bisnis online vs offline

Bisnis Online vs Offline: Keunggulan dan Kekurangannya

Bisnis Online vs Offline – Seiring berkembangnya teknologi, saat ini masyarakat memiliki sejumlah pilihan bagaimana mereka harus menjalankan bisnis.

Masyarakat dapat menjalankan bisnis baik secara online maupun offline. Meski demikian, setiap cara yang dipilih dalam berbisnis, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Namun mau memilih cara yang manapun, baik online maupun offline, diperlukan ketekunan yang serius untuk menjalaninya sehingga tak ada kerugian dalam menjalankan bisnis itu dan keuntungan bisa didapatkan secara lebih maksimal

Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari bisnis online maupun offline?

 

Kelebihan Bisnis Online

Sejumlah kelebihan dari bisnis online yakni ia membuat para pebisnis:

1. Modal sedikit

Ketika seseorang memiliki bisnis online, maka ia bisa dengan mudah memulai bisnis dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali.

Adapun cara untuk memulai bisnis dengan tanpa modal ini bisa dilakukan dengan sejumlah cara, misal dengan cara dropship.

Selain itu bisnis online juga lebih hemat biaya karena pemasaran bisa dilakukan dengan lewat media sosial. Selain itu, dengan bisnis online, seseorang bisa lebih hemat biaya karena bisnis online terkadang tidak memerlukan toko untuk sewa tempat.

2. Pelanggan bisa berasal dari mana saja

Membuka bisnis online akan membuka peluang untuk menjangkau wilayah yang lebih luas.

Adanya bisnis online, bahkan mereka yang berasal dari daerah pedalaman pun bisa mendapatkan pelanggan dari kota manapun di Indonesia.

Semakin banyak jangkauan pasarnya, maka akan semakin mudah pemasaran barangnya.

3. Buka 24 jam

Berbeda dengan bisnis offline yang biasanya tutup pada jam-jam tertentu. Ketika membuka sebuah bisnis online maka akan sangat mungkin seseorang membuka tokonya selama 24 jam.

Dengan adanya bisnis online maka seseorang dapat melihat-lihat stok persediaan barang selama 24 jam.

Karena itulah, ketika membangun sebuah bisnis online akan lebih baik ketika Anda memiliki sebuah website untuk keberlangsungan bisnis Anda lebih lanjut.

4. Risiko kerugian lebih kecil

Karena lebih sedikit modal yang dikeluarkan, maka saat berbisnis secara online, seseorang memiliki risiko lebih ringan mengalami kerugian saat bisnis dijalankan.

Selain itu, karena tak perlu mengeluarkan uang sewa tempat, jika sewaktu-waktu bisnis gulung tikar maka risiko kerugian juga lebih ringan.

5. Bisa lebih fokus dengan keluarga

Karena bisnis yang dijalankan berupa online, maka seseorang bisa lebih fokus negurusi keluarganya.

Seseorang bisa berbisnis sembari mengurusi rumah, merawat anak, atau melakukan pekerjaan rumah yang yang lainnya.

Karena bisnis dilakukan dengan online, maka seseorang juga bisa berfokus untuk selalu memantau keluarganya seandainya ada yang sakit.

Yang pasti, seseorang lebih leluasa membagi waktunya ketika melakukan bisnis online

 

Kelebihan Bisnis Offline

Adapun untuk bisnis offline, sejumlah kelebihannya yakni:

1. Meningkatkan kredibilitas

Saat kita memiliki bisnis secara offline, maka keuntungan utama yang akan didapatkan adalah terkait kredibilitas. Karena memiliki toko offline, tak pelak akan memudahkan seseorang untuk yakin bahwa bisnis itu profesional.

Hal ini berangkat dari pemikiran konsumen yang akan memandang penjual ‘berani modal’, sehingga ia menjadi lebih percaya terhadapt bisnis tersebut.

Selain itu dengan adanya bisnis offline seseorang akan lebih merasa nyaman karena kalau ada apa-apa dengan transaksi itu maka lebih mudah untuk melacaknya karena alamat terpampang secara nyata.

2. Mendapatkan pelanggan yang setia

Ketika seseorang memiliki bisnis offline, maka akan mudah baginya mendapatkan pelanggan yang setia. Pasalnya seseorang akan lebih mudah tahu lokasi bisnis dan akan memudahkannya untuk kembali lagi di lain hari.

3. Tidak tergantung dengan internet

Mereka yang berbisnis secara offline, maka jika sewaktu-waktu terdapat gangguan dengan koneksi internet, maka mereka cenderung tidak terpengaruh.

4. Menolong mereka-mereka yang masih belum terjangkau teknologi

Sejauh ini tidak semua orang sudah melek teknologi. Karena itulah, adanya bisnis offline akan membantu seseorang yang belum terjangkau teknologi untuk mendapatkan barang.

Selain itu, dengan adanya bisnis offline, kehidupan bersosialisasi akan lebih terjaga karena setiap orang yang melakukan transaksi jual beli bisa saling berinteraksi.

Lantas, adakah kekurangan

 

Baca juga: Belajar Copywriting Terlengkap dan Terbaik di Indonesia

 

Kekurangan Bisnis Online vs Offline

Tak dipungkiri, meskipun bisnis online dan offline memiliki sejumlah kelebihan, akan tetapi bagaimanapun sebuah metode bisnis pasti memiliki kekurangan.

1. Bisnis Online

Sejumlah kekurangan bisnis online, yakni kredibilitas yang kurang. Ketika seseorang hanya mengandalkan toko onlinenya, maka konsumennya mungkin akan berpikir bahwa bisnis tidaklah profesional.

Guna mengatasi masalah kredibilitas, maka solusinya adalah pebisnis harus selalu menjaga kepercayaan para pelanggannya. Jangan sampai melakukan penipuan atau semacamnya supaya nama dari bisnis yang dibangun tidak tercoreng. Serta selalu memberikan pelayanan sebaik mungkin.

Adapun kekurangan lain dari bisnis online adalah terlalu tergantung dengan internet atau pada marketplace.

Marketplace memang membawa dampak positif bagi para pebisnis online di tanah air. Namun ingat segala di dunia ini memiliki risiko.

Ketika seseorang terlalu tergantung dengan marketplace misalnya, maka jika sewaktu-waktu ada perubahan kebijakan dari marketplace itu, maka penjual harus bersiap menyesuaikan diri dengan aturan yang berlaku.

2. Bisnis Offline

Adapun kekurangan dari bisnis offline, adalah terbatasnya pembeli, yakni hanya bisa mengandalakan pembeli yang datang dari mereka yang tahu lokasi saja. Selain itu bisnis offline biasanya memerlukan modal yang lebih banyak daripada online.

Modal tersebut di antaranya modal untuk sewa tempat, peralatan, maupun barang yang akan dijual.


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!

Ingin menghasilkan ratusan juta dari skill menulis? Baca saja buku terbaru saya ini. Pembahasan super lengkap, dan bakalan bikin kamu yang hobi dan suka menulis, berubah selamanya! KLIK DI SINI atau pada gambar di bawah ini, ya!


Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.