peluang usaha

500+ Peluang Usaha: Dari Kerja Serabutan Jadi Auto Sultan!

Peluang Usaha – Banyak sekali orang indonesia yang mengetikkan kata kunci ini di Google. Saya tergerak untuk ikut ambil bagian dalam memberikan informasi, karena saya masih melihat beberapa artikel yang ditampilkan hanya mengejar traffic, tanpa diimbangi dengan informasi yang sebenarnya benar-benar berguna untuk mengetikkan kata kunci tersebut.

Karena saya yakin, yang mengetikkan kata kunci memang benar-benar membutuhkan peluang usaha yang bisa membuat perekonomian mereka berubah. Dengan kata lain, penyedia artikel harus benar-benar bertanggung jawab menghadirkan informasi yang benar, detail, dan juga berguna.

Bismillah, dengan niat untuk membantu banyak orang, apalagi di tengah situasi sulit ini, saya pelan-pelan membuat artikel tentang peluang usaha ini, agar makin banyak orang yang terbantu. Semoga Allah membalas usaha ini dengan banyak kebaikan dan keberkahan. Amin.

A. Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik

Ciri-ciri peluang usaha yang baik adalah yang halal, menguntungkan, serta memungkinkan untuk dikembangkan lebih jauh. Sedangkan ciri-ciri peluang usaha yang buruk tentu saja yang berkebalikannya, seperti haram, nggak bisa dikembangin, serta tidak mendatangkan profit.

B. Peluang Usaha Online

Apa saja sih peluang usaha online? Banyak banget! Kadang saya sampai bingung sendiri, karena semuanya ternyata memiliki potensi yang amat besar.

Apa saja sih yang bisa kamu lakukan kalau mau kaya dengan memanfaatkan kekuatan internet? Ini dia beberapa hasil penelaahan saya. Beberapanya sudah saya praktikan dengan tim dan juga personal, beberapanya lagi hanya berdasarkan penelaahan dan riset.

Akan tetapi, semuanya insya Allah bermanfaat, lah.

Lebih enak mana? Jualan jasa atau jualan produk? Ya tergantung. Kalau saya sih melakukan keduanya. Karena ya sama-sama asyik aja. Karena keduanya memilii plus-minusnya.

Kelebihan jualan jasa:

  • Unik dan membuat kita terkenal
  • Harus kita, nggak bisa didelegasikan, kecuali memang jasanya bisa didelegasikan.
  • Person centris, jadinya kita kurang menikmati hidup, karena isinya kerja-kerja-kerja doang.
  • Statusnya ya active income. Kita kerja baru dapat bayaran.

Kelebihan jualan produk:

  • Bisa discale-up. Bisa dibesarin.
  • Bisa didelegasikan kepada tim. Kita tinggal bikin sistemnya yang works aja.
  • Sekali sistem kerja jadi, kita bisa istirahat, tetapi produk dan tim tetap jalan.
  • Bisa jadi passive income. Gak kerja, tetep ada cuan. Bukankah itu yang kita semua inginkan? Hehehe.

Untuk mengintipnya apa saja yang ada di sana, ini beberapa peluang usaha online yang bisa dikerjakan dan cuannya besar banget.

1. Peluang Usaha Jualan Font

Tak banyak orang yang tahu mengenai peluang usaha online yang satu ini. Padahal, banyak sekali orang Indonesia yang sudah sukses dengan cara berjualan font. Nah, bagaimana keseruannya berbisnis jualan font ini? Simak saja dalam tautan berikut: Peluang Usaha Online Jualan Font.

2. Menjadi Influencer Instagram

Inilah profesi kekinian yang sangat diidamkan oleh anak-anak muda masa kini. Peluangnya memang gede banget dan income-nya juga gede banget. Membuat kita bisa menjadi jutawan dan miliarder hanya dalam hitungan bulan.

Salah satu peluang usaha online yang menjanjikan adalah dengan menjadi seorang influencer instagram. Beneran jadi auto miliarder hanya dalam hitungan bulan. Makanya, banyak banget anak muda sekarang yang cita-cita tak lagi bekerja di pemerintahan atau perusahaan besar, akan tetapi menjadi seorang influencer instagram.

Memangnya, seberapa menarik dan bagaimana caranya menjadi seorang influencer instagram? Kita akan kupas secara mendalam dalam postingan ini, ya!

Harus kita akui, Instagram memang menjadi aplikasi media sosial yang primadona sekarang ini. Mulai dari rakyat jelata sampai artis, semuanya memainkan aplikasi media sosial yang satu ini. Mulai dari abang-abag tukang bakso sampai Raffi Ahmad, semuanya punya akun Instagram.

Wajar sih, karena memang aplikasi yang satu ini unik, hanya fokus kepada postingan foto, video, dan kualitas konten yang benar-benar memanjakan mata.

Aplikasi ini juga melirik para pemilik bisnis, untuk mempromosikan produknya. Caranya adalah dengan mengendorse produknya kepada akun instagram yang memiliki banyak pengikut, seperti Raffi Ahmad, Anya Geraldine, atau Arief Muhammad.

Mengapa?

Karena efektif. Selain dapat testimoni, influencer tersebut juga akan membuatkan video atau foto yang berkualitas bagus. Jadi, bagi bisnis, hal ini berdampak maksimal. Selain itu, juga iklan tersebut bisa dilihat oleh jutaan orang dalam satu waktu. Bagi sebuah bisnis yang berkembang, hal ini benar-benar menjadi mutualisme bisnis yang menjanjikan.

Itulah mengapa, influencer instagram serta brand, saling membutuhkan untuk bekerja sama dalam mengembangkan mereka masing-masing.

Berikut ini beberapa contoh influencer instagram termahal di Indonesia. Bayarannya gila-gilaan. Bayangkan pendapatan mereka sebulan hanya dari iklan!

1. Syahrini – @princesssyahrini

Siapa sih yang gak kenal sama artis Indonesia yang satu ini? Di Instagram, Syahrini punya jumlah followers 19,4 juta. Kalau kamu mau bisnismu di-endorse sama pelantun lagu “Sesuatu” ini, siap-siap deh rogoh kocek Rp 100 juta buat satu kali postingan per hari. Ngeri.

