kata-kata motivasi

910+ Kata-Kata Motivasi Hidup Sukses dalam Bisnis, Belajar, dan Kerja!

Kata-kata motivasi diperlukan oleh siapa pun karena untuk menyemangati diri sendiri ataupun tim dalam bisnis kita, agar diri kita bisa berkembang dan juga tim bisa maju pesat.

Bersaing dengan orang lain membuat kita menghabiskan setiap hari dalam hidup untuk mengejar tujuan yang sebenarnya bukan milik mereka sendiri. Kita memiliki dua pilihan. Pertama, menghabiskan seluruh hidup untuk terus mengikuti apa kata orang lain, atau yang kedua, menghabiskan hidup untuk mengejar dan mewujudkan apa yang kita inginkan. Artinya, kita dapat menentukan kesuksesan untuk diri sendiri berdasarkan nilai kita sendiri dan melepaskan diri dari kebisingan. Itu lah mengapa kita perlu kata-kata motivasi.

And that’s the point. We all need to choose what matters most to us, and own that. If we attempt to be everything, we’ll end up being nothing.

Kegagalan adalah sesuatu yang harus dihargai dan dipuji. Kegagalan seharusnya membuat kita bergerak maju, karena kegagalan selalu memberikan kita pelajaran dan ‘memaksa’ kita untuk belajar. Itu lah mengapa kita perlu kata-kata motivasi.

Uber misalnya, akhirnya mengakui kekalahannya di China setelah kalah total dari pemain lokal: Didi Kuadi. Terdengar seperti nama Jawa, memang. Tetapi itu adalah perusahaan sharing transportation yang menguasai China. Kekalahan yang diderita Uber bukanlah kekalahan dan kegagalan yang murah. Uber harus merogoh kocek sekitar 2 miliar dolar untuk ‘bakar duit’ di negeri Tirai Bambu itu.

Menariknya, di China, sektor e-commerce dan media sosial memang dikuasai oleh pemain lokal sendiri. Pemerintah China memberlakukan larangan rakyatnya untuk menggunakan Facebook, Twitter, WhatsApp dan platform besar lainnya. Dengan larangan ini, otomatis pemain lokal menjadi alternatif. Dengan pasokan penduduknya yang besar, tentu platform-platform tersebut tak dipusingkan dengan user. Maka, lahirnya Baidu, WeChat, dan lain sebagainya.

Dan kabar terbarunya, Uber membeli saham Didi Kuadi sebesar 20%. Langkah yang patut dipuji, karena kegagalan Uber sebelumnya. Mungkin, daripada tidak berhasil sama sekali, mending ikut merasakan meriahnya kue yang dimiliki oleh Uber, walau tak banyak yang bisa dinikmati, alias hanya 20%. Itu lah mengapa kita perlu kata-kata motivasi.

Uber mempraktikkan petuah lama: act fast, fail fast, learn fast. Berani bertindak dengan cepat atas kesalahan-kesalahan yang dibuat, kegagalan-kegagalan yang menerpa, dan belajar dari itu semua untuk kesuksesan di masa depan. Meratapi kegagalan adalah kesia-siaan, tentu saja. Karena masa depan tidak akan berubah, bila hari ini kita terus meratapi hidup. Itu lah mengapa kita perlu kata-kata motivasi.

Beberapa tahun lalu, saya pernah kehilangan Rp30 juta begitu saja. Ceritanya, ada kawan yang mengajak berbisnis. Dengan keberanian tingkat dewa, saya bergabung dan investasi sebesar Rp30 juta itu. Tak dinyana, bisnis itu gagal dalam hitungan bulan. Dan uang sebesar itu lenyap begitu saja. Hahaha.

Saya sedih?

Tentu saja.

Apakah saya menyesal? Bila hal itu ditanya kepada saya hari ini, saya jawab enggak. Tetapi, bila ditanya pada hari bahwa bisnis itu tidak berjalan dengan baik, saya akan menjawab: saya menyesal banget! Hahaha.

Tetapi, itulah hidup. Ada banyak kejadian yang akan membuat kita harus belajar, atau banyak kejadian yang akan memaksa kita untuk belajar. Tergantung dari apa tujuan kita. Itu lah mengapa kita perlu kata-kata motivasi.

Misalkan begini. Waktu itu adalah saya ingin pindah kuadran. Dari seorang employee alias karyawan, menjadi business owner. Pemilik bisnis (bisnis yang nyata). Nah, saking semangatnya dengan ilmu yang masih cetek, saya mengambil kesempatan (atau risiko) tersebut. Kemungkinannya hanya dua: berhasil atau gagal.

Berhasil berarti kita bisa menikmati kemenangan. Gagal berarti kita bisa belajar.

Dan saya dikarunia hal ke-2 itu. Rasanya sakit. Pakai banget. Hahaha.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, hal tersebut sembuh dengan sendirinya. Sembuh karena apa yang menjadi visi saya ternyata jauh lebih besar dari sekadar kehilangan uang yang (ternyata nggak seberapa itu).

Kita harus percaya bahwa bila ingin mencapai satu titik, kita harus melalui banyak titik. Sesekali kita akan terjatuh. Sesekali kita akan terperosok.

Paul Arden dalam bukunya It’s Not How Good You are, It’s How Good You Want to be mengatakan bahwa kita harus mengejar suatu hal melebihi kemampuan. Kita harus berhenti memikirkan di mana batas kemampuan kita. Misalnya nih, jika kita merasa tidak mungkin muka kita terpampang di sampul sebuah majalah ternama, buatlah itu sebagai tujuan. Buatlah sebuah visi di mana kita ingin mimpi itu menjadi sebuah kenyataan. Kita ngebet banget hal itu menjadi kenyataan. Itu lah mengapa kita perlu kata-kata motivasi.

Kalau sekarang kita punya pemasukan Rp2 juta per bulan, membayangkan memiliki pemasukan Rp10 juta per bulan mungkin akan terasa “wah”. Padahal, saat kita sudah memiliki pemasukan Rp10 juta per bulan, jadinya ya biasa saja.

Keberanian kita untuk menaklukkan ketakutan-ketakutan dan kekhawatiran itulah yang utama. Sebuah mental yang akan menjadi fondasi dasar bagi kita untuk mengejar target apa pun. Tak peduli seberapa tingginya.

Kebanyakan, orang-orang di muka bumi ini cenderung untuk tidak akan mengizinkan kita mewujudkan impian. Orang lain cenderung berharap bahwa kita akan gagal meraih impianmu sehingga mereka bisa menertawakanmu—kecuali beberapa orang yang memang menginginkan kita mewujudkannya seperti keluarga dan rekan kerja.

Ryan Holiday memberikan wejangan dalam bukunya The Obstacle Way dengan, “Stop looking for angels, and start looking for angles.” Artinya, kita bisa melakukan apa pun yang kita putuskan untuk harus kita lakukan. Buatlah keputusan dan lupakan apa yang akan orang lain katakan tentang kita. Bila tidak, kita tidak akan pernah benar-benar hidup dan bertanggung jawab atas apa yang akan kita putuskan.

Ketika kita selalu menghargai proses, hasil akan mengikuti dengan sendirinya. Bukan sebaliknya. Daripada banyak berpikir dan memikirkan tentang hidup, lebih baik jadikan diri kita benar-benar bermanfaat—baik bermanfaat untuk diri sendiri maupun bermanfaat untuk orang lain. Pecahkan masalah-masalah yang dihadapi oleh orang lain, tambahkan nilai-nilai pada banyak hal, dan terpenting nikmatilah hidup. Itu lah mengapa kita perlu kata-kata motivasi.

Kegagalan adalah hal yang biasa. Saat terjatuh, kita hanya perlu untuk bangun lagi, dan memulai semuanya lagi. Nikmati raihan-raihan kecil yang berhasil kita lakukan. Perbanyak sisi-sisi kesyukuran. Mengapa?

Karena kesyukuran adalah kunci dari segala permasalahan dalam hidup.

Perhatikan seorang anak kecil. Saat ia merengek meminta mainan, seluruh dunia terasa meledak. Dan saat kita menuruti kemauannya, dia sangat senang. Menghabiskan waktu seharian bersama mainan itu. Namun tidak dengan hari kedua. Perlahan kebahagiaan itu mulai sirna. Mulai memudar. Dan dia mulai meminta mainan baru lainnya. Itu lah mengapa kita perlu kata-kata motivasi.

Seperti itulah hidup. Saat kita tak mampu mengapresiasi apa yang telah kita miliki, kebahagiaan tak akan mendatangi kita dengan sempurna.

Kebanyakan orang percaya bahwa mereka harus MEMILIKI sesuatu (seperti waktu, uang, atau cinta), sebelum mereka dapat MELAKUKAN apa yang ingin mereka lakukan (seperti keliling dunia, memulai bisnis, atau menulis sebuah buku), yang mana hal itu akan MENJADIKAN mereka sesuatu (seperti lebih bahagia, lebih termotivasi, dan sebagainya).

Paradoksnya, siklus Memiliki-Melakukan-Menjadikan tersebut berkebalikan dengan hal esensial dalam hidup, misalkan saat kita ingin menjadi lebih bahagia, lebih sukses, ataupun hal-hal lain yang kita inginkan dengan sangat.

Misalkan, kita harus MENJADIKAN diri kita bahagia terlebih dahulu, lalu kita mulai MELAKUKAN hal-hal yang bisa membuat diri kita lebih bahagia, dan otomatis apa yang kita lakukan tersebut akan membawa hal-hal yang ingin kita MILIKI.

Menarik, bukan?

Every us attract what we are. The truth is, you have every advantage in the world to succeed. And by believing this in your bones, you’ll feel an enormous weight of responsibility to yourself and the world.

 

12 Kata Motivasi dari Steve Jobs

Kata motivasi ini adalah susunan kata terpilih dari Steve Jobs yang membuat hidup kita akan lebih baik dan lebih maju ke depannya. Ini sudah saya pilihkan beberapa kata motivasi yang bisa menjadi penyemangat dan pengubah hidupmu ke arah yang lebih baik.

  1. “Jika Anda melakukan sesuatu dan ternyata hasilnya bagus, maka Anda harus pergi melakukan sesuatu yang lain. Jangan memikirkan hal itu terlalu lama hanya mencari tahu apa.” —Steve Jobs
  2. “Pekerjaan akan menyita waktu dari sebagian besar hidupmu. Karena itulah lakukan apa yang membuatmu puas dan Anda bisa melakukannya dengan baik. Cintai apa yang Anda kerjakan. Kalau Anda masih belum menemukannya, teruslah mencari. Anda akan tahu nanti saatnya kalau itu merupakan panggilan hidupmu.” —Steve Jobs
  3. Terkadang anda akan mengalami kegagalan saat sedang berinovasi. Yang penting anda berani untuk mengakuinya dan tetap mengembangkan inovasimu. —Steve Jobs
  4. “Hal-hal yang kusukai di hidup ini tidak membutuhkan sepeser uang pun, dan salah satu hal yang berharga adalah waktu. Karena itulah pergunakan waktu dengan baik.” —Steve Jobs
  5. “Kita tidak memiliki kesempatan untuk melakukan banyak hal dalam sekali waktu, karena itulah lakukan bagian kita dengan sebaik-baiknya, karena ini adalah hidup kita. Hidup ini singkat, karena itulah lakukan dengan terbaik. Hal itu setimpal dengan perjuanganmu.” —Steve Jobs
  6. “Selama 33 tahun hidupku, saya melihat cermin setiap hari dan bertanya-tanya pada diriku: jika ini adalah hari terakhir dalam hidupku, apa yang saya mau perbuat hari ini? Saya tahu kalau saya harus melakukan perubahan hari ini.” —Steve Jobs
  7. “Satu hal yang saya yakini … Hal yang membedakan wirausahawan yang sukses dan tidak, adalah kegigihan.” —Steve Jobs
  8. “Jangan biarkan kebisingan dari pendapat orang lain meredam suara batin kamu sendiri.” —Steve Jobs
  9. “Para orang tua akan duduk dan bertanya ‘apa itu’, tapi anak-anak muda akan bertanya ‘apa yang bisa saya lakukan dengan itu?’.” —Steve Jobs
  10. “Tetaplah lapar dan tetaplah bodoh (jangan merasa pintar).” —Steve Jobs
  11. “Teknologi bukanlah apa-apa. Hal yang penting adalah kamu memiliki keyakinan terhadap orang lain, di mana mereka pada dasarnya baik dan pintar, dan jika kamu memberikan mereka peralatan, mereka akan melakukan hal yang menakjubkan dengan alat-alat itu.” —Steve Jobs
  12. “Saya seorang optimis dalam arti bahwa saya percaya manusia adalah mulia dan terhormat, dan beberapa dari mereka benar-benar pintar. Saya memiliki pandangan individu yang sangat optimis.” —Steve Jobs

 

15 Kata Motivasi dari Bill Gates

Kata motivasi ini adalah susunan kata terpilih dari Bill Gates yang membuat hidup kita akan lebih baik dan lebih maju ke depannya. Ini sudah saya pilihkan beberapa kata motivasi yang bisa menjadi penyemangat dan pengubah hidupmu ke arah yang lebih baik.

  1. “Dunia tidak akan peduli tentang harga diri Anda. Dunia akan mengharapkan Anda untuk mencapai sesuatu sebelum Anda merasa baik tentang diri Anda.” —Bill Gates
  2. “Jangan membandingkan diri Anda dengan siapa pun di dunia ini; jika Anda melakukannya, Anda menghina diri sendiri.” —Bill Gates
  3. “Ramahlah pada para kutu buku. Mungkin suatu saat Anda akan bekerja untuk salah satu dari mereka.” —Bill Gates
  4. “Jika Anda gagal, itu bukan kesalahan orang tua Anda, jadi jangan mengeluh tentang kesalahan Anda; belajar dari kesalahan itu.” —Bill Gates
  5. “Setiap orang selalu takut pada perubahan. Bukankah orang-orang merasa takut pada listrik ketika listrik baru ditemukan?” —Bill Gates
  6. “Televisi bukanlah kehidupan nyata. Dalam kehidupan nyata orang-orang harus meninggalkan kedai kopi dan pergi bekerja.” —Bill Gates
  7. “Jika Anda berpikir guru Anda sangat keras, tunggu hingga Anda mendapatkan seorang atasan.” —Bill Gates
  8. “Sejak awal kesuksesan kita sangat dilandaskan oleh kemitraan.” —Bill Gates
  9. “Untuk menang besar, terkadang Anda harus mengambil risiko yang besar pula.” —Bill Gates
  10. “Kesabaran adalah kunci kesuksesan.” —Bill Gates
  11. “Merayakan kesuksesan bukanlah sebuah masalah, tetapi jauh lebih penting untuk memperhatikan pelajaran yang didapatkan dari sebuah kegagalan.” —Bill Gates
  12. “Jika Anda tidak bisa membuat sesuatu menjadi baik, paling tidak buatlah hal itu terlihat baik.” —Bill Gates
  13. “Kita selalu menaksir terlalu tinggi perubahan yang akan terjadi dalam 2 tahun ke depan dan meremehkan perubahan yang dapat terjadi dalam 10 tahun ke depan. Jangan biarkan diri Anda terbuai dalam kelambanan.” —Bill Gates
  14. “Saya memilih orang yang malas untuk mengerjakan sebuah pekerjaan berat. Karena orang yang malas akan mencari cara yang mudah untuk mengerjakannya.” —Bill Gates
  15. “Jika menjadi seorang kutu buku berarti Anda mau mempelajari berbagai hal, dan jika Anda berpikir bahwa sains dan teknik memiliki pengaruh besar, saya mengaku bersalah. Jika kultur Anda tidak menyukai kutu buku, Anda berada dalam masalah besar.” —Bill Gates

 

22 Kata Motivasi dari Zig Ziglar

Kata motivasi ini adalah susunan kata terpilih dari Zig Ziglar yang membuat hidup kita akan lebih baik dan lebih maju ke depannya. Ini sudah saya pilihkan beberapa kata motivasi yang bisa menjadi penyemangat dan pengubah hidupmu ke arah yang lebih baik.

  1. “Lakukan, dan kemudian Anda akan merasa termotivasi untuk melakukannya.” —Zig Ziglar
  2. “Bukan situasinya, tetapi apakah kita bereaksi negatif atau merespons positif terhadap situasi yang” —Zig Ziglar
  3. “Memang benar bahwa integritas saja tidak akan menjadikan Anda seorang pemimpin, tetapi tanpa integritas Anda tidak akan pernah menjadi seorang pemimpin.” —Zig Ziglar
  4. “Mimpi tumbuh jika Anda tumbuh.” —Zig Ziglar
  5. “Mengharapkan yang terbaik. Mempersiapkan diri untuk yang terburuk. Memanfaatkan apa yang akan datang.” —Zig Ziglar
  6. “Anda harus mengelola diri sendiri sebelum Anda dapat memimpin orang lain.” —Zig Ziglar
  7. “Jika Anda tidak melihat diri Anda sebagai pemenang, maka Anda tidak dapat tampil sebagai pemenang.” —Zig Ziglar
  8. “Menjual pada dasarnya adalah transfer perasaan.” —Zig Ziglar
  9. “Anda tidak perlu menjadi hebat untuk memulai, tetapi Anda harus mulai menjadi hebat.” —Zig Ziglar
  10. “Berpikir positif akan membiarkan Anda melakukan segala sesuatu lebih baik daripada pikiran negatif.” —Zig Ziglar
  11. “Orang sering berkata bahwa motivasi tidak bertahan lama. Yah, begitu pula mandi, itulah mengapa kami merekomendasikannya setiap hari.” —Zig Ziglar
  12. “Bukan apa yang Anda miliki, tapi apa yang Anda gunakan yang membuat sebuah perbedaan.” —Zig Ziglar
  13. “Cobalah untuk melihat kelemahan Anda dan mengubahnya menjadi kekuatan Anda. Itulah kesuksesan.” —Zig Ziglar
  14. “Hubungan yang kita miliki dengan orang-orang sangat penting untuk kesuksesan baik di dalam maupun di luar pekerjaan.” —Zig Ziglar
  15. “Jika Anda dapat memimpikannya, Anda dapat mencapainya.” —Zig Ziglar
  16. “Jika orang-orang menyukai Anda, mereka akan mendengarkan Anda, tetapi jika mereka mempercayai Anda, mereka akan berbisnis dengan Anda.” —Zig Ziglar
  17. “Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak, pelajari lebih banyak lagi.” —Zig Ziglar
  18. “Kita akan mendapatkan apa pun yang kita inginkan, jika kita menolong orang lain untuk mendapatkan yang diinginkannya. Dengan demikian, Anda dapat memaknai arti sebuah kesuksesan.” —Zig Ziglar
  19. “Luangkan waktu untuk berbaik hati dan katakan ‘terima kasih.’.” —Zig Ziglar
  20. “Langkah pertama dalam memecahkan masalah adalah mengenali bahwa itu memang ada.” —Zig Ziglar
  21. “Sukses tidak boleh diukur dari berapa banyak uang yang Anda miliki.” —Zig Ziglar
  22. “Waktu bisa menjadi sekutu atau musuh. Apa jadinya tergantung sepenuhnya pada Anda, tujuan Anda, dan tekad Anda untuk menggunakan setiap menit yang tersedia.” —Zig Ziglar

 

25 Kata-Kata Motivasi Hidup

Kata-kata motivasi hidup adalah wejangan indah agar kita terus optimis memandang hidup. Karena hidup yang indah ini adalah anugerah dari Tuhan. Kita harus bisa memperjuankannya dengan baik dan juga penuh damai.

