copywriter

Mindset Seorang Copywriter

Mindset Copywriter – Menjadi seorang copywriter adalah sebuah hal yang mengasyikkan namun sekaligus menantang. Beberapa mindset berikut wajib dimiliki oleh seorang copywriter.

Apa saja itu?

Check this out …

 

#1 – Bukan Hanya Perangkai Kata Biasa

Pada dasarnya, seorang copywriter bukan hanya seorang penulis. Ia sejatinya adalah seseorang yang mendalami psikologi manusia.

Mengapa?

Karena tugas utama seorang copywriter adalah mempengaruhi, menghipnotis, atau melakukan serangkaian taktik untuk menggiring pembaca melakukan sesuatu. Atau dengan bahasa lainnya adalah ia menyalurkan ide-ide yang ada di kepalanya agar diterima pembaca dan meminta mereka entah dengan halus atau kasar agar mengambil “tindakan” sesuai dengang yang ia inginkan.

Artinya, ia harus bisa “masuk” ke otak pembaca. Dengan kata lain, tanpa memiliki kemampuan tentang psikologi manusia, kalimat yang ia susun akan rendah efeknya.

 

#2 – Luruhkan Egomu, Pedulikan Pelangganmu

Kaidah dasar dalam kehidupan manusia adalah: pedulikan dulu orang lain, baru orang lain akan peduli denganmu. Oleh karena itu, berikan informasi yang mereka butuhkan, maka mereka akan menaruh “hati” dan menaruh “peduli” kepadamu.

Untuk itu, seorang copywriter memang harus mengetahui informasi apa yang memang benar-benar dibutuhkan oleh pelanggan. Lalu, setelah mereka merasa Anda adalah orang yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan mereka, barulah mereka peduli dengan Anda.

Akan tetapi, ingat sekali lagi, bahwa mereka tidak peduli dengan Anda. Mereka hanya peduli dengan diri mereka sendiri.

 

#3 – Jangan Mencoba Menjual untuk Semua Orang

Untuk membuat copywriting yang bagus, tugas Anda sebenarnya sederhana, yakni juallah seolah-olah hanya untuk satu orang. Dengan kata lain, jangan mencoba menjual untuk semua orang.

Lalu, bagaimana caranya untuk menjual seolah-olah hanya untuk satu orang?

Pertama, tentukan buyer persona.

Apa sih buyer persona? Maksudnya adalah perwakilan rata-rata dari pelanggan ideal Anda. Misalkan, Anda menentukan siapa sih yang paling mungkin untuk membeli produk Anda atau menggunakan jasa Anda. Itulah yang akan Anda jadikan perwakilan sebagai buyer persona.

Dengan merancang buyer persona, maka otomatis Anda akan dengan mudah untuk menyingkirkan market yang kemungkinan besar tidak akan membeli produk Anda.

Bagaimana cara membuat buyer persona? Jawab saja beberapa spesifikasi berikut.

  • Jenis kelamin
  • Umur
  • Status
  • Pekerjaan
  • Apa permasalahan utamanya?
  • Apa yang bisa Anda bantu untuk menyelesaikan masalahnya tersebut?

Mudah, kan? Selamat mencoba!

 

#4 – Gunakan Bahasa yang Enak

Ketika membuat copywriting, pastikan untuk merangkai kata agar tercipta kalimat yang enak dibaca. Jangan terlalu kaku. Jangan terlalu formal.

Gunakanlah bahasa seperti tengah berbincang. Jangan satu arah. Gunakan bahasa perbincangan yang asyik dang mengalir. Seorang copywriter, meskipun dalam bentuk tulisan yang ia buat, namun ia harus bisa membuat tulisan yang seperti berbicara langsung kepada orang lain dengan ramah dan menyenangkan.

Caranya?

Setelah menentukan buyer persona, Anda akan tahu seperti apa bahasa yang mereka gunakan sehari-hari. Gunakan bahasa sehari-hari yang sering mereka gunakan di antara kalangan pergaulan mereka sendiri terkait dengan produk Anda. Jangan ciptaan kalimat yang asing atau sulit untuk mereka pahami. Tugas Anda adalah “jualan”, bukan makin membuat mereka pusing dengan kalimat yang Anda susun.

Demikian pembahasan mengenai Mindset Copywriter. Baca juga artikel mengenai Excitement and Desire dalam Copywriting untuk mendapatkan asupan mengenai copywriting dengan pendekatan NLP.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.