2. Raffi Ahmad – @raffinagita1717

Pasangan nge-hits Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang selalu terlihat kompak ini punya akun Instagram gabungan @raffinagita1717. Jumlah followers-nya hingga saat ini 20,1 juta. Raffi dan Nagita memasang tarif endorse sebesar Rp 22 juta untuk satu kali promo lewat akun IG mereka.

3. Ayu Ting-Ting – @ayutingting92

Pasti udah gak asing sama pelantun hits “Alamat Palsu” yang ini. Dengan jumlah followers 22,2 juta, Ayu Ting-Ting memasang tarif endorsement sebesar Rp 17 juta untuk sekali posting video di Instagramnya.  

4. Luna Maya – @lunamaya

Kecantikan Luna Maya sudah gak diragukan lagi menjadi daya tarik tersendiri buat dunia entertainment Indonesia. Gak heran kalau akun Instagram @lunamaya memiliki followers 13,4 juta. Dengan jumlah followers sebanyak itu Luna memasang tarif Rp 11,2 juta untuk sekali melakukan kerja sama endorsement

5. Zaskia Adya Mecca – @zaskiaadyamecc

Istri sutradara terkenal Hanung Bramantyo ini punya followers sebanyak 11,9 juta. Tarif endorse Zaskia Adya Mecca ada beberapa tipe. Untuk produk kecantikan, tarif endorse-nya Rp 10 juta dan non kecantikan Rp 5,6 juta. Sementara untuk video lebih mahal lagi, sekitar Rp 14,5 juta dan Rp 1,5 juta untuk Instagram Story.

6. Chelsea Olivia Wijaya – @chelseaolivia

Artis sinetron yang satu ini memang punya banyak penggemar yang sangat memuja dirinya karena termasuk gak neko-neko. Dengan followers sebanyak 14,6 juta. Chelsea Olivia memasang tarif endorse sebesar Rp 9,2 juta untuk Instagramnya.

7. Jessica Iskandar – @inijedar

Artis Indonesia yang memiliki anak laki-laki super menggemaskan, El Barak ini punya jumlah followers 11,1 juta. Dia memasang tarif Rp 8 juta untuk endorsement di akun Instagramnya.

8. Ashanty – @ashanty_ash

Dengan jumlah followers yang kini sudah mencapai Rp 12 juta, artis Indonesia yang satu ini juga gak mau ketinggalan meramaikan dunia endorsement. Untuk satu kali endorsement lewat akun Instagramnya, Ashanty memasang tarif Rp 7 juta.

Kalau dilihat sekilas, emang lumayan mahal. Tapi sebenarnya bujet promosi segitu tuh receh banget. Coba aja bandingin sama followers yang mereka punya. Ayu Ting-Ting misalnya. Dengan bayar penyanyi dangdut ini Rp 17 juta buat sekali posting video, maka “iklan” bisnismu bisa dibaca sama 22,2 juta orang! Mantap gak tuh?

Terus, gimana cara menjadi influencer instagram yang sukses dan bisa menjadi ladang bisnis yang oke ke depannya untuk dirimu?

1. Akun Terkonsep

Pastikan akunmu terkonsep dan memiliki personal branding yang jelas. Apa karaktermu, value apa yang kamu tawarkan kepada publik, dan kamu ingin dikenal sebagai apa. Kamu bisa baca postingan berikut untuk mengulik siap dirimu: Personal Branding: Seni Mengemas Diri untuk Dikenal Publik

2. Konten Berkualitas

Maksud dari konten berkualitas adalah tidak norak, tidak mencemarkan personal branding-mu, dan tidak berbahaya untuk massa depanmu. Intinya, kamu harus mengemas dirimu dengan baik. Jangan sampai hanya modal biar viral, tetapi kualitas dirimu lama-lama makin menurun. Hal ini akan sangat berbahaya untuk dirimu ke depannya.

3. Sering bernetworking

Jelas, ya. Tanpa networking, kamu akan hanya menjadi katak dalam tempurung. Caranya adlah dnegna banyak datang ke event, banyak bergabung komunitas, atau banyak membangun dan bertemu dengan orang-orang baru dan memperkenalkan dirimu.

3. Marketplace Aset Desain Mandiri

Membuat dan menjual aset desain tak harus ke marketplace di luar negeri seperti creative market. Kita juga bisa membangun dan menjualnya untuk pasar luar negeri tetapi marketplace-nya milik kita sendiri. Ada kok beberapa oran Indonesia yang sudah melakukannya. Tak percaya? Baca saja artikel ini. Yuk, kita bahas bersama.

Mungkin tak banyak orang yang ngeh dengan peluang usaha online yang satu ini, yakni membangun atau membuat marketplace aset desain. Selama ini, kan desainer mengirimkan hasil karyanya untuk dijual di marketplace aset desain di luar negeri, seperti creative market atau graphic river.

Nah, peluang yang satu ini adalah bukan menjual di marketplace luar negeri seperti itu, akan tetapi membuat marketplace aset desain mandiri dengan pasar luar negeri ataupun dalam negeri juga.

Karena apa?

Ya harusnya sih pola pikirnya kita tak bisa terus-teruskan mengirim stok karya kita ke marketplace di luar negeri. karena kita tak pernah tahu kapan marketplace luar akan berhenti beroperasi atau bahkan kebijakannya berubah. Jadi, alangkah lebik baiknya kalau kita membangun usaha marketplace aset desain mandiri. Ya sebagai jaga-jaga.

Beberapa yang harus dipersiapkan adalah:

Pertama, mempersiapkan produk.

Produknya bisa macam-macam, terpenting aset desain, seperti template, icon, presentasi, dsb. Bisa dengan membuat sendiri atau memesan kepada desainer-desainer. Saran saya sih pesan saja, biar kita nggak boros di waktu.

Kedua, menggunakan theme yang support untuk berjualan produk digital dan payment gateaway-nya variatif. Salah satu yang saya rekomendasikan adalah LarisDigital. Bikinan Mas Anggi dan Mas Agus. Sangat-sangat saya rekomendasikan.

Ketiga, mengurus traffic-nya. Caranya ada dua menurut saya.

