sudut pandang

Sudut Pandang: Kekayaan yang Terlupakan

Sudut Pandang – Salah satu jenis ‘kekayaan’ dalam hidup yang harus kita miliki adalah: sudut pandang yang unik. Itulah yang membuat kita istimewah—istimewa sekaligus mewah. Beberapa kali menulis kisah hidup para pengusaha kaya raya, yang nilai kekayaannya bahkan tak akan pernah bisa kamu bayangkan karena saking lubernya, akhirnya saya berkesimpulan satu hal ini. Mereka semua memiliki sudut pandang yang ‘berbeda’ dari orang kebanyakan.

Mereka bukan hanya ‘sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik’-nya Pandji, tetapi mereka berada di level ‘banyak berbeda lebih baik daripada sedikit lebih baik’. Imajinasi dan sudut pandang mereka, jelas, tak mampu dicerna manusia-manusia biasa.

Sebuah tanah kosong, akan berbeda di mata seorang arsitek, fotografer, penulis, ataupun petani. Akan tetapi, sebuah tanah kosong, tetap akan menjadi tanah kosong, di mata seseorang yang tak memiliki sudut pandang apa pun.

Sudut pandang yang unik nan istimewa pula yang membuat Cao Cao nampak seperti mas-mas biasa di depan Zhuge Liang, walau ia didukung Xu Shu ataupun Sima Yi. Keunikan inilah, yang kata Mas Sabrang MDP, kita berada dalam level paralel; memiliki unsur ‘banyak jika’. Membutuhkan kemampuan yang jernih dalam mengoneksikan banyak hal dan meramunya dengan imajinasi dan keberanian untuk mewujudkannya menjadi nyata.

Walau begitu, tetap saja, fondasinya tetap sama: sudut pandang yang unik.

Itulah mengapa, kita harus memiliki kemewahan ini, bila ingin berada di level yang berbeda dengan orang kebanyakan: yang hanya bersedia berada di lembah, tak ingin berkorban dan berusaha lebih untuk duduk di puncak, sehingga bisa melihat lebih jernih.

Memiliki kekayaan sudut pandang juga, misalnya, akan membuat kita tidak reaktif terhadap masalah kekinian-keumatan, namun memiliki sisi diri yang ‘lebih dalam’ ketika menganalisis, sehingga tidak tergesa menghasilkan makian dan nyinyiran tak berkesudahan lewat media sosial.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!