peluang usaha

500+ Peluang Usaha untuk Mengubah Kondisi Perekonomian Anda!

Peluang Usaha – Banyak sekali orang indonesia yang mengetikkan kata kunci ini di Google. Saya tergerak untuk ikut ambil bagian dalam memberikan informasi, karena saya masih melihat beberapa artikel yang ditampilkan hanya mengejar traffic, tanpa diimbangi dengan informasi yang sebenarnya benar-benar berguna untuk mengetikkan kata kunci tersebut.

Karena saya yakin, yang mengetikkan kata kunci memang benar-benar membutuhkan peluang usaha yang bisa membuat perekonomian mereka berubah. Dengan kata lain, penyedia artikel harus benar-benar bertanggung jawab menghadirkan informasi yang benar, detail, dan juga berguna.

Bismillah, dengan niat untuk membantu banyak orang, apalagi di tengah situasi sulit ini, saya pelan-pelan membuat artikel tentang peluang usaha ini, agar makin banyak orang yang terbantu. Semoga Allah membalas usaha ini dengan banyak kebaikan dan keberkahan. Amin.

A. Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik

Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah yang halal, menguntungkan, serta memungkinkan untuk dikembangkan lebih jauh. Sedangkan ciri-ciri peluang usaha yang buruk tentu saja yang berkebalikannya, seperti haram, nggak bisa dikembangin, serta tidak mendatangkan profit.

B. Peluang Usaha Online

Apa saja sih peluang usaha online? Banyak banget! Kadang saya sampai bingung sendiri, karena semuanya ternyata memiliki potensi yang amat besar. Klik saja pada tautan berikut untuk mendapatkan ide-ide apa saja yang tersedia potensi income dari jagat internet: Peluang Usaha Online.

Untuk mengintipnya apa saja yang ada di sana, ini beberapa peluang usaha online yang bisa dikerjakan dan cuannya besar banget.

1. Peluang Usaha Online Jualan Font

Tak banyak orang yang tahu mengenai peluang usaha online yang satu ini. Padahal, banyak sekali orang Indonesia yang sudah sukses dengan cara berjualan font. Nah, bagaimana keseruannya berbisnis jualan font ini? Simak saja dalam tautat berikut: Peluang Usaha Online Jualan Font.

2. Menjadi Influencer Instagram

Inilah profesi kekinian yang sangat diidamkan oleh anak-anak muda masa kini. Peluangnya memang gede banget dan income-nya juga gede banget. Membuat kita bisa menjadi jutawan dan miliarder hanya dalam hitungan bulan. Nah, bagaimana serunya peluang yang satu ini Simak saja pada tautan berikut: Peluang Usaha Online Influencer Instagram.

3. Marketplace Aset Desain Mandiri

Membuat dan menjual aset desain tak harus ke marketplace di luar negeri seperti creative market. Kita juga bisa membangun dan menjualnya untuk pasar luar negeri tetapi marketplace-nya milik kita sendiri. Ada kok beberapa oran Indonesia yang sudah melakukannya. Tak percaya? Baca saja pada tautan berikut: Marketplace Aset Desain Mandiri.

4. Content Creator

Salah satu ide bisnis yang keren banget dan cocok untuk anak-anak kekinian adalah menjadi content creator. Bagaimana potensinya? Baca saja: Peluang Usaha Content Creator.

C. Peluang Usaha Minuman

D. Peluang Usaha Makanan

1. Sate Taichan

Siapa sangka, bisnis sate taichan, untuk modalnya tak terlalu banyak, tetapi bisa mendatangkan cuan yang lumayan? Nah, untuk kamu yang menari ide bisnis yang murah meriah, bisnis sate taichan bisa menjadi salah satu pilihan. Silakan baca pada postingan Peluang Usaha Makanan Sate Taichan.