  • Memberikan aset gratisan, untuk mencari traffic. Misalkan yang dilakukan oleh creative market kan sering tuh ngasih Free Good Designs setiap minggunya.
  • Mengoptimasi SEO-nya baik dari segi konten blog maupun backlink-nya maupun optimasi kata kunci di produknya. Perlu pemahaman dunia konten, struktur SEO, serta strategi bermain digital jangka panjang yang ciamik sih untuk melakukan yang bagian ini.
  • Optimasi di pinterest, karena menurut beberapa guru sih memang memberikan traffic yang oke karena pasar luar negeri memang sering mengepin image yang bagus.

Salah satu contoh marketplace aset desain yang keren menurut saya adalah:

Itu milik orang Indonesia, dan pembayarannya pakai paypal, gumroad, dan yang lainnya, terserah sih, dan lisensinya macam-macam untuk setiap produknya. Benar-benar diperhatikan dengan sangat serius dan keren menuru saya. Bisa dicoba, deh! Sejujurnya, saya pengen banget bikin seperti itu.

Walaupun memang, untuk menjalankan ide dari peluang usaha online yang satu ini, tidak murah, membutuhkan kreativitas serta pemahaman dunia digital yang matang.

4. Content Creator

Salah satu ide bisnis yang keren banget dan cocok untuk anak-anak kekinian adalah menjadi content creator. Bagaimana potensinya?

Mengenai hal ini, sangat apik tulisan dari status Facebook Christina Lee. Akan saya copy-kan ke sini sebagai pembelajaran.

🐦: Ci, anak gue yang gede baru mau lulus SMA, juni tahun ini..

Dia gak mau kuliah, katanya mau jadi content creator aja.. menurut cici gimana?

🐤: napa emangnya?

🐦: dia bilang fresh uni graduate cari kerja, kalo gajinya dapet 5 juta/bln aja dah bagus banget.. sementara kalo jadi content creator bisa dapet berkali-kali lipat..

🐤: ya emang bener sih 🤣

🐦: lah gimana dong ciciii

🐤: pertama, ngapain juga manggil gw cici, anak elo dah mau lulus SMA aja pasti tuaan elo umurnya dr gue 🤣

Kedua, bilang ke dia, emangnya kalo dia kuliah, gak bisa jadi content creator?, kan mayan jadi punya banyak temen kuliah juga buat jadi tim content creator bareng

Ketiga, Jadi content creator itu profesi yang sangat menjanjikan di era pandemi gini, bahkan kedepannya.

  1. Kalau dia konsisten bikin konten berbobot, follower mulai banyak, dia bisa jadi influencer
  2. Begitu jadi influencer, dapet endorsan, semurah-murahnya 200rb/post
  3. Media sosial pun banyak, tiktok, ig, youtube, kalo mainin ke tiganya ya peluang endorsannya makin banyak.
  4. Begitu terkenal, sehari terima 2 endorsan aja, 2 x 200rb x 25 hari/bln = 10 juta
  5. Makin tekenal, biaya endorse bisa minimal 1 juta, ya itung sendiri deh 2 x 1jt x 25 hari/bln = 50 jt

Nah tau sendiri kan influencer yang bayarannya udah jauh lebih gede dari itu. Ada yang 20 jt/post, dia cukup terima 5 endorse sebulan aja udah 100 jt.

  1. Belum lagi kalau ditunjuk jadi brand ambassador. Sekelas selebgram yang followernya 10jt, tarif BA-nya itu 2M/tahun yang ditukar dengan palingan 24 feed, 48 story, 12 igtv. (166jt/bln) , dan itupun dia masih bisa jadi BA brand lain yang beda kategori.
  2. Apalagi reviewer gadget, dikirimin gadget terbaru gratissss buat review, dibayar pula.
  3. Makin terkenal? Dia bisa bikin manajemen talent sendiri, rekrut talent-talent, di boost dulu di ig/medsos pribadinya dia biar ini talent followernya melimpah, lalu dibisnisin, dia ambil komisi 30% dari brand yang endorse talentnya, talent terima 70%.
  4. Perlengkapan lenong dan syutingnya mulai lengkap, dia bisa bikin agency video creator juga. Sekali bikin 1 video komersial (kamera pro) durasi 1 menit, semurah-murahnya 3 jutaan setau gue ya..
  5. Jadi content creator, gak ada cerita risiko diphk 🤣

====

🐦: jadi menurut cici, dia gak usah kuliah? tapi jadi content creator aja?

🐤: kuliah itu tujuannya utk apa dulu? Biar siap kerja? dapet network? dapet ilmu yang akan mendukung cita-citanya?

Kalau cita-citanya jadi content creator, ilmu kuliah yang mendukung bisa ambil jurusan public relation, marketing, broadcasting, ya gitu gitu kan bisa.

Jadi kalau elo sebagai ortu tetep mau anak lo itu kuliah, ya kuliahin yang dia sukaa laa..

Anak elo itu punya mimpinya sendiri, dia hidup bukan buat mewujudkan mimpi ortunya..

Gw percaya sih segala sesuatu yang dijalankan dengan passion, biasanya konsisten, dan hasilnya pun maksimal.

5. Jadi YouTuber

Entah kenapa youtube nggak banyak dilirik sama internet marketer atau para pemilik online shop. Mereka lebih fokus jualan di Facebook, Instagram, dan Tiktok yang sekarang lagi booming.

Padahal, jualan di YouTube masih gurih banget coy. Saingannya dikit.

Kenapa harus YouTube?

  1. Paling Banyak Dikunjungi di Indonesia

Youtube menjadi website yang paling banyak dikunjungi di Indonesia (data dari Telkom Indonesia, hootsuite & katadata), kalo mengacu data lain biasanya tetep di posisi 1-3.

  1. Gabungan dari Search Engine & Media Sosial

Banyak orang yang belum sadar bahwa youtube adalah gabungan dari search engine dan juga media sosial. Kita masih bisa cari suatu video di kolom pencarian, bisa juga video kita viral karena direkomendasikan banyak orang.

Terbukti dengan banyak algoritma yang dibuat oleh YouTube untuk nge”boost” video kita seperti :

  • Rekomendasi/related video (muncul di video yang sesuai dengan
  • Jelajah (muncul di homepage)
  1. Gampang Masuk Page One Google

Pasti tau dong kalo banyak keyword di google yang SERP nya didominasi oleh video dari Youtube? Menurut saya pribadi, video dari YouTube lebih gampang pejwan asal masukin keyword yang tepat aja. Bahkan deskripsi copas juga masih bisa naik di SERP.

