6 Jurus Copywriting Next Level untuk Melejitkan Marketing

Copywriting Next Level – Untuk Anda yang masih bingung bagaimana menghadirkan copywriting yang benar-benar bisa memberikan dampak maksimal untuk proses marketing Anda, berikut ini saya sajikan enam jurus copywriting next level yang bisa menjadi panduan dasar bagi Anda dalam menaklukkan prospek.

 

#1 – RECIPROCITY (TIMBAL BALIK)

Strategi pertama ini adalah membuat pelanggan Anda merasa sungkan, karena Anda telah memberikan sesuatu yang berharga secara gratis, dan sebagai imbalannya, pelanggan Anda harus memberikan sesuatu yang Anda minta, misalkan alamat email, nomor WA, atau hal-hal lain yang Anda butuhkan.

Rumusnya adalah, jika ada orang memberikan sesuatu kepada Anda, maka Anda ingin juga membalas dengan memberikan sesuatu yang sama atau bahakan lebih. Nah, Anda bisa menggunakan faktor timbal balik ini dalam melakuan penjualan. Caranya adalah dengan:

√ Berbagi informasi tarkait produk yang Anda akan jual.

√ Edukasi ke calon pelanggan tentang produk Anda

√ Berikan Ebook GRATIS!

√ Kasih GRATIS SAMPLE.

√ Berikan FREE TRIAL

√ Seminar GRATIS

√ Konsultasi Bisnis GRATIS

√ Webinar Gratis

Ada banyak hal yang bisa Anda berikan secara gratis. Bahkan, ketika Anda memberikan e-book dengan konten premium secara gratis misalnya, maka kepercayaan pelanggan kepada Anda akan semakin meningkat. Wong materi premium saja gratis, pasti orang ini memiliki ilmu lain yang lebih hebat. Begitu yang ada di pikiran pelanggan Anda.

Tujuan dari aktivitas di atas adalah memberikan rasa enggan atau sungkan kepada prospek Anda. Jika mereka sudah banyak menerima banyak dari Anda, maka seandainya Anda menjual produk mereka juga pasti akan beli karena ada rasa “nggak enak” tadi.

 

#2 – COMMITMENT & CONSISTENCY (KOMITMEN & KONSISTENSI)

Salah satu strategi terbaik untuk berjualan adalah tidak langsung berjualan. Akan tetapi, memberikan informasi dan juga menunjukkan konsistensi terlebih dahulu bahwa Anda adalah pakar di bidang tersebut.

Itulah mengapa, ketika Anda hendak melakukan launching sebuah produk, jangan tiba-tiba launching. Akan tetapi, lakukanlah pre-launching terlebih dahulu. Atau, bahkan sebelum melakukan pre-launching, lakukanlah edukasi market terlebih dahulu secara rutin dan berpola. Dengan demikian, ketika Anda melakukan launching sebuah produk, prospek sudah tak sabar untuk segera memiliki produk Anda.

Jadi, buatlah pre-launch terlebih dahulu sebelum launching sebuah produk. Bikin woro-woro agar banyak orang yang tahu. Apalagi era media sosial seperti sekarang, justru makin memudahkan Anda. Misalkan, jika Anda menggunakan Facebook, buatlah konten pre-launch yang seunik mungkin agar banyak yang share.

 

Baca juga: Pola NLP Future Pacing dalam Copywriting

 

Tujuan dari hal tersebut adalah agar target market kenal dulu dengan produk Anda. Jangan tiba-tiba langsung launching, bikin orang bingung dan bisa-bisa nggak ada yang respons penawaran Anda.

Maka, ketika melakukan edukasi market ataupun ketika melakukan pola pre-launch yang terstruktur, lakukan beberapa copywriting berikut:

√ Silahkan LIKE dan COMMENT, sebelum SHARE ….

√ Coba SHARE sebelum BELI!

√ Jual yang Murah Dulu, Baru yang Mahal

√ Bangun interaksi dengan mereka dengan bertanya, misal:

– Adakah yang tertarik dengan ….?

– Siapa yang MAU Ebook…..?

– Kira-kira kalau saya menghadirkan produk ini, apakah Anda MAU?

–Menurut Anda, berapakah harga yang pantas untuk produk ini?

 

#3 – SOCIAL PROOF (BUKTI SOSIAL)

Dalam copywriting next level, prospek akan lebih percaya, ketika Anda menghadirkan testimoni. Mengapa? Karena prospek lebih percaya kata dan rekomendasi orang lain daripada kata-kata yang Anda keluarkan sendiri. Prospek tidak percaya dengan penjualnya, tetapi percaya dengan orang-orang yang merekomendasikannya.