2. Salted Egg Chicken

Tren makanan kekinian dengan saus telur asin atau salted egg ini sudah begitu populer selama beberapa tahun, namun tetap ramai diserbu masyarakat Indonesia. Salted egg chicken yang lezat juga sangat mudah untuk dihidangkan, cukup dengan ayam goreng tepung di atas nasi dengan lumuran saus salted egg yang menggiurkan.

3. Keripik Salted Egg

Kalau biasanya dijual keripik kulit ikan salmon dengan bumbu salted egg, Anda bisa memilih untuk menjual keripik kentang atau keripik singkong salted egg yang harga produksinya lebih murah.

Anda bisa menjualnya dengan sistem pre-order atau delivery di tengah pandemi ini melalui aplikasi layanan pesan antar GoFood, sehingga para pembeli bisa dengan mudah mendapatkan keripik salted egg Anda.

4. Cireng

Anda bisa menyulapnya menjadi makanan kekinian dengan memasarkan cireng beraneka rasa, sebut saja cireng isi smoked beef dan cireng keju. Cara membuatnya yang mudah dengan bahan-bahan ekonomis menjanjikan keuntungan yang lebih besar bagi Anda.

Anda juga bisa menjual frozen food seperti cireng beku selama pandemi ini agar para pembeli bisa tetap merasakan cireng kekinian Anda dengan hangat. Jangan lupa untuk manfaatkan layanan pesan antar GoFood, ya!

5. Rujak Cireng

Berbeda dengan menu cireng sebelumnya, olahan cireng ini disantap dengan sajian saus rujak yang gurih, asam, dan manis. Jadi, Anda cukup siapkan adonan cireng dari tepung kanji dan saus rujak andalan.

Anda bisa memilih untuk menjualnya dalam bentuk frozen food selama pandemi. Begitu keadaan sudah kembali normal, Anda bisa berjualan di area sekolah, perkantoran, kampus, hingga pusat perbelanjaan.

6. Donat Indomie

Daya tarik makanan kekinian ini adalah bentuknya yang instagramable, cocok sekali untuk menarik perhatian pembeli. Apalagi, olahan mie instan ini akan sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Bermodalkan mie instan, Anda sudah bisa meraup keuntungan dari menjual donat Indomie ini. Bisa juga ditambahkan dengan isian smoked beef atau mozarella.

7. Makaroni Pedas

Buat para pecinta makanan pedas, sudah tidak asing lagi dengan makanan kekinian yang satu ini. Umumnya dijual dengan dua pilihan, yakni makaroni kering atau makaroni basah. Anda bisa menyediakan berbagai aneka pilihan bumbu pedas, mulai dari yang sedang hingga ekstra pedas. Karena sifatnya yang digoreng kering, makaroni pedas ini memiliki shelf life yang cukup lama, sehingga bisa diproduksi dalam jumlah besar dan tetap tahan lama.

8. Kebab Goreng

Siapa yang tak kenal dengan kebab Turki? Makanan kekinian ini sudah disulap menjadi kebab goreng yang ukurannya lebih kecil dari kebab biasa. Ditambah lagi dengan lelehan keju serta berbagai isian daging yang menggoyang lidah. Cocok sekali untuk disantap saat sedang bosan di rumah. Jadi, ini adalah peluang terbaik Anda untuk memulai usaha kebab goreng.

9. Pizza Goreng

Sempat viral karena bentuknya yang mini dan menyerupai pastel, pizza goreng ini bisa jadi ide usaha makanan kekinian yang menguntungkan. Anda hanya perlu menggoreng kulit lumpia dengan isian daging, saus tomat, dan keju. Makanan kekinian ini pasti sangat disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Harganya yang jauh lebih murah dibanding seloyang pizza juga jadi daya tarik tersendiri.

10. Bola Ubi

Bola ubi dijual dalam berbagai varian rasa dan warna, seperti green tea, hazelnut, taro, dan oreo. Rasanya yang manis dipadukan dengan tekstur gurih, membuat siapapun yang memakannya jadi ketagihan. Olahan berbahan dasar ubi ini sangat mudah untuk dibuat, Anda juga hanya memerlukan modal kecil untuk bisa memulai usaha makanan kekinian ini.