  1. Kompetitor Masih Sedikit

Seperti yang saya bilang di awal paragraf, kompetitor (dalam konteks ini para internet marketer/online shop) masih sedikit yang jualan di YouTube. Kue nya masih besar banget.

  1. Bisa Jualan Apa Aja

Khusus kamu yang suka jualan oles-oles, pasti suka kesel dong kalo produkmu ditolak di berbagai platform. Nah di YouTube ini, kamu masih boleh jualan produk oles-oles, paling AdSense nya dolar kuning aja. Masih bisa dapet duit dari jualannya.

  1. Bisa Dapet Penghasilan dari 3 Cara

Apa aja tuh?

  • Iklan (AdSense)
  • Jualan Produk / Affiliate
  • Endorse/Paid Promote (promoin produk orang)

Terus, gimana caranya jualan di YouTube?

  1. Tinggal bikin video yang menggunakan buying keyword aja, 80% lah orang udah minat beli kalo ngetik buying keyword di youtube. Contohnya apa?
  • Review Barang X
  • Perbedaan Cream A dan B
  • Harga barang X
  • Supplier Produk X
  • Distributor Produk X
  • Masker Wajah Terbaik
  • Obat Penghilang Bekas Luka yang Bagus
  • dll

Riset keywordnya bisa pake tools vidiq/suggest.

  1. Bikin video scriptnya bisa ambil dari blog orang kemudian ditulis ulang dengan ciri khas sendiri, atau mau pake slide juga bisa.
  2. Bikin thumbnail yang menarik.
  3. Bikin judul yang mengandung keyword, tulis deskripsi tentang video tersebut.

Udah deh jadi 1 video.


Mari kita ambil contoh langsung, studi kasus dari salah satu channel di YouTube.

1 video jualan, hardselling, bisa dapet views puluhan bahkan ratusan ribu.

Coba kita itung-itungan kasar aja, ada 1 video 10.000 views. 1% aja orang yang beli, dengan margin per penjualan Rp 50.000.

100 orang x Rp 50.000 = Profit Rp 5.000.000

Hanya dengan modal di awal bikin 1 video aja.

Gimana, gurih kan?

Di Mana Tempat Belajar Menjadi YouTuber?

Nah, ini menariknya. Setelah tahu peluang dan juga apa saja yang bisa didapat dengan menjadi YouTuber, tentu kamu akan bertanya, tanya: dimana tempat belajar menjadi YouTuber yang baik dan benar? Ini rekomendasi saya. Klik saja, ya.

Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya. Belajar di sana sangat mudah dan penuh tutorial menarik tentang dunia YouTube yang berkesan.

Beberapa hal menarik yang bisa menjadi perhatian:

C. Peluang Usaha Minuman

1. Minuman Coklat Nuguy – Rp3,5 juta

Waralaba minuman cokelat ini juga berasal dari Kota Gresik, Jawa Timur, dan tentunya mereka juga melayani kemitraan di luar kota. Minuman ini bisa disajikan secara panas maupun dingin, pas buat kalangan manapun yang memang gemar minuman cokelat.

Paket super hemat franchise ini sendiri dimulai dari Rp3,5 juta saja. Dan kamu bakal mendapatkan:

  • X banner
  • Cup sealer
  • Blender merek Panasonic
  • Tempat es
  • Teko
  • 7 tempat bubuk
  • Tempat gula
  • Tempat isian
  • Sendok takar gula & bubuk
  • Serokan es
  • Tempat susu
  • Tempat sedotan
  • Parutan coklat dan keju
  • Bahan baku (bubuk, gula, coklat, keju, susu lebih dari 7 kg)
  • 100 cup plastik
  • 50 Paper cup & tutupnya
  • 100 sedotan
  • 1 pak kantong plastik

Wow, banyak juga ya yang bisa didapat. Hanya saja, dengan paket murah ini kamu gak bakal dapat booth. Kalau mau pakai booth, kamu harus membeli paket seharga Rp4,9 juta. Tertarik untuk membuka waralaba yang satu ini? Hubungi 085608553919.

2. Bubble Boom – Rp2,2 juta

Minuman ini ternyata dikelola oleh manajemen yang sama dengan franchise Coklat Nuguy. Bubble Boom punya sembilan varian rasa yang enak.

Lima rasa andalannya adalah Bubblegum, Cappucino, Cokelat, Green Tea, dan melon. Bubble-nya pun lembut dan kenyal.

Dengan membeli paket hemat seharga Rp2,2 juta, perlengkapan yang kamu dapat cukup banyak lho. Berikut rinciannya:

  • 1 X banner
  • Blender merek Philips
  • 1 cool bucket
  • 9 tempat bubuk
  • Tempat gula
  • Tempat bubble matang
  • Tempat susu
  • Tempat sedotan
  • Sendok takar bubuk & bubble
  • Teko air
  • Kanebo
  • Bahan baku (gula, creamer, 9 varian bubuk, bubble)
  • 50 cup dan tutupnya
  • 1 pak sedotan

Berhubung waralaba ini dikelola oleh manajemen yang sama dengan Nuguy, maka kamu bisa menghubungi nomor 085608553919 untuk detailnya.

3. Cappucino Cincau Tempo Doeloe – Rp2 juta

Waralaba asal Gresik ini biaya franchise-nya benar-benar murah lho, yaitu mulai dari Rp2 juta saja. Tapi ini tanpa gerobak ya, cuma dikasih spanduk aja.

Walaupun berasal dari Gresik, Jawa Timur, kamu tetap bisa buka cabangnya di Jakarta. Nanti mereka akan mengatur pengiriman perlengkapannya.

Sejatinya, minuman Cappucino Cincau atau Capcin adalah gabungan dari kopi cappucino sama cincau. Resepnya juga sangat mudah kok alias gak ribet. Bila kamu tertarik, kamu bisa menghubungi nomor 085749849678 via telepon atau Whatsapp.

4. Bubbledrink.biz – Rp2 jutaan

Sejak beberapa tahun belakangan ini, minuman bubble tengah naik daun. Saat ini bubble drink menjadi minuman yang disukai oleh banyak orang mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. 

Bubledrink.biz menyediakan beberapa paket usaha minuman cokelat untuk kamu hanya dengan modal Rp2jutaan saja. 

