. . .

Tugas Copywriter: Tidak Berjualan Produk, Tetapi Berjualan Solusi

copywriter

Tugas Copywriter – Kamu tidak sedang jualan produk. Tidak juga sedang jualan sebuah layanan keren. Bahkan, kamu juga tidak sedang berjualan sebuah solusi hebat.

Lalu, apa yang sebenarnya sedang kamu jual?

Kamu sedang menjual kepada prospek tentang sebuah hal sederhana: mengubah prospek menjadi versi yang lebih baik daripada sebelumnya.

Saat kamu melakukan hal itu secara efektif, kamu akan berjualan dengan lebih baik. Conversion rate-mu akan naik. Orang-orang pun akan bercerita tentang pengalaman mereka menggunakan apa yang kamu tawarkan tersebut kepada orang-orang terdekat mereka.

 

Baca Juga: Mindset Seorang Copywriter

 

Tugas seorang copywriter bukanlah menulis copy sales. Itu bagian terakhirnya. Bagian paling mudah. Akan tetapi, tugas paling susahnya adalah mengenal dengan baik siapa prospekmu, siapa pengunjungmu, dan siapa customer-mu. Situasi seperti apa yang sedang mereka hadapi, ke mana mereka ingin menuju, dan bagaimana tepatnya solusi yang kamu tawarkan dapat mengubah hidup mereka lebih baik.

Makanya, tugas seorang copywriter adalah bagaimana menjual kepada prospek versi yang lebih baik daripada dirinya sebelumnya.

Pesan terbaik tidak datang dari kepala copywriter, akan tetapi justru datang dari pelanggan. Pelajari bagaimana mereka membagi pengalamannya dalam menggunakan produkmu, lalu kemas ulang dalam sebuah harmoni kata yang lebih baik. Inti pesannya selalu datang dari mereka.

Kenali siapa targer market-mu. Pahamilah, orang-orang yang setelah menggunakan produkmu kemudian tidak tergerak hatinya untuk membagikan pengalamannya menggunakan produkmu, bukanlah target market-mu sebenarnya.

Sekarang, tanyakan kepada dirimu sendiri. Sudah benarkah target pelangganmu?

Lalu, bagaimana cara riset sederhananya?

Kalau kamu sudah punya email list, tanyakan lewat survei sederhana. Email list ini biasanya kamu dapatkan dari teknik sederhana lead magnet. Tanyakanlah kepada mereka tertarik dengan layananmu yang mana?

Tanyakan kepada mereka. Berbicaralah secara langsung. Dan engkau akan mendapatkan banyak sekali insight yang menarik.[]

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.