majalah internal perusahaan

Jasa Majalah Internal Perusahaan

Jasa Majalah Internal Perusahaan —Sebagai sebuah perusahaan, ada baiknya membuat majalah internal perusahaan atau yang biasa disebut sebagai in-house magazine karena memiliki segudang manfaat dan kegunaan yang akan berimbas baik bagi perusahaan, kolega, dan seluruh pihak internal maupun eksternal.

Tujuan dari dibuatnya sebuah majalah internal perusahaan ada bermacam-macam. Biasanya adalah untuk menghadirkan ragam informasi mengenai apa saja yang tengah terjadi di perusahaan. Tujuan lainnya adalah untuk menebarkan corporate values kepada para pembaca yang notabenenya adalah orang-orang dekat perusahaan karena majalah internal perusahaan menunjukkan pencapaian omzet atau raihan hebat apa yang sudah dicapai perusahaan.

 

Pentingnya Majalah Internal Perusahaan

Setiap perusahaan harus menjaga hubungan dengan publik, baik publik secara internal maupun secara eksternal. Hal tersebut perlu dilakukan karena perusahaan pada kenyataannya sering kali harus melakukan sebuah hubungan yang lebih luas dan kompleks daripada yang seharusnya.

Sebagai penjembatan hubungan tersebut, tak ada yang lebih penting daripada hadirnya sebuah media berupa majalah yang biasa disebut sebagai majalah internal perusahaan. Mengapa?

Pertama, dengan adanya majalah internal perusahaan, maka perusahaan tersebut dapat menyebarkan pesan dan informasi secara efektif, efisien, sekaligus merata kepada seluruh stakeholder dan shareholder dari perusahaan tersebut.

Kedua, sebagai cara untuk menjembatani komunikasi antara pihak manajemen dengan pihak karyawan. Dengan demikian, diharapkan dapat tercipta suasanya yang kondusif, harmonis, dan produktif sehingga aktivitas perusahaan dapat berjalan dengan optimal.

Ketiga, memiliki kekuatan untuk menyebar pesan dan informasi dengan real time sehingga bisa dijadikan sebagai salah satu sarana menciptakan hubungan internal yang baik.

Biasanya, majalah internal perusahaan bersifat non-komersil alias gratis disebarkan. Adapun penerima maupun pengirim informasi dari majalah internal perusahaan tersebut adalah orang dalam dari perusahaan, yang terdiri atas anggota, pengawai, karyawan, maupun unit-unit kerja, departemen, divisi, atau apa pun yang ada di dalam perusahaan tersebut.

Selain itu, hadirnya majalah internal perusahaan juga membantu tugas dari PR. Sebagaimana kita tahu bahwa salah satu dari tugas utama dari Public Relations adalah mengurusi berbagai hal mengenai “hubungan” dalam sebuah perusahaan. Salah satunya adalah hubungan internal. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas bagi PR untuk terus mengawasi kondisi iklim kerja yang baik dan produktif di sebuah perusahaan. Terus memantau agar arus komunikasi lancar di perusahaan tersebut. Dan media paling baik ya majalah internal perusahaan, bukan yang lain, apalagi hanya mengandalkan media sosial ataupun majalah dinding dan website.

 

Agar Majalah Internal Perusahaan Tidak Kaku dan Menarik

Baiklah, sebagaimana saya jelaskan di atas, keberadaan majalah internal perusahaan begitu penting. Untuk itulah, beberapa perusahaan yang besar, menyerahkan urusan majalah internal perusahaan ini kepada divisi PR.

Nah, di sinilah biasanya masalah mulai muncul.

Sebuah majalah internal perusahaan tidak bisa dibuat dengan asal-asalan. Sebagaimana fungsi dari majalah pada umumnya, maka harus dibentuk dan dibuat dengan cara-cara tertentu sebagaimana sebuah majalah internal perusahaan yang biasanya harus dibuat.

Untuk mengelola majalah internal perusahaan, segenap tim redaksi harus menguasai keterampilan jurnalistik, editing, serta copywriting dan storytelling yang baik. Kelemahan dalam hal bahasa jurnalistik selama ini menjadi “jurang pembeda utama” antara media internal dan media komersil. Tulisan di media internal cenderung kaku. Inilah yang menyebabkan kecenderungan majalah internal perusahaan tampil kurang atau tidak menarik bagi yang membaca.Oleh karena itu, saya sarankan, bagi divisi yang mengurusi majalah internal perusahaan, maka harus menguasai minimal beberapa hal berikut ini:

  • menguasai keterampilan jurnalistik;
  • menaati kode etik jurnalistik;
  • menguasai bidang liputan atau masalah yang sedang ditulis;
  • kemampuan mencari topik untuk setiap edisi;
  • fotografi; dan
  • desain grafis.