Mengapa? Karena ketika seseorang berada dalam situasi di mana mereka tidak yakin apakah sesuatu itu harus mereka beli ataukah tidak, mereka akan melihat ke seberapa banyak orang lain atau kelompok yang telah memberikan respons terhadap situasi tersebut untuk mendapatkan insight untuk menghasilkan keputusan.

Maka, lakukan beberapa hal berikut:

√ Sebutkan berapa banyak orang yang telah menggunakan produk Anda. Tunjukkan sebanyak mungkin testimoni.

  • “Telah Terjual Sebanyak…”
  • “Telah Dibeli Oleh….”
  • “Telah Digunakan…”
  • “Telah Didownload…”

√ Sampaikanlah informasi terkait data dan statistik produk yang Anda jual.

√ Sematkan kata Best Seller atau Produk Terlaris pada produk yang benar-benar laris di pasaran, tujuannya agar orang lain mau mencobanya.

√ Jika Anda berjualan produk fisik dan belum pernah ada sama sekali yang beli produk Anda, maka bagaimana mendapatkan testimoni nya? Palsu? Jangan sekali-kali bohong ….. Minta untuk mencoba orang-orang terdekat dan minta testimoni. Atau, buat kuis kecil-kecilan dan siapa yang beruntung dapat mencoba gratis produk lalu minta testimoni.

 

Baca juga: Pola Empathic Opening dalam Copywriting

 

#4 – LIKING (RASA SUKA)

Menilik apa yang di katakan Dr. Robert B Cialdini dalam The Pshycology of Persuasion, “Orang akan lebih mudah mengatakan YA kepada mereka yang sudah di kenal dan disukai.”

Dalam kaitannya dengan copywriting, maka Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

√ Jadilah penjual yang ramah, layani mereka dengan service terbaik Anda. Bangun kedekatan dan ciptakan empati dengan calon pembeli.

√ Endorse public figure yang dikenal banyak orang dan disukai oleh mereka.

√ Sewa model yang disukai oleh target pasar, dan jadikan Brand Ambassador dalam bisnis Anda.

 

#5 – AUTHORITY (OTORITAS)

Dalam copywriting next level, authority sangat sangat dan sangat penting untuk percepatan bisnis dan membawa bisnis Anda ke next level. Manusia cenderung patuh terhadap orang atau figur yang memiliki otoritas yang kuat. Kata-kata atau perintah seseorang yang kita anggap mempunyai otoritas akan lebih diterima dan dipercayai tanpa ragu dan banyak tanya.

Perintah atau pesan yang disampaikan oleh seseorang yang memiliki otoritas lebih bisa diterima dengan mudah dan cepat daripada daripada orang lain, meskipun ini pesan atau perintahnya sama.

√ Anda dapat menggunakan otoritas Anda sendiri atau otoritas orang lain untuk mempromosikan produk Anda. Mintalah support dari orang-orang berpengaruh seperti public figure, internet marketer, dan trainer untuk back up produk Anda.

√ Gunakanlah Gelar, Jabatan Anda atau apapun itu agar orang lain menerima pesan dan perintah Anda.

√ Tunjukkanlah hasil penelitian, testimoni dari para ahli, untuk mendukung otoritas Anda.

 

SCARCITY (KELANGKAAN)

Anda pasti sering melihat sebuah penawaran yang tinggal beberapa saat lagi akan ditutup, atau harga diskon yang akan naik dalam waktu singkat, atau bonus-bonus yang akan hilang jika waktu penawaran special habis. Itu lah yang dinamakan scarcity.

Dalam copywriting next level, sesuatu akan menjadi semakin menarik ketika jumlahnya terbatas. Kita ada kecenderungan ketika membeli sesuatu dengan cepat saat kita mendengan bahwa barang atau produk itu akan habis waktu penawarannya atau jumlahnya tinggal sedikit.

Itulah mengapa produk-produk streetwear seperti Supreme, Bape, menjadi begitu laris. Karena produk mereka diproduksi terbatas.

Jadi, bagaimana mengaplikasikannya dalam copywriting?

√ Berikan diskon, hadiah, bonus, dengan batas waktu tertentu.

√ Berikan penawaran dengan jumlah stok, jumlah produk, dan akses membeli yang terbatas.

 

Itulah keenam jurus copywriting next level yang bisa Anda terapkan untuk melejitkan penjualan Anda. Bila masih ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. Baca juga materi-materi lainnya tentang copywriting di website ini.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.