Franchise minuman yang berasal dari Gresik ini menyediakan beberapa paket kemitraan yang cukup komplit dengan modal yang cukup terjangkau dengan berbagai pilihan rasa, seperti Taro, Cappucino, Bubble, dan lain-lain.

Meskipun modalnya kecil, tetapi investasinya sangat besar. Dengan tampilan yang menarik dan berwarna-warni, membuat franchise minuman bubble menjadi usaha waralaba rumahan modal kecil yang dapat dipilih.

Menariknya, dengan melakukan Franchise Bubbledrink.biz memperbolehkan kamu membuat brand sendiri. Kamu akan tetap mendapatkan bahan baku dari pengusaha waralaba, tetapi dapat menjualnya menggunakan brand sendiri.

Jika kamu tertarik, dapat mengaksesnya melalui website bubbledrink.biz dengan memilih Paket Kemitraan Bubbledrink terlebih dahulu.

5. Pee Bee – Rp3 juta

Waralaba minuman yang berada di bawah naungan Camcaw Group ini asalnya dari Solo, dan sampai saat ini cukup ngetop di Sumatera hingga Kupang. Pada akhir 2017, mereka sudah punya 45 cabang lho.

Minuman yang mereka sediakan adalah minuman segar berupa Bubble Drink, Tropical Drink, Thai Tea, dan camilan. Dan patut kamu ketahui, paket waralaba Pee Bee termurah ada di angka Rp3 juta. Dengan paket tersebut kamu bakal diberikan:

  • 1 blender
  • 3 buah tempat topping
  • 6 buah tempat bubuk
  • 150 buah cup es
  • 150 bahan bubuk
  • Roll banner

Bila kamu berminat, hubungi saja 089604138333. Atau bila masih butuh informasi lebih lanjut, kunjungi situsnya saja.

6. Nyoklat Kress – Rp2,9 juta

Nyoklat Kress adalah minuman cokelat dengan beragam rasa dan varian krispi di dalamnya. Pokoknya bisa memberikan sensasi menikmati cokelat yang berbeda deh buat para pelanggan.

Minuman ini hadir dengan sembilan rasa, yaitu Original Chocolate, Chocolate Banana, Chocolate Hazzlenut, Chocolate Tiramisu, Chocolate Milk, Chocolate Oreo, Chocolate Cake, Chocolate Cappucino, dan Chocolate Mocha.

Waralaba asal Wonogiri, Jawa Tengah, ini punya banyak paket. Tapi yang termurah seharga Rp2,9 juta adalah Paket Bubuk. Rinciannya adalah:

  • Backdrop
  • Xbanner
  • Seragam
  • 200 bubuk

7. Coklatin – Rp2,5 juta 

Coklatin adalah salah satu minuman coklat kekinian. Franchise ini menyediakan banyak varian rasa yang minuman coklat yang disukai seperti Coklatin Classic, Coklatin Pop, Coklatin Rock, Coklatin Jazz, dan Coklatin Blues.

Untuk mulai berbisnis minuman coklat dengan merk Coklatin ini, kamu hanya harus membayar biaya paket kemitraan dengan harga mulai dari Rp 2,5 juta saja.

Modal lainnya yang didapatkan yakni:

  • X Banner
  • Blender
  • Ice bucket
  • Teko
  • Tempat bahan
  • Bahan baku 

8. Capcin Chaplin – Rp2,5 juta

Capcin Chaplin adalah minuman cappucino cincau kekinian yang berdiri sejak tahun 2010. Paket kemitraan salah satu usaha franchise terlaris dan termurah ini adalah mulai dari Rp 2,5 juta.

Modal yang disediakan:

  •         Gerobak lipat
  •         X banner
  •         Blender
  •         Ice bucket
  •         Bahan baku
  •         Peralatan packaging

9. Bubble Boom

Minuman bubble adalah minuman kekinian yang cukup digemari oleh masyarakat.

Kini dengan modal Rp 2,8 juta, kamu sudah bisa memulai bisnis minuman buble yang booming ini.

Dengan modal Rp 2,8 juta, kamu akan mendapatkan SOP (Standar Operational Procedure), x banner, blender, cool bucket dan peralatan lainnya. Selain itu, kamu juga sudah mendapatkan bahan baku yang lumayan banyak untuk memulai usaha.

Kalau mau tambah tenda, kamu mesti tambah Rp1,5 juta lagi. Tertarik bergabung? Hubungi marketingnya di 082177928989.

Nah, tunggu apa lagi? Yuk mulai berbisnis. Kamu bisa mulai dengan menyusun bisnis terlebih dahulu. Kemudian baru deh bermitra dengan dua belas waralaba minuman yang modalnya cuma Rp2-3 jutaan ini!

Kalau sudah sukses berbisnis waralaba minuman dan makanan murah ini dan mau mencari lainnya yang lebih menantang, Lifepal juga punya kok referensi franchise seharga puluhan juta. Modal gede, tentu return-nya juga gede dong. 

D. Peluang Usaha Makanan

1. Sate Taichan

Siapa sangka, bisnis sate taichan, untuk modalnya tak terlalu banyak, tetapi bisa mendatangkan cuan yang lumayan? Nah, untuk kamu yang menari ide bisnis yang murah meriah, bisnis sate taichan bisa menjadi salah satu pilihan. Silakan baca pada postingan Peluang Usaha Makanan Sate Taichan.

2. Salted Egg Chicken

Tren makanan kekinian dengan saus telur asin atau salted egg ini sudah begitu populer selama beberapa tahun, namun tetap ramai diserbu masyarakat Indonesia. Salted egg chicken yang lezat juga sangat mudah untuk dihidangkan, cukup dengan ayam goreng tepung di atas nasi dengan lumuran saus salted egg yang menggiurkan.

3. Keripik Salted Egg

Kalau biasanya dijual keripik kulit ikan salmon dengan bumbu salted egg, Anda bisa memilih untuk menjual keripik kentang atau keripik singkong salted egg yang harga produksinya lebih murah.

Anda bisa menjualnya dengan sistem pre-order atau delivery di tengah pandemi ini melalui aplikasi layanan pesan antar GoFood, sehingga para pembeli bisa dengan mudah mendapatkan keripik salted egg Anda.

