Writing Service

Jasa penulisan terbaik dan terlengkap di IndonesiaMenjadi seseorang yang menggemari dunia tulis menulis, grafis, dan kreativitas memang patut saya syukuri. Dengan berbekal beberapa passion itu, saya mampu menghadirkan layanan yang bermutu dan baik bagi klien-klien saya. Untuk itulah, bagi Anda yang ingin juga menggunakan jasa penulisan yang saya hadirkan, jangan sungkan untuk menghubungi saya. Inilah beberapa jasa yang saya tawarkan:

 

 

JASA ASISTENSI PENULISAN NASKAH BUKU NONFIKSI

Sampai saat ini masih berkesulitan untuk menulis buku, padahal sudah sejak lama ingin bisa membuat outline, menulis per bab, dan membuat naskah buku bisa segera diterbitkan oleh penerbit major?

Saya hadir memberikan asistensi penulisan secara rutin kepada Anda yang mengalami permasalahan tersebut. Saya akan mengajari Anda membuat outline, merevisi dan mengedit naskah Anda agar tercipta naskah yang cantik, mengajari Anda bagaimana membuat judul yang baik, memberikan enrichment yang aduhai, serta bagaimana menuliskan naskah yang memikat, dan naskah-naskah seperti apa yang akan dilirik oleh penerbit. Pengalaman saya dalam editing, kepenulisan, dan dunia penerbitan profesional akan menjadi jaminan bahwa asistensi ini akan memuaskan Anda.

 

JASA PENULISAN KISAH HIDUP

Setiap orang memiliki kisah hidup yang layak untuk dibagikan kepada orang lain agar menjadi jalan inspirasi dan investasi keteladanan. Dengan menghadirkan buku kisah hidup kepada khalayak, beragam value of life yang dimiliki akan lebih mudah untuk tersebar. Pengalaman saya dalam dunia penerbitan profesional lebih dari lima tahun serta pernah menggarap kisah hidup bersama BJ Habibie dalam Habibie, Tak Boleh Lelah dan Kalah! serta Gamal Albinsaid, Menyehatkan Indonesia dengan Sampah, juga Saptuari Sugiharto: Jejak Langkah Tak Terhenti, dan pengalaman lain dalam pengembangan konten buku, menjadi track record yang bisa dipercaya akan kualitas dan pengetahuan dalam penggarapan buku kisah hidup.

Jasa penulisan kisah hidup yang saya tawarkan, meliputi:

Biografi, yakni kisah hidup yang ditulis mengenai suatu profil sejak lahir hingga meninggalnya. Penulis kisah hidup biografi dituntut memiliki kemampuan menarasikan runtutan cerita yang tetap enak dibaca walau berdasarkan data-data yang luar biasa banyak. Kemampuan untuk mengemas hasil akhir konten keseluruhan, baik teks, foto, maupun kesan-kesan dari para sumber tambahan untuk ditambilkan sebagai testimoni juga turut menjadi perhatian.

Autobiografi, yaitu menyajikan kisah hidup sejak lahir hingga masa sekarang. Pada kisah hidup genre ini, saya akan lebih fokus dalam pengembangan narasi struggling tokoh terkait dan value of life apa yang bisa dihadirkan untuk pembelajaran bagi pembaca.

Memoar, yaitu cerita tentang tokoh kala berada pada jabatan tertentu atau posisi penting tertentu sehingga layak untuk dikisah hidupkan dalam bentuk buku. Kiprahnya yang hanya dalam beberapa tahun tersebut disajikan untuk memberikan keterangan tentang keadaan sebenarnya kepada publik apa saja yang telah dilakukannya, atau untuk memberikan informasi penting yang bisa jadi selama ini bertolak belakang dengan apa yang sudah diberitakan di media.

Tujuan dari dituliskannya kisah hidup dalam beragam genre tadi beragam, ada yang hanya untuk konsumsi lingkungan keluarga dan orang-orang terdekat saja dan dibagikan ketika momen penting seperti ulang tahun pernikahan, ulang tahun keluarga besar, atau yang lainnya. Akan tetapi, ada juga yang untuk digulirkan kepada publik. Namun, semua memiliki satu kesamaan: yakni berbagi nilai hidup dan pelajaran apa yang bisa diambil bersama.