  1. Sudah jatuh tertimpa tangga, ingin bangkit tapi belum bisa juga, ada yang pernah merasa kaya gitu?
  2. Terus sakit atau bangkit?
  3. Saat diri terbelenggu, kepada siapa kita harus mengadu?
  4. Lelah, serius menyerah?
  5. Sedih lelah pasti ada dalam langkah, terus berjuang adalah jalan untuk menang!
  6. Jika kau merasa semua pintu tertutup, yakinlah Tuhan selalu siap membuka pintuNya untuk kita
  7. Percayalah, masih ada kesuksesan di hari esok!
  8. Jika kau merasa tak ada orang lain yang percaya, ini saatnya kau mempercayai dirimu sendiri
  9. Kapan benar-benar merasa putus asa?
  10. Biarpun sangat pelan, tetaplah bergerak, meski sekedar bibir yang melafal doa pada Sang Tuhan
  11. Bisa jadi masalah yang sedang kau hadapi adalah jalan terdekat menuju kesuksesan
  12. Saat kau merasa benar-benar kehabisan modal, yakin adalah jalan awal untuk membalikkan keadaan
  13. Tinggalkan ragu jika kau ingin maju
  14. Gagal adalah milik semua orang, kembali memulai adalah milik para pemenang
  15. Bertahan dalam jalan yang panjang adalah cara untuk menang
  16. Kita akan fokus memberi yang terbaik hari ini agar kita layak berdoa bahwa esok menjadi lebih baik
  17. Jangan berhenti, bisa jadi di dua tiga hela nafas berikutnya adalah waktu kesuksesanmu
  18. Saat benar-benar terpuruk, curigalah bahwa kesuksesanmu semakin dekat
  19. Jika gagal? Kembali mencoba adalah jalan suksesnya
  20. Percayalah bahwa Tuhan takkan berikan beban kecuali dengan kesanggupan kita
  21. Selalu ada kemudahan di balik kesulitan!
  22. Jangan takut, ada Tuhan yang sebenarnya selalu ingin kau mengadukan masalahmu
  23. Mungkin keadaan sedang menginginkanmu untuk lebih berani
  24. Tarik nafas, pejamkan mata, dan rasakan kesuksesanmu ada di depan
  25. Kita memang harus menyesali, tapi cukup untuk menyadari bahwa kita harus memperbaiki

 

108 Kata-Kata Motivasi Sukses dari Fachmy Casofa

Kata-kata motivasi sukses adalah kata-kata pilihan dari saya sendiri, Fachmy Casofa, agar bisa membuatmu sukses. Baca dan resapi dengan sebaik-baiknya agar hidupmu berubah positif dan masa depanmu cerah!

  1. Kalau kamu tidak yakin pada apa yang akan kamu lakukan, mengapa terus kamu lakukan?
  2. Kalau kamu optimis, kamu tidak hanya melihat sisi terang dari sesuatu, namun juga percaya pada diri sendiri. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan, motivasi, dan juga pencapaian.
  3. Tak usah banyak bacot, banyaklah berkarya.
  4. Seperti dalam film Kungfu Panda, untuk berhasil menjadi jagoan memang tak ada resep khusus, yang ada hanyalah keyakinan khusus.
  5. Orisinalitas dan keyakinan atas potensi diri, akan menghadirkan ‘kemampuan menyelesaikan masalah’ yang tidak dimiliki oleh orang lain. Di situlah rahasia untuk ‘berbeda dari orang kebanyakan’. Temukan orisinalitas dirimu.
  6. Sangat gampang menjadi seperti orang kebanyakan. Tetapi, itu juga yang membuatmu tidak ke mana-mana. Tidak meraih prestasi apa-apa. Jadi, bila ada yang mengajakmu menjadi orang rata-rata, bertahanlah, atau kalau perlu, lawanlah!
  7. Masih ingat bagaimana Sanders memulai bisnis KFC-nya pada umur 65 tahun, bukan? Semua orang memiliki kesempatan untuk sukses. Berapa pun umurnya.
  8. Sukses berasal dari campuran usaha, keyakinan, pengalaman, doa, visi, kebersamaan, tekad, persistensi, wawasan, dan lain lain sebagainya. Makin banyak hal yang kamu ketahui, makin banyak yang akan kamu dapatkan.
  9. Memang tidak mudah untuk berubah, tetapi bukan berarti tidak mungkin, kan?
  10. Lebih baik berkolaborasi dan mengakui kekurangan diri, daripada sok ahli, namun sebenarnya membutuhkan bantuan potensi lain untuk mengeksekusi.
  11. Progres terlihat bila dituliskan. Buatlah blog. Bahkan, itu juga bisa menjadi senjatamu untuk personal branding dalam ranah dunia maya juga, kan?
  12. Tidak setiap saat orang rasional, antisipasilah irasionalitas.
  13. Dua telinga tercipta agar kita bisa lebih banyak mendengar daripada bercuap-cuap. Kritik tak selalu buruk, bisa jadi itu kritik konstruktif, yang tentu membuat diri kita menjadi lebih baik. Belajar mendengar lebih banyak adalah sebuah langkah bijak dan mendatangkan kesempatan lebih banyak untuk belajar.
  14. Yang rajin belajar tentu akan berbeda dengan yang tak rajin. Yang rajin berusaha tentu akan berbeda dengan yang tak rajin. Yang lebih banyak mencoba tentu akan lebih dekat dengan keberhasilan daripada yang ongkang-ongkang kaki saja. Kesuksesan tidak datang begitu saja, dia diusahakan.
  15. Seperti membuat pizza, mulailah dari masak roti, bukan dari menabur topping.
  16. Pengalaman membuat Anda lebih percaya diri. Biasakan untuk membeli pengalaman, bukan barang. Apalagi barang yang tidak dibutuhkan. Membeli pengalaman misalnya membeli tiket untuk backpacker-an, atau seminar keren.
  17. Trik-trik motivasi hanya berguna sebentar, progres lebih penting. Seminar motivasi tidak akan berarti apa-apa kecuali kamu membuat progres nyata, walau sekecil apa.
  18. Ingin dipandang lebih berpengetahuan? Bicaralah dengan tidak terburu-buru. Perhatikan intonasi, pungtuasi, juga tingkat kepahaman lawan bicara.
  19. Abaikan perkataan orang lain yang tak sesuai dengan karaktermu. Pilih intuisimu, lanjutkan hidupmu, mekarkan prestasimu.
  20. Menjadi sukarelawan membuka apresiasi lebih besar atas hidup Anda. Atau, bikin social movement-mu sendiri, tentu kamu akan memiliki pengalaman berbeda.
  21. Substansi lebih penting daripada kemenangan.
  22. Terlalu banyak berpikir “what-if” menyebabkan kelumpuhan bertindak.
  23. Beberapa motivator justru menganjurkan agar kita menghabiskan jatah gagal sejak dini. Yah, setiap orang memiliki jatah gagalnya sendiri dalam hidupnya. Semakin dini kita menghabiskan jatah gagal, semakin cepat pula kegemilangan menghampiri diri.
  24. Berdamailah dengan diri sendiri. Masa lalu telah berlalu, hadapi saat ini dengan menikmatinya dan membuat langkah-langkah nyata untuk meraih masa depan yang lebih baik.
  25. Tidur yang kurang menurunkan kemampuan berpikir inovatif hingga 60%. Jangan lupa, berinvestasilah dengan membeli kasur yang nyaman. Itu adalah salah satu syarat mendapatkan hari-hari yang penuh kreativitas, kata Yoris Sebastian.
  26. Selesaikan apa yang telah kamu mulai, dan bertanggung jawablah dengan semua itu.
  27. Semakin kita pandai memangkas hal-hal yang tak perlu, semakin dekat kita dengan ‘kesempurnaan’.
  28. Keberhasilan menyusun rencana adalah setengah perjalanan menuju keberhasilan impian. Sebaik-baik rencana memang yang dijalankan, tetapi sebaik-baik impian tanpa adanya rencana yang tersusun baik, tentu tidak akan berjalan baik, bukan?
  29. Ingat, kerja keras akan mengalahkan orang-orang yang bertalenta baik. Makanya, bila kamu sadar bahwa kamu cukup bertalenta, iringilah dengan kerja keras.
  30. Memilih idola yang benar dan sesuai bidang kamu itu perlu. Jadikan dia mentor kalau bisa.
  31. Kita tidak punya cukup banyak waktu di dunia ini. Jangan menghabiskan semua kesalahan sendiri. Belajarlah dari orang lain, dari kesalahan-kesalahan mereka. Mereka punya pengalaman yang cukup banyak dan cukup untuk kita belajar darinya.
  32. Kurangi merokok, berhentilah selagi sempat, sebelum rokok itu menghentikan hidupmu. Makan makanan yang halal dan baik. Jauhi narkoba, sayangi orang tua, dan tetaplah jadi anak yang shalih, ya!
  33. Carilah variasi atau kebosanan akan menghabiskan persistensi kamu.
  34. Belajarlah mendengar pengalaman dan ocehan orang lain lebih banyak. Kita akan mendapatkan banyak pelajaran. Salah satu contohnya, tentu dengan lebih banyak memerhatikan postingan orang-orang di blog atau sosial media. Kita bisa banyak belajar dari itu, bukan?
  35. Buktinya, orang yang menggunakan stereotip dalam menilai orang lain 39% cenderung percaya bahwa hanya ada peluang yang terbatas untuk diri mereka.
  36. Tak ada yang perlu dikhawatirkan. Kemarin sudah berlalu, besok belum terjadi, dan kita hanya punya hari ini. Kekhawatiran selalu menghadirkan ketidakproduktifan. Maka, berhentilah untuk khawatir, apalagi was-was berlebihan.
  37. Pada dasarnya kita semua adalah pemimpian. Pemimpin untuk diri sendiri, pemmpin untuk keluarga, organisasi, dan lain sebagainya. Selalu ada ruang di mana kita akan dituntut untuk menjadi pemimpin yang memberikan teladan baik, selalu manfaatkan itu untuk memberdayakan orang-orang di sekitarmu dengan lebih baik.
  38. Hidup adalah kapalmu sendiri. Pastikan kamu adalah nahkodanya, bukan orang lain. Bukan pacarmu, bosmu, apalagi orang-orang yang membencimu. Milikilah kontrol atas hidupmu sendiri. Kamu akan berlayar lebih jauh!
  39. Seringkali memaksakan diri untuk memberi kesan atau membuat orang lain senang, malah seringkali membuat kamu jatuh dalam lubang kekecewaan.
  40. Tiap orang memiliki selera sukses yang berbeda-beda. Pilihlah satu!
  41. Kualitas waktu, bukannya kuantitas yang memengaruhi kepuasan.
  42. Menjadi berbeda itu gampang. Menjadi berbeda dan unik, itu baru tantangan. Hadirkan sesuatu yang tak dimiliki oleh orang lain. Tawarkan itu secara rutin, maka kamu akan menemui perubahan menakjukan dalam hidupmu!
  43. Kemenangan akan selalu menghadirkan haters. Bersiaplah dengan itu.
  44. Bercanda itu boleh. Yang tidak boleh adalah bercanda yang membuat orang lain tersakiti. Pastikan humormu positif dan hanya berfungsi sebagai pemecah suasana beku.
  45. Banyak riset yang membuktikan bawah level kepuasan meningkat bila kita justru tidak menginginkan banyak hal.
  46. Kualitas selalu memenangkan persaingan.
  47. Level motivasi terbukti sebagai komponen yang lebih signifikan dalam memprediksi sukses karier, bila dibandingkan inteligensi dan kemampuan.
  48. Lebih baik tajam di satu sisi, daripada tumpul di banyak sisi. Memiliki kepakaran dalam satu hal sudah cukup untuk membuatmu terbang di belantara pekerjaan profesional.
  49. Kebanyakan kegagalan terjadi karena orang terlalu memfokuskan diri dengan hal-hal yang tidak dilakukan, dibanding hal-hal yang telah dilakukan.
  50. Ada banyak talenta lain yang juga selapar dirimu, seberingas dirimu, seambisius dirimu.
  51. Tetaplah stabil, kalem, dan sembunyikan emosi burukmu.
  52. Perspektif membuat Anda tidak mudah menyerah dengan keadaan.
  53. Mungkin masalahnya bukan pada pekerjaanmu, tetapi pada kamunya.
  54. Butuh pengorbanan sebelum meraih sesuatu.
  55. Kuncinya ada di kamu, kalau kamu tidak percaya pada dirimu sendiri, mengapa orang lain harus percaya, bukan?
  56. Mendengarkan masukan dari orang lain itu perlu.
  57. Semakin kamu ragu dengan diri sendiri, semakin kamu percaya bahwa kamu tidak mampu berprestasi. Mengerikan, bukan?
  58. Jangan terlalu lama memikirkan hal-hal yang telah memberimu kesakitan yang mendalam. Fokuslah pada apa yang seharusnya kamu kerjakan selanjutnya.
  59. Orang-orang yang puas dengan kariernya mau menerima resiko dari pekerjaan.
  60. Lakukan sesuatu, karena tidak melakukan sesuatu pun juga ada risikonya, kan?
  61. Hadapi dan atasi. Mengatasi konflik berarti kamu berada di atasnya, bukan di bawahnya. Artinya, kamu menguasainya, bukan dikuasai.
  62. Keluarga, teman, hobi, komunitas, dan lain sebagainya. Saat kamu punya banyak uang tapi tak punya semua itu, kamu akan sadar, uang bukan segalanya. Memang bukan segalanya.
  63. Kamu punya kelemahan, namun juga kekuatan; kelebihan. Realitislah, mana yang perlu kamu dorong lebih kuat dan tidak.
  64. Kalau memungkinkan, ambil jalurmu sendiri. Orang-orang yang mengikuti standar dan jalur orang lain, lebih banyak merasakan kegagalan dalam mencapai suksesnya sendiri.
  65. Bertanggung jawablah dengan semua yang kamu miliki dan kerjakan.
  66. Faktanya, orang-orang yang tak membesar-besarkan rencana kariernya saat muda, lebih menunjukkan kesuksesan dibandingkan yang melakukan hal tersebut. Iya, kan?
  67. Penampilan memang bukan yang utama, tapi dia yang pertama.
  68. Dedikasi itu penting, karena dedikasi yang tinggi pada kariermu, akan meningkatkan produktivitasmu.
  69. Kemauan untuk sukses mengambil dua bentuk yang berbeda. (1) Hypercompetitive people: fokus pada kemenangan all the time, tanpa mempertimbangkan hal-hal penting lainnya. (2) Self-oriented competitive people: tetap fokus melakukan yang terbaik, tetapi dengan penekanan pada peningkatan diri sehingga dapat melakukan lebih baik di masa depan.
  70. Investasikan 20% waktu untuk meningkatkan kemampuan diri, bekerja keraslah untuk sesuatu yang lebih baik.
  71. Kalau kamu cukup percaya bahwa kamu akan mencapai impianmu. maka kamu akan mencapainya. Sesimpel itu!
  72. Pelanggan 70% lebih mau melanjutkan bisnis jika melihat Anda puas dengan pekerjaan Anda.
  73. Akan selalu ada yang berusaha untuk menjatuhkanmu. Tapi, selama kamu selalu bisa bangkit, dunia akan baik-baik saja.
  74. Manfaatkan 15 menit sehari berpikir tentang apa yang seharusnya kamu lakukan untuk meningkatkan kualitas hidupmu.
  75. Raih kesempatan-kesempatan baru yang seru.
  76. If you’re only what you were told you could be, you are less than you can be. Bilalah kita sekadar melakukan apa yang menurut orang lain kita bisa untuk melakukannya, selesailah sudah. Kita belum memaksimalkan segenap potensi yang ada. Kita menjadi Mr and Mrs Average. Terlalu rata-rata manusia.
  77. Sukses bukanlah sesuatu yang harus dikejar. Ia hanya bonus dari sebuah kebahagiaan yang kita peroleh dalam hidup karena menyalakan passion. Karena kita akan bahagia dan bersyukur dengan hidup, kalau kita menjalani apa yang kita cintai.
  78. Rasa malu bukanlah hal yang jelek.
  79. Orang-orang pemalu lebih bisa melewatkan waktu mereka untuk mendengarkan dan mengamati daripada berbicara. Jadi, walau bukan ahli bersosialisasi, tapi kita lebih bisa mengamati apa yang terjadi di suatu perkumpulan daripada yang lain.
  80. Sebenarnya, banyak kesempatan datang dari hasil interaksi dengan orang lain, dan jika kita terlalu malu untuk membuka mulut, kita akan kehilangan kesempatan-kesempatan tersebut.
  81. Rasa malu ada baiknya juga, tetapi jika kita terus bersembunyi di balik kepompong, kita akan sulit menjadi kupu-kupu yang bisa terbang ke mana-mana.
  82. Rahasia investasi tersukses adalah investasi pada diri sendiri.
  83. Berinvestasi pada diri sendiri adalah belajar terus menerus seumur hidup. Bisa berarti dengan membaca buku, majalah, jurnal, mendengarkan kaset pengembangan diri, dan menghadiri seminar. Juga berarti mengajukan banyak pertanyaan, mengamati, menghubungkan diri dengan orang-orang suskes. Tentunya juga berarti tetap fit dan sehat. Pendeknya, kita harus terus-menerus memperbarui diri dengan segala cara.
  84. Belajarlah sebanyak yang kita bisa mengenai kehidupan dan dunia yang penuh teka-teki di mana kita hidup di dalamnya. Pelajarilah detil-detil teknis, pelajari juga seni, pelajari juga teknologi, pelajari juga sejarah, pelajari juga tentang kehidupan. Bukan hanya belajar cara menghasilkan uang, tapi belajar juga bagaimana cara menyumbangkannya.
  85. Bacalah sebanyak mungkin buku, dan datangilah sebanyak mungkin seminar. Dan kita akan belajar dari semua kegiatan tersebut. Di luar sana, banyak sekali buku yang ditulis oleh orang-orang hebat. Bacalah, dan berkembanglah. Dan percayalah, setelah semua pengetahuan itu ada di tangan, kita takkan lagi membutuhkan jaminan kesuksesan apa pun.
  86. Didiklah diri kita sendiri. Ketika kita melakukan itu, kita sebenarnya berinvestasi pada diri sendiri. Dan itu adalah investasi terbaik yang bisa kita lakukan dalam hidup.
  87. Adalah sangat mudah untuk menyalahkan, mengeluh dan mengkritik, karena memang tidak dibutuhkan usaha, otak, kemampuan, bahkan uang. Karena itulah, banyak yang melakukannya.
  88. Jika mau lebih, maka kita harus memiliki keinginan untuk menjadi yang terbaik. Berhenti mengeluh, maju sedikit demi sedikit, dan lakukan semua yang harus dilakukan.
  89. Kita akan melakukan kesalahan dan tentu saja akan tersandung dan jatuh. Saat seperti itu, mulailah untuk menyalahkan diri sendiri. Jangan pernah menyalahkan situasi, pemerintahan, ekonomi, atau bahkan takdir. Salahkanlah diri sendiri. Percayalah, selalu ada sebuah tempat yang tinggi untuk seseorang yang menerima tanggung jawab atas tindakannya.
  90. Dalam dunia ini, tempat setiap orang dengan cepat menyalahkan orang lain, orang yang mau menerima tanggung jawab akan disambut dengan tangan terbuka. Jadi, berhentilah menyalahkan kesengsaraan yang kita rasai sekarang pada pihak dan peristiwa luar.
  91. Jangan salahkan sinar mentari, jangan salahkan rembulan, salahkan lah pria yang sedang kita pandang dalam cermin. Kabar baiknya, bila kita menerima tanggung jawab atas hal-hal buruk dalam hidup, berarti kita siap bertanggung jawab atas semua hal baik: rumah besar, mobil mewah, keluarga bahagia, kesehatan prima, dan teman-teman baik.
  92. Semua orang sukses pernah ditikam dari belakang, dikucilkan, ditertawakan, diolok-olok, dan dijelek-jelekkan pada suatu titik dalam karier mereka.
  93. Balas dendam yang baik adalah bukan dengan mata dibalas mata. Tapi dengan bukti kesuksesan. Bukan membalas cemoohan dengan cemoohan.
  94. Ambillah semua langkah yang diperlukan untuk melindungi diri sendiri, keluarga, dan juga bisnis. Lakukanlah yang diperlukan untuk melindungi semua yang menjadi milik kita dan jangan biarkan orang-orang menginjak. Tapi, jangan habiskan waktu untuk membalas dendam.
  95. Menghabiskan waktu satu menit untuk balas dendam berarti pengurangan satu menit untuk menikmati hidup dan menghasilkan lebih banyak kesejahteraan.
  96. Hanya satu orang yang dapat membuat kita cemerlang. Dan satu orang itu bukanlah manajer maupun CEO perusahaan kita. Bukan menteri keuangan dan bukan pula presiden. Orang itu adalah diri kita sendiri.
  97. Satu-satunya orang yang dapat membuat kita pandai, cemerlang, atau pun sukses adalah kita sendiri. Satu-satunya orang yang bisa membuat kita meraih tujuan dan mimpi kita adalah diri sendiri. Yang lain, para orang tua, guru, pengajar, dan pemimpin, hanya dapat berbagi pengetahuan, ide, dan kebijaksanaan. Tapi, jika kita tidak melakukan apa pun dengan pengetahuan itu, kita akan tetap berjalan di tempat. Kita akan menghadapi masalah yang sama dari hari ke hari sampai Sang Pencipta memanggil.
  98. Tidak pernah ada jaminan dalam hidup. Ketika kita terlahir, tidak ada jaminan kita akan hidup sampai usia tua. Ketika kita pergi bersekolah, tidak ada jaminan kita akan lulus. Ketika kita bekerja, tidak ada jaminan kita akan melakukan pekerjaan itu seumur hidup. Ketika kita menikah, tidak ada jaminan kita bisa menjaga pernikahan itu seumur hidup. Mereka yang meraih kemuliaan adalah mereka yang memiliki keingian untuk mendaki, walaupun mereka takut dengan ketinggian.
  99. Mereka yang ingin bermain aman pada akhirnya akan bekerja untuk mereka yang bersedia hidup dalam bahaya.
  100. Ketidakmampuan beradaptasi berarti menyengaja diri untuk ketinggalan banyak hal menarik dalam hidup ini.
  101. Cermati pulalah bagaimana air berkreativitas. Bila ia dibendung, ia meluap. Lalu merembes melewati kedalaman tanah. Pertanyaan pada diri sendiri adalah: potensi apa yang dapat diluapkan jika ia dibendung kebuntuan? Potensi apa yang dapat dirembeskan jika terkurung oleh banyak halangan yang mengaral?
  102. Itulah yang mesti kita perhatikan. Nikmati setiap proses adaptasi. Nikmati setiap jengkal perubahan. Nikmati setiap hirupan di perjalanan. Karena setiap pohon, tidak tumbuh dengan tergesa-gesa. Begitu pun seharusnya segala potensi di diri kita. Bergegas iya, tapi tidak untuk bergesa-gesa.
  103. Segera lempar jauh keinginan mendapatkan sesuatu dengan instan. Cepat. Easy come easy go. Kenikmatan hidup datang bukan dengan datangnya keinginan yang terkabul saat itu juga. Tapi, saat keringat sudah menetes di terakhirnya. Saat doa sudah terpanjat di terlelahnya. Saat segala kebergantungan pada-Nya sudah terkerahkan di puncak pengharapan.
  104. Tetaplah mampu membakar semangat di diri. Setiap orang, memiliki penyulut semangat yang berbeda-beda. Ada yang mendapatkannya dari membaca buku motivasi, buku biografi, menghadiri seminar, berdialog dengan tokoh, dan banyak hal lainnya. Kita sendirilah yang tahu bagaimana mengayun semangat itu agar mendulum tinggi, lalu tidak tergerus waktu, di lintasan sejarah hidup sendiri, dengan mata pedang zaman yang tebasannya kian tak terbendung.
  105. Nekadlah mengeliminasi pilihan, fokuskan diri pada satu hal.
  106. Punya ide bagus? Share ke orang-orang! Biar kita ngerti bagaimana pandangan mereka. Biar kita ngerti celah-celah kesalahan ide kita itu di mana saja. Biar pada akhirnya, kita bisa bisa nge-reshape ide itu jadi lebih bagus lagi. Iya, tidak usah takut dengan mereka yang bakalan mencuri ide kamu. Selihai apa pun mereka mencurinya, konsep dasarnya dan arah mau dibawanya tetaplah kamu yang ngerti.
  107. Semakin lama menunda menjadi entrepreneur, bakalan semakin lama bekerja sebagai karyawan. Dan menunggu kesempatan yang tepat buat jadi entrepreneur makin tidak ada. Karena tidak pernah ada ‘waktu sempurna’.
  108. Hanya niat bulat sajalah yang bisa menentukan semuanya. Hanya dibutuhkan perpaduan dua hal: work hard dan work smart. Mengesampingkan salah satu adalah ketidakseimbangan. Dengan mulai melakukan, akan melihat segalanya dari perspektif yang berbeda dan mendapatkan pembelajaran yang lebih banyak.

