Make Change Happen

Kemampuan apa yang bisa kita sumbangsihkan untuk ikut memberikan perubahan baik pada dunia. Juga, seandainya kita tak ada di dunia, apakah orang-orang juga akan menyesali dan meratapi dengan ketiadaan kita karena sebegitu penting dan berpengaruhnya, ataukah justru biasa-biasa saja.

Seberapa keras pun kita bekerja hingga mendapatkan banyak kelimpahan, pada akhirnya, kita akan menyadari bahwa itu akan membosankan. Setelah kita bisa meraih tujuan-tujuan hidup pribadi, pada akhirnya kita pun akan mengalami sebuah fase untuk ‘gemar berbagi’. Ini karena pada dasarnya manusia selalu tidak puas akan keberhasilan sendiri. Fitrahnya, bila sudah mencapai tahap segala keinginan terpenuhi, justru ingin membagi semua yang sudah didapat itu.

Memenuhi tujuan-tujuan hidup secara pribadi memang akan mengantarkan kita ke tempat tinggi nan jauh. Tapi, untuk lebih jauh dan lebih tinggi lagi, kita harus memerhatikan dan memedulikan hidup orang lain. Alasananya adalah: you can do something good for yourself, or you can do something good for other people. You can make money, or you can change the world. Buatlah sebuah social movement, atau apapun yang memiliki tujuan memberdayakan orang lain atau masyarakat.

Ide-ide sederhana seperti itulah yang akan membuat kita mengambil peran untuk ikut mengubah dunia menjadi lebih baik. “One can resist the invasion of an army,” kata Victor Hugo, “but one cannot resist the invasion of ideas.”

Seth Godin menyebutnya dengan Linchpin, yaitu sosok-sosok yang indispensable atau sosok yang tak tergantikan karena sangat dibutuhkan. Linchpin adalah orang yang dapat mengatasi kekacauan dengan menciptakan ketertiban, serta menciptakan, menghubungkan dan mewujudkan sesuatu menjadi nyata. Inilah orang-orang kreatif yang tak hanya sekadar tahu, tapi juga beraksi. Tak sekadar berilmu tapi juga beramal. Ia beramal baik, maka kemudian ia menciptakan keterkaitan yang baik dengan kehidupan banyak manusia, sehingga ia menjadi sedemikian terpercaya di antara urusan-urusan yang biasa terjadi di antara mereka. Bila ada apa-apa, selalu merujuk kepada mereka. Karena seolah-seolah tak ada manusia lain yang mampu memberikan solusi atau menghadirkan sesuatu sesuai harapan seperti yang mereka hadirkan.

Seth Godin menyebut bahwa sosok-sosok Linchpin inilah yang akan menjadi figur-figur unggulan di masa mendatang. Yaitu sosok-sosok yang risk taker, imajinatif, kreatif, berani tampil beda, dan berpikir out of box tapi selalu mengeksekusi idenya inside the box; berpikir di luar batas tapi selalu mengeksekusi sesuai dengan kondisi yang terhampar di hadapannya. Mereka menggunakan cara-cara yang tak biasa khas otak kanan. Persis, ketika Daniel H. Pink dalam A Whole New Mind pun menyatakan serupa, bahwa mereka yang berotak kananlah yang akan mampu menghadapi keadaan masa depan.

Percepat proses belajarmu. Yang berhasil di usia muda sesungguhnya mereka telah mempercepat proses belajar dan telah memulai aktif sejak dini, sehingga dapat mencapai kesuksesan yang dini pula. Ada usaha. Ada harga. Ada pengorbanan. Ada curahan. Ada fokus diri. Semua dikerahkan sejak dini. Sehingga, keamanan diri tercipta juga sejak dini. Saat kita bekerja di suatu perusahaan, misalnya, kita tak pernah tahu kapan perusahaan tersebut berakhir, atau sebuah ‘politik kantor’ apa yang akan terjadi pada kita di masa depan.

Selama kejujuran, integritas, dan kemampuan untuk menjaga portable equity kita baik, di masa depan kita pun akan baik-baik saja. Di manapun kita akan berada. Portable Equity adalah reputasi, network, dan skill yang kamu kuasai. Kemampuan berbahasa asing, mengoperasikan software desain, fotografi, membuat presentasi, berbicara di depan publik, mengkonsep, serta track records kerja yang positif lainnya adalah modal yang takkan lekang oleh waktu. Itulah yang seharusnya menjadi perhatian utama kita, bukan menghabiskan waktu mengurusi soal gaji dan fasilitas apa yang bisa kita terima dalam sebuah perusahaan. Itu sangat wasting time.

Portable equity adalah satu-satunya ‘keamanan kerja’ yang dapat kita andalkan. Bukannya posisi yang sekarang kita jalani, ataupun di perusahaan mana sekarang kita berada. Gelar apa yang kita peroleh, dan keturunan siapa kita. Tak ada keamanan. Yang ada hanyalah kemampuan kita untuk terus mau memperbarui diri menyambut setiap tantangan yang pasti selalu ada di tiap harinya. Mengerahkan segala kemampuan di diri untuk menaklukkannya adalah bekal terbaik. Karena pada dasarnya, toh kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi esok hari. Menyiapkan segalanya yang terbaik yang di punya di hari ini, ada investasi terbaik di masa depan. Menanam kebaikan, akan berbuah kebaikan. Selalu begitu.

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

2 thoughts on “Make Change Happen

  1. Baru tau ternyata orang yg irreplaceable itu ada namanya; Linchpin.
    btw, blognya Mas Fachmy ini mengingatkanku ama blognya temenku. Sama2 tentang inspirasi/motivasi dosis tinggi. trus juga sama2 kalo ada postingan inspirasi/motivasi yang baru, langsung aku baca. mantap pokoknya.

Leave a Comment