Menulis Tanpa Ide Vs Ide Tanpa Menulis

Apa yang membuat suatu tulisan menjadi:

MENARIK

dan juga

KEREN

serta

BERKESAN

bagi pembacanya?

Oke. Semua tulisan pasti menarik bagi penulisnya sendiri. Tapi, belum tentu bagi pembacanya, bukan? Itulah beberapa pertanyaan yang mengganggu gue pagi ini.

Ada macam-macam cara untuk membuat sebuah tulisan bagus: mengindahkan gaya bahasa, meluarbiasakan alur cerita, atau meliukkan diksinya. Tapi, semua bermuara pada satu hal penting: IDE.

Yah, IDE.

Ide yang baik, akan tetap menghasilkan gugahan. Ide yang keren, akan tetap melahirkan gerakan. Ide yang baik, walau disajikan dengan bahasa yang susunannya kacau, masih bisa menghasilkan sesuatu. Tapi, ide yang buruk, walau disajikan dengan bahasa semeliuk apapun, akan tetap kosong.

Itu yang membuat sebuah tulisan bagus.

“Tak seorang pun yang akan tahu ke mana kata-katanya akan hinggap, mendarat, dan dijadikan bagian dari khasanah orang lain.” (Goenawan Mohamad)

And remember. You can’t win with yesterday’s ideas. Jadi, sering-seringlah mengail-ngail ide sebanyak dan sekeren mungkin. Okay.

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

Leave a Comment