 

 50 Kata-Kata Motivasi Belajar untuk Hidup Lebih Baik dari Merry Riana

Merry Riana adalah salah satu motivator terkenal di Indonesia. Ini adalah beberapa kata-kata motivasi belajar untuk hidup yang lebih baik dari Mery Riana yang bisa kita ambil hikmahnya.

  1. “Ambil waktu untuk merencanakan tetapi jika tiba waktunya untuk bertindak berhenti berpikir dan maju terus.” —Merry Riana
  2. “Dari hati jadi aksi, dari hati turun ke kaki. Cita-cita jangan hanya disimpan di dalam pikiran, tapi harus diwujudkan dan diperjuangkan.”—Merry Riana
  3. “Penghalang terbesar untuk meraih kesuksesan adalah ketakutan untuk menghadapi kegagalan.”—Merry Riana
  4. “Tidak mungkin kita akan kehilangan harapan karena harapan terakhir kita adalah Dia.”—Merry Riana
  5. “Bila kamu mengabaikan restu orang tuamu pasti kamu tak akan bahagia walau mungkin mimpimu terwujud.”—Merry Riana
  6. “Garis batas antara kegagalan & kesuksesan sangatlah tipis. Jangan menyerah.”—Merry Riana
  7. “Setiap kegagalan membawa satu benih kesuksesan.”—Merry Riana
  8. “Yang penting bukan dimana kita sekarang, tapi dimana kita ingin berada.”—Merry Riana
  9. “Kecantikan yang sebenarnya bukanlah cantik mukanya, tapi cantik pikirannya, cantik hatinya dan cantik jiwanya.” —Merry Riana
  10. “Kalau ingin hidup dengan tenang mulailah hari dengan doa.” —Merry Riana
  11. “Janganlah mendiskusikan hal penting ketika perutmu kosong, biasanya akan lebih sulit untuk fokus ketika kamu lapar.” —Merry Riana
  12. “Jika kita membalas kemarahan dengan kemarahan bukankah kita tidak lebih dari sebuah cermin keburukan saja?” —Merry Riana
  13. “Kadang, hal yang paling Anda takutkan adalah hal yang Anda butuhkan.” —Merry Riana
  14. “Kadang, situasi di lapangan tidak sesuai dengan teori di dalam buku. Di sinilah pengalaman akan berperan besar.” —Merry Riana
  15. “Jangan bersedih, kesusahan bukanlah sesuatu yang abadi. Mari tersenyum, lepaskan beban di hati.” —Merry Riana
  16. “Zaman sekarang banyak handphone yang mahal dan canggih. Tapi, alat komunikasi yang paling ampuh tetaplah DOA.” —Merry Riana
  17. “Tujuan hidup kita sebagai manusia adalah untuk mencintai, cintailah sang pencipta & cintailah sesama di sekitar kita.” —Merry Riana
  18. “Jadilah pensil yang bisa menuliskan cerita bahagia, jadilah penghapus yang bisa menghilangkan kisah sedih.” —Merry Riana
  19. “Berusahalah untuk mengungkapkan apa yang kita rasakan, jika memang menyakitkan keluarkan bukan dipendam.” —Merry Riana
  20. “Belajarlah kegagalan hari ini adalah pembelajaran agar kita tidak sombong dan menang esok.” —Merry Riana
  21. “Belum tentu setiap hari adalah hari yang baik, tapi pasti ada sesuatu yang baik dalam setiap harinya.” —Merry Riana
  22. “Bergaulah dengan para pemenang karena pemenang memberi pengaruh baik kepada Anda sedangkan pecundang dapat meracuni Anda.” —Merry Riana
  23. “Belajarlah untuk selalu melihat hikmah & kemungkinan cemerlang di dalam segelap-gelapnya keadaan.” —Merry Riana
  24. “Bekerja bukan hanya untuk mencari materi. Bekerja adalah bermanfaat bagi orang banyak.” —Merry Riana
  25. “Bagaikan sebuah batangan emas yang dibungkus sehelai kertas koran, begitulah biasanya sebuah kesuksesan dibungkus sebuah kegagalan.” —Merry Riana
  26. “Belajarlah mencintai hatimu karena itulah cara terbaik mengendalikan dirimu.” —Merry Riana
  27. “Bahagia itu bukan sebuah pencapaian, namun suatu kesadaran. Sadar bahwa dirimu berarti dan dibutuhkan oleh hidup ini.” —Merry Riana
  28. “Apa yang sudah diberikan oleh Tuhan, sebaiknya kita nikmati saja & alangkah baiknya kalau kita bisa lebih mensyukurinya lagi.” —Merry Riana
  29. “Hidup ini sangat berharga, tidak perlu berkeluh kesah.” —Merry Riana
  30. “Apa pun yang terjadi, terima dengan jiwa besar. Jika kita memang ingin mengubah keadaan itu ubahlah dengan cara yang positif.” —Merry Riana
  31. “Kekesalan bukan untuk diratapi tetapi panggilan jiwa untuk Anda introspeksi dan memperbaiki diri serta berbuat lebih baik lagi.” —Merry Riana
  32. “Berhati-hatilah dalam perkataan atau perbuatan. Jika salah, itu bisa menyebabkan orang lain terluka. Bagaikan sebuah paku yang menancap pada kayu, walaupun dicabut bekasnya akan tetap ada.” —Merry Riana
  33. “Sabar ketika di bully itu pahit rasanya. Tapi kadang yang pahit itu justru yang bisa menyembuhkan luka.” —Merry Riana
  34. “Orang baik selalu saja ada cobaannya. Maka dari itu bersabarlah agar suatu saat nanti Anda pun bisa memetik hasilnya.” —Merry Riana
  35. “Apa yang diperlukan agar bisa menjadi seorang juara? Keinginan,dedikasi tekad yang kuat konsentrasi kemauan untuk menang.” —Merry Riana
  36. “Milikilah mimpi yang nyata, buatlah rencana yang nyata, ambil tindakan yang nyata, maka keberhasilanmu akan menjadi nyata.” —Merry Riana
  37. “Jadilah dirimu sendiri yang sebenarnya, yang unik, yang jujur, yang rendah hati, yang bahagia.” —Merry Riana
  38. “Kepala yang penuh pengetahuan tidak akan lebih hebat daripada hati yang penuh iman.” —Merry Riana
  39. “Bicaralah seperlunya saja semakin banyak bicara yang tidak perlu semakin banyak celah untuk salah dalam berkata-kata.” —Merry Riana
  40. “Jangan menghakimi orang lain, apalagi kalau kita tidak tahu 100% kebenaran faktanya.” —Merry Riana
  41. “Ketika gagal tidak perlu mencari-cari kesalahan orang.” —Merry Riana
  42. “Jangan takut, sebenarnya kamu tidak pernah berjalan sendiri. Selalu ada Dia yang menuntunmu.” —Merry Riana
  43. “Jangan takut, sebenarnya kamu tidak pernah berjalan sendiri. Selalu ada DIA yang menuntunmu.” —Merry Riana
  44. “Mengelola sebuah bisnis sama seperti mengendarai sepeda kalau kita terlalu lama berhenti mengayuhnya kita akan jatuh.” —Merry Riana
  45. “Yang paling penting bukan hanya bagaimana kita memulainya tapi bagaimana kita menyelesaikannya.” —Merry Riana
  46. “Minta maaf tidak selalu berarti kita salah. Itu bisa berarti kita lebih menghargai cinta dan persahabatan di atas ego kita.” —Merry Riana
  47. “Kebahagiaan: bebaskan hati dari kebencian. Bebaskan pikiran dari kekhawatiran. Hidup Sederhana. Perbanyak memberi. Kurangi Ego.” —Merry Riana
  48. “Perlihatkan kemampuan kita, bukan hanya lewat kata-kata dan janji-janji saja, tapi juga melalui hasil tindakan nyata.” —Merry Riana
  49. “Hanya orang optimis yang akan bisa melihat bahwa ada kesempatan di balik kegagalan.” —Merry Riana
  50. “Hidup yang penuh kebahagiaan tidak akan terjadi begitu saja, dibutuhkan banyak doa, kerendahan hati, pengorbanan, dan cinta.” —Merry Riana

 

40 Kata-Kata Motivasi Semangat dari Jack Ma

Kata-kata motivasi semangat adalah kata-kata pilihan yang saya susun dan berasal dari wejangan indah Jack Ma, pengusaha sukses asal China.

Sebagai sosok fenomenal, Jack Ma kemudian menjadi perbincangan di mana-mana. Wawancara dengannya menjadi buruan media. Para entrepreneur berebutan belajar darinya. Dan dari semua itu, saya tertarik dengan tiga hal dari Jack Ma. Yaitu cara berpikirnya bagaimana dia bisa sebesar dan sedahsyat seperti sekarang.

Satu, cara berpikirnya tentang pekerjaan

Ketika ditanya, “Apa pekerjaanmu?” Jack Ma secara unik menjawabnya dengan, “My job is to help more people have jobs.” Gendeng! Jawaban seperti itu baru bisa keluar dari orang-orang yang berpikir besar.

Atau, dalam kesempatan lain, Jack Ma menjawabnya dengan, “My job is making money, helping other people make money. I am spending money, trying to make sure more peple get rich, because you cannot spend a lot of money, right? So my job is spending money and helping others.”

Dua, cara bepikirnya tentang apa yang membedakannya dengan orang kebanyakan

Menyadari diferensiasi diri sangat penting, karena itulah kekuatan yang bisa menjadikan kita bersinar di tengah jagat talenta lain di muka bumi ini. “You should learn from your competitor, but never copy. Copy and you die!” kata Jack Ma tentang ini.

Nah, bagaimana Jack Ma bisa sukses di dunia startup, padahal dia juga tak memiliki kemampuan mumpuni dalam dunia teknologi. Jawabannya sungguh mengejutkan, “I’m not a tech guy. I’m looking at the technology with the eyes of my customers, normal people’s eyes.”

Tiga, cara berpikirnya tentang visi hidup dan visi bisnis

Ternyata, tujuan Jack Ma bukan menjadi yang terkaya, walaupun dia sudah mendapatkan posisi itu. “I don’t want peple in China to have deep pockets but shallow minds,” kata Jack Ma.