Layanan ini hanyalah layanan penulisan saja, belum termasuk cetaknya menjadi sebuah buku.

JASA PENULISAN SEBAGAI CO-WRITER

Co-Writer adalah bahasa lain untuk sebutan penulis pendamping. Layanan ini ditujukan untuk Anda yang memiliki ide brilian atau gagasan kreatif untuk menuangkannya dalam sebuah buku, namun Anda tak memiliki skill teknis menulis yang cukup mumpuni. Di sinilah saya akan membantu Anda menuliskan gagasan tersebut hingga berbentuk naskah buku utuh.

 

JASA PENULISAN SEBAGAI GHOST WRITER

Layanan ini ditujukan bagi Anda yang ingin menulis buku dengan Anda yang tercantum sebagai penulisnya dalam copyright, namun saya sebagai penggarap naskahnya. Hal ini bisa terjadi bilamana Anda sangat sibuk sehingga tidak berkesempatan untuk menulis, namun Anda memiliki gagasan dan ide brilian untuk dituangkan dalam sebuah naskah buku. Di sinilah peran saya untuk membantu Anda menuliskannya hingga berbentuk naskah utuh.

 

JASA PENULISAN COMPANY PROFILE

Layanan ini ditujukan kepada perusahaan yang ingin menghadirkan company profile-nya lebih berkelas dan memiliki kualitas konten yang prima. Dua hal utama dalam pembuatan company profile yang harus menjadi perhatian adalah pengemasan yang apik antara corporate value dan product value. Kedua hal tersebut harus disajikan semenarik mungkin, sehingga penerbitan company profile nantinya dapat menjadi wakil perusahaan untuk memperkuat brand position-nya di dalam pasar.

 

JASA PENULISAN ARTIKEL UNTUK WEBSITE PERUSAHAAN

Seringkali sebuah usaha yang ingin berkecimpung dalam dunia digital kesulitan untuk membuat artikel dengan kualitas baik sesuai dengan citra perusahaan. Dengan hadirnya layanan ini, saya akan membantu Anda untuk membuat artikel yang tak hanya memiliki kualitas terjaga, namun juga sesuai dengan keyword yang dibutuhkan. Sehingga, setiap artikel tak hanya sesuai dengan kebutuhan usaha Anda, namun juga ramah SEO dan mampu mewakili citra perusahaan karena memiliki kualitas konten yang baik.

 

Jasa Editing Naskah

Setiap naskah memerlukan proses editing sebelum dilepas ke publik. Untuk itulah saya menawarkan jasa editing dengan harga terjangkau. Naskah yang saya terima adalah naskah nonfiksi, namun untuk memperjelas: jasa yang saya tawarkan adalah editing tata bahasa, bukan editing isi naskah (content), karena untuk editing content diperlukan editor yang mumpuni di bidang bahasa naskah tersebut, sementara tidak semua bidang bahasan saya kuasai. Maka untuk content saya serahkan lagi pada penulisnya.

 

Jangan sungkan untuk bertanya-tanya dahulu, atau bahkan bila ingin langsung memesan, segera saja kontak saya lewat contact form berikut ini.

 

 


TESTIMONI

“Mas Fachmy selalu terbuka bagi siapapun di muka bumi ini yang ingin belajar berkreasi, menjadi kreatif dan menuangkan dalam media apapun, yang juga menghasilkan profit tentunya.” —Gersom

“Pertama kali bertemu dan bekerjasama ketika saya menulis buku bersama rekan di tahun 2013. Saya ingat dia presentasi tentang rancangan layout hingga cover buku dengan penuh semangat. Semangat dan sikapnya yang santai seperti lem yang merajut kerjasama lebih panjang dan seru. Dia bertindak sebagai editor yang tidak hanya memberikan masukan melainkan juga terbuka terhadap ide atau kiritikan sehingga proses editing menjadi proses pembelajaran dan kolaborasi yang menyenangkan. Penulis tidak hanya menerima jadi polesan editor melainkan hasil kolaborasi yang dinamis. Saya beruntung mengenal Fachmy yang memiliki api untuk memanasi para penulis agar terus berkarya. Diskusi kami bahkan telah dimulai sejak ide awal penulisan buku, ia memberikan umpan balik yang konstruktif sehingga lahirlah beberapa buku lain. Karya Fachmy juga membuat `iri` karena menunjukkan kualitasnya selain menjadi editor, dia membuktikan diri sebagai seorang penulis yang bertalenta. Jika tidak percaya, lirik saja kalimat-kalimat yang bertaburan di akun twitter hingga bukunya.” —Ardiningtiyas Pitaloka, Penulis/Career Consultant & Coach/Dosen

