. . .

Menentukan Personal Branding (1): Define Who You Are

Aturan pertama dalam personal branding adalah kita harus mampu mendefinisikan diri sendiri sehingga mampu memetakan bahwa kita memiliki keunikan dan perbedaan dari orang lain.

Temukan dengan segera apa yang menjadikan diri kita berbeda dan unik dari orang lain. Lalu, jadikan itu modal.

Menemukan keunikan dalam diri berarti menerima diri apa adanya. Dan saat kita menerima diri apa adanya, orang lain pun akan menerima kita.

Ketika kita tidak membedakan diri dengan orang lain maka orang tak akan punya alasan untuk memilih kita.

What is your skills?

Petakanlah dirimu atas kemampuan-kemampuan apa yang kamu miliki sekarang dan ingin kamu kembangkan ke depannya. Latar belakang pendidikan dan pengalaman-pengalamanmu dalam bidang itu bisa makin memperkuat posisi tawarmu bahwa kamu memang memiliki skill tersebut.

What is your unique selling point?

Lakukan serangkaian analisis pada diri: hal-hal apa yang kita sukai, hal-hal apa yang tak kita sukai, dan kesempatan apa di luar sana yang bisa kita masuki dengan berbagai kelebihan kita tersebut. Ketahui pula siapa pesaing utamamu. Kompetitor bukan untuk ditakuti, tapi untuk membuat perbedaan dengan mereka. Segera temukan perbedaan. Jangan berlari-lari bersama rombongan. Dan jangan pernah lalai dengan apa yang unik dan autentik dari diri karena itu adalah modal paling utama.

Many are concerned with what’s on the surface and not the depths. This is a mistake. Find the center. Let it shape the surface. This is the right first step towards building the brand of you.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.