Atau, dalam kesempatan lain, dia mengatakan, “I want to change history, do something important in my life, and influence individuals like we have with millions of small businesses on Alibaba. Then they love and respect you because you made their life important.”

Tiga cara berpikir Jack Ma ini patut kita renungkan.

  1. “Tidak peduli seberapa berat untuk mencapainya, kamu harus selalu memiliki mimpi yang kamu tentukan pertama kali. Itu akan membuatmu tetap termotivasi dan menyelamatkanmu (dari pikiran yang lemah).” —Jack Ma
  2. “Jangan pernah menyerah. Hari ini sulit, besok akan lebih buruk, tetapi lusa akan menjadi hari yang dipenuhi sinar mentari.” —Jack Ma
  3. “Jika tidak menyerah, kamu masih memiliki kesempatan. Menyerah adalah kegagalan terbesar.” —Jack Ma
  4. “Bantu kaum muda. Bantu anak-anak. Karena anak-anak akan menjadi besar. Orang-orang muda akan membawa benih yang kamu benamkan di benak mereka, dan ketika mereka tumbuh dewasa, mereka akan mengubah dunia.” —Jack Ma
  5. “Jika kamu belum pernah mencoba, bagaimana kamu akan tahu jika ada peluang?” —Jack Ma
  6. “Aku mencoba membuat diriku bahagia karena aku tahu jika aku tidak bahagia, kolegaku tidak bahagia dan pemegang sahamku tidak bahagia begitu juga pelangganku tidak bahagia.” —Jack Ma
  7. “Ketika skalamu masih kecil, kamu harus sangat fokus dan mengandalkan otak, bukan kekuatan.” —Jack Ma
  8. “Jangan pernah bersaing dalam hal harga, sebaliknya bersaing pada layanan dan inovasi.” —Jack Ma
  9. “Kamu harus belajar dari pesaing, tetapi jangan pernah menyalin. Menyalin dan kamu mati.” —Jack Ma
  10. “Kamu membutuhkan orang yang tepat untuk bersamamu, bukan orang yang terbaik.” —Jack Ma
  11. “Dunia tidak akan mengingat apa yang kamu katakan, tetapi tidak akan melupakan apa yang telah kamu lakukan.” —Jack Ma
  12. “Kamu tidak dapat menyatukan pikiran semua orang, tetapi kamu dapat menyatukan semua orang untuk mencapai tujuan bersama.” —Jack Ma
  13. “Lupakan pesaingmu. Fokus saja pada pelangganmu.” —Jack Ma
  14. “Sekali dalam hidupmu, cobalah sesuatu, bekerja keras pada sesuatu. Cobalah untuk berubah. Tidak ada hal buruk yang akan terjadi.” —Jack Ma
  15. “Hal terpenting yang harus kamu miliki adalah kesabaran.” —Jack Ma
  16. “Seorang pemimpin harus memiliki kekuatan dan keuletan yang lebih tinggi, dan mampu menanggung apa yang tidak bisa dilakukan karyawan.” —Jack Ma
  17. “Jangan pernah melakukan bisnis dengan pemerintah. Boleh jatuh cinta, tapi jangan pernah menikahi mereka.” —Jack Ma
  18. “Tugasku adalah membantu lebih banyak orang memiliki pekerjaan.” —Jack Ma
  19. “Ketika punya uang, kita mulai membuat kesalahan.” —Jack Ma
  20. “Hidup ini sangat singkat, sangat indah. Jangan terlalu serius dengan pekerjaan. Selamat menikmati.” —Jack Ma
  21. “Peluang terletak di tempat dimana ada komplain.” —Jack Ma
  22. “Saat ini, lebih mudah untuk menghasilkan uang. Tetapi menghasilkan uang yang berkelanjutan sambil bertanggung jawab kepada masyarakat dan memperbaiki dunia adalah sangat sulit.” —Jack Ma
  23. “Kamu tidak pernah tahu bahwa hal-hal yang kamu lakukan sangat berarti bagi masyarakat.” —Jack Ma
  24. “Kamu tidak pernah tahu berapa banyak yang bisa kamu lakukan dalam hidupmu.” —Jack Ma
  25. “Tidak masalah jika aku gagal. Setidaknya aku meneruskan konsep itu kepada orang lain. Bahkan jika aku tidak berhasil, seseorang akan berhasil.” —Jack Ma
  26. “Kami tidak pernah kekurangan uang. Kami kekurangan orang dengan mimpi, (orang) yang bersedia mati untuk mimpi itu.” —Jack Ma
  27. “Orang cerdas membutuhkan orang bodoh untuk memimpin mereka. Ketika tim semuanya terdiri dari ilmuwan, yang terbaik adalah memiliki seorang petani untuk memimpin. Cara berpikirnya berbeda. Lebih mudah untuk menang jika ada orang yang melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda.” —Jack Ma
  28. “Sangat sulit untuk mengetahui dunia luar, tetapi kamu mengetahui dirimu sendiri. Kamu tahu kebutuhanmu dan apa yang kamu inginkan. Jika aku mengenal diriku lebih baik, aku dapat mengubah diriku untuk bertemu dengan dunia luar.” —Jack Ma
  29. “Kamu harus membuat timmu memiliki nilai, inovasi, dan visi.” —Jack Ma
  30. “Kami menghargai kemarin, tapi kami mencari hari esok yang lebih baik.” —Jack Ma
  31. “Jika kita ingin mengubah dunia, kita harus mengubah diri kita sendiri.” —Jack Ma
  32. “Sebelum kamu berusia 30 tahun, bekerjalah untuk sebuah perusahaan kecil, belajar bergairah pada sesuatu, belajar untuk bermimpi.” —Jack Ma
  33. “Jika ada sembilan kelinci, jika kamu ingin menangkap satu, fokus saja pada satu.” —Jack Ma
  34. “Tetap lapar dan ikuti mimpimu.” —Jack Ma
  35. “Ingatlah bahwa kesuksesan masa lalumu dapat menyebabkan kegagalan di masa depan. Namun, jika kamu belajar dari setiap kegagalan, maka akhirnya kamu akan berhasil.” —Jack Ma
  36. “Aku tidak pernah berpikir uang yang kumiliki adalah milikku. Itu milik masyarakat.” —Jack Ma
  37. “Jika kamu ingin menang di abad ke-21, kamu harus memberdayakan orang lain, memastikan orang lain lebih baik dari kamu. Maka kamu akan berhasil.” —Jack Ma
  38. “Mereka menyebutku Jack gila. Kupikir gila itu baik. Kami gila tapi kami tidak bodoh.” —Jack Ma
  39. “Jika pelanggan mencintaimu, pemerintah juga akan mencintaimu.” —Jack Ma
  40. “Help young people. Help small guys. Because small guys will be big. Young people will have the seeds you bury in their minds, and when they grow up, the will change the world.” —Jack Ma

 

35 Kata-Kata Motivasi Bisnis Sukses dari Jeff Bezos

  1. “Aku tahu bahwa jika gagal aku tidak akan menyesalinya, tetapi satu hal yang mungkin aku sesali adalah tidak mencoba.” —Jeff Bezos
  2. “Jika kamu benar-benar bisa menyuguhkan kesan yang hebat, pelanggan saling memberi tahu tentang hal itu. Kabar dari mulut ke mulut sangatlah kuat.” —Jeff Bezos
  3. “Jika kamu tidak memahami detail bisnismu, kamu akan gagal.” —Jeff Bezos
  4. Dalam bisnis, yang berbahaya adalah tidak berevolusi.” —Jeff Bezos
  5. “Jika kamu tidak ingin dikritik, jangan lakukan hal baru.” —Jeff Bezos
  6. “Jika kamu ingin melakukan inovasi, kamu harus mau gagal.” —Jeff Bezos
  7. “Jaga agar pesaing kita fokus pada kita, sementara kita tetap fokus pada pelanggan.” —Jeff Bezos
  8. “Jika berfokus pada pesaing, kamu harus menunggu sampai ada pesaing yang melakukan sesuatu. Memilih berfokus pada pelanggan memungkinkanmu untuk menjadi perintis.” —Jeff Bezos
  9. “Jika kamu membuat pelanggan tidak puas di dunia fisik, mereka dapat memberi tahu 6 teman. Jika kamu membuat pelanggan tidak senang di internet, mereka dapat memberi tahu 6.000 teman.” —Jeff Bezos
  10. “Layanan pelanggan terbaik adalah jika pelanggan tidak perlu meneleponmu, tidak perlu berbicara denganmu, layanan itu berfungsi dengan sendirinya.” —Jeff Bezos
  11. “Merek untuk sebuah perusahaan seperti reputasi seseorang. Kamu mendapatkan reputasi dengan berusaha melakukan hal-hal sulit dengan baik.” —Jeff Bezos
  12. “Kami ingin menghasilkan uang ketika orang menggunakan perangkat kami, bukan ketika mereka membeli perangkat kami.” —Jeff Bezos
  13. “Kita tidak bisa berada dalam mode bertahan hidup. Kita harus berada dalam mode pertumbuhan.” —Jeff Bezos
  14. “Salah satu kesalahan besar yang dilakukan orang adalah mereka mencoba memaksakan minat pada diri mereka sendiri. Kamu tidak memilih minat hidupmu. Minatmu yang memilihmu.” —Jeff Bezos
  15. “Jika kamu memutuskan hanya akan melakukan hal-hal yang kamu tahu akan berhasil, kamu akan meninggalkan banyak peluang tak tersentuh.” —Jeff Bezos
  16. “Jika tidak keras kepala, kamu akan menyerah pada eksperimen terlalu cepat. Dan jika tidak fleksibel, kamu akan membenturkan kepala ke dinding dan tidak akan melihat solusi yang berbeda untuk masalah yang kamu coba selesaikan.” —Jeff Bezos
  17. “Merekmu adalah apa yang orang lain katakan tentangmu ketika kamu tidak berada dalam satu ruangan.” —Jeff Bezos
  18. “Jika kamu menggandakan jumlah percobaan yang dilakukan per tahun, kamu akan menggandakan kreativitasmu.” —Jeff Bezos
  19. “Kukuhlah dalam visi tetapi fleksibel dalam hal detail.” —Jeff Bezos
  20. “Ketika dunia berubah di sekitar dan ketika itu berubah melawanmu, apa yang dulunya mendorong sekarang menjadi penghambat, kamu harus mencondongkan diri dan mencari tahu apa yang harus dilakukan karena mengeluh bukan strategi.” —Jeff Bezos
  21. “Kamu harus mau disalahpahami jika akan berinovasi.” —Jeff Bezos
  22. “Satu-satunya cara untuk keluar dari kotak sempit adalah dengan menemukan jalan keluarmu sendiri.” —Jeff Bezos
  23. “Ada dua jenis perusahaan – mereka yang bekerja untuk meningkatkan proses dan mereka yang bekerja untuk menurunkannya.” —Jeff Bezos
  24. “Batasmu adalah kesempatanku.” —Jeff Bezos
  25. “Kebaikan adalah pilihan.” —Jeff Bezos
  26. “Kami fokus seperti laser pada pengalaman pelanggan, dan itu benar-benar penting.” —Jeff Bezos
  27. “Berhemat mendorong inovasi.” —Jeff Bezos
  28. “Kami melihat pelanggan kami sebagai tamu undangan ke pesta, dan kami adalah tuan rumahnya. Adalah tugas kami setiap hari untuk membuat setiap aspek penting dari pengalaman pelanggan sedikit lebih baik.” —Jeff Bezos
  29. “Penemuan pada dasarnya bersifat mengganggu.” —Jeff Bezos
  30. “Profitabilitas sangat penting bagi kami atau kami tidak akan berada dalam bisnis ini.” —Jeff Bezos
  31. “Bukan dinamakan eksperimen jika kamu tahu itu akan berhasil.” —Jeff Bezos
  32. “Terobsesilah pada pelanggan, bukan pesaing.” —Jeff Bezos
  33. “Sulit untuk menemukan hal-hal yang tidak akan dijual secara online.” —Jeff Bezos
  34. “Kepintaran adalah anugerah, kebaikan adalah pilihan.” —Jeff Bezos
  35. “Posisikan pelanggan terlebih dahulu. Berinovasi. Dan bersabarlah.” —Jeff Bezos

 

7 Kata-Kata Motivasi Hidup Sukses dari Larry Page

  1. “Jika Anda mengubah dunia, Anda sedang bekerja pada hal-hal yang penting. Anda bersemangat untuk bangun di pagi hari.” —Larry Page
  2. “Jika Anda tidak melakukan sesuatu yang ‘gila”, maka Anda sedang melakukan sesuatu yang salah.” —Larry Page
  3. “Saya selalu percaya bahwa teknologi harus melakukan sebuah kerja keras, penemuan, organisasi, komunikasi, sehingga pengguna dapat melakukan apa yang membuat mereka bahagia.” —Larry Page
  4. “Saya selalu percaya bahwa teknologi harus melakukan sebuah kerja keras, penemuan, organisasi, komunikasi, sehingga pengguna dapat melakukan apa yang membuat mereka bahagia.” —Larry Page
  5. “Jika kami termotivasi dengan uang, kami sudah menjual perusahaan jauh di masa lalu dan akan berakhir di pantai.”
  6. “Keunggulan itu penting. Saya telah mendorong keras untuk meningkatkan kecepatan kami, memperbaiki eksekusi kami, dan fokus pada taruhan besar yang akan membuat perbedaan di dunia.” —Larry Page
  7. “Optimisme itu penting. Anda harus sedikit bodoh tentang tujuan yang akan Anda tetapkan. Anda harus mencoba melakukan hal-hal yang kebanyakan orang tidak akan melakukannya.” —Larry Page

 

9 Kata-Kata Motivasi Bisnis Sukses dari Elon Musk

  1. “Kegigihan sangat penting. Anda seharusnya tidak menyerah kecuali Anda dipaksa untuk menyerah.” —Elon Musk
  2. “Langkah pertama adalah menentukan bahwa sesuatu itu mungkin; maka itu akan mungkin.” —Elon Musk
  3. “Saya pikir, adalah hal yang mungkin bagi orang biasa untuk memilih menjadi luar biasa.” —Elon Musk
  4. “Perusahaan hebat dibangun dari produk yang hebat.” —Elon Musk
  5. Kesabaran adalah suatu kebajikan, dan saya belajar kesabaran. Ini pelajaran yang sulit. —Elon Musk
  6. “Kegagalan adapan sebuah pilihan di sini. Jika sesuatu tidak gagal, Anda tidak cukup berinovasi.” —Elon Musk
  7. “Orang-orang bekerja dengan lebih baik ketika mereka tahu apa tujuan mereka dan kenapa” —Elon Musk
  8. Adalah sangat penting untuk menyukai orang yang bekerja sama dengan Anda, jika tidak, hidup dan pekerjaan Anda akan menjadi sangat menyedihkan.” —Elon Musk
  9. “Beberapa orang tidak suka perubahan, tetapi Anda perlu meraih perubahan jika pilihan lainnya adalah bencana.” —Elon Musk

 

10 Kata-Kata Motivasi Bisnis Sukses dari Mark Zuckerberg

  1. “Orang tidak peduli dengan apa yang Anda katakan, mereka peduli dengan apa yang Anda bangun.” —Mark Zuckerberg
  2. “Risiko terbesar di dunia ini adalah tidak mengambil risiko apa pun. Dunia ini berubah amat cepat, satu-satunya strategi yang dijamin tidak akan gagal adalah tidak mengambil risiko apa pun!” —Mark Zuckerberg
  3. “Orang yang sukses adalah orang yang selalu menciptakan hal-hal baru serta mencari cara untuk membuat peningkatan”. —Mark Zuckerberg
  4. “Keterbukaan dan transparasi, membangun komunitas, membuat kolaborasi, itu semua merupakan bagian cara kita bekerja bersama-sama”. —Mark Zuckerberg
  5. “Saya harus berpikir jangka panjang, memilih mana yang akan berhasil. Tujuan saya adalah membangun value yang sejati bagi pengguna dalam jangka panjang”. —Mark Zuckerberg
  6. “Bergeraklah dengan cepat dan hancurkan apa pun hal yang menghalangi. Jika Anda tidak bisa menghancurkan sesuatu, itu berarti Anda tidak bergerak dengan cukup cepat”. —Mark Zuckerberg
  7. “Kami menjalankan perusahaan ini untuk melayani lebih banyak orang”. —Mark Zuckerberg
  8. “Saya pikir aturan bisnis yang sederhana adalah, jika Anda melakukan hal-hal yang lebih mudah dulu, maka Anda dapat benar-benar menghasilkan banyak kemajuan”. —Mark Zuckerberg
  9. “Penting bagi wirausahawan muda untuk cukup sadar diri untuk mengetahui apa yang tidak mereka ketahui”. —Mark Zuckerberg
  10. “Jika Anda ingin membangun sesuatu yang hebat, Anda harus fokus pada perubahan apa yang ingin Anda buat di dunia ini”. —Mark Zuckerberg

 