“Layaknya sebuah perjalanan panjang yang terjadi dalam kehidupan, sebuah cita-cita selayaknya harus senantiasa dibangun sejak kita sadar akan memulainya dari alam fikiran. Berawal  di tahun 1998 saat mengikuti training pertama kali di Singapore di Baking International Training Centre (BITC), sungguh saat itu saya merasa memperoleh banyak ilmu baru di dunia baking setelah lulus dari kuliah. Saya merasa bahwa ilmu yang nantinya di gunakan dalam membantu saya dalam bekerja akan sangat memberikan manfaat kepada banyak orang, di samping membantu pelanggan-pelanggan perusahaan di tempat kerja saya. Mulai  saat itu, saya sadar bahwa suatu saat ilmu yang saya peroleh akan saya bagikan kepada banyak orang melalui sebuah buku yang di tulis. Dari tahun 1998 hingga akhir 2011, cita-cita untuk menulis sebuah buku dalam bentuk buku pengetahuan dan panduan untuk berwira usaha di bidang bakery tenggelam di terjang kesibukan kerja yang hingga posisi akhir sebagai Manajer Pemasaran di salah satu perusahaan terigu di Jawa Tengah. Hingga pada suatu malam di tahun 2011, saat kopdar di komunitas Tangan Di Atas atas Ijin yang Maha Kuasa saya di pertemukan dengan salah seorang Editor Publishing dari perusahaan percetakan besar di Solo. Pertemuan pertama dengan Mas Fachmy yang berprofesi sebagai Editor di PT. Tiga Serangkai tidak saya sia-siakan dan langsung saya utarakan niat saya untuk menulis sebuah buku. Mungkin sebagian orang mengawali karir menulis dengan mengirimkan naskah ke penerbit,  namun pada kasus  yang saya alami justru saya memperoleh kesempatan bertemu langsung dengan Editornya dengan mempersiapkan sebuah konsep buku yang akan saya tulis. Idealisme saya saat itu menggagas buku tentang Ilmu Pengetahuan di Bidang Bakery atau  Ilmu perihal baking. Setelah Mas Fachmi melihat profile pekerjaan dan pengalaman kerja yang telah saya jalani akhirnya atas arahan sang Editor supaya nanti konsep bukunya bisa di terima dalam Presentation Forum di Perusahaannya, maka konsep buku agardi buat memiliki muatan,keilmuan sekaligus menginspirasi para pembaca untuk memulai usaha di bidang bakery, dari sinilah maka akhirnya muncul ide besar dengan tema “Bakepreneur” dalam buku pertama yang nanti saya tullis. Untuk lebih menguatkan ide buku berlandaskan pengalaman karir yang saya miliki , maka atas arahan Mas Fachmi buku di buat konsep “lengkap” dari A hingga Z perihal Bakery yang berisi referensi komplit perihal klasifikasi produk, pengetahuan bahan dan fungsinya, proses pembuatan roti dan berakhir dengan perhitungan komersial jika seseorang ingin membuat Bakery. Dengan  Konsep buku dari A hingga Z Bakery yang diajukan ke team Marketing melalui Presentation Forum akhirnya dapat di terima, dan mulailah saya baru menulis naskahnya, yang tidak terasa sejak pertemuan pertama tersebut akhirnya bisa menelurkan hampir 4 buku dengan tema besar “Bakepreneurship”, bahkan buku pertama saya yang berjudul A-Z Bakery yang dicetak pada tahun 2013 sudah cetak ulang  atau Reprint di tahun  2016 ini.  Buku lainya yang sudah saya  tulis berdasarkan pegawasan dan arahan Mas Fachmy adalah : Buku UKM Naik Kelas, Cakepreneur dan buku keempat yang masih dalam proses penulisan yaitu Pastry preneur. Tema besar Bakepreneurship bagi saya sebenarnya adalah rangkaian dari kisah perjalanan karir diri saya sendiri. Buku yang saya tulis sebenarnya merupakan sebuah proses kehidupan saya dalam memasuki dunia entrepreneurship, setelah saya resign sebagai profesional di sebuah Perusahaan Terigu terbesar di Jawa Tengah. Impact terbesar yang saya rasakan adalah Buku yang saya tulis merupakan sebuah cara untuk membangun Otoritas (Authority) dalam bidang keilmuan ataupun bidang usaha yang dirintis. 3 Pengaruh Besar Perjalanan Karir Saya Setelah Menjadi Penulis. (1) Membangun Personal Brand sebagai seorang yang memiliki Authority atau kemampuan dalam dunia Bakery, sehingga sejak 2011 saya memiliki profesi lain sebagai Baking Consultant, sekaligus sebagai Nara Sumber Guest Lecture di berbagai Sekolah Tinggi Pariwisata di Indonesia. (2) Membangun Relasi Baru atau memperoleh pelanggan baru (New Customer). Pelanggan Baru terjauh produk bahan baku roti yang saya buat adalah pembaca buku A-Z Bakery yang berdomisili di Papua. (3) Selain sebagai Baking Consultant, buku yang saya tulis merupakan pintu untuk membuka ketrampilan baru sebagai Business Coach. Salah satu client yang saya coach merupakan Business Owner yang mengenal saya lewat buku A-Z Bakery dan sudah Saya dampingi dalam proses empowering di Perusahaannya lebih dari 2 tahun. Dengan rangkaian pengalaman yang saya peroleh dalam dunia kepenulisan tidaklah berlebihan bahwa Mas Fachmy Casofa merupakan Mentor saya di bidang Penulisan, dan melalui ide kreatif yang disampaikannya setidaknya saat ini sudah 4 buku di bidang Bakery yang bisa saya tulis. Maka tidak lah berlebihan Jika Anda bukan Anak Raja dan bukan Siapa-siapa maka menulislah agar engkau di kenal.” —Husin Syarbini

