cost Leadership

Strategi cost leadership ini memiliki kekurangan dan kelebihan layaknya strategi yang lain. Sebelum mengambil keputusan untuk menggunakan strategi ini maka alangkah baiknya apabila menimbang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Adapun keuntungan strategi cost leadership di antaranya adalah dengan biaya yang rendah maka secara otomatis perusahaan akan memiliki keuntungan yang lebih besar.

Keuntungan yang lain adalah, harga jual juga dapat ditekan. Hal ini penting dalam menghadapi persaingan pasar.

Selain itu bisa lebih fokus pada satu produk. Ketika fokus, maka keuntungan yang dapat dicapai adalah lebih profesional. Hal ini karena sudah terlatih mengerjakan produk-produk tersebut.

Strategi ini juga melindungi dari tekanan kompetitif pesaing karena memiliki biaya yang terendah. Meskipun mungkin penerapan strategi ini akan terasa berat ketika pesaing menerapkan juga strategi yang sama.

 

Kekurangan Cost Leadership

Akan tetapi, strategi cost leadership juga memiliki sejumlah kekurangan. Kekurangan tersebut di antaranya adalah timbulnya kecenderungan untuk mengabaikan konsumen. Hal ini karena fokus pada produk yang itu-itu saja maka bisa menimbulkan kesan bahwa Anda cenderung mengabaikan konsumen.

Strategi ini juga sangat rawan untuk ditiru oleh orang lain atau perusahaan lain. Namun tak perlu khawatir dengan persaingan karena apapun strateginya memang akan selalu ada pesaing.

 

Baca juga: Strategi Copywriting Terbaik untuk Bisnis

 

Perusahaan yang Menerapkan Cost Leadership

Berikut ini sejumlah perusahaan yang berhasil menerapkan strategi cost leadership yakni:

1. Xiaomi

Xiaomi adalah salah satu perusahaan besar yang sudah berhasil menerapkan strategi cost leadership. Brand ini berhasil mengurangi ekses di setiap titik produksinya dan memakai strategi pemasaran tanpa iklan yang mahal sehingga produk berkualitas dengan harga murah bisa tersedia untuk konsumen.

2. Amazon

Produk amazon memberikan penawaran nilai maksimal bagi pelanggan dengan harga terendah. Dampaknya pelanggan yang sudah tahu fungsi Amazon akan menganggap amazon sebagai sebuah portal yang bisa diandalkan untuk menjawab kebutuhan belanja online.

3. McDonald’s

McDonald’s juga menerapkan strategi cost leadership. Adapun strategi yang diterapkan adalah mempekerjakan koki-koki yang baru lulus dan bukan merupakan koki terampil.

Namun, McDonald’s kemudian mendidik mereka menjadi terampil. Upaya ini bermanfaat memotong sebagian besar biaya dan gaji karyawan.

***

Demikianlah pembahasannya. Strategi ini memang terkesan mudah dilaksanakan. Namun memang diperlukan perencanaan yang baik sebelum menggunakannya.


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!

Ingin menghasilkan ratusan juta dari skill menulis? Baca saja buku terbaru saya ini. Pembahasan super lengkap, dan bakalan bikin kamu yang hobi dan suka menulis, berubah selamanya! KLIK DI SINI atau pada gambar di bawah ini, ya!


Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.