Apa yang membuat suatu tulisan menjadi:

MENARIK

dan juga

KEREN

serta

BERKESAN

bagi pembacanya?

Oke. Semua tulisan pasti menarik bagi penulisnya sendiri. Tapi, belum tentu bagi pembacanya, bukan? Itulah beberapa pertanyaan yang mengganggu gue pagi ini.

Ada macam-macam cara untuk membuat sebuah tulisan bagus: mengindahkan gaya bahasa, meluarbiasakan alur cerita, atau meliukkan diksinya. Tapi, semua bermuara pada satu hal penting: IDE.

Yah, IDE.

Ide yang baik, akan tetap menghasilkan gugahan. Ide yang keren, akan tetap melahirkan gerakan. Ide yang baik, walau disajikan dengan bahasa yang susunannya kacau, masih bisa menghasilkan sesuatu. Tapi, ide yang buruk, walau disajikan dengan bahasa semeliuk apapun, akan tetap kosong.

Itu yang membuat sebuah tulisan bagus.

“Tak seorang pun yang akan tahu ke mana kata-katanya akan hinggap, mendarat, dan dijadikan bagian dari khasanah orang lain.” (Goenawan Mohamad)

And remember. You can’t win with yesterday’s ideas. Jadi, sering-seringlah mengail-ngail ide sebanyak dan sekeren mungkin. Okay.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.