16 Kata-Kata Motivasi Kerja dari Fachmy Casofa

  1. Kejenuhan bersebab stres berkepanjangan. Ketegangan yang dirasakan membuat tidak mampu menyelesaikan tugas atau pekerjaan. Makin lama, ketegangan tersebut membuat kinerja menjadi loyo. Waspada, bahaya kejenuhan melandamu.
  2. Kejenuhan tidak terjadi secara mendadak. Biasa terjadi secara bertahap dan perlahan. Semacam efek bola salju. Awalnya kecil, lalu membesar, membesar lagi, berkembang, dan berkembang lagi. Lalu makin besar, besar, dan besar. Dan seperti biasa, kejenuhan dan kebosanan adalah musuh utama kretivitas.
  3. Jika jam kerja telah menunjukkan telah habis, tidak peduli apakah pekerjaan atau hal yang seharusnya kita kerjakan hari itu selesai atau belum, segeralah pulang. Yah, segeralah pulang.
  4. Pulang kerja tepat waktu itu penting. Mungkin kita tidak bisa melakukan hal ini setiap hari. Akan tetapi, melakukannya satu atau dua kali seminggu akan membuat perbedaan yang besar. Syukur-syukur bisa setiap hari.
  5. Saat pulang berkumandang, pulanglah. Masih ada hari esok untuk berada di kantor lagi. Ada keluarga di rumah yang menunggu. Ada tetangga yang menunggu. Ada cengkerama ringan yang menanti.
  6. Kebosanan mendera karena terlalu berkutat dengan hal-hal yang sama setiap hari. Saat satu pekerjaan selesai di kantor, esok juga akan datang lagi. Jadi, tak usah risau akan tidak adanya waktu lain untuk menyelesaikan pekerjaan kantormu.
  7. Minimal, beberapa jam dalam seminggu, usahakan melakukan off dari dunia digital. Kita takkan pernah ketinggalan apa pun walau mematikan ponsel dan sosial media dalam satu hari penuh. Masih ada hari esok.
  8. Tahu apa yang paling berharga bagi orang-orang yang kita cintai? Menghadirkan jiwa dan raga seutuhnya kepada mereka. Bukan ketika makan bersama, namun masih sibuk dengan sosial media. Bukan ketika bercengkerama berdua masih sibuk dengan ponsel. Namun, hadirkan keutuhan jiwa dan raga. Itulah yang mereka butuhkan.
  9. Kebanyakan kita enggan mematikan ponsel pada siang hari, bahkan beberapa orang masih sibuk dengan ponsel meskipun sudah sampai di rumah di malam hari. Bila sudah sampai rumah, matikanlah dulu. Dengan demikian, kita memiliki waktu yang cukup untuk bercengkerama bersama keluarga, teman, membaca buku, atau menonton tivi kabel favorit. Waktu yang demikian dapat menjadi nutrisi bagi kondisi psikologis kita.
  10. Kita perlu waktu yang cukup untuk tidur, serta berolah raga dan makan dengan tenang. Kita akan terkejut melihat hal-hal yang bisa kita selesaikan setelah beristirahat dengan cukup karena badan dan pikiran kembali segar. Apalagi ditambah futsal, badminton, atau sesekali bermain nunchaku. Keren!
  11. Ya, cuti ada untuk diambil dan dimaanfaatkan. Bukan untuk didiamkan. Ambillah cuti beberapa hari. Lakukan hal-hal seru selama cuti itu. Bila perlu, matikan juga sosmedmu, agar tak menggangu pikiranmu dengan memerhatikan linimasa.
  12. Backpackeranlah bila perlu. Jelajahi sudut-sudut Indonesia yang indah ini. Atau, lakukan hobi-hobi lamamu dengan sepenuh fokus dan tidak terganggu dengan pekerjan-pekerjaan lain. Rasakan bedanya.
  13. Waktu cuti tetap dibutuhkan jika kita ingin berkecimpung di dunia bisnis untuk waktu yang lama. Pada hakikatnya, karir kita dalam dunia usaha bisa diibaratkan lari maraton, bukan lari sprint yang perlu cepat tapi hanya sebentar.
  14. Perubahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari membuat variasi dan bersemangat kembali dan dapat menyelesaikan pekerjaan.
  15. Hiduplah dengan seimbang. Lakukan pengamatan pada diri sendiri. Waktu ibadahmu, waktu untuk keluargamu, waktu untuk kehidupan sosialmu, hobimu, juga pekerjaan-pekerjaanmu. Lakukan analisis yang baik, dan upayakan semuanya seimbang.
  16. Menaruh prioritas mana pada hal-hal berikut ini? Teman, keluarga, pekerjaan, hobi, istirahat. Jangan abaikan kebutuhan kita untuk hidup seimbang dan sehat. Prioritaskan hanya pada hal-hal yang sesuai dan prinsipil saja, seperti: keluarga, pekerjaan, dan istirahat. Ketiga hal itulah yang terpenting. Maka, hal lain seperti teman dan hobi, akan mengikuti sendiri. Dilakukan sesekali, namun tak menjadi prioritas yang menghabiskan banyak waktu. Karena kita takkan pernah bisa menaruh kelima hal di atas menjadi prioritas semua. Kita hanya punya tiga prioritas.

 

kata-kata motivasi sukses

 

68 Kata-Kata Motivasi Diri Pengubah Hidup dari Fachmy Casofa

  1. Biar pun Lelah, teruslah melangkah.
  2. Hidup nyatanya terus berjalan, jangan diam dan pastikan kau sedang bergerak meskipun sangat pelan
  3. Takut gagal? Cukup itu menjadi pengalaman, berikutnya kamu adalah seorang pemberani yang akan terus melangkah
  4. Gagal adalah pupuk sehingga buah kesuksesanmu kelak akan terasa lebih enak dan nikmat
  5. Saat kau merasa diri seolah terjerat, percayalah ada jalan untuk membukanya lalu kemudian kau melesat!
  6. Keadaan memang membuatmu benar-benar lelah, tapi jangan sampai keadaanmu membuat kaki dan dirimu berhenti melangkah!
  7. Jika masih merasa gagal, jangan pernah meremehkan diri sendiri, perbaiki salah dan teruslah melangkah!
  8. Buka matamu, jangan kau tutupi, sebenarnya dunia ini begitu terang dengan sinar indahnya
  9. Melangkah lalu salah itu lebih baik daripada kita diam saja
  10. Kesuksesan bukan terletak saat kita berada di puncak semata, tetapi saat kita mampu menikmati proses indahnya melangkah dan beperjalanan
  11. Seperti siput, ia terus bergerak dan melangkah, biarpun sekitara mengatakan sangat pelan
  12. Langkahnya kecil, tetapi konsistensi bergerak, itu jauh lebih baik daripada langkah besar tapi hanya sekali dua kali saja
  13. Seribu langkah kita, dimulai dari langkah pertama, langkah kedua, dan langkah berikutnya yang terus dijalankan
  14. Cari teman, seringkali orang lain membuat langkah kita lebih beralasan
  15. Berjalan bersama memang terasa lebih pelan, tapi jarak tempuhnya jauh lebih panjang
  16. Sukses nyatanya dimiliki oleh orang yang melangkah dan mereka melakukan kesalahan, tapi memilih untuk tidak menyerah
  17. Berjalanlah dengan penuh senyuman.
  18. Senyum adalah cara sederhana membahagiakan diri sendiri maupun orang lain
  19. Senyuman yang melunakkan keadaan, jika kau mau tersenyum, maka kau mampu melunakkan kerasnya lisan maupun keadaan
  20. Jika kau peduli dan empati pada diri, tersenyumlah
  21. Senyum
  22. Satu hal berharga yang kau miliki dan kau pun membutuhkannya dalam keadaan senang maupun sulit
  23. Kadang bahagia dan tidak hanya terletak pada kita mau tersenyum atau tidak
  24. Jika hari ini mendung sebenarnya itu tak masalah, asal kau tak lupa caranya tersenyum saja
  25. Jangan lupa tersenyum, biar kau pun tak lupa untuk bahagia
  26. Duduk sejenak, tarik nafas, dan tersenyumlah
  27. Sebenarnya kau berhak marah, tapi memilih tersenyum nampaknya itu ekspresi agar kau dan orang yang kau cinta tetap berada pada jalur bahagia
  28. Senyum itu menumbuhkan, menumbuhkan bahagia-bahagia di keadaan apapun yang sedang kau jalani
  29. Bahkan jika kau merasa tak punya apa-apa, sebenarnya ada sesuatu yang sangat berharga dan kau memilikinya, apa itu? Senyum!
  30. Kadang segala sesuatu hanya butuh disenyumin
  31. Sambil nunggu kemudahan tiba, senyum aja dulu
  32. Bahagia adalah ketika kita mampu menjadi alasan orang lain untuk tersenyum
  33. Jujur saja, dunia terasa indahnya saat wajah kita terbingkai dengan senyuman
  34. Tetap tersenyum, dan bekerja keraslah untuk meraih masa depan yang penuh bahagia
  35. Masa depan terkadang mengharuskan kita mengeluarkan semua energi sampai titik darah penghabisan
  36. Kerja keras memang dibutuhkan oleh masa depan
  37. Sampai kau lelah, sampai lelahmu lelah mengikuti langkahmu!
  38. Terus berjuang sampai sakit, karena sakitnya berjuang tidaklah seberapa ketimbang sakitnya kegagalan di masa depan
  39. “Makin keras kamu bekerja, maka makin sulit kamu akan menyerah.” – Vince Lombardi
  40. Sampai keringatmu terkuras habis, sampai kau merasa ingin menangis, tapi terkadang begitulah cara kita meraih masa depan yang manis
  41. Lelahnya berjuang di masa sekarang adalah manisnya hidup di masa depan
  42. “Jika seseorang dalam industrimu lebih sukses daripada kamu, itu karena dia bekerja lebih keras daripada kamu.” – Hugh Jackman
  43. Selama kita terus berjuang, kesulitan adalah sejarah indah di masa yang akan datang
  44. Mari memulai, meskipun dengan status memulai lagi setelah kegagalan yang didapati
  45. Keringatmu yang menetes adalah salah satu siraman terbaik untuk suburnya masa depanmu yang indah
  46. “Jangan berharap lebih mudah. Berharaplah kamu lebih baik.” – Jim Rohn
  47. Kesuksesan meminta dua hal: kerja yang keras dan doa yang ikhlas!
  48. Pemenang itu milik orang yang usaha dan doa baik secara kualitas maupun kuantitas lebih baik dari orang lain
  49. Kerja keraslah, berdoa ikhlaslah, dan pastikan engkau pun yakin bahwa kesuksesan hanya hadir dari Sang Tuhan
  50. Seberapa berat yang sedang kau hadapi, seberapa kuat energi yang harus kau keluarkan, tetapkanlah wajah dengan  penuh kebehagiaan
  51. Cintai apa yang sedang kau kerjakan. Sebab, satu akibat saat kita merasa jatuh cinta adalah bahagia!
  52. Maafkan keadaan, berdamailah dengannya, sebab memaafkan itu membahagiakan!
  53. ada satu hal sederhana yang bisa membuatmu lebih bahagia dan membuat orang lain pun merasakan hak yang sama. Senyum.
  54. senyumin saja, sederhankan saja. Tak usah kau dapati berbagai alasan atau prasyarat-prasyarat yang membuat senyum dan bahagiamu tertahan dan terabaikan, intinya senyumin aja.
  55. Bahagia itu bukan soal keadaan. Bahagia itu soal kesyukuran dan kesabaran yang terus bertahan dalam setiap keadaan.
  56. Syukur dan sabar itu ibarat micin. Kalo micin melezatkan makanan, kalo syukur dan sabar melezatkan keadaan
  57. Bahagia itu bukan keadaan, tapi bahagia adalah pilihan sikap
  58. Jika kau ingin bahagia dan menang, berdamailah dengan keadaan
  59. Sabar bukan menyerah, tetapi sabar adalah keyakinan yang kuat bahwa kesuksesan sejatinya akan datang
  60. Bahagia itu sebenarnya pilihan, tinggal kita mau memilihnya atau tidak
  61. Jangan lupa bersyukur, biar Tuhan kasih tambah nikmat dan bahagianya
  62. Bahagia itu bukan saja saat cita-cita tercapai, tapi saat masih begitu berat menggapainya itu pun ruang yang pas buat kita berbahagia bukan? Bukankah mengembang dan mengempisnya senyuman itu bukan soal keadaan, tapi itu pilihan.
  63. Mari berbahagia dengan berkawan dengan siapa dan apa saja yang dijumpa. Bukankah setiap musim adalah waktu untuk terus menanam sekaligus memetik perasaan bahagia. Begitu kan?
  64. Silahkan bersedih, menangis pun tak apa, tapi cukupkan sebentar saja. Bukankah bersama-sama kita telah belajar untuk memahami, bahwa sejatinya masalah yang menghampiri adalah bahan terbaik untuk tertawa nanti, bukan begitu?
  65. Dan, jika kau lihat hari ini sinar mentari tak seperti kemarin
  66. Sekedar mendung yang nampak, sedang mata merindu akan sinar harapan
  67. Tetapkanlah wajah dalam bingkai senyum yang indah
  68. Bergembiralah dan siap melangkah

 

100 Kata-Kata Motivasi Bahasa Inggris

Jadilah pribadi yang baik, terbuka, kreatif, jujur, bergairah, dan selalu berupaya meraih sukses dengan penuh optimistis setiap harinya. Panggung kecemerlangan kan menunggumu.

Ini lah dia kata-kata motivasi bahasa Inggris untuk membuat hidupmu lebih baik!

  1. If you wake up dreading Mondays, find yourself frustrated with your weeks, and discover you’re feeling sluggish and unmotivated both in the workplace and outside of it, it is time to make a change.
  2. Competence starts with feeling competent.
  3. It’s not how hard you try. It’s all about the small but consistent progress.
  4. Creativity comes from within. Genuine interest is the key to solve problem successfully.
  5. Take small victories. A lot small victories is more satisfaction than one big victory, said research.
  6. You can’t force yourself to like broccoli. Do what you like and be what you want!
  7. Resist the urge to be average. Be unstoppable!
  8. There is plenty of time. Don’t worry with your age. At 80 years old, your success is still open.
  9. Success is never just one thing. It comes from faith, persistence, vision, knowledge, and everything else!
  10. Don’t keep fighting your first battle.
  11. Change is possible, but not easy.
  12. Seek input from your opposites.
  13. Write down the directions.
  14. Anticipate irrationality.
  15. The best defense is to listen.
  16. Winners are made, not born.
  17. Do things in order.
  18. Get experience anyway you can.
  19. Self-motivation works once.
  20. Speak slowly
  21. Where you stand depend on where you look.
  22. Use your own self-interest.
  23. Remember who you are and where you are. Don’t sacrifice your belief and background.
  24. Negotiate with confidence, or don’t. Say confidently, be forceful in unaggresive ways.
  25. Volunteer to feel better.
  26. Remember the task, forget the rankings.
  27. Avoid the second-guess paralysis.
  28. Seek a tall plateau, not the peak. Ultimate moment will quickly come and go. Look for sustainability.
  29. Play the odds. Stay open for unexpected opportunities. The more try, the greater opportunity to come.
  30. The past is not the future.
  31. Get a good night’s sleep.
  32. It starts and ends with you
  33. Notice patterns. Pay attention to any kind of patterns. Great thinkers notice patterns.
  34. Efficiency in everything.
  35. Tomorrow will be a better day (but how exactly?). Construct your goals in concrete term.
  36. Lessons can’t threaten. Try to make a new thing clear for the outset that the destination is place to go.
  37. Success is formula, not fantasy. Approach thing with order, common sense, consistency & persistence.
  38. You need to know more than just how talented you are. You need confidence and respect to succeed.
  39. Role models are not one-size-fits-all. Choose your role model someone who fits to you.
  40. Learn from losses. The setbacks you experience are wonderful opportunity to learn.
  41. Embrace work, it may have to last forever. Most retirees base their identity on their career.
  42. Exercise and eat right.
  43. Boredom is the enemy.
  44. Be clear about your role in the outcome. You need to be clear about your own role in the outcome, whatever it is.
  45. Make change count. Regularly see possibilities and opportunities to pursue change.
  46. Listening is more than not talking. Investing ourselves in what others are saying.
  47. Take off your blinder.
  48. You’ll get what you’re afraid of
  49. Think about who you ought to be. People who focused on the life they ‘ought’ to lead are more caring about other people than focused on the ‘ideal’ life they could.
  50. Leadership is contagious. If you seek to lead, your ability will ultimately be measured in the successes of those around you.
  51. Want support? Deserve it. You have to let them see how capable and dedicated you are.
  52. You will give up faster if you are not in control.
  53. Life is not a zero-sum game.
  54. You don’t have to get straight.
  55. What your appetite for success.
  56. Remember the difference between you and everybody else.
  57. Your work and home lives must fit together.
  58. Nobody wins without a loser.
  59. Tell clean jokes.
  60. Don’t want everything.
  61. Look for value.
  62. Get your motivation where you can find it.
  63. Be an expert.
  64. Failure is not trying.
  65. You are not in this alone.
  66. Your goals are a living thing.
  67. Avoid roller-coaster emotions.
  68. You can’t be persistent without perspective.
  69. Changing jobs doesn’t change you.
  70. It might get worse before it gets better.
  71. If you don’t believe, no one else will.
  72. You’ll work harder if you feel wanted.
  73. Don’t talk to yourself.
  74. Seek coherence and congruence.
  75. Off your doubt, you’re out.
  76. Always think about what’s next.
  77. Value practical knowledge.
  78. See the risk in doing nothing.
  79. Face conflict head-on.
  80. Money isn’t everything.
  81. Be realistic about yourself.
  82. Find your own path.
  83. Own what you do.
  84. Be honest for your future.
  85. You need to know what you are looking for.
  86. Don’t forget packaging.
  87. Learn to lead yourself.
  88. A victory at all costs is not a victory.
  89. People who have it right work harder to make it better.
  90. Don’t run in the wrong direction just because you’re near the finish line.
  91. Hope springs internal.
  92. Think as if others can read your mind.
  93. You’ll get knocked down and then get back up.
  94. Keep your goals where you can see them.
  95. Don’t settle.
  96. What is the point of your vision?
  97. Win your own respect first.
  98. Your goals must engage all of you.
  99. Take action!
  100. Only you can say if this is a world you can succeed in.

