Jasa Penulisan Sejarah Perusahaan

Jasa Penulisan Sejarah Perusahaan – Sebuah perusahaan yang berdiri selalu dan pasti memiliki sejarah yang patut untuk dibukukan. Mengapa sebuah perusahaan harus memiliki buku mengenai sejarah perusahaannya? Jawabannya adalah karena dengan adanya buku sejarah perusahaan tersebut, maka value, culture, serta visi dari perusahaan tersebut bisa tersebar ke seluruh jajaran petinggi, karyawan, bahkan relasi. Nilai-nilai dan kisah-kisah kesuksesan maupun kegagalan dari perusahaan tersebut akan menciptakan sebuah ikatan yang kuat bagi pihak-pihak yang berkepentingan dengan perusahaan tersebut.

Nah, itulah mengapa, buku sejarah perusahaan patut diadakan dan harus diserahkan kepada ahlinya yang memang menyediakan jasa penulisan sejarah perusahaan. Salah satu ahli yang patut Anda percaya untuk mengerjakan buku sejarah perusahaan adalah saya, Fachmy Casofa dan tim, di mana saya sudah pernah bekerja sama dengan pihak Accenture, Plan Indonesia, Bank Indonesia, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Yayasan Pengembangan Perpustakaan Indonesia (YPPI), dan lain sebagainya.

Tentu saja, penulisan buku sejarah perusahaan sangat berbeda dengan penulisan sejarah dari pendiri perusahaan tersebut. Loh, apa sih maksudnya? Begini. Bila Anda menginginkan jasa penulisan sejarah pendiri dari sebuah perusahaan, maka buku tersebut hanya akan berisi dari kisah hidup pendiri perusahaan tersebut. Isinya meliputi kisah masa kecilnya, kisah masa remajanya, dan jatuh-bangun dalam merintis pembangunan perusahaan tersebut. Bila Anda menginginkan buku seperti ini, maka Anda sebaikan memesan Jasa Penulisan Biografi, karena jasa tersebut memang untuk hal tersebut.

Sedangkan jasa penulisan sejarah perusahaan, berarti mencakup banyak hal. Beberapa cakupan yang akan dibahas dalam sebuah buku sejarah perusahaan adalah sebagai berikut, untuk memberikan Anda gambarannya:

Pertama, berisi mengenai corporate value dari perusahaan tersebut. Hal ini berfungsi untuk menyebarkan corporate value dari perusahaan tersebut kepada pimpinan, karyawan, dan seluruh relasi dari perusahaan tersebut. Tentu saja, agar terjadi sebuah corporate bonding. Hal ini akan sangat baik untuk jangka waktu yang sangat panjang bagi perusahaan tersebut.

Kedua, naskah ditulis berdasarkan interview dan riset dari pimpinan dan pelaku sejarah sejak berdirinya perusahaan tersebut. Dengan kata lain, proses penulisan akan melibatkan banyak pihak dan banyak departemen, serta data-data dari perusahaan tersebut, demi menghasilakn buku sejarah perusahaan yang akurat dan bermutu.

Ketiga, memuat feature kisah-kisah sukses maupun struggle dari perusahaan tersebut. Sebuah perusahaan tentu memiliki kisah perjuanganya sendiri dalam membuat perusahaan tersebut sukses. Nah, di sinilah diperlukannya menampilkan kisah-kisah tersebut.

Apa saja yang perlu ditampilkan dalam feature ini? Misalkan, kisah perjuangan perusahaan, capaian manajemen perusahaan, “legenda” perusahaan, inovasi perusahaan, serta kontribusi perusahaan terhadap bangsa lewat program CSR-nya, dan lain sebagainya. Poin-poin yang termuat dalam kategori ini biasanya didiskusikan antara penulis dan pihak perusahaan, apa saja yang perlu ditampilkan.

Keempat, buku ditulis secara kronologis berdasarkan periode kepemimpinan.

Nah, seperti itulah buku sejarah perusahaan bila Anda ingin menyerahkannya kepada saya yang memang menyedikan jasa penulisan sejarah perusahaan.

Mungkin Anda akan bertanya, “Berapa lamakah biasanya sebuah buku sejarah perusahaan dikerjakan?” Waktu paling standar dalam pengerjannya biasanya selama tiga bulan. Hal ini tergantung kebutuhan dari pihak pemesan karena biasanya ada momen-momen tertentu yang harus diistemawakan. Misalkan, ingin buku sejarah perusahaan tersebut terbit ketika ulang tahun perusahaan tersebut pada usia tertentu.

Meliputi Apa Saja Pekerjaan dari Penulisan Buku Sejarah Perusahaan dan Berapa Biayanya?

Setelah melihat dari pemaparan saya di atas, maka Anda bisa memahami bahwa dalam membuat sebuah buku sejarah perusahaan, hal-hal yang diperlukan agar menghasilkan sebuah buku sejarah perusahaan yang bermutu adalah sebagai berikut:

Pertama, wawancara. Hal ini mutlak diperlukan, karena tidak mungkin sebuah buku sejarah perusahaan terwujud tanpa adanya wawancara yang intesif dengan narasumber terkait dan yang berkepentingan untuk menyampaikan informasi-informasi khusus mengenai sejarah perusahaan tersebut.

Kedua, desain kover, layout, dan pengadaan infografik. Ketiga komponen grafis ini mutlak diperlukan demi menghadirkan visual pada buku sejarah perusahaan yang lebih berkualitas dan enak dibaca.

Ketiga, fotografi yang menarik. Selain memilih foto-foto dari data yang disediakan oleh perusahaan, juga diperlukan adanya foto-foto baru yang akan membuat buku sejarah perusahaan tersebut menjadi lebih menarik. Foto-foto terkini harus terkonsep dengan sangat baik demi hadirkan buku sejarah perusahaan yang lebih berkualitas, tentu saja.

Keempat, penerjamahan dalam bahasa lain, misalkan bahasa Inggris atau Mandarin, jika memang diperlukan. Biasanya, bila Anda menginginkan hal ini, maka akan ada perjanjian tersendiri.

Kelima, tentu saja pencetakan buku. Dalam hal pencetakan buku, akan ada perjanjian terpisah, karena banyaknya jumlah cetak buku sangat berpengaruh terhadap harga dari setiap buku yang tercetak dalam bentuk satuannya.

Maka, melihat dari kompleksnya pekerjaan yang harus dilakukan dan tentu saja harus melibatkan banyak tim, seperti penulis, desainer grafis, fotografer, dan yang lainnya. Maka, Anda harus menyerahkan pekerjaan tersebut kepada orang dan tim yang tepat. Silakan cek PORTOFOLIO saya atas pekerjan-pekerjaan keren dan kreatif yang sudah saya kerjakan bersama tim.

Demikian informasi mengenai jasa penulisan buku sejarah perusahaan. Bila Anda menginginkan informasi yang lebih lanjut, silakan menghubungi saya lewat form di bawah ini. Mari kita diskusikan dan bicarakan untuk kerja sama lebih lanjut.

Fachmy Casofa
Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
Karena berkolaborasi akan lebih baik, apalagi kolaborasi yang bermanfaat. Bergabunglah bersama pembelajar lainnya. Sekarang.
Jangan khawatir, saya juga benci dengan spamming. Kita belajar bersama untuk hidup yang lebih baik.

Leave a Reply