. . .

AIDA (Attention-Interest-Desire-Action) dalam Copywriting

AIDA

AIDA dalam Copywriting – Formula paling masyhur dalam merancang copywriting adalah dengan menggunakan konsep AIDA atau singkatan dari Attention-Interest-Desire-Action.

Formula ini sejatinya merupakan formula copywriting tertua di dunia. Hal ini terbukti dari perkataan St. Elmo Lewis, salah satu tokoh industri periklanan pada awal tahun 1990-an, “Misi dari sebuah iklan adalah menarik (attract) pembacanya, sehingga ia mau melihat iklan tersebut dan mulai membacanya. Kemudian, membangkitkan ketertarikan (interest), membuatnay yakin (convince), sehingga ketika ia membacanya ia menjadi yakin. Jika sebuah iklan mengandung tigak kualitas ini, maka ia menjadi sebuah iklan yang sukses.”

Dengan pola yang sama, Fred Macey, ahli periklanan yang semasa dengan St. Elmo Lewis, juga memberikan petunjuk bahwa formula iklan yang sukses adalah iklan harus mendapatkan perhatian (attention); menciptakan minat/ketertairkan (interest); menciptakan keinginan untuk membeli (desire to buy); dan setelah keinginan untuk membeli kemudian membantu mereka untuk mengambil keputusan (decision).

Nah, dari dua sosok itulah formula AIDA kemudian terlahir dalam copywriting.

Baiklah, sekarang ke intinya. Jadi, apa itu konsep AIDA dalam copywriting?

 

A = ATTENTION

Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mendapatkan atensi atau perhatian dari pelanggan. Beberapa caranya adalah:

  • Panggilan khas. Misalkan: Halo Emakpreneur!
  • Mengajukan pertanyaan. Misalkan: Apakah Anda butuh income tambahan tapi puluhan juta per bulannya?
  • Membeberkan fakta yang mengejutkan. Misalkan: Tau nggak sih, Mak? Bahwa 8 dari 10 Emak di Indonesia adalah pengangguran.
  • Menawarkan janji yang tak dapat ditolak: Makanya, kami datang membawa solusi. Gabungnya gratis, tapi reward-nya bahkan bisa sampai umroh!

Nah, sudah kebayangkan, kan?

 

I = INTEREST

Sampaikan apa saja kendala yang sedang dialami oleh pelanggan. Kita kupas secara global untuk mendapatkan ketertarikan mereka mengenai produk atau jasa yang sedang kita tawarkan.

Misal: Saya tahu Anda galau karena income hanya segitu-gitu saja padahal banyak angsuran yang harus Anda bayar.

 

D = DESIRE

Berkan solusi atau bukti bahwa produk atau jasa yang Anda tawarkan benar-benar dapat menyelesaikan masalahnya. Misalkan dengan memberikan testimoni-testimoni, khasiat nyata dari produk Anda, dan sebagainya.

 

A = ACTION

Minta pelanggan untuk segera mengambil tindakan nyata, yaitu dengan mengklik suatu tombol atau segera menghubungi nomor yang sudah Anda terakan dalam iklan tersebut.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.