 

Baca juga: Kunci Sukses: Fokus pada Nilai Kontribusi

 

159 Kata-Kata Motivasi Singkat

  1. Engkau butuh terus berjalan, khususnya bersama impian yang sebenarnya begitu istimewa.
  2. Perjalanan yang harus terus kau jalani adalah perjalanan bersama mimpimu yang sebenarnya sangat berarti. Teruskan, lanjutkan!
  3. Pasti Bisa, Pasti Bisa!
  4. Selama tangan masih menengadah serta kaki terus melangkah meskipun lelah, pasti kita bisa meraih impina kita!
  5. Impian dan cita-cita sebenarnya hanya memintamu melakukan apa yang kamu bisa dan kamu suka, yang penting jangan berhenti!
  6. Semakin banyak kau melibatkan orang lain dalam daftar impianmu, maka akan semakin besar dan kuat kau untuk meraihnya.
  7. “Lakukan apa yang kamu bisa dengan semua yang kamu miliki, di mana pun kamu berada.” – Theodore Roosevelt
  8. Jangan bermimpi untuk diri sendiri, libatnya banyak orang agar engkau semakin punya alasan untuk meraihnya.
  9. Menjadi bermanfaat adalah cara meraih semangat dalam mengejar cita-cita.
  10. Mimpimu adalah harapan besar dari orang-orang yang kamu cinta.
  11. “Semua impian kita bisa menjadi kenyataan, jika kita memiliki keberanian untuk mengejarnya.” – Walt Disney
  12. Senyum ibumu sudah siap merekah saat kau pulang dengan senyummu yang lepas sebab impian telah kau genggam.
  13. Ibumu tak sedih saat kau belum berhasil meraih mimpimu, tetapi ibumu akan bersedih saat kau berhenti bergerak meraih mimpi.
  14. Jangan biarkan diri menyerah pada impian, tetapi buatlah impian yang menyerah padamu. – John Wooden
  15. Kita tidak dituntut untuk sampai pada garis finish, tetapi kita hanya diminta untuk terus bergerak menuju garis finish.
  16. Raihlah impian bersama Tuhan, sebab bersama-Nya segala sesuatu menjadi mungkin!
  17. Tuhan sejatinya menanti kita menengadahkan tangan saat kita sedang berjuang meraih impian.
  18. Selalu beri dari yang diharapkan.
  19. Jika action Kamu menginspirasi yang lain untuk melakukan hal lebih, artinya Kamu seorang leader.
  20. Siapapun Kamu, tetaplah jadi orang yang baik.
  21. Jangan sampai kekurangan Kamu menghambat kesuksesan Kamu.
  22. Ketika segalanya seperti melawan Anda, ingatlah sebuah pesawat take off itu justru melawan angin juga.
  23. Setiap hari itu bagaikan rekening bank, dan waktu adalah mata uang kita. Tidak ada yang kaya, tidak ada yang miskin, kita sama-sama punya 24 jam sehari.
  24. Investasi yang hasil nya paling bagus adalah investasi ilmu.
  25. Cara untuk memulai sesuatu adalah berhenti bicara, dan action.
  26. Pendapat orang lain tentang Anda tidak mendefinisikan siapa Anda sebenarnya.
  27. Nikmati prosesnya sampai Anda berada di puncak keberhasilan.
  28. Waktu Anda itu terbatas, jadi jangan sia-siakan itu dengan hidup di kehidupan orang lain.
  29. Beri perhatian Anda ke hal hal yang simple yang sering diabaikan, karna bisa jadi itulah kunci menuju sukses.
  30. Jangan tiup lilin orang lain, karna itu tidak akan membuat lilin Anda terlihat lebih terang.
  31. Jangan pernah malu dengan kegagalan Anda, belajarlah dari sana dan mulai lagi.
  32. Terkadang sukses adalah sumber dari kebahagiaan. Tapi, kadang kebahagiaanlah sumber dari kesuksesan.
  33. Jalan ke kesuksesan dan jalan ke kegagalan hampir sama, jangan sampai Anda mengambil jalan yang salah.
  34. Peluang itu tidak ada. Anda-lah yang menciptakan peluang itu.
  35. Jangan pernah mengejar uang dan mulailah kejar passion Anda.
  36. Jika Anda tidak rela untuk mengambil resiko dari orang rata-rata, Anda akan berakhir seperti orang rata-rata juga.
  37. Jangan pernah menyerah, awal memang selalu jadi yang terberat.
  38. Konsisten adalah kunci.
  39. Jangan biarkan orang lain membuat Anda terpuruk. Anda harus tetap berjalan.
  40. It’s okay untuk melihat kebelakang supaya Anda tahu sudah seberapa jauh Anda berjalan, tapi Anda harus tetap berjalan maju.
  41. Ubah cara berpikir Anda, dan Anda akan mengubah dunia.
  42. Orang lain mungkin akan meragukan apa yang Anda katakan, tapi mereka akan percaya setelah lihat apa yang Anda lakukan.
  43. Jangan takut untuk mengambil langkah besar, Anda tidak bisa mendaki gunung hanya dengan 2 langkah saja.
  44. Action mungkin tidak selalu membawa kebahagiaan, tapi tidak ada kebahagiaan tanpa action.
  45. Lakukan suatu hal setiap hari yang itu membuat Anda terpacu.
  46. Jika Anda ingin itu, CAPAILAH.
  47. Tidak peduli dari mana Anda berasal, impian Anda itu valid.
  48. Batasan Anda itu hanyalah imajinasi Anda.
  49. Kerja keraslah, karna tidak seorangpun mau melakukan itu untuk Anda.
  50. Terkadang menunda bisa jadi tidak sama sekali, do it now.
  51. Hal terbaik tidak pernah berasal dari zona nyaman.
  52. Beberapa orang punya mimpi sukses, beberapa lainnya bangun dan mengejar impian itu.
  53. Keinginan Anda untuk sukses harusnya lebih besar dari pada ketakutan Anda pada kegagalan.
  54. Ketakutan membunuh lebih banyak impian dari pada kegagalan.
  55. Pada akhirnya, sebuah kesuksesan tanpa kekuatan mengeksekusi hanyalah halusinasi saja.
  56. Pikiran Anda membentuk visi Anda, Anda akan lihat apa yang Anda pilih untuk lihat.
  57. Jadilah keras kepala untuk goals Anda dan jadi fleksibel untuk cara Anda menggapainya.
  58. Dengan kata lain, sukses akan datang ke mereka yang kerja keras dari pada hanya menunggu dan mengeluh tentang hidupnya.
  59. Satu satunya hal yang paling buruk dari pada memulai sesuatu dan gagal adalah tidak memulai sama sekali.
  60. Anda tidak harus jadi sempurna untuk jadi luar biasa.
  61. Anda tidak bisa berharap dapat jackpot jika Anda tidak memasukkan koin ke mesinnya.
  62. Anda luar biasa, buktikan ke diri Anda hari ini..
  63. Ketika Anda gagal Anda akan belajar dari kesalahan yang Anda buat dan itu akan memotivasi Anda untuk bekerja lebih keras lagi
  64. Percaya ke diri Anda. Anda sudah bertahan dan bisa melaluinya, dan Anda juga akan mampu melalui apapun hal yang akan datang kedepannya.
  65. Tidak ada kegagalan. Anda akan menang atau Anda akan belajar dari itu.
  66. Hanya akan ada dua pilihan, Anda berproses atau Anda beralasan.
  67. Masa lalu mungkin memang menyakitkan. Tapi Anda bisa pilih mau lari dari itu atau justru belajar dari itu.
  68. Tidak ada lift menuju kesuksesan. Anda harus menaiki tangga … satu per satu.
  69. Terkadang jalan yang benar bukanlah jalan yang paling mudah.
  70. Membuat goals adalah langkah awal mengubah mustahil jadi mungkin
  71. Buat goals setinggi-tingginya dan jangan berhenti sampai Anda ada disana
  72. Masalah itu bukan tanda untuk berhenti, itu adalah petunjuk.
  73. Anda harus meninggalkan masa lalu Anda sebelum Anda bisa move on.
  74. Kesalahan adalah bukti bahwa Anda sedang mencoba sesuatu.
  75. Tetaplah berjalan melewati badai. Pelangi Anda sedang menunggu di sisi lainnya.
  76. Sangat indah ketika karir dan passion berada dalam 1 hal yang sama.
  77. Sukses memang seharusnya sulit. Jika tidak sulit, siapapun akan bisa melakukannya. Justru karna sulitlah yang membuat sukses itu luar biasa
  78. Untuk berhasil, kita harus percaya dulu bahwa kita bisa.
  79. Jika Anda ingin menaklukkan ketakutan Anda, jangan cuma duduk dirumah dan memikirkannya. Pergilah dan lakukan sesuatu.
  80. Saya lebih milih melakukan hal yang besar lalu gagal dari pada tidak melakukan apa apa dan menyesal.
  81. Jangan sibuk tapi produktif lah.
  82. Lakukan hal hari ini yang Anda dimasa depan akan berterima kasih.
  83. Selalu lakukan yang terbaik. Apa yang anda tanam sekarang, Anda akan memanennya di kemudian hari.
  84. Masa depan Anda tergantung oleh apa yang Anda lakukan hari ini.
  85. Jika Anda tidak memulainya, Anda tidak akan tahu apa yang akan terjadi kedepannya.
  86. Hidup dalam ketakutan itu artinya Anda tidak benar benar hidup.
  87. Gantikan ketakutan Anda dengan rasa penasaran. Anda akan terkejut oleh hasilnya.
  88. Rumput akan selalu hijau tergantung rumput mana yang Anda beri air.
  89. Resiko terbesar adalah tidak mengambil resiko apapun.
  90. Jangan sampai kondisi masa lalu dan masa sekarang mengontrol siapa Anda.
  91. Satu satunya cara untuk sukses adalah belajar lebih cepat dari pada orang lain.
  92. Jangan katakan mimpi Anda kepada orang lain. Tunjukkanlah mereka.
  93. Entrepeneurship itu bukan ilmu sains atau seni. Itu praktek.
  94. Anda cuma punya kesempatan hidup satu kali, so kenapa Anda tidak membuat itu menjadi yang paling terbaik?
  95. Waktu anda itu sekarang, bukan besok ataupun lusa.
  96. Jika plan Anda tidak berhasil, ganti plannya tapi jangan goals nya.
  97. Ingatlah, hari ini adalah hari esok yang Anda khawatirkan kemaren.
  98. Kualitas selalu lebih baik dari pada kuantitas.
  99. Sukses itu adalah hasil dari kerja keras, belajar dari kegagalan, dan konsisten.
  100. Hidup tanpa impian itu seperti burung tanpa sayap.
  101. Tetaplah rendah hati dan tetap fokus di proses dari perjalanan Anda.
  102. Ambil resikonya atau Anda kehilangan peluangnya.
  103. Jangan mencoba jadi yang original, cukup cobalah untuk jadi yang baik
  104. Jangan pernah meremehkan kekuatan dari fokus.
  105. Sukses tidak hanya tentang apa yang Anda bisa raih di hidup Anda. Tapi juga tentang bagaimana Anda menginspirasi yang lain untuk sukses juga.
  106. Di setiap cerita sukses Anda akan tau seseorang yang telah mengambil keputusan yang berat.
  107. Jangan mencoba untuk menjadi yang terbaik, cukuplah jadi lebih baik dari pada kemarin.
  108. Pikiran yang negatif tidak pernah memberi Anda kehidupan yang positif.
  109. Tentukan goals Anda jangan sampai orang lain yang menentukan.
  110. Jangan takut untuk gagal, takutlah untuk tidak memulai.
  111. Jika Anda bisa bermimpi tentang goals Anda, artinya Anda bisa melakukannya.
  112. Sukses memang sulit, tapi sulit bukan berarti mustahil.
  113. Mulailah dimanapun Anda berada, gunakan apa yang Anda punya, lakukan apa yang Anda bisa.
  114. Orang tidak memutuskan untuk jadi luar biasa. Mereka memutuskan untuk menyelesaikan hal yang luar biasa.
  115. Jika Anda tidak biasa melakukan hal yang luar biasa. lakukan hal kecil dengan cara yang luar biasa.
  116. Ini bukan hanya tentang ide yang bagus, tapi bagaimana ide ini bisa menjadi kenyataan.
  117. Untuk setiap menit Anda marah Anda kehilangan 60 detik dari kebahagiaan.
  118. Tujuan dari hidup itu bukan hanya bahagia tapi bagaimana Anda bisa bermanfaat bagi orang lain.
  119. Jangan lakukan itu selama 5 menit jika Anda tidak mau melakukannya selama 5 tahun.
  120. Lakukan hal lebih yang penting itu membuat Anda bahagia.
  121. Waktu terbaik untuk memulai hal baru adalah sekarang.
  122. Hidup Anda akan berubah hanya jika Anda mengikuti impian Anda dari pada zona nyaman Anda.
  123. Jangan Pernah Takut Akan Kegagalan.
  124. Anda bertanggung jawab atas hidup Anda sendiri bukan orang lain.
  125. Masa depan akan jadi milik mereka yang percaya mimpi mereka.
  126. Hidup ini terlalu misterius jika Anda terlalu serius.
  127. Dibalik setiap kesuksesan ada tahun tahun yang penuh kegagalan.
  128. Lebih baik di benci dari siapa Anda sebenarnya dari pada dicintai dari kepalsuan Anda.
  129. Akan selalu ada hal yang bisa di syukuri.
  130. Saya punya impian yang lebih layak dari pada tidur saya.
  131. Lakukan apa yang benar bukan apa yang mudah.
  132. Kita di uji untuk tidak menunjukkan kelemahan kita tapi untuk menemukan kekuatan kita.
  133. Pemenang kalah lebih banyak dari pada pecundang.
  134. Jika Anda melakukan hal yang Anda selalu lakukan, Anda akan mendapatkan hal yang selalu Anda dapatkan.
  135. Mereka bilang, impian saya terlalu besar? saya bilang, mereka berpikir terlalu kecil.
  136. Setiap ahli dulunya juga amatir.
  137. Impian terbaik terjadi ketika Anda bangun dari tidur.
  138. Pikiran yang positif = hidup yang positif.
  139. Tidak pernah ada waktu yang sempurna untuk mengejar impian Anda, lakukan sekarang.
  140. Jangan pernah takut berdiri dari apa yang Anda percayai walaupun itu Anda harus berdiri sendiri.
  141. Waktu terbaik untuk menanam pohon adalah 25 tahun yang lalu, waktu terbaik selanjutnya adalah hari ini.
  142. Siapa Anda besok tergantung siapa Anda sekarang.
  143. Ingatlah, bakat terbaik Anda lebih powerful dibanding ketakutan terbesar Anda.
  144. Jangan buat alasan tapi buat improvement.
  145. Rasa sakit yang Anda alami hari ini adalah kekuatan yang Anda rasakan besok.
  146. Ketika Anda fokus ke masalah, Anda akan punya lebih banyak masalah. Ketika Anda fokus ke kemungkinan, Anda akan punya lebih banyak peluang.
  147. Keinginan Anda untuk berubah harusnya lebih besar dari pada keinginan Anda untuk terlihat sama.
  148. Hanya karna Anda berada di jalan yang berbeda bukan berarti Anda tersesat.
  149. Lakukan apa yang Anda sukai dan Anda tidak akan pernah merasa bekerja lagi seumur hidup Anda.
  150. Hal yang paling Anda sesali dihidup adalah resiko yang tidak Anda ambil.
  151. Mati bukanlah musuh, hidup dalam ketakutkanlah yang musuh.
  152. Setiap orang yang sukses dulunya juga orang yang tidak tahu tapi menolak untuk menyerah dengan mimpinya.
  153. Pikiran Anda adalah sesuatu yang powerful. Ketika Anda mengisinya dengan pikiran positif, hidup Anda akan berubah.
  154. Tidak peduli seberapa sulit Anda, selalu kuatlah bertahan dibanding orang lain yang mudah menyerah.
  155. Bebaskan diri Anda dari kesalahan masa lalu dengan memaafkan diri Anda tentang apa yang sudah Anda lakukan.
  156. Untuk menjadi sebuah bintang, Anda harus memancarkan cahaya Anda sendiri, ikuti jalan Anda sendiri dan jangan khawatir dengan kegelapan.
  157. Jangan biarkan kekecewaan kemarin membayangi pencapaian Anda besok hari.
  158. Fokus Anda akan menentukan tujuan Anda.
  159. Saat Anda ingin menyerah, ingatlah botol Coca Cola hanya laku 25 botol dalam tahun pertamanya.

 

 39 Kata-Kata Motivasi Denny Santoso

Kata-kata motivasi berikut adalah dari salah satu pebisnis digital dan juga guru digital marketing asal Indonesia bernama Denny Santoso.

