saya bagusnya menulis buku jenis apa

Saya Bagusnya Menulis Buku Jenis Apa?

Saya sering mendapatkan pertanyaan seperti itu. “Mas Fachmy, saya bagusnya menulis buku apa, ya?”

Pertanyaan yang sebenarnya sangat gampang dijawab.

Kita sering kali melontarkan pertanyaan seperti itu karena kita masih kebingungan dengan jenis-jenis buku yang bisa kita garap. Hal paling utama yang perlu kita lakukan adalah menggali potensi diri, sehingga kita bisa menulis buku berjenis apa.

Berikut ini saya paparkan—selain novel, karena tidak perlu penjelasan lebih lanjut—jenis-jenis buku yang biasa beredar di Indonesia, sehingga kamu nanti bisa memetakan sebaiknya kamu menulis buku dengan jenis apa.

Buku Anak dan Remaja

Buku anak dan remaja adalah pasar yang sangat besar di Indonesia. Sebagai perbandingan nih, di penerbit tempat saya bekerja, setiap tahunnya target buku anak yang harus diterbitkan berjumlah 150, sedangkan di buku dewasa—divisi tempat saya berada—hanya sekitar 35 buku.

Bayangkan saja, siapa sih orang tua yang tak ingin memberikan bacaan bermutu untuk anaknya. Kebanyakan, juga langsung membeli dalam jumlah yang banyak demi anaknya. Makanya, buku anak memiliki ukuran pasar yang besar.

Sebagai gambaran, buku anak dan remaja dibagi menjadi empat kategori umur dalam pengerjaannya.

Satu, buku prasekolah, yakni berumur antara 3-6 tahun. Biasanya produknya adalah buku bergambar tanpa kata (wordless picture book).

Dua, buku kelas rendah, yakni untuk umur 7-9 tahun. Biasanya produknya adalah buku bergambar (picture book).

Tiga, buku kelas tinggi, yakni untuk umur 10-12 tahun. Produknya adalah buku fiksi dan nonfiksi standar.

Empat, buku remaja, yakni untuk umur 13-17 tahun. Produknya adalah buku fiksi dan nonfiksi, dengan ragam tema yang lebih variatif, seperti humor, petualangan, dan sebagainya.

Buku Kiat

Buku kiat atau yang biasa disebut dengan How To Books, adalah solusi bagi setiap permasalahan manusia yang membutuhkan panduan dan cara dalam melakukan sesuatu. Misalkan, buku tentang cara merakit komputer, buku tentang cara memotret dengan smartphone, dan lain sebagainya.

Bila kamu memiliki keahlian khusus, kamu bisa menulis buku jenis buku kiat, karena di luar sana juga pasti banyak orang yang membutuhkan kemampuan khususmu tersebut untuk mereka pelajari.

Buku Pengembangan Diri

Tentu saja, jenis buku ini mengharapkan pembaca mengalami perubahan hidup yang lebih baik, karena konten buku ini memang fokus dalam hal tersebut. Buku pengembangan diri bagi sebagian penulis dianggap memiliki tingkat kemudahan penulisan, karena hanya berbagi kata-kata motivasi dan cerita-cerita inspiratif yang menggugah. Walau dalam praktiknya, menulis buku pengembangan diri tak semudah yang dibayangkan, karena memang bukan sekadar berbagi kata motivatif dan cerita inspiratif saja. Namun, perlu banyak gagasan baru, ide kreatif baru, dan pengemasan konten yang menarik sehingga ada kebaruan dan value yang diambil oleh pembaca.

