fachmy casofa singapura

TENTANG FACHMY CASOFA

fachmy casofa singapura

FACHMY CASOFA adalah penulis yang bersama BJ Habibie pada tahun 2014 menulis buku best seller berjudul Habibie: Tak Boleh Lelah dan Kalah! Selain itu, pada tahun yang sama juga menulis biografi best seller tentang Gamal Albinsaid, dokter muda dari Malang peraih penghargaan internasional berkat gerakan kreatifnya Klinik Asuransi Sampah, dengan judul  Gamal Albinsaid: Menyehatkan Indonesia dengan Sampah dan sekarang tengah bekerjasama dengan tim Turun Tangan dan juga Anies Baswedan untuk menggarap buku dan mengerjakan project komik islami. Juga, menjadi ghost writer untuk buku The Netpreneur Story, dan penulis Pahlawan Keluarga, Kisah Mereka yang Berjuang from Minus to Hero bekerja sama dengan Accenture, Plan Indonesia dan Magistra Utama. Juga, menjadi ghost writer untuk biografi Saptuari Sugiharto: Jejak Langkah Tak Terhenti. Dan terbaru, membuat konsep untuk delapan buku Habibie The Series dalam rungka ulang tahun BJ Habibie ke-80 pada Juni 2016.

FACHMY CASOFA juga telah membantu mengonsep naskah dan mengembangkan kontennya untuk beberapa penulis baru, sehingga berhasil meraih predikat penulis best seller, seperti Adjie Silarus lewat karyanya Sejenak Hening yang berisi tentang mindfulness, Lahandi Baskoro dengan karyanya It’s My Startup  yang berisi tentang practical help bagi para pengusaha kreatif di bidang startup, Muhammad Ilman Akbar lewat karyanya 101 Young CEO yang berisi panduan kreatif untuk para pengusaha muda untuk meraih kesuksesan di bawah usia 30 tahun, M. Arief Budiman lewat karyanya Spiritual Creativepreneur yang berisi tentang pemaduan antara spiritual dan dunia bisnis kreatif, juga berperan dalam mengembangkan konten dan visual dari buku best seller Balita pun Hafal Al-Qur’an karya Salafuddin Abu Sayyid. Selain itu, juga mengonsep dan berperan dalam konten dan visual dari buku-buku best-seller karya M. Husin Syarbini seperti A-Z Bakery dan UKM Naik Kelas, juga seri karier karya Ardiningtiyas Pitaloka dan Andin Andiyasari dari konsultankarir.com dalam karya-karya keren berjudul My Passion My Career, How to Become a Great Freshgraduate dan How to Become a Great Supervisor. Tak hanya itu, Wahyu Liz lewat karyanya Emperpreneur: From Emperan to Empire Bisnis Kaos Plesetan juga tak lepas dari konsep dan sentuhan konten serta visualnya, sebagaimana juga penulis best-seller Bunda Wening lewat konsep naskah Bunda Madrasah Pertama. Dan banyak lagi perannya dalam dunia perbukuan dan kepenulisan.

FACHMY CASOFA juga ikut membersamai Alberthiene Endah dalam melakukan proses interview narasumber serta mengembangkan konten untuk biografi Jokowi yang berjudul Jokowi: Memimpin Kota Menyentuh Jakarta, serta dua bukunya yang lain, yakni Alfirdaus: Pendidikan yang Menerobos Jiwa dan Assalaam: Beningnya Mata Air Islam.

Sejak 2009, FACHMY CASOFA telah menulis belasan buku dengan berbagai genre. Untuk remaja, telah menulis trilogi muslim yang berjudul Muslimah Mewangilah Hingga ke Surga!, Muslim Padat Karya: Satu Jiwa Sejuta Karya dan Muslim InspiratifTrilogi best-seller tersebut telah ikut memengaruhi dan menginspirasi banyak remaja muslim untuk makin giat berkarya. Selain itu, juga membuat buku untuk muslimah berjudul Lovely Shalihah dan Be Pede, Please! yang menjadi rujukan wajib bagi para remaja muslimah untuk memaksimalkan potensi dirinya dan memakin kerenkan aksi-aksi kreatif-shalihahnya. Buku anak juga menjadi pernah digarapnya, terbukti dengan Mengenal Hadits Kebersihan for Kids, Sejarah Nabi Ismail,  Biografi Perawi Hadits dan Hafalan Surat Pendek for Kids. Sedangkan untuk kategori dewasa-agama terlahir karya Meniti Jalan Pewaris Nabi, Ya Allah Kupersembahkan Tahajud Terbaikku! Doa Pilihan Melapangkan Hati dan Spirit Menulis untuk Dakwah. 