  1. “Jika anda menjalani hidup begitu-begitu saja, hari ini sama dengan kemarin, hal itu sama saja dengan menonton film yang (meskipun bagus) sudah anda tonton berulang kali. Sungguh membosankan! Apakah anda yakin ingin menjalani kondisi seperti itu seumur hidup?”—Denny Santoso
  2. “Ketika anda memutuskan berhenti belajar, hidup anda akan mandek, tetap berada di tempat yang sama. Anda tidak akan bisa melihat peluang baru karena anda tidak mengetahuinya.”—Denny Santoso
  3. “Cara anda membangun fondasi kemampuan anda akan menentukan seberapa tinggi kehidupan yang akan anda bangun.”—Denny Santoso
  4. “Membangun personal branding yang sesuai akan meningkatkan kepercayaan dan membuka banyak peluang bagi anda, terutama untuk meningkatkan penghasilan.”—Denny Santoso
  5. “Keluwesan menjadikan perjalanan bisnis anda lebih menyenangkan dan tantangan menjadi layaknya permainan.”—Denny Santoso
  6. “Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang yang mulai menjalankan bisnis adalah mereka memulai dari membuat produk, baru kemudian memikirkan pasarnya.”—Denny Santoso
  7. “Menjadi kaya butuh perjuangan, dan harapan cuma memgang peran kecil dalam prosesnya.”—Denny Santoso
  8. “Pada tahapan awal anda membutuhkan konsumen, bukan branding.”—Denny Santoso
  9. “Money Loves Speed. Saya percaya, waktu adalah uang. Saya memilih mengeluarkan uang lebih banyak demi menghemat waktu.”—Denny Santoso
  10. “Tim yang sholid membutuhkan pemimpin yang mampu memberikan visi yang besar sekaligus arahan untuk kegiatan operasional sehari-hari.”—Denny Santoso
  11. “Saya yakin kunci kesuksesan bisnis saya terletak pada solidnya tim yang saya bangun untuk membantu saya.”—Denny Santoso
  12. “Negosiasi terbaik adalah saat kedua pihak menjadi pemenang.”—Denny Santoso
  13. “Just do it. DONE is better than perfect, beacuse perfect is fear in a nice packaging.”—Denny Santoso
  14. “Income anda setara dengan skill anda. Ingin meningkatkan income? Tingkatkan skill anda.”—Denny Santoso
  15. “Uang tak hanya bisa mendatangkan kebahagiaan kepada saya, tapi juga orang-orang di sekitar saya.”—Denny Santoso
  16. “Ketika seseorang tak perlu lagi berpikir untuk berhemat dan berutang untuk mencukupi gaya hidupnya saat ini, saat itulah dia mengalami financial freedom.”—Denny Santoso
  17. “Without action, nothing will happen. Kata attraction dalam Law of attraction juga mengandung kata “action”.”—Denny Santoso
  18. “Jika anda berpikir positif, anda menarik hal positif masuk ke hidup anda. Begitu juga sebaliknya.”—Denny Santoso
  19. “Saat anda segera bangkit dari kejatuhan, sesungguhnya anda sudah menjalani setengah jarak menuju sukses.”—Denny Santoso
  20. “Kegagalan adalah nama lain dari pembelajaran.”—Denny Santoso
  21. “Pada kenyataanya, orang yang anda temui akan menilai anda berdasarkan penampilan anda selama tiga puluh detik pertama mereka berinteraksi dengan anda.”—Denny Santoso
  22. “Kegagalan adalah masukan yang berharga, yang memberitahu saya perbaikan apa yang harus saya lakukan agar tak lagi mengalami kegagalan yang sama.”—Denny Santoso
  23. “Temukan passion anda, itulah salah satu kunci kesuksesan.”—Denny Santoso
  24. “Gaya hidup sehat bukanlah barang yang bisa dibeli, tapi kebiasaan yang harus anda lakukan secara rutin.”—Denny Santoso
  25. “Kunci penampilan saya saat ini adalah gaya hidup sehat, berpikir positif, olahraga yang tepat dan rutin, serta pola makan teratur.”—Denny Santoso
  26. “Saya mencoba giving back to society lewat hal sangat saya kuasai. Saya senang jika ilmu saya bisa membantu mereka memperbaiki kualitas hidup.”—Denny Santoso
  27. “Kalau tadinya saya hanya bisa melihat peluang kecil, seiring bertambahnya pengalaman dan pengetahuan saya, keahlian saya dalam melihat peluang yang lebih besar pun semakin terasah.”—Denny Santoso
  28. “Jika anda tidak bisa menemukan motivasi anda, artinya anda tidak bisa menggambarkan imajinasi anda dengan indah. Belajarlah berimajinasi.”—Denny Santoso
  29. “Sebanyak apapun uang yang saya miliki tidak akan bermanfaat dan tidak bisa saya nikmati jika saya sakit.”—Denny Santoso
  30. “Bagi saya, uang tidak bisa membeli harga diri saya karena nilainya lebih rendah.”—Denny Santoso
  31. “Kalau hidup diibaratkan sebagai tempat untuk belajar, bagi saya panic attack adalah ujian. Tentu tujuannya setelah lulus saya bisa naik kelas dan mendapat ilmu baru, yaitu ilmu berpikir positif.”—Denny Santoso
  32. “Saya nyaris terempas, tapi saya bertekad, setelah menyeteuh dasar, saya haru melenting lebih tinggi.”—Denny Santoso
  33. “Rasa kecewa itu memberi saya pencerahan bahwa bagi saya, sukses berarti kebahagiaan keluarga. Saya bertekad akan bekerja lebih keras demi kehormatan keluarga saya.”—Denny Santoso
  34. “Bahagia itu relatif, tapi bagi saya kebahagiaan selalu bermuara di hati keluarga.”—Denny Santoso
  35. “Ada satu nilai lagi yang ditanamkan papa dan terus saya pegang hingga saat ini. Ambil sebagian dari hakmu, berikan lebih dari kewajibanmu. Bagi papa, lebih baik memberi daripada diberi.”—Denny Santoso
  36. “Saya tumbuh menjadi orang yang percaya bahwa kesuksesan bisa kita ciptakan dengan niat yang kuat dan kerja yang serius.”—Denny Santoso
  37. “Kunci sukses terpenting adalah saat kita mengetahui irisan antara passion dan uang. Passion akan menjaga fokus kita untuk sukses, dan nilai yang dibawa oleh uang bisa membantu kita berfokus pada passion.”—Denny Santoso
  38. “Saya percaya, kekuatan sebenarnya dari produk yang kita jual baru bisa terlihat saat kita mengingatkan calon pembeli akan manfaat produk tersebut.”—Denny Santoso
  39. “Bagi saya, sukses adalah ketika pencapaian saya sejalan dengan nilai-nilai hidup saya, yaitu Family, Fitnes, and Freedom.”—Denny Santoso

 

42 Kata-Kata Motivasi Tung Desam Waringin

Kata-kata motivasi berikut adalah dari salah satu pebisnis sukses dan motivator asal Indonesia bernama Tung Desem Waringin.

  1. “Semakin baik kamu menata diri, semakin banyak yang akan kamu kemas ke dalam hidup.”—Tung Desem Waringin
  2. “Sebagian masa depan kamu tergantung pada dengan siapa kamu bergaul. Kedekatan adalah sebuah nalar.”—Tung Desem Waringin
  3. “Membuang waktu mu untuk melakukan hal yang tidak berguna dapat menghancurkan masa depanmu.”—Tung Desem Waringin
  4. “Sebuah impian hanyalah sebuah impian. Sebuah tujuan adalah sebuah impian yang disertai rencana dan deadline.”—Tung Desem Waringin
  5. “Manusia menjadi matang/bijaksana bukan semata karena pengalaman hidupnya, melainkan berdasar sikap & kapasitasnya terhadap pengalaman tersebut.”—Tung Desem Waringin
  6. “Hal-Hal besar tidak dicapai secara tiba-tiba, melainkan melalui perpaduan dari serentetan hal-hal kecil yang dilakukan dengan baik & sempurna.”—Tung Desem Waringin
  7. “Bila Anda memiliki keyakinan, harapan dan cinta, Anda dapat membesarkan anak yang positif di sebuah dunia yang negatif.”—Tung Desem Waringin
  8. “Motivasi adalah sesuatu yang membuat Anda memulai. Kebiasaan adalah sesuatu yang membuat Anda melanjutkan.”—Tung Desem Waringin
  9. “Jika Anda tidak suka sesuatu, ubahlah Bila Anda tidak bisa mengubahnya, ubahlah cara Anda berpikir mengenalnya.”—Tung Desem Waringin
  10. “Melakukan yang terbaik pada saat ini akan menempatkan Anda ke tempat terbaik pada saat berikutnya.”—Tung Desem Waringin
  11. “Orang yang tak pernah melakukan kesalahan kehilangan banyak peluang besar untuk mempelajari sesuatu.”—Tung Desem Waringin
  12. “Anda menjadi orang sukses di saat anda mulai bergerak kearah tujuan yang bermanfaat.”—Tung Desem Waringin
  13. “Orang jarang sukses kecuali jika mereka senang dengan apa yang dikerjakannya.”—Tung Desem Waringin
  14. “Jika Anda ingin sukses, anda harus menciptakan peluang untuk diri sendiri.”—Tung Desem Waringin
  15. “Kunci rahasia dari kesabaran adalah mengerjakan hal lain pada saat menanti.”—Tung Desem Waringin
  16. “Kerjakan segala sesuatu dengan baik, maka segala sesuatu yang baik akan mengikutinya.”—Tung Desem Waringin
  17. “Hal-hal sulit mendatangkan pengalaman. Dan pengalaman mendatangkan kebijaksanaan.”—Tung Desem Waringin
  18. “Menetapkan tujuan dan terus berpegang pada tujuan itu akan mengubah segalanya.”—Tung Desem Waringin
  19. “Perubahan terjadi ketika seseorang menjadi dirinya sendiri, bukan ketika ia mencoba menjadi orang lain.”—Tung Desem Waringin
  20. “Kemauan akan membuat kita memulai, namun Sikaplah yg membawa kita pada garis akhir.”—Tung Desem Waringin
  21. “Orang pesimis melihat kesulitan di setiap kesempatan. Orang optimis melihat kesempatan di setiap kesulitan.”—Tung Desem Waringin
  22. “Seorang bijak harus mempunyai uang didalam kepalanya, tetapi bukan di ”—Tung Desem Waringin
  23. “Orang sukses adalah orang yang membentuk kebiasaan mengerjakan sesuatu yang tak ingin dikerjakan orang gagal.”—Tung Desem Waringin
  24. “Apa yang tidak ingin diperlakukan kepada anda, jangan diperlakukan kepada orang lain.”—Tung Desem Waringin
  25. “Betapa seringnya kata-kata yang salah telah mengarahkan seseorang kepada pikiran yang salah.”—Tung Desem Waringin
  26. “Bila ada 2 orang yang memiliki kemampuan yang sama, maka ‘nyali’ yang akan membedakan mereka.”—Tung Desem Waringin
  27. “Jadikan rasa takut sebagai senjata untuk berhati-hati, bukan alasan utk berhenti melangkah.”—Tung Desem Waringin
  28. “Berhentilah sejenak untuk memperbaiki diri, Pemenang bukan hanya harus tahu kapan harus memulai, tapi juga tahu kapan harus berhenti.”—Tung Desem Waringin
  29. “Keajaiban datang bukan di dalam perkataan tetapi di dalam setiap langkah yang kita ambil.”—Tung Desem Waringin
  30. “Kemenangan sesungguhnya bukanlah melawan musuh, melainkan melawan diri sendiri.”—Tung Desem Waringin
  31. “Hadapi dan mari kita Jalani hidup ini dengan sikap optimis; maka setiap masalah hidup akan bisa terselesaikan dengan manis.”—Tung Desem Waringin
  32. “Tidak ada namanya gagal, yang ada hanya sukses atau belajar, bila tidak sukses maka itu artinya kita masih harus belajar hingga sukses.”—Tung Desem Waringin
  33. “Satu – satunya yang bisa menghalangi kita adalah keyakinan yang salah dan sikap yang negatif.”—Tung Desem Waringin
  34. “Kewajiban pertama dari cinta adalah mendengarkan.”—Tung Desem Waringin
  35. “Tidak cukup otak yang baik. Yang penting menggunakannya secara baik.”—Tung Desem Waringin
  36. “Cinta itu menyembuhkan, baik yang memberi atau yang menerimanya.”—Tung Desem Waringin
  37. “Kalau ingin kita sukses, kita harus bertanya kepada orang yang di atas rata-rata (orang yang lebih sukses) dan mendengarkan nasehat mereka.”—Tung Desem Waringin
  38. “Investasi dalam pengetahuan akan membawa bunga yang baik.”—Tung Desem Waringin
  39. “Nasib baik adalah pertemuan antara persiapan dan kesempatan.”—Tung Desem Waringin
  40. “Lihatlah tantangan sebagai ujian, dan lihatlah masalah sebagai teguran.”—Tung Desem Waringin
  41. “Orang yang paling kuat adalah orang yang menyadari kelemahannya.” —Tung Desem Waringin
  42. “Jangan kita menilai orang lain sebelum kita mengenal diri kita sendiri. Bercermin.”—Tung Desem Waringin

 

19 Kata-Kata Motivasi Ippho Santosa

Kata-kata motivasi ini adalah dari Ippho Santosa, salah satu motivator muslim berkualitas dan terkenal di Indonesia.

  1. “Sukses bukan soal bakat. Tapi soal kerja keras dan mau belajar.”Ippho Santosa
  2. “Jangan remehkan impianmu. Ditertawakan, tak masalah. Dilecehkan, tak masalah. Yakini impianmu, perjuangkan impianmu.”Ippho Santosa
  3. “Rezeki yang tidak disangka-sangka jarang sekali menghampiri mereka yang malas, dengki, dan pelit. Hati-hati.”Ippho Santosa
  4. “Hati yang tenang dan lapang akan membuka potensi-potensi. Dan dari sinilah bermula action yang terarah. Perhatikan saat kita mendendam dan marah. Pikiran seperti serba salah dan kehilangan arah. Celakanya, segala peluang pun bisa hilang dan musnah. Lapang hati, lapang rezeki.” Ippho Santosa
  5. “Ragu-ragu? Tidak akan jadi sesuatu.”Ippho Santosa
  6. “Yakin itu menular, demikian pula kalau ragu. Maka, yakinlah selalu. Ya, selalu.”Ippho Santosa
  7. “Rezeki itu pasti adanya. Tapi nggak pasti berapanya, kapannya, dan dari mananya. Ini membuat kita bersungguh-sungguh dalam ikhtiar dan doa.” Ippho Santosa
  8. “Seandainya masing-masing kita mengasah potensinya, niscaya akan maju negeri ini.”Ippho Santosa
  9. “Anak-anak, kalau masa kecilnya bahagia, mereka akan lebih cerdas dan lebih hangat. Dengan segala cara, asalkan tak berlebihan, cobalah membuat anak-anak bahagia.”Ippho Santosa
  10. “Libur bukan berarti malas-malasan. Libur, tetaplah produktif. Misalnya, isi dengan silaturahim, menuntut ilmu, dll.” Ippho Santosa
  11. “Kalau engkau tidak membangun tim dan tidak memberdayakan orang, kemungkinan besar pencapaianmu akan gitu-gitu aja.” Ippho Santosa
  12. “Silakan punya impian yang besar. Pastikan saja, tawakal-nya jauh lebih besar.” Ippho Santosa
  13. “Kalau kita suka menunda-nunda kerja, yang terjadi bukanlah penundaan hasil. Yang terjadi adalah kegagalan … Kenapa? Saat kita menunda, maka mood akan terganggu. Begitu mood terganggu, semua hal akan terganggu. Dan terjadilah kegagalan.” Ippho Santosa
  14. “Jangan anggap enteng dunia pendidikan. Ini bukan saja menentukan nasib seseorang, tapi juga nasib sebuah bangsa. Dan jangan anggap enteng kontribusi kita, berapapun itu. Yang Maha Kuasa akan melihat, membalas! Mari berbuat. Berkontribusi.” Ippho Santosa
  15. “Kalau sehat, apa-apa terasa nikmat. Setelah iman, kesehatan adalah anugerah terbesar … Jaga kesehatan kita dan keluarga kita.”Ippho Santosa
  16. “Visi itu pikiran. Perbaiki pikiran kita karena kita akan dipertemukan dengan orang-orang yang sepemikiran.” Ippho Santosa
  17. “Bukan sekadar sukses. Ajaklah orang-orang di sekitar kita untuk turut sukses. Pribadi yang berdamai dengan dirinya sendiri tidak akan merasa keberatan sama sekali untuk membantu suksesnya orang lain.” Ippho Santosa
  18. “Orang-orang yang merasa ‘tidak aman’ akan mendahulukan dirinya sendiri. Kuatir dengan pendapat orang lain. Kuatir dianggap lemah dan tidak penting. Sementara itu, orang-orang yang berdamai dengan dirinya akan lebih banyak memberi daripada menerima dan sangat yakin dengan keputusan yang diambil.” Ippho Santosa
  19. “Keluarga bukan beban, melainkan kunci kesuksesan juga kunci kebahagiaan. Walaupun sibuk, sempatkan. Dan berhentilah beralasan.” Ippho Santosa

 

 

