entrepreneur vs freelancer

Perbedaan Freelancer dan Entrepreneur

Perbedaan freelancer dan entrepreneur sebenarnya apa, sih? Penjelasan paling baik mengenail hal ini datang dari Seth Godin. Seorang freelancer adalah seseorang yang dibayar untuk pekerjaannya. Dia bertanggung jawab per jam atau mungkin dengan nilai pada sebuah projek. Freelancer menulis, mendesain, memberi konsultasi, memberi saran, dan sebagainya.

Seorang entrepreneur menggunakan uang (lebih baik uang orang lain) untuk membangun bisnis yang lebih besar dari diri mereka sendiri. Entrepreneur menghasilkan uang saat mereka tidur. Entrepreneur fokus pada pertumbuhan dan skala sistem yang mereka bangun. Lebih banyak lebih baik.

Dan itulah letak perbedaan terbesarnya. Seorang freelancer bekerja untuk mengerjakan sesuatu dan dia dibayar atas pekerjaan tersebut, sedangkan seorang entrepreneur membangun sistem, yang mana uang akan terus mengalir tanpa harus mengerjakan pekerjaan tersebut.

Tujuan seorang freelancer adalah memiliki pekerjaan tetap tanpa atasan, melakukan pekerjaan hebat dan project keren, untuk secara bertahap meningkatkan kualitas diri, sehingga pesanan pekerjaan semakin banyak, dan kenaikan gaji per jam juga naik.

Tujuan dari entrepreneurship adalah membangun mesin laba jangka panjang yang mantap dan stabil. Seorang entrepreneur membangun sebuah organisasi yang menciptakan perubahan. Baik untuk dirinya, lingkungannya, bahkan terkadang perubahan untuk dunia.

Jika Anda seorang entrepreneur, tidak mungkin mengalami kesuksesan ketika berharap melakukan semua pekerjaan sendiri. Tenaga dan waktu Anda sangat terbatas. Tugas Anda seharusnya membangun sistem.

Nadiem Makarim tidak mengkoding aplikasi Gojek sendiri. Travis tidak menjadi driver Uber.

Jika Anda adalah seorang freelancer, lakukanlah pekerjaan itu sebaik mungkin. Cari tahu bagaimana melakukan pekerjaan terbaik di bidang Anda, pekerjaan terbaik untuk klien yang tepat. Pusatkan perhatian pada reputasi dan arus bisnis Anda. Karena seorang freelancer maju berdasar banyaknya klien yang memesan pekerjaan kepadanya.

Jika Anda seorang entrepreneur, jangan mempekerjakan diri sendiri. Bangun bisnis yang bekerja, yang tumbuh subur dengan atau tanpa Anda. Ini mungkin tidak baik untuk ego Anda, tapi itu akan bagus untuk rekening bank Anda.

Itulah Perbedaan freelancer dan entrepreneur. Jadi, kalau hanya ingin hidup stabil dengan pemasukan yang cukup, jadilah seorang freelancer. Bila ingin membangun ‘kerajaan’, jadilah seorang entrepreneur.

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

Leave a Comment