. . .

Cara Mendapatkan Follower Berkualitas di Instagram

Cara Mendapatkan Follower Berkualitas di Instagram – Berniat terjun ke Instagram marketing tapi enggan untuk menambah jumlah followers, memang agak gimana gitu.  Bagaimanapun, memiliki followers yang banyak adalah sebuah prestasi tersendiri bila Anda memang ingin serius di Instagram marketing. Akan tetapi, memang tidak mudah untuk mendapatkan followers yang signifikan.

Lalu, bagaimana caranya agar akun bisnis kita di Instagram tidak sepi dari followers?

1 – Content is King!

Bagaimanapun, dalam industri media, konten adalah raja yang harus kita siapkan dengan seksama. Begitu pula melakukan Instagram marketing. Anda harus mengemas konten Anda sedimikian rupa agar tetap menarik, unik, dan sesuai dengan karakter dari brand Anda.

Konsepnya sederhana: para pengguna Instagram akan dengan jelas mem-follow sebuah akun manakala akun tersebut memiliki konten yang berkualitas, unik, dan konsisten. Konten yang angin-anginan, nggak jelas, dan memiliki desain yang jelek, akan mereka tinggalkan. Ngapain, coba! Bikin kotor feed saja. Iya, kan?

Lalu, seperti apakah konten yang berkualitas itu?

Intinya, konten yang berkualitas adalah konten yang bermutu (yaiyalah!). Artinya, foto Anda memiliki kualitas foto dengan sentuhan editing yang bagus. Bila ingin memposting video, pastikan juga kualitas videonya kreatif. Tidak asal unggah materi video atau foto sembarangan, namun terkonsep.

Dengan begitu, konten Anda akan membuat galeri dari akun Anda akan menarik dan mengundang followers untuk tak segan-segan mengklik tombol follow yang ada di bagian atas.

Jadi, untuk mendapatkan follower yang aktif, pastikan dulu Anda kreatif dalam menyajikan konten yang berkualitas!

2 – Kreatif dalam Membuat Call to Action

Apa sih yang dimaksud dengan call to action atau yang biasa disingkat dengan CTA itu?

Begini. Selain menggunakan foto yang bagus untuk diunggah, kita juga harus kreatif dalam membuat caption dari foto tersebut. Tahu dong apa maksud dari caption. Itu, loh, yang tulisan di bawah foto.

Nah, kita juga harus kreatif dalam membuat caption. Jangan asal lurus-lurus aja, misalkan hanya diisi quote atau kata-kata mutiara yang tidak menghadirkan interaksi. Nah, itu intinya. Kita harus membuat caption yang kreatif dan menghadirkan interaksi.

Caranya bisa macam-macam, salah satunya adalah dengan menggunakan ajakan atau pertanyaan. Misalkan:

  • Hari Senin begini, biasanya kamu ngapain?
  • Yuk, like foto ini dan tag temen kamu yang hobi banget jajan es krim.

Nah, dengan cara-cara seperti itu, biasanya follower akan komen, sehingga menimbulkan interaksi. Selain itu, dengan like dan tag, juga akan menghadirkan follower baru. Asyik, kan?

3 – Bermain dengan Hashtag Khusus

Menggunakan hashtag (#) yang tepat dapat menjadi salah satu cara memperbanyak followers, loh. Hal ini dikarenakan user Instagram biasanya mencari sebuah foto, konten, ataupun produk berdasarkan hashtag yang digunakan. Semakin kreatif kita dalam mengemas hashtag ini, akan semakin baik untuk bisnis kita.

Misalkan, Anda jualan jilbab, maka selain menggunakan hashtag umum seperti:

  • #jualjilbab #jualjibalsegiempat

Anda juga harus memainkan hashtag khusus. Biasanya, rumusnya adalah barang jualan Anda + lokasi. Jadinya akan seperti ini:

  • #JualJilbabJogja

Nah, sudah terbayang, kan? Begitulah. Gunakan hashtag dengan semestinya, untuk menggaet lebih banyak follower.[]

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.