49 Kata-Kata Motivasi Bob Sadino

  1. Membawa selusin bodyguard bukan jaminan keamanan. Tapi rendah hati, ramah, dan tidak mencari musuh, itulah kunci keamanan. —Bob Sadino
  2. Obat dan vitamin bukan jaminan hidup sehat. Jaga ucapan, jaga hati, istirahat cukup, makan dengan gizi seimbang dan olahraga yang teratur, itulah kunci hidup sehat. —Bob Sadino
  3. Rumah mewah bukan jaminan keluarga bahagia. Saling mengasihi, menghormati, dan memaafkan, itulah kunci keluarga bahagia. —Bob Sadino
  4. Gaji tinggi bukan jaminan kepuasan hidup. Bersyukur, berbagi, dan saling menyayangi, itulah kunci kepuasan hidup. —Bob Sadino
  5. Kaya raya bukan jaminan hidup terhormat. Tapi jujur, sopan, murah hati, dan menghargai sesama, itulah kunci hidup terhormat. —Bob Sadino
  6. Hidup berfoya-foya bukan jaminan banyak sahabat. Tapi setia kawan, bijaksana, mau menghargai, menerima teman apa adanya dan suka menolong, itulah kunci banyak sahabat. —Bob Sadino
  7. Kosmetik bukan jaminan kecantikan. Tapi semangat, kasih, ceria, ramah, dan senyuman, itulah kunci kecantikan. —Bob Sadino
  8. Satpam dan tembok rumah yang kokoh bukan jaminan hidup tenang. Hati yang damai, kasih dan tiada kebencian itulah kunci ketenangan dan rasa aman. —Bob Sadino
  9. Hidup kita itu sebaiknya ibarat “bulan & matahari”—dilihat orang atau tidak, ia tetap bersinar. Dihargai orang atau tidak, ia tetap menerangi. Diterimakasihi atau tidak, ia tetap “berbagi”. —Bob Sadino
  10. Jika Anda bilang Anda susah, banyak orang yang lebih susah dari Anda. Jika Anda bilang Anda kaya, banyak orang yang lebih kaya dari Anda. Di atas langit, masih ada langit. Suami, istri, anak, jabatan, harta adalah “titipan sementara”. Itulah kehidupan. —Bob Sadino
  11. Nikmatilah hidup selama Anda masih memilikinya dan terus belajar untuk bersyukur dengan keadaanmu! Karena Anda tidak akan tahu kapan Sang Pemilik Raga akan datang dan mengatakan pada Anda, “Ini saatnya pulang!”—memaksa Anda meninggalkan apa pun yang Anda cintai, dan Anda banggakan, serta sombongkan. —Bob Sadino
  12. Rencana itu cuma berlaku buat mereka yang belajar manajemen. Dari A, B, C, D, sampai Z. Padahal dalam bisnis tidak ada yang seperti itu, bisnis tidak mungkin lurus dan runut saja. Tapi sayangnya di sekolah kita sudah terlalu sering diajarkan bikin rencana. Padahal rencana itu racun, bencana! —Bob Sadino
  13. “Saya tidak pernah mau membagikan kunci sukses saya. Karena sekali lagi, semua itu ya mengalir saja. Lagipula kalau orang meniru saya, apa bedanya mereka dengan mesin fotokopi? Hina sekali jadi fotokopinya Bob Sadino. Kalau ada orang yang bertanya pada saya, saya bilang, “Ya jalankan saja. Alami saja pengalaman yang Anda alami.” —Bob Sadino
  14. “Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang. Dalam segala aktivitas kita, maka akan bernilai ibadah.” —Bob Sadino
  15. “Kemauan harus dilandasai dengan tekad yang bulat dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada.” —Bob Sadino
  16. “Kegagalan adalah bumbu kehidupan. Kegagalan membuat kita bisa menjadi manusia yang tangguh.” —Bob Sadino
  17. “Tidak bekerja setengah-setengah, apabila telah memulai suatu usaha maka kerjakanlah dengan serius. Jangan sampai berhenti di tengah jalan karena akan menyia-nyiakan harta, tenaga, waktu yang telah kita kerahkan untuk memulai bisnis.” —Bob Sadino
  18. “Urutan kerja diurut berdasarkan prioritas sehingga tidak ada pekerjaan menumpuk di akhir-akhir.” —Bob Sadino
  19. “Secepatnya beraksi tanpa perlu sertifikasi – orang pintar belajar keras untuk mendapatkan ijazah dan secepat mungkin melamar pekerjaan. Orang bodoh berjuang keras secepatnya mendapatkan uang, agar bisa membayar pelamar kerja.” —Bob Sadino
  20. “Ilmu memang berserakan dimana-mana di seluruh muka bumi ini, jauh lebih banyak dibanding yang ada dalam gedung sekolah atau kampus. Bahkan seekor ayam pun bisa memberikan ilmu dan inspirasi yang sangat berharga.” —Bob Sadino
  21. “Jadikanlah keluarga sebagai motivator dan supporter pada saat baru memulai menjalankan bisnis maupun ketika bisnis semakin menguras waktu dan tenaga.” —Bob Sadino
  22. “Orang pintar merasa gengsi ketika gagal di satu bidang sehingga langsung beralih ke bidang lain, ketika menghadapi hambatan. Orang bodoh seringkali tidak punya pilihan kecuali mengalahkan hambatan tersebut.” —Bob Sadino
  23. “Seorang pintar sekalipun tetap berperilaku bodoh dengan mencampuradukkan keuangan pribadi dan perusahaan.” —Bob Sadino
  24. “Banyak orang bodoh yang banyak mengandalkan semangat dan kerja keras plus sedikit kerja cerdas, menjadikannya sukses dalam berbisnis. Di lain sisi kebanyakan orang pintar malas untuk bekerja keras dan sok cerdas.” —Bob Sadino
  25. “Orang pintar sering sok tahu dengan mengerjakan dan memutuskan banyak hal dalam waktu sekaligus, sehingga prioritas terabaikan. Sedang kan bagi orang bodoh, yang paling mengancam bisnisnyalah yang akan dijadikan prioritas.” —Bob Sadino
  26. “Orang pintar sering menganggap remeh kata fokus. Buat dia, melakukan banyak hal lebih mengasyikkan. Sementara orang bodoh tidak punya kegiatan lain kecuali fokus pada bisnisnya.” —Bob Sadino
  27. “Orang pintar menganggap sudah mengetahui banyak hal, tetapi seringkali melupakan penjualan. Orang bodoh berpikir simple, yang penting produknya terjual.” —Bob Sadino
  28. “Orang pintar berpikir aku pasti bisa mengerjakan semuanya, sedangkan orang bodoh menganggap dirinya punya banyak keterbatasan sehingga harus dibantu orang lain.” —Bob Sadino
  29. “Orang pintar yang hebat dalam analisis, sangat mungkin berpikir negatif tentang sebuah bisnis, karena informasi yang berhasil dikumpulkannya sangat banyak. Sedangkan orang bodoh tidak sempat berpikir negatif karena harus segera berbisnis.” —Bob Sadino
  30. “Orang pintar beranggapan, untuk berbisnis perlu tingkat pendidikan tertentu. Orang bodoh berpikir, dia pun bisa berbisnis.” —Bob Sadino
  31. “Orang pintar berlogika sehingga bermimpi sesuatu yang secara logika bisa dicapai. Orang bodoh tidak peduli dengan logika, yang penting dia bermimpi sesuatu, sangat besar, bahkan sesuatu yang tidak mungkin dicapai menurut orang lain.” —Bob Sadino
  32. “Orang pintar maunya cepat berhasil, padahal semua orang tahu itu impossible! Orang goblok cuma punya satu harapan, yaitu hari ini bisa makan.” —Bob Sadino
  33. “Orang pintar mikir ribuan mil, jadi terasa berat. Saya nggak, cuma melangkah saja, ngapain mikir, kan cuma selangkah.” —Bob Sadino
  34. “Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif.” —Bob Sadino
  35. “Orang pintar kebanyakan ide dan akhirnya tidak ada satu pun yang jadi kenyataan. Orang goblok cuma punya satu ide dan itu jadi kenyataan.” —Bob Sadino
  36. “Banyak orang bilang saya orang gila, hingga akhirnya mereka dapat melihat kesuksesan saya karena hasil kegilaan saya.” —Bob Sadino
  37. “Orang goblok sulit dapat kerja, akhirnya usaha sendiri, ketika sukses, orang goblok mempekerjakan orang pintar.” —Bob Sadino
  38. “Melangkah tanpa perlu tujuan. Memiskinkan diri tetapi gagal miskin. Aku kerja nikmat, orang lain bilang kerja keras.” —Bob Sadino
  39. “Banyak orang tanya, “Bisnis apa yang BAGUS?” Jawabnya, “Bisnis yang bagus adalah yang DIBUKA, bukan yang ditanyakan terus.” —Bob Sadino
  40. “Orang pintar belajar keras untuk melamar pekerjaan. Orang goblok itu berjuang keras untuk sukses agar bisa bayar pelamar kerja.” —Bob Sadino
  41. “Saya tidak mau pengalaman dan pengetahuan yang saya miliki terkubur bersama tubuh saya ketika mati kelak.” —Bob Sadino
  42. “Saya bisnis cari rugi, ketika rugi saya semangat, dan jika untung bertambah rasa syukur saya.” —Bob Sadino
  43. “Kamu ini bangun pagi, mandi, pamit kerja, pake seragam, kaki dibungkus sepatu, berangkat pagi pulang malam bayaran ga seberapa. Itu kerja apa dikerjain?” —Bob Sadino
  44. “Semakin goblok seseorang akan kian banyak ilmu yang diperolehnya saya menggoblokan diri sendiri sebelum menggoblokan orang lain.” —Bob Sadino
  45. “Bisnis itu hanya modal dengkul bahkan jika Anda tidak punya dengkul pinjam dengkul orang lain.” —Bob Sadino
  46. “Dibalik setiap harapan selalu diikuti kekecewaan, jadi berhentilah berharap.” —Bob Sadino
  47. “Orang Goblok itu ga banyak mikir yang penting melangkah, Orang pintar kebanyakan mikir akibatnya tidak pernah melangkah.” —Bob Sadino
  48. “Setiap bertemu orang dengan orang baru, saya selalu mengosongkan gelas saya terlebih dahulu.” —Bob Sadino
  49. “Yang beneran punya, nggak akan banyak bicara seperti mereka yang berlaga sok punya.” —Bob Sadino

 

40 Kata-Kata Motivasi Bung Karno

  1. “Aku lebih suka lukisan samudra yang gelombangnya menggebu-gebu daripada lukisan sawah yang adem ayem tentram.”
  2. “Aku tidak mengatakan, bahwa aku menciptakan Pancasila. Apa yang ku kerjakan hanyalah menggali jauh ke dalam bumi kami, tradisi-tradisi kami sendiri, dan aku menemukan lima butir mutiara yang indah.”
  3. “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun.”
  4. “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.”
  5. “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.”
  6. “Barangsiapa ingin mutiara, harus berani terjun di lautan yang dalam.”
  7. “Belajar tanpa berpikir itu tidaklah berguna, tapi berpikir tanpa belajar itu sangatlah berbahaya!”
  8. “Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”
  9. “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian bahwa kekuasaan seorang Presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanya kekuasaan rakyat. Dan di atas segalanya adalah Kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.”
  10. “Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya.”
  11. “Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.”
  12. “Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayapnya seekor burung. Jika dua sayap sama kuatnya, maka terbanglah burung itu sampai ke puncak yang setinggi-tingginya; jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali.”
  13. “Pemilihan umum jangan menjadi tempat pertempuran. Perjuangan kepartaian yang dapat memecah persatuan bangsa Indonesia.”
  14. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”
  15. “Kita belum hidup dalam sinar bulan purnama, kita masih hidup dimasa pancaroba. Jadi tetaplah bersemangat elang rajawali.”
  16. “Rakyat padang pasir bisa hidup, masa kita tidak bisa hidup!”
  17. “Saatnya telah tiba untuk meyakinkan dunia bahwa aku bukan boneka Jepang.”
  18. “Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan minta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetapi merdeka, daripada makan bestik tapi budak.”
  19. “Aku ini bukan apa-apa kalau tanpa rakyat. Aku besar karena rakyat, berjuang karena rakyat, dan aku penyambung lidah rakyat.”
  20. “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”
  21. “Aku tinggalkan Kekayaan alam Indonesia, biar semua negara besar dunia iri dengan Indonesia, dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya.”
  22. “Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan.”
  23. “Berikan aku sepuluh pemuda, akan ku goncangkan dunia.”
  24. “Dalam pidatoku, “Sekali Merdeka tetap Merdeka”! Ku cetus semboyan: Kita cinta damai, tetapi kita lebih cinta kemerdekaan.”
  25. “Engkau telah sering mendengar mengenai diriku, bahwa aku ini sejak umur 16 tahun telah mencemplungkan diri dalam gerakan untuk tanah air, bangsa, dan cita-cita.”
  26. “Entah bagaimana tercapainya persatuan itu, entah bagaimana rupanya persatuan itu, akan tetapi kapal yang membawa kita ke Indonesia Merdeka itulah Kapal Persatuan adanya.”
  27. “Janganlah melihat ke masa depan dengan mata buta. Masa yang lampau sangat berguna sebagai kaca benggala daripada masa yang akan datang.”
  28. “Kalau pemuda sudah berumur 21-22 tahun sama sekali tidak berjuang, tak bercita-cita, tak bergiat untuk tanah air dan bangsa, pemuda begini baiknya digunduli saja kepalanya.”
  29. “Seribu orang tua bisa bermimpi, satu orang pemuda bisa mengubah dunia.”
  30. “Apa yang sudah disepakati secara politik, jangan pernah diperdebatkan secara estetis.”
  31. “Bangsa adalah segerombolan manusia yang keras, ia punya keinginan bersatu dan mempunyai persamaan watak yang berdiam di atas satu geopolitik yang nyata satu persatuan.”
  32. “Bunga mawar tidak mempropagandakan harum semerbaknya, dengan sendirinya harum semerbaknya itu tersebar di sekelilingnya.”
  33. “Dari sudut positif kita tidak bisa membangunkan kultur kepribadian kita dengan sebaik-baiknya kalau tidak ada rasa kebangsaaan yang sehat.”
  34. “Dua sifat yang berlawanan. Aku bisa lunak dan aku bisa cerewet. Aku bisa keras dan laksana baja dan aku bisa lembut berirama”
  35. “Hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat.”
  36. “Hidup bukanlah tentang ‘Aku Bisa Saja’, namun tentang ‘Aku Mencoba’. Jangan pikirkan tentang Kegagalan, itu adalah pelajaran.”
  37. “Jangan kamu pernah merasakan bahwa cinta yang kamu rasakan itu membuatmu derita, sungguh tuhan memberikan cinta dalam hati mu adalah anugerah dan itu harus kamu syukuri.”
  38. “Kalau kita tidak bisa menyelenggarakan sandang, pangan di tanah air yang kaya ini, maka sebenarnya kita sendiri yang tolol, kita sendiri yang maha tolol.”
  39. “Orang tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia. Tuhan bersemayam di gubuknya si miskin.”
  40. “Sebelum anda mengeluh tidak punya apa-apa, pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta di jalanan.”

 

25 Kata-Kata Motivasi Bung Hatta

  1. “Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita.”
  2. “Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.”
  3. “Apa yang dilakukan oleh orang setelah mendengar suatu khotbah jauh lebih penting dari apa yang dikatakannya tentang khotbah itu.”
  4. “Memang benar pepatah Jerman: ‘Der Mensch ist, war es iszt’, artinya: ‘sikap manusia sepadan dengan caranya ia mendapat makan’.”
  5. “Hari siang bukan karena ayam berkokok, akan tetapi ayam berkokok karena hari mulai siang. Begitu juga dengan pergerakan rakyat. Pergerakan rakyat timbul bukan karena pemimpin bersuara, tetapi pemimpin bersuara karena ada pergerakan.”
  6. “Indonesia merdeka bukan tujuan akhir kita. Indonesia merdeka hanya syarat untuk bisa mencapai kebahagiaan dan kemakmuran rakyat.”
  7. “Hamba-hamba Allah penghuni surgawi, harus menggunakan bahasa yang halus dan sopan.”
  8. “Banyak orang yang bertukar haluan karena penghidupan, istimewa dalam tanah jajahan di mana semangat terlalu tertindas, tetapi pemimpin yang suci senantiasa terjauh daripada godaan iblis itu.”
  9. “Biarlah pengalaman masa lalu kita menjadi tonggak petunjuk, dan bukan tonggak yang membelenggu kita.”
  10. “Kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman. Namun tidak jujur sulit diperbaiki.”
  11. “Tak ada harta pusaka yang sama berharganya dengan kejujuran.”
  12. “Maka dengan tercapainya penyerahan kedaulatan, perjuangan belum selesai.”
  13. “Filosofi meluaskan pandangan serta mempertajam pikiran, sekaligus berguna untuk menerangkan pikiran dan penetapan hati.”
  14. “Malahan kita berada pada permulaan perjuangan yang jauh lebih berat dan lebih mulia, yaitu perjuangan untuk mencapai kemerdekaan daripada segala macam penindasan.”
  15. “Buku jadi salah satu sumber energi dan kebebasan bagi mereka yang haus akan ilmu pengetahuan.”
  16. “Anak muda boleh pandai beretorika, tapi juga harus sadar untuk mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat yang menjadi cita-cita.”
  17. “Agar persatuan dan kepedulian tak semakin pudar, teruslah menjunjung tinggi sila ketiga Pancasila, Persatuan Indonesia.”
  18. “Kita boleh merdeka secara fisik, tapi kita masih perlu usaha keras buat mewujudkan manusia bermental baja guna meraih cita-cita bangsa.”
  19. “Akan ada satu masa ketika kita harus melawan saudara bangsa sendiri, melawan KKN dan pemberontakan dalam negeri.”
  20. “Apa pun yang membuatmu takut, hadapilah dengan berani.”
  21. “Kita masih terus berjuang jadi tuan rumah di negeri sendiri, tanyakan pada diri, “apa yang sudah saya berikan untuk bangsa ini?”
  22. “Kita butuh waktu untuk berkontemplasi buat memetik pesan dari apa yang telah dibaca.”
  23. “Tindakan jauh lebih penting daripada kata-kata.”
  24. “Membaca tanpa merenungkan adalah bagaikan makan tanpa dicerna.”
  25. “Kita dapat mengukur keberadaan kita terhadap Allah dengan kepekaan kita terhadap penderitaan dan kesusahan orang lain.”

 

20 Kata-Kata Motivasi RA Kartini

  1. “Teruslah bermimpi, teruslah bermimpi, bermimpilah selama engkau dapat bermimpi! Bila tiada bermimpi, apakah jadinya hidup! Kehidupan yang sebenarnya kejam.”
  2. “Tahukah engkau semboyanku? ‘Aku mau!’ Dua patah kata yang ringkas itu sudah beberapa kali mendukung dan membawa aku melintasi gunung keberatan dan kesusahan. Kata ‘Aku tiada dapat!’ melenyapkan rasa berani. Kalimat ‘Aku mau!’ membuat kita mudah mendaki puncak gunung.”
  3. “Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri.”
  4. “Seorang perempuan yang mengorbankan diri untuk orang lain, dengan segala rasa cinta yang ada dalam hatinya, dengan segala bakti, yang dapat diamalkannya, itulah perempuan yang patut disebut sebagai “ibu” dalam arti sebenarnya.”
  5. “Jangan pernah menyerah jika kamu masih ingin mencoba. Jangan biarkan penyesalan datang karena kamu selangkah lagi untuk menang.”
  6. “Tiada awan di langit yang tetap selamanya. Tiada mungkin akan terus-menerus terang cuaca. Sehabis malam gelap gulita lahir pagi membawa keindahan. Kehidupan manusia serupa alam.”
  7. “Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu.”
  8. “Lebih banyak kita maklum, lebih kurang rasa dendam dalam hati kita. Semakin adil pertimbangan kita dan semakin kokoh dasar rasa kasih sayang. Tiada mendendam, itulah bahagia.”
  9. “Tak peduli seberapa keras kamu mencoba, kamu tak akan pernah bisa menyangkal apa yang kamu rasa. Jika kamu memang berharga di mata seseorang, tak ada alasan baginya untuk mencari seorang yang lebih baik darimu.”
  10. “Saat membicarakan orang lain Anda boleh saja menambahkan bumbu, tapi pastikan bumbu yang baik.”
  11. “Sampai kapanpun, kemajuan perempuan itu ternyata menjadi faktor penting dalam peradaban bangsa.”
  12. “Ibu adalah pusat kehidupan rumah tangga. Kepada mereka dibebankan tugas besar mendidik anak-anaknya, pendidikan akan membentuk budi pekertinya.”
  13. “Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.”
  14. “Jangan kau katakan saya tidak dapat, tetapi katakan saya mau.”
  15. “Bagi saya hanya ada dua macam keningratan: keningratan pikiran dan keningratan budi. Tidak ada yang lebih gila dan bodoh menurut persepsi saya daripada melihat orang, yang membanggakan asal keturunannya. Apakah berarti sudah beramal soleh, orang yang bergelar Graaf atau Baron? Tidak dapat mengerti oleh pikiranku yang picik ini.”
  16. “Saat suatu hubungan berakhir, bukan berarti orang berhenti saling mencintai. Mereka hanya berhenti saling menyakiti.”
  17. “Adakah yang lebih hina, daripada bergantung kepada orang lain?”
  18. “Habis gelap terbitlah terang.”
  19. “Agama memang menjauhkan kita dari dosa, tapi berapa banyak dosa yang kita lakukan atas nama agama.”
  20. “Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa behagia baginya.”

Demikian pembahasan mengenai kata-kata motivasi dari beberapa tokoh terkenal dan juga dari beberapa kalimat pilihan yang sudah saya susun dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat dan berguna, ya!


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!

Ingin menghasilkan ratusan juta dari skill menulis? Baca saja buku terbaru saya ini. Pembahasan super lengkap, dan bakalan bikin kamu yang hobi dan suka menulis, berubah selamanya! KLIK DI SINI atau pada gambar di bawah ini, ya!


Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.