“Bekerja sama dengan Fachmy Casofa adalah membuat karya besar yang awesome . Nama Fachmy Casofa telah tercatat di kehidupanku sebagai salah satu guru menulis yang humoris dan kawan berpikir kritis.  Beberapa tulisannya di blog telah menjadi media pembelajaran, yang suka tidak suka telah melebur dan memperkaya kemampuanku dalam bercerita melalui media komik. Terimakasih untuk Fachmy Casofa.” —Mujix

Yoris Sebastian, pakar industri kreatif, pernah bilang bahwa kreatifitas itu laiknya pendaki gunung. Saat kita bisa satu melewati satu “gunung”, kita pasti pengen melewati gunung lagi–yang lebih tinggi. Artinya, di dunia kreatifitas itu ada banyak gunung, yang terdiri dari gunung novel, gunung buku non fiksi, dan gunung lainnya. Dan saya sendiri setuju dengan itu. Orang yang bisa menulis buku non fiksi belum tentu ia bisa menulis novel, dan orang yang bisa menulis novel belum tentu bisa menulis buku. Saya pribadi, dulu, saat mencoba menulis buku non fiksi, dan ingin paham cara me-mainframe buku butuh waktu setidaknya 2 tahun untuk bisa paham me-mainframe buku–ilmu paling “mahal” dari bikin buku, yang mana saat saya melihat sosok mas Fachmy, saya merasa dia sudah mendaki banyak sekali gunung. Ya, menurut saya ia penulis dengan kemampuan lengkap: jago di genre non-fiksi dan juga fiksi. Hal itu bisa kamu lihat dari karya-karyanya. Ditambah peran sebagai editor yang paham ilmu desain grafis, tak hanya membuatnya mampu memoles jadi tulisan yang enak di baca, tapi juga melahirkan buku related dengan pasar sekaligus bernilai jual. Buktinya, sudah banyak penulis yang diorbitkan mas Fachmy dengan buku berlabel best seller, antara lain Adjie Silarus dengan Sejenak Hening-nya, Lahandi Baskoro dengan It’s My Startup dan Muhammad Ilman Akbar dengan 101 Young CEO. Saya sendiri beruntung merasakan kemampuan dari mas Fachmy, di mana ia men-develop buku yang saya tulis Lezatnya Berbisnis Kuliner, dengan komprehensif. Dari mulai yang besar seperti mengonsep, sampai pada tata letak dan pemilihan cover. Singkat kata, kemampuan menulis dan editing-nya sungguh sungguh sudah tak diragukan lagi. Dan pengaruh berkerja sama dengannya, kian mematangkan saya dari segi penulisan. Yang mana itu, tentu, memudahkan saya mendapat karir profesional lebih baik sebagai wartawan, maupun melahirkan buku-buku saya selanjutnya sebagai penulis. Amin.” — Qalbinur Nawawi

