Menjadi goweser bagi beberapa orang memang hal yang mengasyikkan. Saya sendiri menikmatinya. Apalagi, selepas subuhan, sembari menikmati udara segar pagi dan senyuman matahari pagi yang baru saja terbit.

Akan tetapi, banyak para goweser pemula yang tidak tahu tentang 5 hal penting ini, padahal ini sangat dasar dan perlu untuk diketahui sebelum memutuskan menjadi goweser andal. Yap, andal, tanpa jepit. Karena kalau pakai jepit, itu berarti sandal.

Oke, garing.

Satu, jangan lupa untuk mengatur ketinggian sadel pada saat mengayuh sepeda, agar posisi lutut sedikit tertekuk pada saat kaki kita berada pada posisi pedal.

Dua, jangan mengerem dengan seluruh jari saat panik, karena akan membuat kita rentan jatuh. Harusnya, hanya menempatkan dua jari saja, yakni jari tengah dan jari telunjuk pada tuas rem.

Tiga, gunakan rem depan dan rem belakang secara bersamaan. Tentu saja, kalau hanya menggunakan rem depan, kita akan terjungkal. Hanya mengandalkan rem belakang juga tidak baik, karena akan berpengaruh pada keseimbangan.

Empat, siapkan minuman. Paling baik, setiap lima belas menit sekali, kita minum, walau cuaca sejuk sekalipun. Agar kita tidak dehidrasi.

Lima, gunakan kaos berbahan nylon atau bahan sejenis dengan rajutan sedikit renggang, agar keringat mudah menguap.

Udah sih, itu saja. Selamat menjadi goweser yang asyik, cinta alam, dan tidak doyan selingkuh, ya!

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.