Fokuslah pada Kualitas & Nilai Kontribusi

Dalam hidup ini, pencapaian prestasi kita, akan tergantung pada “apa yang menjadi fokus” kita. Karena itu, sangatlah penting untuk menentukan fokus yang benar dalam hidup kita untuk mencapai tingkat kesuksesan yang kita inginkan.

Salah satu penghalang terbesar untuk mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi adalah penetapan fokus yang salah. Banyak orang mengharapkan hasil tanpa bersedia melakukan sesuatu lebih dulu. Fokus mereka adalah mengejar posisi atau jabatan yang lebih tinggi, gaji yang lebih besar dan keuntungan yang lebih banyak, namun justru mengabaikan semua hal yang diperlukan untuk memperoleh harapannya tersebut.

Banyak orang tidak sadar bahwa uang hanyalah output atau hasil akhir atau buah dari suatu “kualitas” dan “nilai kontribusi”. Bukannya tujuan atau fokus yang harus dikejar.

Perlu kita sadari bahwa ketika kita bekerja dengan orang lain ataupun kita berwirausaha, kedua-duanya adalah sebuah tindakan “menjual” sesuatu.

Bila kita bekerja dengan orang lain, kita sedang menjual “keterampilan” kita atau menjual output yang memberikan “nilai tambah” kepada perusahaan tempat ktia bekerja.

 

Baca Juga: Gagallah dengan Sering

 

Bila kita berwirausaha, harga atau nilai barang dagangan kita sangat tergantung “mutu” produk atau “nilai kontribusi” jasa yang kita “jual” kepada konsumen.

Itulah mengapa ada produk yang sama-sama Siomay misalkan, bisa dijual dengan harga yang berbeda. Hal itu karena kualitas dan nilai tambah yang kita tawarkan.

Jadi, fokus kita untuk mencapai tingkat kesuksesan yang lebih tinggi adalah dengan cara menghasilkan nilai kontribusi yang setinggi-tingginya lewat keterampilan yang kita miliki dengan menaikkan value-nya yang setinggi-tingginya pula. Posisi tinggi, jabatan tinggi, gaji yang besar, atau tingkat kesuksesan yang lebih tinggi akan datang dengan sendirinya apabila keterampilan atau jasa yang kita jual memang layak untuk dihargai dengan tinggi.

 

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.