cara membuat sinopsis buku

Cara Membuat Sinopsis Buku (Blurb) Agar Bukumu Ciamik!

Cara Membuat Sinopsis – Sebenarnya, namanya bukan sinopsis buku, sebagaimana yang telah Blurb adalah penjelasan singkat tentang isi di back cover buku yang telah terbit. Tujuannya jelas untuk menarik minat baca dan keputusan membeli pembaca. Jadi, blurb harus dibuat semenarik dan semenggelitik mungkin.

Blurb juga menjadi kunci bagi sebuah buku untuk bernapas dan hidup di pasaran. Oleh karena itu, blurb harus memiliki kemampuan menambat hati pembaca dan calon pembeli.

Di toko buku, calon pembeli harus berhadapan dengan ribuan buku yang ter-display. Dengan begitu, setelah tertarik dengan judul dan olahan grafis di kover depan, ia akan membalik buku tersebut dan memerhatikan blurb. Dan ia hanya membutuhkan sekitar 20 detik untuk memutuskan membeli buku tersebut ataukah tidak. Oleh karena itu, blurb harus mampu memiliki daya pikat yang tinggi. Blurb yang hanya dua hingga empat paragraf yang ada di belakang buku adalah salah satu faktor penting untuk menjadi iklan sekaligus penjelasan isi buku.

Kover belakang memiliki fungsi sama pentingnya dengan kover bagian depan. Untuk itu, kover belakang perlu dikemas sedemikian rupa hingga mampu memberikan tiga macam penjelasan mengenai:

  • siapa penulis buku tersebut;
  • apa isi buku tersebut;
  • apa keistimewaan buku tersebut.

Bagaimanapun, buku adalah suatu produk. Kover belakang adalah tempat di mana kita harus menyatukan dua hal. Pertama, betapa kerennya isi buku tersebut, sehingga untuk alasan itulah buku ini beredar. Kedua, meyakinkan calon pembeli dan pembaca tersebut untuk segera membawa buku tersebut pulang dan membayarnya di kasir. Paling tidak, terdapat tujuh bagian penting yang layak menjadi perhatian untuk membuat blurb kover belakang.

1. Kategori

Pemberian kategori pada buku berfungsi untuk mengklasifikasikan di mana produk tersebut seharusnya berada. Tentu, sangat tidak lucu jika buku kita bertema parenting namun ditempatkan di rak bisnis hanya karena petugas toko tidak bisa membedakan kategori buku kita. Berikanlah kategori, misalnya How To/Keterampilan, Faksi/Inspirasi, dan lain sebagainya.

2. Headline

Gunakan tip dan trik sebagaimana sudah dijabarkan dalam ad headline yang sudah dijelaskan sebelumnya. Headline pada blurb harus berbeda dengan judul buku di kover depan. Bila diulang selain menampakkan tidak adanya kreativitas juga sangat membosankan. Buatlah headline blurb yang menarik.

3. Sales Copy

Di sinilah kita dituntut untuk memadukan dua kepiawaian, yaitu merangkum keseluruhan isi buku menjadi serentetan kalimat keren yang ringkas, padat, dan jelas. Dan yang kedua adalah menyusun kata-kata yang bisa menjual buku tersebut. Untuk buku nonfiksi, berikan sedikit pembukaan pada sebuah paragraf, dan langsung paparkan benefit pembaca akan buku tersebut. Untuk fiksi, bisa memadukan setting, tokoh, dan konflik dalam dua atau tiga paragraf saja, dengan diksi sebaik mungkin, kemudian padukan dengan unsur kepenasaran.

4. Testimoni

Adanya testimoni tentu akan makin memperkuat isi buku dan nilai jualnya. Selain dari tokoh, bisa juga dari media.

5. Tentang Penulis

Menyantumkan informasi penting tentang pengarang tentu akan menambah kredibilitas isi buku. Catatan informasi penting, seperti pengalaman, jabatan, pendidikan tinggi, dan prestasi istimewa. Sebaiknya tidak menuliskan biodata, seperti tanggal lahir, pendidikan dasar, atau pengalaman yang tidak relevan lainnya.

6. Sales Closer

Untuk tip dan trik membuat closer yang baik bisa merujuk kepada penjelasan copywriting sebelumnya. Bagian ini digunakan untuk kembali meyakinkan calon pembaca mengenai pentingnya buku ini untuk dibaca, dan tentu saja untuk dibeli. Berikan kalimat penutup yang nendang dan menghasilkan keputusan hebat ia akan membeli buku tersebut.

7. ISBN, Barkod, dan Alamat Penerbit

Barkod dan ISBN biasanya diletakkan di sisi kanan. ISBN adalah singkatan dari International Standard Book Number yang dapat diperoleh penomoran induknya di Perpustakaan Nasional RI. Alamat penerbit beserta logonya biasa diletakkan pada bagian kiri.

Kemasan yang baik pada kover akan menjadikannya memiliki daya jual yang hebat. Memadukan unsur kekuatan desain dan teks yang ciamik, akan menjadikan sebuah buku memiliki sisi packaging yang kuat.

 

***

 

Demikian pembahasan tentang cara membuat sinopsis buku atau blurb. Untuk belajar menulis, silakan membaca lebih jauh tentang postingan cara menulis buku karena saya sudah menuliskannya dengan sangat lengkap. Sedangkan untuk mencetak buku, silakan menghubungi Nulix.id.


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.