Bagaimana Cara Menjadi Penulis Berkualitas? – Pertanyaan ini menghantui pikiran saya beberapa pekan ini. Hal ini karena saya sedang menyiapkan sebuah platform pembelajaran daring penulisan-penerbitan terbaik sekaligus terlengkap di Indonesia, yakni InstitutPenulis.id. Bisa langsung menuju ke website tersebut untuk mengetahui seperti apa bentuknya.

Nah, kembali ke pertanyaan sebelumnya. Bagaimana sih cara menjadi penulis yang berkualitas?

Setelah merenung panjang di dalam kamar mandi, saya akhirnya merumuskan beberapa hal berikut ini.

Pertama, untuk menjadi seorang penulis berkualitas, kita harus banyak membaca buku. Yah, buku. Bukan artikel di internet. Sangat terasa bedanya. Dua bulan ini saya tidak membeli buku sama sekali. Saya hanya membaca beberapa artikel di internet, lebih seringnya di Medium. Hasilnya, wawasan saya tidak semewah dan sekaya ketika membaca buku.

Kedua, biasakan untuk menulis setiap hari. Setiap hari. Saya ulangi, setiap hari. Semakin sering kita berlatih menulis, kemampuan menulis kita akan semakin baik. Semakin kita rajin untuk memperkaya kosakata, semakin akan kaya kita dengan perbendaharaan kata sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk menghasilkan tulisan yang menarik dan tidak “kosong”.

Ketiga, amati hal-hal menarik. Menjadi penulis berkualitas berarti mengikrarkan diri untuk tidak plonga-plongo dengan apa yang tengah hits dan apa yang tengah viral. Mengamati apa yang sedang terjadi lalu menuliskan hal-hal menarik mengenai hal tersebut akan membuat kita menjadi orang yang kritis. Nah, dari bibit kekritisan inilah kita bisa menghadirkan sesuatu yang segar lewat tulisan.

Keempat, pelajari cara mengedit tulisan yang baik dan benar. Tentu saja, tanpa ini, tulisan kita akan terasa acak-adut dan terlalu mengerikan untuk dinikmati.

Demikian hasil perenungan saya. Ada tambahan?

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.