Copywriting Kekinian yang Bisa Melejitkan Penjualan? Ini 7 Formulanya!

Copywriting Kekinian – Ada dua jenis tulisan, yang pertama adalah tulisan yang tak memiliki daya tarik sama sekali, sedang yang kedua adalah tulisan yang memiliki daya pikat luar biasa. Nah, yang kedua itu adalah copywriting. Tulisan pertama dibuat oleh orang yang tak tahu apa pun bagaimana caranya memilih kata-kata yang dahsyat, memicu rasa ingin tahu, memiliki daya magnet, serta memancing rasa penasaran. Sedang tulisan jenis kedua adalah penulis tahu bagaimana caranya menarik perhatian banyak orang lewat pemilihan kata-kata yang tepat.

Di dunia yang serba kebanjiran konten seperti sekarang, sangat sulit membuat tulisan atau copywriting yang kekinian dan sesuai dengan zaman. Maksudnya, copywriting tersebut harus benar-benar mampu untuk:

  • Mengklik link yang kita sertakan dalam tulisan tersebut
  • Membaca artikel sampai habis dari awal hingga akhir
  • Membeli produk yang kita jual
  • Mengiyakan (setuju terhadap) ide-ide atau pendapat yang kita sampaikan

Memahami apa yang kita maksudkan

Itulah mengapa, Anda membutuhkan formula copywriting kekinian yang saya tuliskan dari postingan kali ini.

#1 – The Name Dropper

Konsepnya adalah membidik artis, tokoh motivator, presiden, politisi, atau siapapun yang menurut Anda relevan dan dikenal banyak orang sehingga memicu untuk dibaca.

Misalkan: 10 Pelajaran Kreativitas dari Steve Jobs yang Harus Kamu Ketahui Sekarang Juga

#2 – Rahasia Tentang Sesuatu

Membongkar tentang sebuah rahasia selalu menarik untuk menarik banyak pembaca. Itulah mengapa teknik ini sering banget dipakai.

Misalkan: Rahasia Hidup dari Justin Bieber dan Selena Gomez yang Perlu Anda Ketahui.

#3 – Membuat List

Mengapa list atau daftar begitu digemari? Alasannya mungkin begitu beragam. Akan tetapi, jika disimpulkan, bisa jadi karena merangkum banyak hal yang tampak acak menjadi satu, kebanyakan pembaca memiliki waktu yang terbatas sehingga membutuhkan list untuk memudahkan mereka memahami sesuatu, mengandung efek kejut, memancing opini, serta lebih mudah dipahami.

Dalam copywriting kekinia, untuk membuat list atau daftar dengan mudah, awalilah dengan kata “Paling” atau “Ter”. Jika Anda menggunakan kedua kata itu, maka secara harafiah Anda akan memburu objek-objek yang menurut Anda bisa Anda jadikan sebuah daftar.

Misalkan:

10 …… Paling …..

7 ….. Ter…….

Ketika kita melihat daftar seperti konsep tersebut, otak kita akan menemukan jawabannya tersendiri. Contohnya, mungkin otak kita akan memuntahkan ide-ide tentang kota, masakan, artis, negara, presiden, atau lainnya untuk mengisi kolom pertama. Setelah itu, kita akan langsung berusaha mengisi kolom kedua dengan kata aman, mengerikan, rajin, kaya, sengasra, buruk rupa, sukses, mengenaskan, atau kata-kata lainnya. Jadi, sangat mudah bukan untuk membuat konsep list ini?

 

Baca juga: 6 Jurus Copywriting Next Level untuk Melejitkan Marketing

 

#4 – Satu Objek Unik

Teknik ini memaksa kita untuk fokus pada satu objek tertentu yang kemudian dicari kesamaannya. Contoh, kita pilih kata “Yogyakarta”, kita akan fokus pada kata yang menunjuk salah satu kota di Indonesia ini. Kalau sudah, kita jabarkan apa saja yang menarik dari kota ini. Kita bisa menuliskan:

10 Tempat Makan Paling Murah Meriah di Kota Yogyakarta

Atau, Anda bisa mencari objek-objek lain yang menjadi titik sentral, seperti kota, negara, artis, hewan, atau apa pun selama Anda sanggup untuk mendata keunikan yang ada di dalam objek tersebut.

8 Makana yang Paling Tidak Disukai Anies Baswedan

7 Potongan Rambut Ala Cristiano Ronaldo yang Bisa Kamu Tiru

#5 – Gunakan Kata Hiperbolis

Maksudnya adalah kata-kata yang terlalu meninggi-ninggikan sesuatu walaupun sebenarnya tidak seperti itu.

10 Virus Paling Mematikan di Dunia

Bisa diubah menjadi:

10 Virus Tak Terobati di Dunia

Walaupun isinya sama, akan tetapi karena ada pemilihan kata-kata yang hiperbolis, efeknya bisa sangat berbeda.

8 Bidang Pekkerjaan Paling Digaji Mahal

Bisa diubah menjadi:

8 Bidang Pekerjaan yang Membuat Anda Cepat Kaya Raya

10 Universitas Paling Bergengsi di Dunia

Bisa diubah menjadi:

10 Universitas Tempat Berkumpulnya Mahasiswa Tajir

 

Baca juga: 50 Template Copywriting Pemikat Pembaca

 

#6 – Manfaatkan Data

Hidup manusia tak pernah lepas dari data. Jika para pembaca kita serang dengan data-data terkini dan valid, mereka akan tak segan untuk langsung membaca konten yang kita sajikan.

Menulis judul:

30% Orang Dewasa Berpotensi Menderita Progeria

Akan terasa hambar dan tidak mudah dimengerti. Memangnya, apa itu progeria? Akan menjadi lebih menarik ketika copywriting-nya seperti ini:

30% Orang Dewasa Berpotensi Menderita Progeria, Penyakit yang Membuat Orang Menjadi 80 Tahun Lebih Tua

Hasilnya berbeda, bukan? Jadi, cobalah menguraikan hasil penelitian yang umumnya terasa teknis, ilmiah, dan asing, menjadi bahasa yang mudah dipahami dan memancing rasa ingin tahu bagi pembaca.

#7 – Memancing Rasa Ingin Tahu

Hampir semua headline di media massa menggunakan teknik ini. Karena memang jurnalis bertugas agar pembaca tergelitik lebih jauh untuk membaca konten mereka.

Sebagai panduan, berikut beberapa metode untuk memancing rasa ingin tahu:

Ini dia ……

Inilah rahasia …..

Tahukah Anda ……

Bagaimana …..

Dapatkan engkau ….

Siapa lagi yang …..

Top secret …..

Rahasia ….

Mitos-mitos ….

Misteri ….. akhirnya terkuak!

Membongkar …..

Menelanjangi …..

Menguak ….

Mengupas …..

 

Demikianlah copywriting kekinian yang bisa Anda terapkan dalam konsep marketing Anda. Copywriting adalah ilmu atau teknik memilih kata-kata spesial untuk mempromosikan produk, jasa, oorang, perusahaan, ide-ide atau pendapat agar orang yang membacanya mau membeli dan melakukan apa pun seperti yang diperintahkan oleh tulisan tersebut.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.