11. Churros

Makanan ringan asal Spanyol ini ternyata juga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, teksturnya renyah di luar namun begitu lembut di dalam. Lengkap juga dengan taburan gula halus serta saus coklat yang semakin menambah rasa manisnya. Mudah dan cepat untuk dibuat juga, sehingga tidak memerlukan operasional bisnis yang merepotkan.

13. Roti Kukus Panggang

Agak mirip dengan roti panggang atau roti bakar, tetapi roti kukus panggang ini menggunakan roti pandan khusus yang lebih wangi. Roti yang diberi topping manis atau asin ini dikukus terlebih dahulu, kemudian dipanggang. Tekstur roti tetap lembut dengan sensasi smokey, semakin enak dengan lelehan keju serta topping-topping kekinian.

14. Long Fries

Sebetulnya sama saja dengan kentang goreng lainnya, namun ukurannya jauh lebih panjang. Sehingga, para pembeli pun lebih puas dengan porsinya. Ukurannya yang tidak biasa ini juga lucu untuk dijadikan unggahan di media sosial. Tambahkan dengan cocolan saus tomat, atau bisa juga Anda jual dengan pilihan bumbu menarik, seperti keju atau balado.

15. Takoyaki

Makanan kekinian khas Jepang ini sudah digandrungi sejak lama. Tekstur kulit luarnya yang renyah terasa semakin nikmat dengan isian yang lembut dan potongan daging gurita yang kenyal. Cara memasaknya juga sangat unik, sehingga mampu menarik perhatian banyak orang. Rasanya semakin lezat dengan baluran mayonnaise dan taburan bonito flakes.

16. Ayam Crispy

Olahan ayam crispy ini bisa Anda temukan di mana saja, terutama sajian ayam goreng ala Taiwan. Memang rasanya sangat enak, ditambah dengan taburan bumbu yang bisa dipilih pembeli. Selain itu, porsinya juga cukup banyak dan mengenyangkan. Tidak repot juga untuk dimakan sambil berjalan-jalan. Pilihan bisnis yang menguntungkan bagi Anda, bisa dijual melalui layanan pesan antar GoFood selama pandemi berlangsung.

17. Corn Dog

Makanan kekinian ini begitu populer di Amerika dan Korea Selatan. Apalagi bagi para pecinta drama Korea, pasti tertarik untuk mencobanya. Cara membuatnya juga sangat mudah, tinggal mencelupkan sosis yang sudah ditusuk ke adonan dan goreng hingga berwarna keemasan. Biasanya ditambahkan dengan keju mozarella atau potongan kentang, kemudian dioleskan saus tomat atau sambal.

18. Martabak Manis Topping Kekinian

Bukan sembarang martabak manis, tetapi martabak manis dengan topping dan rasa kekinian. Contohnya seperti selai coklat nutella, kitkat green tea, hingga rasa red velvet. Selain rasanya yang enak, tampilannya yang cantik juga jadi pilihan tepat bagi orang-orang yang aktif di media sosial. Walaupun sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi pasar martabak manis ini tetap laris manis.

19. Ayam Geprek

Bukan sekadar makanan ringan, ayam geprek jadi salah satu pilihan utama banyak orang sebagai menu makan siang atau makan malam mereka. Makanan kekinian ini begitu digandrungi karena porsinya yang mengenyangkan serta pilihan sambal dalam berbagai level pedas. Dalam satu porsi, ada nasi, telur dadar, potongan ayam geprek, sambal pedas, serta lelehan keju mozarella.

20. Egg Cheese Tart

Paduan keju yang gurih dengan tekstur creamy dari telur membuat makanan kekinian yang satu ini sangat disukai masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bisa dibeli satuan atau dalam satu box, egg cheese tart juga jadi pilihan baru sebagai kue ulang tahun atau bingkisan saat bertamu. Tetap enak disantap walau sudah disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari juga.