4. Cireng

Anda bisa menyulapnya menjadi makanan kekinian dengan memasarkan cireng beraneka rasa, sebut saja cireng isi smoked beef dan cireng keju. Cara membuatnya yang mudah dengan bahan-bahan ekonomis menjanjikan keuntungan yang lebih besar bagi Anda.

Anda juga bisa menjual frozen food seperti cireng beku selama pandemi ini agar para pembeli bisa tetap merasakan cireng kekinian Anda dengan hangat. Jangan lupa untuk manfaatkan layanan pesan antar GoFood, ya!

5. Rujak Cireng

Berbeda dengan menu cireng sebelumnya, olahan cireng ini disantap dengan sajian saus rujak yang gurih, asam, dan manis. Jadi, Anda cukup siapkan adonan cireng dari tepung kanji dan saus rujak andalan.

Anda bisa memilih untuk menjualnya dalam bentuk frozen food selama pandemi. Begitu keadaan sudah kembali normal, Anda bisa berjualan di area sekolah, perkantoran, kampus, hingga pusat perbelanjaan.

6. Donat Indomie

Daya tarik makanan kekinian ini adalah bentuknya yang instagramable, cocok sekali untuk menarik perhatian pembeli. Apalagi, olahan mie instan ini akan sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Bermodalkan mie instan, Anda sudah bisa meraup keuntungan dari menjual donat Indomie ini. Bisa juga ditambahkan dengan isian smoked beef atau mozarella.

7. Makaroni Pedas

Buat para pecinta makanan pedas, sudah tidak asing lagi dengan makanan kekinian yang satu ini. Umumnya dijual dengan dua pilihan, yakni makaroni kering atau makaroni basah. Anda bisa menyediakan berbagai aneka pilihan bumbu pedas, mulai dari yang sedang hingga ekstra pedas. Karena sifatnya yang digoreng kering, makaroni pedas ini memiliki shelf life yang cukup lama, sehingga bisa diproduksi dalam jumlah besar dan tetap tahan lama.

8. Kebab Goreng

Siapa yang tak kenal dengan kebab Turki? Makanan kekinian ini sudah disulap menjadi kebab goreng yang ukurannya lebih kecil dari kebab biasa. Ditambah lagi dengan lelehan keju serta berbagai isian daging yang menggoyang lidah. Cocok sekali untuk disantap saat sedang bosan di rumah. Jadi, ini adalah peluang terbaik Anda untuk memulai usaha kebab goreng.

9. Pizza Goreng

Sempat viral karena bentuknya yang mini dan menyerupai pastel, pizza goreng ini bisa jadi ide usaha makanan kekinian yang menguntungkan. Anda hanya perlu menggoreng kulit lumpia dengan isian daging, saus tomat, dan keju. Makanan kekinian ini pasti sangat disukai oleh berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Harganya yang jauh lebih murah dibanding seloyang pizza juga jadi daya tarik tersendiri.

10. Bola Ubi

Bola ubi dijual dalam berbagai varian rasa dan warna, seperti green tea, hazelnut, taro, dan oreo. Rasanya yang manis dipadukan dengan tekstur gurih, membuat siapapun yang memakannya jadi ketagihan. Olahan berbahan dasar ubi ini sangat mudah untuk dibuat, Anda juga hanya memerlukan modal kecil untuk bisa memulai usaha makanan kekinian ini.

11. Churros

Makanan ringan asal Spanyol ini ternyata juga sangat disukai oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, teksturnya renyah di luar namun begitu lembut di dalam. Lengkap juga dengan taburan gula halus serta saus coklat yang semakin menambah rasa manisnya. Mudah dan cepat untuk dibuat juga, sehingga tidak memerlukan operasional bisnis yang merepotkan.

13. Roti Kukus Panggang

Agak mirip dengan roti panggang atau roti bakar, tetapi roti kukus panggang ini menggunakan roti pandan khusus yang lebih wangi. Roti yang diberi topping manis atau asin ini dikukus terlebih dahulu, kemudian dipanggang. Tekstur roti tetap lembut dengan sensasi smokey, semakin enak dengan lelehan keju serta topping-topping kekinian.

14. Long Fries

Sebetulnya sama saja dengan kentang goreng lainnya, namun ukurannya jauh lebih panjang. Sehingga, para pembeli pun lebih puas dengan porsinya. Ukurannya yang tidak biasa ini juga lucu untuk dijadikan unggahan di media sosial. Tambahkan dengan cocolan saus tomat, atau bisa juga Anda jual dengan pilihan bumbu menarik, seperti keju atau balado.

15. Takoyaki

Makanan kekinian khas Jepang ini sudah digandrungi sejak lama. Tekstur kulit luarnya yang renyah terasa semakin nikmat dengan isian yang lembut dan potongan daging gurita yang kenyal. Cara memasaknya juga sangat unik, sehingga mampu menarik perhatian banyak orang. Rasanya semakin lezat dengan baluran mayonnaise dan taburan bonito flakes.

16. Ayam Crispy

Olahan ayam crispy ini bisa Anda temukan di mana saja, terutama sajian ayam goreng ala Taiwan. Memang rasanya sangat enak, ditambah dengan taburan bumbu yang bisa dipilih pembeli. Selain itu, porsinya juga cukup banyak dan mengenyangkan. Tidak repot juga untuk dimakan sambil berjalan-jalan. Pilihan bisnis yang menguntungkan bagi Anda, bisa dijual melalui layanan pesan antar GoFood selama pandemi berlangsung.

17. Corn Dog

Makanan kekinian ini begitu populer di Amerika dan Korea Selatan. Apalagi bagi para pecinta drama Korea, pasti tertarik untuk mencobanya. Cara membuatnya juga sangat mudah, tinggal mencelupkan sosis yang sudah ditusuk ke adonan dan goreng hingga berwarna keemasan. Biasanya ditambahkan dengan keju mozarella atau potongan kentang, kemudian dioleskan saus tomat atau sambal.

18. Martabak Manis Topping Kekinian

Bukan sembarang martabak manis, tetapi martabak manis dengan topping dan rasa kekinian. Contohnya seperti selai coklat nutella, kitkat green tea, hingga rasa red velvet. Selain rasanya yang enak, tampilannya yang cantik juga jadi pilihan tepat bagi orang-orang yang aktif di media sosial. Walaupun sudah ada selama bertahun-tahun, tetapi pasar martabak manis ini tetap laris manis.