“Fachmy casofa itu teman saya karena saya menulis, lalu menjadikan saya yang hanya hobi menulis ini mampu menghasilkan karya berupa buku.” —Adjie Silarus

“Awalnya nggak kepkir bisa terjun di dunia penulisan, dan diterbitkan pula bukunya. Bahkan, nggak nyangka di usia saya yang sudah tidak muda lagi ini saya memulainya. Ternyata, potensi diri yang sekian lama terpendam dapat tersalurkan dalam bidang ini. Fachmy Casofa lah yang membantu saya menemukannya. Ditambah lagi dengan deadline-deadline ketat darinya lah yang membuat buku saya cepat terbit.” —Bunda Wening

“Menyenangkan menyiapkan buku bareng Mas Fachmy. Banyak feedback yang diberikan. Deadline-nya memberikan kita keleluasaan. Kover juga dirembug bersama, sehingga kita merasa terlibat dalam prosesnya dari hulu ke hilir.” —Dian Nafi

“Mas Fachmy jeli membaca potensi penulis dan kebutuhan pasar. Tidak hanya itu, ia juga totalitas akan membantu penulis agar bisa menyelesaikan bukunya dengan baik dan sesuai deadline. Salah satu hasilnya adalah buku saya, yang sekalipun penulis buku pemula ternyata berhasil menjadi national best-seller alam waktu kurang dari enam bulan.Saya yakin InstitutPenulis.id yang digalang oleh Mas Fachmy akan jadi portal yang mampu menempa para penulis untuk bisa menghasilkan karya tulis yang dibutuhkan pasar, apapun format medianya. Ahrapan besarnya, ini akan berdampak pada meningkatnya budaya literasi Indonesia, sehingga generasi kita nanti akan mampu berkompetisi secara global.” —Lahandi Baskoro

“Sebagai admin blog Indonesia Proud yang punya misi menyebarluaskan informasi tentang hal-hal yang baik dan membanggakan negeri ini, tentu saja tawaran tersebut disambut baik dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Membuat buku tersebut adalah salah satu impian saya, dan Fachmy Casofa membuka jalan bagi saya untuk mewujudkannya. Mas Fachmy adalah penulis yang mampu melihat potensi orang lain dan—dengan gayanya yang cool dan komunikatif—terus memberi dukungan bagi penulis pemula untuk dapat berkarya lebih baik lagi.” —Mappesangka

“Hidup saya berubah total setelahnya. Saya jadi punya kesempatan untuk memiliki amal jariyah, berabgi ilmu dan pengalaman ke sebanyak-banyaknya manusia, berusaha menjadi manusia yang memberi manfaat bagi manusia lainnya lewat ilmu yang disebarkan dari buku itu. Itu semua tidak akan terjadi kalau tidak ada email tiba-tiba darinya di hari itu.Singkatnya, Mas Fachmy itu memiliki tiga hal. (1) bisa melihat potensi seorang calon penulis. (2) percaya total kepadanya. (3) menempanya dengan tega, masukannya amat berharga.” —Muhammad Ilman Akbar

Fachmy Casofa