21. Telur Gulung

Biasa ditemui di depan sekolah, telur gulung kini juga dijual di mana saja. Mulai dari mall, perkantoran, kampus, hingga area perumahan. Harganya yang sangat terjangkau juga menjadi alasan mengapa makanan kekinian ini tetap ramai pembeli dan mampu bertahan di tengah tren makanan yang terus berubah.

22. Seblak

Makanan kekinian yang berasal dari Bandung ini begitu terkenal karena rasa pedasnya. Kuah berwarna merah menyala ini disajikan dengan berbagai topping pilihan, seperti daging ayam, ceker ayam, bakso, mie, kerupuk, dan makaroni. Cocok di lidah masyarakat Indonesia yang memang gemar makanan pedas.

23. Jasuke

Jagung susu keju memang sudah lama dijual di pasaran, tetapi kini semakin dikenal karena telah diubah menjadi olahan jagung dengan susu kental manis dan lelehan keju. Tekstur renyah dari jagung melebur menjadi satu dengan lelehan keju yang gurih serta susu kental manis yang creamy. Makanan kekinian yang tidak lekang oleh waktu, sekaligus menguntungkan.

24. Sate Pisang

Olahan makanan kekinian dengan pisang memang tidak ada matinya. Sate pisang ini sesuai namanya berbentuk serupa dengan sate pada umumnya. Pisang dibalut dengan adonan telur dan tepung roti, kemudian digoreng hingga renyah. Disajikan dengan lumuran saus dan topping, mulai dari saus coklat, saus stroberi, saus matcha, dan topping kacang.

25. Banana Nugget

Banana nugget ukurannya lebih kecil dibanding dengan sate pisang, tetapi cara membuatnya tetap sama. Anda bisa buat sedemikian rupa dengan topping dan saus yang menarik. Umumnya dijual per porsi dalam box, bisa dijual langsung maupun dengan layanan pesan antar GoFood supaya lebih praktis.

26. Tteokbokki

Anda pecinta drama Korea? Pasti sudah tidak asing dengan tteokbokki, olahan dari tepung beras ini cukup sederhana dengan saus pedas kental. Bisa Anda variasikan juga dengan tambahan topping keju, mie instan, atau fish cake. Tidak perlu khawatir, makanan kekinian yang satu ini cepat untuk disajikan dan tidak rumit.

27. Cheese toast

Roti dengan isian keju dipanggang hingga lumer, terdengar sangat lezat ya. Makanan kekinian ini lagi populer, terutama di kalangan muda-mudi. Rasanya yang enak serta tampilan yang instagramable menjadikannya makanan ringan yang cocok untuk disantap saat sedang bersantai.

28. Roti John

Sudah populer di negara tetangga, roti john kini siap mendobrak pasar Indonesia. Roti john memiliki ukuran yang panjang dengan isian telur dadar. Tentu saja akan semakin lezat dengan tambahan topping yang bisa dipilih oleh pembeli, serta pilihan saus mayonnaise. Cocok sekali untuk dijadikan ide usaha baru bagi Anda.

29. Jamur Crispy

Jamur crispy cocok disantap bagi orang yang vegetarian atau sedang diet karena menggunakan bahan jamur yang rendah kalori. Rasanya tidak kalah enak, tetap gurih dengan taburan bumbu seperti keju, balado, atau pizza. Bisa Anda jual sebagai makanan ringan dalam kemasan juga.

29. Bakso Aci

Bakso aci memiliki bahan dasar yang jauh lebih murah dibanding dengan bakso sapi. Hanya menggunakan tepung tapioka, Anda sudah bisa menyiapkan bakso aci yang kini tengah digandrungi banyak orang. Modal kecil dengan keuntungan besar buat Anda.