Buku Hobi

Atau biasa disebut dengan Hobby Books, adalah jenis buku yang berisi tentang hobi tertentu, seperti hobi pemeliharaan burung, bermain rubik, dan sebagainya. Karena pasarnya yang sangat spesifik, jenis buku ini juga menjadi incaran penerbit. Apalagi, bila buku ini memiliki komunitas yang besar. Cetakan pertama dari penerbit yang biasanya hanya 3.500 eksemplar tentu akan langsung ludes terserap pasar bila jenis buku berbasis hobi ini diterbitkan. Maka, bila kamu memiliki hobi tertentu dan memiliki komunitas yang sangat besar, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuat buku mengenai hobi tersebut. Penerbit pasti akan menyambut baik, apalagi bila kamu bersedia untuk ikut merancang strategi pemasarannya ke komunitasmu tersebut.

Buku Biografi dan Autobiografi

Biografi adalah buku tentang kisah hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain, bukan oleh yang mengalami kisah hidup tersebut. Sedangkan autobiografi adalah buku tentang kisah hidup yang ditulis oleh orang yang mengalami kisah hidup tersebut.

Menulis buku kisah hidup seperti ini, memakan waktu yang sangat panjang dan butuh napas panjang. Kamu bisa membaca materi tentang panduan menulis biografi ini di buku saya Menulis Biografi, Sebuah Panduan untuk Pemula, yang juga menjadi bonus dari buku yang sedang kamu baca ini.

Menulis buku kisah hidup memerlukan kemampuan menggali data dan mendongeng yang baik. Karena tanpa dua hal utama itu, kita tak akan bisa optimal mengerjakan buku kisah hidup. Makanya, ceruk ini hanya diisi oleh beberapa penulis saja. Paling masyhur adalah Mbak Alberthiene Endah, Bambang Trim, Anab Afifi, dan Fachmy Casofa. Bila kamu mau untuk mempelajari lebih lanjut tentang menulis biografi, tentu akan menjadi kesempatan yang bagus untuk karier menulismu ke depannya. Bila kamu ingin memesan jasa penulisan biografi, hubungi saya.

Buku Agama

Atau disebut dengan Religious Books, adalah kategori buku yang membahas agama tertentu. Di Indonesia, karena mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Islam, maka yang menjadi sangat laris juga buku-buku bertema islami.

Untuk seseorang yang memiliki basis pendidikan pesantren atau pengetahuan agama yang mumpuni, menulis buku Islam adalah sebuah pekerjaan yang mengasikkan, karena selain pasarnya yang besar, juga didukung oleh banyaknya penerbit Islam di Indonesia sehingga kita bisa menyalurkan naskah dengan alternatif yang sangat banyak.

Namun yang perlu diperhatikan adalah saat pengiriman naskahnya. Pastikan tidak salah ke penerbit yang bertolak belakang dengan fikrah ataupun mazhab dari buku yang sedang kamu tulis.

Buku Bisnis

Atau biasa disebut dengan Business Books, adalah buku panduan berbisnis dan mengembangkan bisnis. Bisa ditulis oleh profesional bisnis, misalnya CEO, bisa juga oleh praktisi bisnis atau para entrepreneur muda yang sekarang jumlahnya bertambah sangat signifikan di Indonesia.

Jenis buku bisnis ini sangat baik, karena pasarnya yang juga besar. Setiap pebisnis pasti memiliki permasalahannya masing-masing. Nah, itulah peran dari seorang penulis yang memiliki ketertarikan dengan dunia entrepreneurship untuk memulai berbagi ilmu entrepreneurship-nya lewat medium buku.

Buku Perjalanan

Seiring dengan menjamurnya trentraveling, buku panduan traveling murah menjadi primadona. Ide backpacker-an ke luar negeri yang dulu terasa mahal, sekarang menjadi bisa dinikmati hampir siapa saja. Kamu, kalau memiliki kecenderungan di traveling dan siap berbagi, buku jenis ini adalah kesempatan yang sangat bagus untuk kamu coba.

Nah, di antara semua itu, jenis buku mana yang kamu tertarik untuk mencobanya? Sesuaikan dengan kemampuan dan potensimu. Saat kamu cocok dengan jenisnya, proses penulisanmu akan lebih nikmat kamu jalani.[]

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.