19. Ayam Geprek

Bukan sekadar makanan ringan, ayam geprek jadi salah satu pilihan utama banyak orang sebagai menu makan siang atau makan malam mereka. Makanan kekinian ini begitu digandrungi karena porsinya yang mengenyangkan serta pilihan sambal dalam berbagai level pedas. Dalam satu porsi, ada nasi, telur dadar, potongan ayam geprek, sambal pedas, serta lelehan keju mozarella.

20. Egg Cheese Tart

Paduan keju yang gurih dengan tekstur creamy dari telur membuat makanan kekinian yang satu ini sangat disukai masyarakat Indonesia, baik anak-anak maupun orang dewasa. Bisa dibeli satuan atau dalam satu box, egg cheese tart juga jadi pilihan baru sebagai kue ulang tahun atau bingkisan saat bertamu. Tetap enak disantap walau sudah disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari juga.

21. Telur Gulung

Biasa ditemui di depan sekolah, telur gulung kini juga dijual di mana saja. Mulai dari mall, perkantoran, kampus, hingga area perumahan. Harganya yang sangat terjangkau juga menjadi alasan mengapa makanan kekinian ini tetap ramai pembeli dan mampu bertahan di tengah tren makanan yang terus berubah.

22. Seblak

Makanan kekinian yang berasal dari Bandung ini begitu terkenal karena rasa pedasnya. Kuah berwarna merah menyala ini disajikan dengan berbagai topping pilihan, seperti daging ayam, ceker ayam, bakso, mie, kerupuk, dan makaroni. Cocok di lidah masyarakat Indonesia yang memang gemar makanan pedas.

23. Jasuke

Jagung susu keju memang sudah lama dijual di pasaran, tetapi kini semakin dikenal karena telah diubah menjadi olahan jagung dengan susu kental manis dan lelehan keju. Tekstur renyah dari jagung melebur menjadi satu dengan lelehan keju yang gurih serta susu kental manis yang creamy. Makanan kekinian yang tidak lekang oleh waktu, sekaligus menguntungkan.

24. Sate Pisang

Olahan makanan kekinian dengan pisang memang tidak ada matinya. Sate pisang ini sesuai namanya berbentuk serupa dengan sate pada umumnya. Pisang dibalut dengan adonan telur dan tepung roti, kemudian digoreng hingga renyah. Disajikan dengan lumuran saus dan topping, mulai dari saus coklat, saus stroberi, saus matcha, dan topping kacang.

25. Banana Nugget

Banana nugget ukurannya lebih kecil dibanding dengan sate pisang, tetapi cara membuatnya tetap sama. Anda bisa buat sedemikian rupa dengan topping dan saus yang menarik. Umumnya dijual per porsi dalam box, bisa dijual langsung maupun dengan layanan pesan antar GoFood supaya lebih praktis.

26. Tteokbokki

Anda pecinta drama Korea? Pasti sudah tidak asing dengan tteokbokki, olahan dari tepung beras ini cukup sederhana dengan saus pedas kental. Bisa Anda variasikan juga dengan tambahan topping keju, mie instan, atau fish cake. Tidak perlu khawatir, makanan kekinian yang satu ini cepat untuk disajikan dan tidak rumit.

27. Cheese toast

Roti dengan isian keju dipanggang hingga lumer, terdengar sangat lezat ya. Makanan kekinian ini lagi populer, terutama di kalangan muda-mudi. Rasanya yang enak serta tampilan yang instagramable menjadikannya makanan ringan yang cocok untuk disantap saat sedang bersantai.

28. Roti John

Sudah populer di negara tetangga, roti john kini siap mendobrak pasar Indonesia. Roti john memiliki ukuran yang panjang dengan isian telur dadar. Tentu saja akan semakin lezat dengan tambahan topping yang bisa dipilih oleh pembeli, serta pilihan saus mayonnaise. Cocok sekali untuk dijadikan ide usaha baru bagi Anda.

29. Jamur Crispy

Jamur crispy cocok disantap bagi orang yang vegetarian atau sedang diet karena menggunakan bahan jamur yang rendah kalori. Rasanya tidak kalah enak, tetap gurih dengan taburan bumbu seperti keju, balado, atau pizza. Bisa Anda jual sebagai makanan ringan dalam kemasan juga.

29. Bakso Aci

Bakso aci memiliki bahan dasar yang jauh lebih murah dibanding dengan bakso sapi. Hanya menggunakan tepung tapioka, Anda sudah bisa menyiapkan bakso aci yang kini tengah digandrungi banyak orang. Modal kecil dengan keuntungan besar buat Anda.

30. Kue Cubit

Kue tradisional ini nyatanya jadi makanan ringan yang masih sangat disukai oleh banyak orang. Apalagi jika Anda jual dengan rasa yang lebih kekinian, seperti kue cubit rasa matcha, red velvet, atau coklat nutella. Rasa manis dan tekstur lembutnya dijamin akan membuat semakin banyak orang menjadi pembeli setiap usaha kue cubit Anda.

E. Peluang Usaha Modal Kecil

Ada beberapa peluang usaha yang memang membutuhkan modal kecil. Nah, berikut ini beberapa ide usaha yang hanya membutuhkan modal usaha 5 jutaaan. Bisa kamu praktikkan dan jadikan inspirasi untuk memulai, ya! Supaya kondisi perekonomianmu membaik tentu saja!

1. Laundry Sepatu

Belakang ini usaha laundry sepatu sedang booming banget. Untuk modal awalnya juga nggak besar, kok. Modal yang dibutuhkan hanay sekitar 3-5 jutaaan. Dengan modal usaha begitu, kamu sudah bisa memulai usaha laundry sepatu. 

Mengapa usaha laundry sepatu banyak yang melirik? Ya karena sekarang ini banyak banget yang sudah mulai memakai sneaker, seperti dari merek-merek Nike, Adidas, Vans, Air Jordan, Supreme, dan lain sebagainya. 

Nah, karena harga sepatu yang cenderung mahal, jadi banyak yang merawatnya dengan penuh kehati-hatian supaya sepatuny awet. Akan tetapi, selain modal uang, hal lain yang perlu kamu lakukan adalah kamu harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai dunia sepatu atau sneaker, tren yang berkembang, serta karakter dari setiap sepatu tersebut.

