“Before you think about hiring your next full time employee, consider the crowd. Are there people who could solve a problem for you, for less? That’s the beauty of crowdsourcing. You can farm out your work to people all over the world, and often only pay the one whose work you like best. At times you can pay on a per project basis, rather than taking someone on board full-time.”
—Jeff Hoffman

Jeff Hoffman adalah seorang serial entrepreneur yang juga berhasil dengan program GiveForward.com, sebuah startup dengan program membantu orang-orang yang tak memiliki biaya perawatan medis dengan model crowdfunding.

Semenjak saya mengenal Threadless.com, saya terhenyak dengan konsepnya. Desainer submit desain, dan hanya yang terpilih saja yang kemudian dicetak. Jenius bukan?

Tak perlu berpusing ria mempekerjakan designer in-house, dengan risiko terkadang ide-ide segar yang mampet dan monoton.

Dengan memanfaatkan crowd, berbagai ide tentu akan mengalir deras. Win-win solution pun tercipta: desainer mendapatkan sharing profit dan memiliki portofolio, vendornya pun memiliki stok desain melimpah dan sudah dites dipasar, bahwa publik menyukainya.

Crowdsourcing adalah ide jenius pada dekade ini.

Pasca itu, ketika Threadless.com merilis bukunya, saya bela-belain membelinya walau harganya tak murah. Saya suka ide besarnya, suka bagaimana para founder-nya menjadikan kreativitas benar-benar bekerja dengan baik. Dan karena saya orang perbukuan, sangat suka dengan visual dari buku tersebut.

threadless book

Selain Threadless.com, banyak sekali model crowdsourcing, di mana kita bisa mendapatkan talenta-talenta terbaik dari seluruh dunia.

Bagi yang membutuhkan programmer maupun software designer, bisa langsung mengeluarkan project di TopCoder.com atau Odesk.com. Dijamin akan banyak yang menyambutnya.

Bila sedang membutuhkan desainer grafis, bisa mengunjungi 99designs.com ataupun CrowdSpring.com yang bahkan memiliki lebih dari 100.000 desainer di lebih dari 200 negara. Segala kebutuhan yang memerlukan sentuhan desainer grafis dengan mudah bisa didapatkan di tempat ini.

Startup yang menampung talenta-talenta terbaik dari seluruh dunia seperti itu adalah tempat favorit perusahaan yang membutuhkan sentuhan-sentuhan kreativitas dan ide-ide segar. Dengan suguhan ide-ide brilian dari ribuan orang, tentu perusahan tersebut tinggal memlih salah satunya saja untuk dieksekusi.

Di Indonesia, yang serupa dengan Threadless.com kita memiliki GantiBaju.com, ThinkCookCook.com. dan tempat di mana bisa menemukan desainer-desainer terbaik ada di Sribu.com atau Kreavi.com.

Atau, di mana ingin mendapatkan pendaan dari publik, bisa menuju ke PlumFund ataupun Kickstarter. Sudah banyak program dan ide kreatif yang berhasil diwujudkan lewat dua platform keren itu.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

2 thoughts on “The Power of Crowd”

  1. Thanks for sharing this! Crowdfunding has now become an effective and reliable way of raising funds that a lot of people who are in need are benefiting from it.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.