jasa ghost writer terbaik

Jasa Ghost Writer

Jasa Ghost writer Indonesia – Tentu Anda bertanya, apa sih jasa ghost writer itu? Namanya saja jasa ghost writer, tentu saja pekerjaanya tak terlihat karena tersemat kata “ghost” dalam pekerjaannya. Beberapa orang menyebutkan bahwa jasa ghost writer adalah jasa “penulis siluman”. Ya, karena saking tak terlihatnya dan tidak mudah dideteksi pekerjaannya. Dalam sebuah proyek penulisan, seseorang yang memainkan peran dirinya dalam ranah jasa ghost writer memang tidak disebutkan namanya dalam sebuah karya, padahal sejatinya ia yang melakukan pekerjaan penulisan tersebut.

Aneh, kan?

Memang aneh. Akan tetapi, pekerjaan seperti ini ada, kok. Dan legal. Serta halal.

Misalkan, Anda adalah seorang motivator. Nah, Anda memiliki ide untuk membuat buku. Akan tetapi, Anda tak memiliki waktu dan tentu saja tak memiliki kemampuan menulis yang baik—karena memang Anda tidak fokus untuk berlatih menulis. Nah, ada baiknya Anda tinggal memesan tulisan kepada seorang ghost writer yang memang menyediakan jasa ghost writer—seperti saya ini.

Itulah peran inti dari seorang ghost writer: tugasnya adalah mengejawantahkan ide-ide Anda dalam barisan kata-kata hingga berlembar-lembar dan kemudian layak untuk dijadikan sebuah karya atau buku.

Jadi, Anda sebagai motivator tak perlu repot dan tak perlu pusing mengatur waktu Anda untuk menulis. Anda tinggal berdiskusi dengan seorang ghost writer dan memaparkan seperti apa konsep dari konten buku yang Anda inginkan.

 

Bagaimana Cara Kerja Seorang Ghost writer?

Seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer mutlak diperlukan memiliki beberapa kompetensi inti, seperti

1) menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar;

2) memiliki kemampuan bahasa asing lebih diutamakan, terutama bahasa Inggris, Arab, bahkan Mandarin;

3) memiliki kemampuan menulis tentu saja;

4) memiliki kemampuan editing;

5) memiliki wawasan tentang dunia penerbitan; dan

6) dan menguasai teknologi seperti penggunaan internet dan pengoperasian gawai modern

Nah, bekal-bekal utama itulah yang membuat kerja seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer akan lebih mudah karena dalam praktiknya cara kerjanya memang tidak mudah. Seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer harus mengerahkan banyak kemampuan, seperti riset, mewawancarai narasumber, lalu menuliskannya sesuai harapan pemesan dan juga harus selesai tepat waktu.

Kalau dipikir-pikir, pekerjaannya memang tidak gampang!

Di sinilah, seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer harus pandai untuk mengatur waktu, mampu meracik kata sehingga sesuai dengan karakter dari pemesan, dan juga mengalibrasi semua wawasannya demi kepuasan pemesan.

Nah, saya ulangi lagi. Seorang ghost writer harus lihai meracik kata sehingga sesuai dengan karakter dari pemesan alias sesuai dengan voice dari klien. Itulah mengapa diperlukam jam yang tinggi dari seorang ghost writer dalam dunia penulisan.

Selain itu, seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer tentu saja harus memiliki tim untuk membantunya. Sebagaimana saya, Fachmy Casofa, seorang yang menyediakan jasa ghost writer juga memiliki tim di Enxyclo.

Apa saja sih peran dari tim tersebut?

Editor. Tugasya tentu saja mengedit naskah hingga terjadi kesalahan yang minim. Seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer tentu saja dituntut untuk menguasai editing. Akan tetapi, peran seorang editor adalah untuk menyeksamai lagi bilamana ada kesalahan-kesalahan yang tidak perlu. Zero risk error harus diupayakan.

Layouter, desainer kover, dan ilustrator. Seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer akan lebih baik bila memahami sense of design karena memang di situlah ia bisa berperan sebagai seorang art director. Akan tetapi, tentu akan memakan waktu bila layout, kover, dan ilustrasi masih dikerjakan sendiri. Itulah mengapa diperlukan tim.

