marketplace aset desain

Peluang Usaha Marketplace Aset Desain Mandiri

Mungkin tak banyak orang yang ngeh dengan peluang usaha online yang satu ini, yakni membangun atau membuat marketplace aset desain. Selama ini, kan desainer mengirimkan hasil karyanya untuk dijual di marketplace aset desain di luar negeri, seperti creative market atau graphic river.

Nah, peluang yang satu ini adalah bukan menjual di marketplace luar negeri seperti itu, akan tetapi membuat marketplace aset desain mandiri dengan pasar luar negeri ataupun dalam negeri juga.

Karena apa?

Ya harusnya sih pola pikirnya kita tak bisa terus-teruskan mengirim stok karya kita ke marketplace di luar negeri. karena kita tak pernah tahu kapan marketplace luar akan berhenti beroperasi atau bahkan kebijakannya berubah. Jadi, alangkah lebik baiknya kalau kita membangun usaha marketplace aset desain mandiri. Ya sebagai jaga-jaga.

Beberapa yang harus dipersiapkan adalah:

Pertama, mempersiapkan produk.

Produknya bisa macam-macam, terpenting aset desain, seperti template, icon, presentasi, dsb. Bisa dengan membuat sendiri atau memesan kepada desainer-desainer. Saran saya sih pesan saja, biar kita nggak boros di waktu.

Kedua, menggunakan theme yang support untuk berjualan produk digital dan payment gateaway-nya variatif. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah LarisDigital. Bikinan Mas Anggi dan Mas Agus. Sangat-sangat saya rekomendasikan.

Ketiga, mengurus traffic-nya. Caranya ada dua menurut saya.

  • Memberikan aset gratisan, untuk mencari traffic. Misalkan yang dilakukan oleh creative market kan sering tuh ngasih Free Good Designs setiap minggunya.
  • Mengoptimasi SEO-nya baik dari segi konten blog maupun backlink-nya maupun optimasi kata kunci di produknya. Perlu pemahaman dunia konten, struktur SEO, serta strategi bermain digital jangka panjang yang ciamik sih untuk melakukan yang bagian ini.
  • Optimasi di pinterest, karena menurut beberapa guru sih memang memberikan traffic yang oke karena pasar luar negeri memang sering mengepin image yang bagus.

Salah satu contoh marketplace aset desain yang keren menurut saya adalah:

Itu milik orang Indonesia, dan pembayarannya pakai paypal, gumroad, dan yang lainnya, terserah sih, dan lisensinya macam-macam untuk setiap produknya. Benar-benar diperhatikan dengan sangat serius dan keren menuru saya. Bisa dicoba, deh! Sejujurnya, saya pengen banget bikin seperti itu.

Walaupun memang, untuk menjalankan ide dari peluang usaha online yang satu ini, tidak murah, membutuhkan kreativitas serta pemahaman dunia digital yang matang. Untuk melihat ide bisnis lainnya, bisa menyimak pada postingan: Peluang Usaha Terkini yang Menjauhkanmu dari Kemiskinan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.