Kecanduannya pada dunia kreatif juga melahirkan dua karya fenomenal berjudul Creative Muslim yang didedikasikan untuk muda-mudi muslim dalam berkreativitas dan menebar kebermanfaatan, serta buku panduan untuk memasuki dunia desain grafis berjudul Gerbang Kreativitas: Jagat Desain Grafis. Di samping itu, juga berkolaborasi menulis bersama Andi Kusuma Brata yang merupakan seorang trainer dalam karya  Seven Elements of Ma’rifat yang berisi pembekalan spiritual bagi diri untuk meraih keshalihan sejati, dan Ali Akbar yang merupakan seorang pakar SEO dalam membuat buku Segala Puji Bagi-Mu Ya Rabb yang berisi tentang optimasi syukur untuk meraih keberkahan-Nya.

FACHMY CASOFA juga mengisi banyak training, seminar, workshop, bedah buku, dan public event lainnya, seperti bedah buku Muslim Padat Karya: Satu Jiwa Sejuta Karya di Semarang; bedah buku Muslim Inspiratif di UNS Solo, training Muda Luar Biasa di Semarang, workshop Creative Writing di Islamic Book Fair Solo, talkshow Agar Pacaran Tak Jadi Pilihan di Banten, workshop Creative Writing di Sigma UMS Solo, dua hari training Creative Writing di Magetan, training menulis pekanan selama enam bulan di SMP 7 Muhammadiyah Solo, bedah buku dan bincang komunitas pembaca Nibiru dan Kesatria Atlantis bersama Tasaro GK di Pesta Buku Jakarta, Obrolan Pelopor Kreativitas bersama Arief Budiman CEO of Petakumpet di Solo, workshop Creative Writing Idealogi di Politeknik Solo, workshop pernaskahan di Institut Kesenian Jakarta bersama Bambang Trim di IKJ Jakarta, seminar Emperpreneur: From Emperan to Empire Bisnis Kaos Plesetan bersama Wahyu Liz Adaideaja di TDA Soloraya, seminar Creative Business Training for Ninjapreneur Community di Fave Hotel, Solo, seminar Sakti Menulis Fiksi dan Non Fiksi bersama Habiburrahman El-Shirazy di UMS Solo, seminar Menulis Buku Sains untuk Anak bersama Eko Praptanto di Solo Inn Hotel Solo, Bedah Buku Jokowi: Memimpin Kota Menyentuh Jakarta bersama Effendi Ghazali di Panggung Utama Indonesia Book Fair Jakarta, seminar Optimalisasi Bisnis Kreatif Via KASKUS bersama Lahandi Baskoro dan Guge Nugroho di Solo, workshop Creative Writing Sharing bersama Ibu-Ibu Doyan Nulis Semarang di Semarang, seminar Improving Capacity Preserving Culture bersama Tere Liye di Undip Semarang, dalam Pandangan Islam, seminar Valentine dalam Pandangan Remaja Islam di Pendidikan Islam Ma’ahid Kudus, seminar The Art of Writing and Marketing of Dakwah di  SMA7 Surakarta, bedah buku Habibie Tak Boleh Lelah dan Kalah! di Nurul Huda Book Fair UNS Solo, bedah buku Habibie Tak Boleh Lelah dan Kalah! di Telkom, Bandung, Program Pemberdayaan Ekonomi Muda Rembang, Accenture dan Plan Indonesia serta Magistra Utama di Rembang, dan banyak lagi.


Konsultasi, kolaborasi, ataupun pemesanan jasa penulisan, bisa lewat fachmycasofa@gmail.com atau 085-229-282-182 untuk WhatsApp, SMS, atau telepon.

Atau langsung saja lewat contact form berikut ini untuk email yang akan dibalas cepat.

Fachmy Casofa

1 thought on “TENTANG FACHMY CASOFA

Comments are closed.