Digital marketing team. Memang tidak semua pemesan akan memerlukan ini, akan tetapi bila diperlukan, Enxyclo telah siap: mulai dari SEO (search engine optimization), social media marketing, website, Facebook Ads, dan kebutuhkan-kebutuhan lain untuk pola pemasaran modern. Klien yang modern dan mengerti akan pentingnya digital marketing tentu saja akan membutuhkan seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer untuk melakukan hal tersebut. Nah, beruntunglah Anda, karena saya, Fachmy Casofa, sebagai seorang ghost writer telah membentuk sebuah digital marketing agency bernama Enxyclo yang bisa melakukan hal tersebut.

Publishing service. Buku kalau sudah ditulis, di-layout, dikasih ilustrasi, dibikinkan kovernya, lalu harus apa? Tentu saja dicetak hingga berbentuk buku. Nah, ini ada dua kemungkinan. Pertama, bisa ditawarkan ke penerbit atau kedua bisa diterbitkan sendiri. Hal ini tergantung dari kesepakatan sejak awal.

 

Siapakah yang biasanya butuh jasa ghost writer?

Setelah memahami pemaparan saya di atas, Anda tentu sudah bisa menebak, bahwa klien dari seorang ghost writer biasanya adalah para selebriti, politikus, motivator, para public spekaer, inspirator, pengusaha, dan orang-orang “sukses” yang ingin membagikan ilmu dan pengalamannya ke lebih banyak orang. Biasanya, orang-orang “sukses” tersebut lewat bantuan seorang ghost writer akan melahirkan beberapa jenis utama produk, yakni

  • buku autobiografi;
  • buku biografi; dan
  • buku nonfiksi.

Akan tetapi, tidak luput dari kemungkinan juga bila Anda membutuhkan jasa ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer untuk membuatkan Anda artikel, ebook, bahkan naskah pidato. Intinya, hal-hal yang berhubungan dengan penulisan dan Anda tak sanggup mewujudkannya karena Anda merasa tak bisa menulis. Nah, di sinilah Anda membutuhkan seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer.

Jadi, inilah yang patut menjadi catatan.

Seorang ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer kita sewa memang untuk menuliskan karya-karya yang berbasis nonfikis atau faksi, bukan fiksi (seperti novel). Mengapa? Karena karya fiksi jelas adalah karya yang membutuhkan imajinasi dan biasanya hanya orang yang bersangkutan yang memiliki imajinasi lah yang mengerti. Berbeda dengan naskah nonfiksi yang membutuhkan riset, perpaduan wawasan, interview, dan hal-hal primer lainnya sehingga lebih mungkin untuk diselesaikan oleh seorang ghost writer.

Dengan demikian, bila Anda membutuhkan jasa ghost writer yang menyediakan jasa ghost writer, Anda bisa menghubungi saya. Apakah harganya mahal? Mahal dan tidaknya tergantung bagaimana dari kondisi dari project tersebut—tentu saja—karena pekerjaan seorang ghost writer memang tidaklah mudah. Akan tetapi, biasaya saya mematok harga mulai dari Rp30.o00.000. Silakan cek PORTOFOLIO yang untuk melihat pekerjaan-pekerjaan kreatif dan asyik yang sudah saya kerjakan bersama tim.

Oke, biasanya ada yang bertanya seperti ini, “Loh, apakah pekerjaan ghost writer legal?”

Tentu saja legal karena antara klien dan ghost writer terikat perjanjian. Lagipula, sah-sah saja kok orang yang tak bisa menulis meminta bantuan orang lain untuk menuliskan, dan yang membantu menulis tersebut dibayar secara profesional dan ia bersedia untuk tak disebutkan namanya ketika karya tersebut sudah jadi. Tentu saja, ghost writer tidak diperkenankan untuk menuliskan karya-karya ilmiah seperti skripsi, tesis, disertasi, atau hal-hal yang berkaitan dengan itu.

Polanya adalah klien adalah pemilik gagasan sedangkan ghost writer adalah orang yang membantu klien tersebut untuk mengejawantahkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan hingga enak dibaca dan bisa menyebarkan kemanfaatan yang lebih luas ke masyarakat. Hubungi saya segera untuk kerja sama lebih lanjut.

 

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
Karena berkolaborasi akan lebih baik, apalagi kolaborasi yang bermanfaat. Bergabunglah bersama pembelajar lainnya. Sekarang.
Jangan khawatir, saya juga benci dengan spamming. Kita belajar bersama untuk hidup yang lebih baik.

Leave a Reply