Jangan sampai pas di laundry di tempatmu, justru sepatunya rusak, kan? Wah, bisa berabe. 

2. Online shop

Bisnis online sudah marak dan jadi tren di tengah masyarakat. Gak heran kalau banyak pusat perbelanjaan sekarang ini pada tutup akibat pandemi Covid-19. Ya, mungkin saja penyebabnya karena banyaknya bermunculan toko online yang menyuguhkan aneka barang menarik dengan promo.

Nah, daripada kamu cuma jadi pembeli saja, lebih baik kamu coba buka bisnis online ini. Banyak banget ide bisnis yang bisa dijual secara online.

Kamu bisa memulai online shop dengan menjual pakaian anak, kue, atau aneka makanan lain. Kamu bisa lakukan bisnis ini saat waktu libur. Tapi, tentu harus ngeluarin modal ya!

Kalau gak mau ngeluarin modal, kamu bisa jadi reseller atau dropshipper produk milik orang lain. Caranya, kamu hanya perlu punya akun media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan lainnya buat promosi produk yang dijual.

3. Jasa desain grafis

Kamu punya keahlian desain grafis? Kalau kamu punya, inilah kesempatan emas. Lalu, apa saja yang bakal kamu kerjakan nanti? Mulai saja dulu dari hal-hal yang sederhana seperti desain kartu nama, mug, kaos, dan poster.

Kamu hanya membutuhkan satu unit laptop atau komputer dan aplikasi desain grafis buat usaha sampingan ini. Manfaatkan sosial media buat promosi dan pemasaran. Biar semakin banyak yang tahu dan laku, di internet banyak lho website yang menyediakan pasar desain online seperti sribu.com.

Oh iya, penetapan harga desain patut kamu pelajari, pasalnya banyak orang yang menganggap murah produk desain. Selain itu, say no to harga teman, ya.

4. Membuka kursus digital

Zaman sekarang ngadain kursus gak harus offline dengan tatap muka. Kumpulkan semua ilmu yang kamu punya dalam berbagai bentuk dari eBook sampai video.

Bisa juga kamu lakukan kursus dengan streaming melalui aplikasi yang memungkinkan kamu bisa berkomunikasi layaknya tatap muka. Anak-anak sekolah merupakan sasaran empuk kalau kamu buka kursus digital, apalagi mereka dekat banget dengan teknologi.

Oh iya, kamu wajib buat susunan materi kursus biar apa yang kamu sampaikan jelas. Patokan harga kursus biasanya dibuat persegi atau per jam. Selain itu, hari libur adalah waktu yang sempurna buat kamu fokus ke usaha kursus ini.

5. Jasa penerjemah

Kalau mahir menguasai bahas asing, inilah momen yang tepat buat kamu mengembangkan bisnis. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasamu lantaran era komunikasi yang masif.

Perusahaan berbondong-bondong jalin kerja sama dengan perusahaan internasional buat kembangin sayap. Perusahaan butuh jasamu buat nerjemahin dokumen dan berkas yang mereka punya. Eits! Tidak hanya berkaitan dengan bisnis saja lho.

Manfaatkan situs online dan sosial media, maka calon pengguna jasamu akan semakin luas dari berbagai kalangan. Perbanyak juga jenis produknya ya, dari jurnal, skripsi, sampai makalah.

E. Peluang Usaha Potensi Untung Besar

1. Bisnis Kosmetik Menggunakan Jasa Maklon Kosmetik

Masalah permodalan umumnya menjadi kendala utama dalam membangun sebuah bisnis. Nah saat ini bisnis kosmetik menjadi salah satu bidang usaha yang banyak digeluti anak-anak muda. Maklum peluangnya cukup menjanjikan. Fakta ini dibuktikan dengan data Kementerian Perisdustrian, di mana tahun lalu pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia naik 15 persen dibanding tahun sebelumnya. Kemudian meningkat lagi sebanyak 9 persen menjadi 29 persen di tahun 2019.

Berdasarkan keputusan Direktur Jenderal Pajak, perusahaan maklon merupakan salah satu industri jasa yang memproduksi suatu barang tertentu yang sebagian atau seluruh proses pengerjaannnya dilakukan pihak pemberi jasa dan kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa.

Makanya nggak heran jika saat ini banyak anak muda yang memulai bisnis kosmetik dengan memanfaatkan perusahaan maklon. Salah satunya adalah PT Adev Natural Indonesia yang berdiri sejak 15 Januari 2007. Mengusung konsep Back to Nature, perusahaan ini memasarkan seluruh produk kosmetik dengan keamanan dan legalitas yang terjamin.

Komisaris Utama PT Adev Natural Indonesia, Prof Dr IR Eriza Hambali MSi mengatakan, sebagai perusahaan jasa maklon, pihaknya sangat mendukung siapa pun yang ingin memulai bisnis kosmetik dengan merek sendiri, terutama dari kalangan milenial.

Ada beberapa kemudahan dalam memproduksi kosmetik melalui perusahaan jasa maklon, di antaranya tidak perlu membangun pabrik sendiri. Selain itu tidak perlu merekrut karyawan, efisien dalam biaya, tidak perlu repot mengurusi kelegalan produk, tidak perlu turun tangan langsung dalam proses produksi, dan dapat fokus dalam menyusun strategi pemasaran produk.

Oh iya, untuk memulai maklon kosmetik di Adev tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar. Modal awalnya di kisaran Rp20 juta mulai dari proses pengembangan formula, produksi, desain kemasan, pengurusan legalitas hingga pengiriman barang kepada konsumen. Simak lebih jauh tentang hal ini di Peluang Usaha Jasa Maklon Kosmetik Bersama Adev.


Terima kasih sudah membaca artikelnya. Yuk segera gabung di beberapa channel inspiratif yang sudah saya buat:

Dapatkan tips-tips menarik seputar dunia bisnis, penulisan, juga tausiyah singkat tentang hidup yang lebih baik. Nah, kalau ingin menjalani hidup sebagai penulis profesional yang dibayar mahal, ikutan saja E-COURSE MENULIS terkeren ini!

Ingin menghasilkan ratusan juta dari skill menulis? Baca saja buku terbaru saya ini. Pembahasan super lengkap, dan bakalan bikin kamu yang hobi dan suka menulis, berubah selamanya! KLIK DI SINI atau pada gambar di bawah ini, ya!


Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.