30. Kue Cubit

Kue tradisional ini nyatanya jadi makanan ringan yang masih sangat disukai oleh banyak orang. Apalagi jika Anda jual dengan rasa yang lebih kekinian, seperti kue cubit rasa matcha, red velvet, atau coklat nutella. Rasa manis dan tekstur lembutnya dijamin akan membuat semakin banyak orang menjadi pembeli setiap usaha kue cubit Anda.

E. Peluang Usaha Modal Kecil

Ada beberapa peluang usaha yang memang membutuhkan modal kecil. Nah, berikut ini beberapa ide usaha yang hanya membutuhkan modal usaha 5 jutaaan. Bisa kamu praktikkan dan jadikan inspirasi untuk memulai, ya! Supaya kondisi perekonomianmu membaik tentu saja!

1. Laundry Sepatu

Belakang ini usaha laundry sepatu sedang booming banget. Untuk modal awalnya juga nggak besar, kok. Modal yang dibutuhkan hanay sekitar 3-5 jutaaan. Dengan modal usaha begitu, kamu sudah bisa memulai usaha laundry sepatu. 

Mengapa usaha laundry sepatu banyak yang melirik? Ya karena sekarang ini banyak banget yang sudah mulai memakai sneaker, seperti dari merek-merek Nike, Adidas, Vans, Air Jordan, Supreme, dan lain sebagainya. 

Nah, karena harga sepatu yang cenderung mahal, jadi banyak yang merawatnya dengan penuh kehati-hatian supaya sepatuny awet. Akan tetapi, selain modal uang, hal lain yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai dunia sepatu atau sneaker, tren yang berkembang, serta karakter dari setiap sepatu tersebut.

Jangan sampai pas di laundry di tempatmu, justru sepatunya rusak, kan? Wah, bisa berabe. 

E. Peluang Usaha Potensi Untung Besar

1. Bisnis Kosmetik Menggunakan Jasa Maklon Kosmetik

Masalah permodalan umumnya menjadi kendala utama dalam membangun sebuah bisnis. Nah saat ini bisnis kosmetik menjadi salah satu bidang usaha yang banyak digeluti anak-anak muda. Maklum peluangnya cukup menjanjikan. Fakta ini dibuktikan dengan data Kementerian Perisdustrian, di mana tahun lalu pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia naik 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Kemudian meningkat lagi sebanyak 9 persen menjadi 29 persen di tahun 2019.

Berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pajak, perusahaan maklon merupakan salah satu industri jasa yang memproduksi suatu barang tertentu yang sebagian atau seluruh proses pengerjaannnya dilakukan pihak pemberi jasa dan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa.

Makanya nggak heran jika saat ini banyak anak muda yang memulai bisnis kosmetik dengan memanfaatkan perusahaan maklon. Salah satunya adalah PT Adev Natural Indonesia yang berdiri sejak 15 Januari 2007. Mengusung konsep Back to Nature, perusahaan ini memasarkan seluruh produk kosmetik dengan keamanan dan legalitas yang terjamin.

Komisaris Utama PT Adev Natural Indonesia, Prof Dr IR Eriza Hambali MSi mengatakan, sebagai perusahaan jasa maklon, pihaknya sangat mendukung siapa pun yang ingin memulai bisnis kosmetik dengan merek sendiri, terutama dari kalangan milenial.

Ada beberapa kemudahan dalam memproduksi kosmetik melalui perusahaan jasa maklon, di antaranya tidak perlu membangun pabrik sendiri. Selain itu tidak perlu merekrut karyawan, efisien dalam biaya, tidak perlu repot mengurusi kelegalan produk, tidak perlu turun tangan langsung dalam proses produksi, dan dapat fokus dalam menyusun strategi pemasaran produk.

Oh iya, untuk memulai maklon kosmetik di Adev tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Modal awalnya di kisaran Rp20 juta mulai dari proses pengembangan formula, produksi, desain kemasan, pengurusan legalitas hingga pengiriman barang kepada konsumen. Simak lebih jauh tentang hal ini di Peluang Usaha Jasa Maklon Kosmetik Bersama Adev.


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.