cara membuat logo

Cara Membuat Logo Bernilai Miliaran: 5 Formula Rahasia!

Cara Membuat Logo – Sebuah logo dibuat dengan bertujuan sebagai merek dagang atau simbol suatu perusahaan. Tak hanya itu, logo pun berperan sebagai representasi perusahaan dan juga media pengikat kepercayaan dengan audiens.

Secara umum, logo terbagi menjadi tiga.

Pertama, logotype yaitu logo yang berupa olahan huruf.

Kedua, logogram, yaitu logo yang berupa olahan gambar.

Sedangkan yang ketiga adalah gabungan antara olahan huruf dan gambar. Tidak ada penyebutan khusus, hanya biasanya disebut dengan logo saja.

Merancang logo tidaklah mudah. Walaupun hasilnya sering kali hanya simpel belaka. Akan tetapi, jauh lebih rumit dari pada saat mengerjakan sebuah poster atau kover buku. Karena logo dituntut untuk mampu berbicara kepada audiens bahwa logo tersebut adalah representasi dari perusahaan atau organisasi yang profesional, kredibel, dan berkualitas.

Di samping itu, logo juga berperan sebagai marketing tools. Karena logo adalah media promosi yang membangun ikatan emosional antara pemilik logo dengan audiensnya. Dengan demikian, logo yang buruk, tentu akan berimbas pada pemilik logo tersebut.

Bagaimanakah cara membuat logo yang bagus dan sudah terbukti bernilai miliaran? Jacob Cass, founder dari Just Creative Design memaparkan tips dan triknya dalam 5 Princples of Effective Logo Design sebagaimana berikut:

1. Simple

Logo yang baik mudah dikenali dalam waktu tiga detik. Walaupun sederhana, tapi konsepnya pas dan sesuai dengan karakter pemilik logo.

2. Memorable

Selain simple, juga harus tepat guna, dan logo itu selalu terngiang-ngiang di benak audiens dengan baik. Contoh untuk logo yang selain simple tapi juga memorable adalah tipografi M khas dari McDonalds.

3. Timeless

Selain simpel, memorable, juga harus timeless. Artinya, mau digunakan sampai tahun berapapun logo tersebut akan tetap kelihatan keren. Tren dalam suatu produk memang akan selalu berubah. Akan tetapi, logo haruslah tetap bisa digunakan sepanjang masa agar secara turun temurun pun keloyalan untuk sebuah brand tetap bisa diwariskan dengan baik.

Berbeda dengan lawannya, Pepsi Cola. Coca-Cola tidak pernah mengalami perubahan logo. Filosofi timeless benar-benar berfungsi dengan baik.

4. Versatile

Sebaiknya, sebuah logo memang harus dibuat dalam bentuk vektor, agar dapat fungsional dan dipalikasikan ke dalam berbagai media apa pun. Begitu pula dengan tingkat skalanya, apabila diperkecil tetap masih berbentuk baik, begitu pula saat skalanya diperbesar. Begitu pula saat logo tersebut dicetak dalam satu warna, apakah akan tetap merepresentasikan logo tersebut, ataukah tidak. Logo yang baik, tetap merepresentasikan walau hanya dicetak dengan satu warna.

 

5. Appropriate

Selalu sesuaikan logo dengan target audiens dan juga karakter pemilik brand. Misalnya, logo untuk audiens anak-anak, haruslah menggunakan warna-warna yang dekat dengan mereka, begitu juga bentuk-bentuk yang tidak kaku dan elegan.

 

Logo adalah alat untuk mengidentifikasi. Sebuah logo perusahaan komputer tidaklah perlu ditampilkan gambar komputer, begitu pula logo untuk perusahaan handphone. Cukuplah logo mewakili identifikasi dari perusahaan tersebut. Logo yang baik, selalu bisa mengidentifikasi dengan baik.

Menurut analisis dari Webson, 50 top brand dunia dalam logonya lebih menjelaskan kepada perusahannya, bukan pada produk yang dijualnya. Jadi, tidak perlu menampilkan gambar komputer bila perusahaan tersebut bergerak dalam bidang komputer.

Hal terpenting dari sebuah logo adalah untuk membuat orang mengatakan sesuatu dalam benaknya. Sebuah Logo bisa dikatakan bagus baik jika dilihat orang akan langsung menghubungkan dengan produk tersebut.

Secara visual, bentuk logo dapat didesain dengan berbagai aturan berikut ini.

Pertama, logotype. Ditulis menggunakan olahan tipografi yang khas, unik, dan juga konsisten.

Kedua, initials. Mengolah huruf pertama dari nama brand dengan unik, menarik, tapi tetap bermakna dan sesuai.

Ketiga, pictorial visual. Representasi obyek untuk menggambarkan citra perusahaan, jasa, atau organisasi.

Keempat, abstract visual. Menggunakan olahan visual yang abstrak. Penuh dengan bentuk-bentuk dan paduan warna yang sangat riuh. Akan tetapi, tidak mengurangi keindahan dari logo tersebut.

Kelima, penggabungan dari keempat elemen di atas.

***

Demikian pembahasan mengenai cara membuat logo bernilai miliaran. Baca juga: Apa Itu Branding, Marketing, dan Selling: Panduan Lengkap untuk Pengusaha!


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.