. . .

Kunci Sukses Ada pada Mental & Mindset

kunci sukses mindset mental

Jadi, apa sih syarat untuk sukses? Hal pertama yang harus kita miliki adalah memiliki mindset yang benar. Dari mindset yang benar, hasil yang benar akan kita dapatkan. Artinya, dari mindset sukses yang benar, kita akan benar-benar menjadi seseorang yang sukses.

Sebagai ilustrasi pembuka, mari kita simak kisah berikut:

Di sebuah keluarga sederhana, sang Ayah mendadak sakit keras dan sedang mendekati ajalnya. Menyadari hal itu, sang ayah segera memanggil kedua anak laki-lakinya, yakni Si Sulung dan Si Bungsu.

Sang ayah pun menyampaikan pesan terakhirnya kepada mereka, “Anak-anakku, ada 2 pesan penting yang ingin ayah sampaikan pada kalian. Pesan ini akan sangat berguna bagi keberhasilan hidupmu kelak,” lanjut sang ayah.

“Baiklah, ayah ….” Jawab kedua anak dengan kompak.

“Pertama, jangan pernah menagih piutang kepada siapa pun. Kedua, jangan pernah tubuhmu terkena terik sinar mentari siang secara langsung.”

Walaupun kedua anaknya bingung dengan pesan sang ayah, namun mereka berusaha mencerna dan menerima pesan tersebut.

Akhirnya, sang ayah meninggal dunia. Kemudian, si Sulung dan si Bungsu mulai merintis bisnis mereka masing-masing untuk membangun kehidupan yang mandiri.

Tidak terasa, lima tahun berlalu sejak kemaian sang ayah, kondisi bisnis si Bungsu sangat menyedihkan dan terancam bangkrut. Namun sebaliknya, si Sulung sangat sukses dalam bisnisnya.

Suatu hari sang ibu pun mengujungi si Bungsu untuk menanyakan perihal nasibnya.

Wahai bungsu, mengapa nasibmu sedemikian malang?

Si bungsu pun menjawab. “Ini karena saya menuruti 2 pesan ayah. Pertama, dilarang menagih piutang kepada siapa pun. Sehingga banyak piutang yang tidak dibayar dan lama kelamaan habislah modal saya. Kedua, ayah melarang saya untuk terkena sinar matahari secara langsung. Itulah sebabnya pergi dan pulang dari toko, saya selalu naik taksi karena saya hanya memiliki sepeda motor sehingga pengeluaran saya sangat besar.”

Kemudian, berkunjunglah sang ibu ke rumah si Sulung. Kali ini suasana berubah 180 derajat. Si Sulung sangat makmur ekonominya. Rumahnya besar dan mewah. Penasaran, sang ibu pun menanyakan perihal nasibnya, “Wahai Sulung, mengapa nasibmu sedemikian beruntung?”

 

Baca Juga: Hidup yang Memang Harus Terus Berubah

 

Sang sulung menjawab, “Ini karena menuruti 2 pesan wasiat ayah. Pertama saya dilarang menagih piutang kepada siapa pun. Oleh karena itu, saya tidak pernah memberikan hutang kepada siapa pun sehingga modal saya tetap utuh. Kedua, saya dilarang kena sinar matahari secara langsung. Maka, dengan hanya satu-satunya motor yang saya punyai, saya berangkat ke toko pagi pagi benar sebelum matahari terbit dan pulang dari toko larut malam setelah matahari terbenam sehingga semua pelanggan tahu bahwa toko saya buka paling pagi dan tutup paling malam.”

Si Sulung dan si Bungsu menerima wasiat pesan yang sama, namun masing-masing memiliki sudut pandang yang berbeda sehingga menghasilkan hasil yang berbeda.

Saya jadi teringat pesan dari Norman Vincent Peale, “Setiap kenyataan yang kita hadapi tidaklah sepenting sikap kita terhadap kenyataan itu, karena cara pandagna kitalah yang menenutkan kesuksesan atau kegagalan.”

Dalam perjalanan hidup kita, modal utama yang harus dimiliki untuk sebuah kesksesan adalah mentalitas dan mindset untuk sukses. Mengapa? Karena setiap orang tidak akan melihat segala sesuatu seperti apa adanya, tetapi setiap orang selalu melihat segala sesuatu menurut perspektif yang dimilikinya.

Sebagian orang melihat dunia ini sebagai tempat yang menjemukan, tidak nyaman, sesak, dan penuh persaingan yang sia-sia. Namun, bagi sebagian orang yang lain, dunia ini tampak sebagai tempat yang sangat menarik, penuh peluang menantang, dan penuh makna. Ketika kita melihat kehidupan ini dari perspektif yang negatif maka hidup kita akan selalu tampak negatif di mata kita. Namun, ketika kita memiliki pola pikir dan cara pandanga yang positif, maka peluang-peluang sukses akan semakin jelas terlihat.

Ada ribuan peluang setiap yang mengelilingi kita, menunggu untuk ditemukan, bahkan mungin peluang terbesar kita sedang berada sangat dekat dengan posisi kita saat ini. Bagaimana kita mampu untuk melihat peluang-peluang itu dan mengungkapnya, kemudian memanfaatkannya untuk meraih kesuksesan yang kita inginkan itu sama saja seperti kita melihat tulisan berikut ini.

 

THE OPPORTUNITY IS NOWHERE

 

Kita bisa membacanya sebagai no where, tetapi kita juga bisa membacanya now here. Kita bisa memandang diri kita bahwa sudah tidak ada harapan lagi terhadap keberhasilan atau malah sebaliknya, kita bersikap bahwa peluang kesuksesan selalu tersedia di depan hidup kita.

Kesukssan hidup harus dimulai dari sikap mental atau sudut pandang yang benar dalam melihat kesuksesan itu seperti apa.

Jadi, kalau kita harus membuat kesimpulan, sikap mental dan mindset yang benar dalam melihat kesuksesan adalah sebagai berikut:

  1. Keberhasilan hidup bentuknya bertingkat-tingkat, dicapai tahap demi tahap, dan tidak sekaligus.
  2. Setiap langkah maju akan membawa kita menuju tingkat tanggung jawab yang baru, tingkat pengetahuan yang baru, tingat otoritas yang baru dan memerlukan karakter yang makin tangguh.
  3. Kesuksesan adalah sebuah perjalanan panjang. Kesuksesan bukanlah suatu perhentian, artinya sekali jalan, akan tiba titik sukses. Perjalanan yang ditempuh sering kali dihadang oleh kesulitan, masalah, dan kegagalan.

Jadi, apakah kita sudah memiliki sikap mental dan mindset yang benar dalam menggapai kesuksesan?[]

 

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.