Yang perlu disadari, baik itu media internal berbentuk cetak maupun teknologi informasi merupakan produk dari jurnalistik. Dengan demikian siapapun yang diberi tanggung jawab untuk membuat media internal harus memahami prinsip-prinsip jurnalistik.

 

Bagaimana Cara Membuat Majalah Internal Perusahaan?

Baiklah, kita tiba pada pembahasan paling penting, yakni bagaimana cara membuat majalah internal perusahaan yang menarik, tidak kaku, dan berenergi?

Pertama, pastikan memiliki desain kover yang kreatif. Sebuah desain kover majalah internal perusahaan yang baik harus memiliki kreativitas yang tinggi. Kreativitas yang tinggi tersebut ditandai dengan fotografi yang menarik dan penataan tipografi yang pas dan sesuai. Sebelum membuatnya, pastikan harus disesuaikan dengan brand image dan brand identity dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, majalah internal perusahaan tersebut memiliki kualitas kover yang maksimal.

Kedua, artikel yang berkualitas. Sebuah majalah internal perusahaan yang baik harus menyajikan artikel yang baik pula. Artinya, harus memiliki kualitas artikel yang bagus. Kita tak boleh menyajikan artikel perusahaan yang semrawut, amburadul, dan dengan kondisi jurnalistik yang tidak tertata. Gunakan bahasa yang bagus, pembahasan yang berenergi, dan memiliki editing yang minim dari kesalahan. Tentu saja, jauhkan juga artikel dari muatan SARA.

Mereka yang tidak terlatih menulis artikel, umumnya tidak fokus pada hal yang ingin disampaikan, sehingga terkesan antarkalimat atau paragraf tidak saling terkait. Selain itu, bahasa yang digunakan cenderung terjebak dalam bahasa laporan atau presentasi, sehingga sangat kaku. Bahkan ada media internal yang dilengkapi dengan beragam data dan grafik yang ribet. Padahal, data dan grafik harus disajikan dalam format infografik yang menarik. Bila tidak, hal ini tidak hanya membuat media internal “berat” tetapi juga tidak efisien yang nantinya akan berpengaruh pada biaya cetak dan para pembaca juga akan malas mengonsumsinya.

Ketiga, interaksi dengan pembaca. Pada bagian ini, hadirkan juga beberapa bagian dari rubrik agar terjadi interaksi dengan pembaca, seperti kuis. Sajikan juga beberapa hadiah (tak harus besar) sebagai penarik pancingan. Dengan demikian, akan tercipta engagement antara majalah, perusahaan, dan juga pembaca.

Keempat, kualitas fotografi yang baik. Jangan pernah menyajikan foto dengan kualitas seadanya. Hadirkan kualitas foto yang bagus. Bila memang harus memotret secara lansung, lakukan. Bila tak bisa, bisa mencari lewat internet. Akan tetapi, pastikan mencari gambar yang berkualitas bagus dan memiliki gaya fotografi yang bisa diandalkan.

Kelima, pemanis dan apresiasi. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah seperti rubrik tentang lelucon, rubrik khusus tentang pensiunan karyawan, kelahiran anggota karyawan, serta acara pernikahan karyawan, prestasi karyawan, prestasi perusahaan dalam mengikuti acara tertentu.

Berikut ini beberapa contoh majalah internal perusahaan yang menarik. Silakan klik pada gambar untuk mendapatkan kualitas gambar yang lebih besar.

 

Nah, dengan melaihat pemaparan saya di atas, tentu tidak mudah bukan untuk membuat majalah internal perusahaan yang berkualitas, karena harus menggabungkan banyak elemen penting untuk menjadikan majalah internal perusahaan tersebut bermutu tinggi, seperti kemampuan menulis, jurnalistik, editing, copywriting, storytelling, infografik, desain grafis dan juga fotografi serta ilustrasi yang memadai dan tidak merusah brand identity perusahaan yang ingin membuat majalah internal perusahaan tersebut.

Akan tetapi, Anda tak usah bingung, karena bagi perusahaan Anda yang membutuhkan jasa pembuatan majalah internal perusahaan, bisa menghubungi saya karena saya memiliki tim kreatif yang siap membantu Anda membuat majalah internal perusahaan yang berkualitas.

Tenang saja, kami sudah bekerja sama dengan brand-brand besar. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kualitas dan bagaimana cara kami menghadirkan pelayanan terbaik demi menghadirkan majalah internal perusahaan yang berkualitas maksimal. Silakan cek portofolio kami.


Hubungi saya lewat form di bawah ini untuk penawaran, kerja sama, atau bahkan sekadar tanya-tanya.


Fachmy Casofa
Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
Karena berkolaborasi akan lebih baik, apalagi kolaborasi yang bermanfaat. Bergabunglah bersama pembelajar lainnya. Sekarang.
Jangan khawatir, saya juga benci dengan spamming. Kita belajar bersama untuk hidup yang lebih baik.

Leave a Reply