cari duit dari ngeblog

Jadi Jutawan Modal Ngeblog

Jadi jutawan modal ngeblog doang? Bisa. Bahkan, kamu bisa menjadi miliarder juga. Tergantung seberapa jauh usahamu. Panduan lengkap menjadi jutawan modal ngeblog doang ini adalah postingan yang sangat panjang. Jadi, tidak usaha terburu-buru. Bacalah dengan seksama dan pelan-pelan.

Mendapatkan duit dari ngeblog adalah persoalan mindset, ketekunan, ilmu yang mumpuni, dan juga strategi alam menerapkan dan mempraktikkan ilmu-ilmu tersebut. Jadi, sebelum kamu berpikir bahwa hari ini bikin blog, dan besok paginya dapat cring-cring yang mengalir deras ke rekeningmu, kamu salah.

Dapat duit dari ngeblog tidak secepat dan sesederhana itu.

Dari pengalaman, saya bisa mengatakan bahwa membuat blog itu sangat mudah. Pada dasarnya sangat mudah, namun beberapa hal tambahannya, memang memerlukan proses belajar. Dan untuk itulah artikel ini saya tuliskan.


Dan sebelum saya melanjutkan pembahasan, coba baca postingan saya ini: 5 Blogger dengan Penghasilan Miliaran Bahkan Triliunan


Sudah selesai membaca postingan tersebut?

Bagaimana? Makin bersemangat menjadi jutawan modal ngeblog doang?

Baiklah, mari kita memulai. Saran saya, tutup semua tab yang ada di browser kamu. Fokuskan hanya membaca halaman blog ini, sehingga, kamu bisa serius untuk belajar. Menjadi jutawan itu butuh keseriusan, bukan?

 

Blog adalah ….

Dalam penjelasan Darren Rowse, seorang blogger profesional, “Sebuah blog adalah sejenis situs web yang biasanya disusun dalam urutan kronologis dari tulisan (post)  yang terbaru di bagian atas halaman utama dan yang lebih lama berada di bawah.”

Berbeda dengan Darren Rowse, Harvard Univesity mendefinisikan blog sebagai, “Sebuah weblog adalah hierarki teks, gambar, objek media dan data yang tersusun secara kronologis dan dapat dilihat dalam browser HTML.”

Untuk definisi yang lebih lengkap, Wikipedia memaparkannya demikian, “Blog merupakan singkatan dari weblog, yaitu bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.”

Lebih jauh, Matisse memaparkan blog sebagai, “Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan memperbarui blog adalah ‘blogging’ dan seseorang yang membuat sebuah blog adalah ‘blogger’. Blog biasanya diperbarui harian, menggunakan software yang memungkinkan orang dengan sedikit atau tidak ada latar belakang teknis untuk memperbarui dan memelihara blog. Posting di blog hampir selalu diatur dalam urutan kronologi terkini dengan penambahan fitur yang paling menonjol.”

Nah, dari bebepara penjelasan di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa blog adalah singkatan dari weblog. Blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan mengunakan perangkat lunak (software) online atau platform host yang sangat mudah pengguna, dengan ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online instan dan mengajak publik untuk membaca dan memberikan umpan balik sebagai komentar.

Intinya, blog adalah semacam buku harian atau diari, namun online. Pemilik blog biasanya menuliskan berbagai catatannya ke dalam blog miliknya, seperti halnya buku harian. Hasil dari tulisan tersebut dapat dilihat olah pengunjung secara online. Selain itu, pengunjung blog juga bisa memberikan komentarnya pada postingan/tulisan pemilik blog.

Selain tulisan dapat pula ditambahkan gambar, video, bahkan bisa pula meng-upload file. Sehingga, pengunjung blog dapat men-download file yang pemilik blog muat.

Blog biasanya memiliki beberapa fitur yang sangat berguna baik bagi pemilik blog maupun pengunjung berupa informasi-informasi penting maupun respons dari pengunjung berdasarkan postingan yang dimuat di dalamnya.

Definisi kerennya memang banyak, namun definisi mudahnya adalah seperti saat kamu membaca artikel ini, kamu sedang membaca blog saya. Beginilah bentuk dari sebuah blog.

Istilah dalam Dunia Blogging

Dalam dunia blogging, nantinya kamu akan berkenalan dengan banyak istilah. Nah, istilah-istilah ini perlu kamu tahu, agar tidak keliru mengartikannya.

Ngeblog, yaitu istilah bahasa Indonesia untuk aktivitas blogging.

Template yaitu tampilan halaman web yang berisi elemen-elemen blog, atau sebuah tema desain dari sebuah blog tersebut.

Blogger artinya pemilik blog atau yang biasa melakukan aktivitas blogging.

Blogwalking yaitu aktivitas kunjungan seorang blogger ke blog lain.

ProBlogger yaitu orang yang menjadikan blog sebagai sumber hidupnya.

Blogosphere yaitu kumpulan blog yang saling berkaitan.

Visitor yaitu pengunjung blog.

Nah, itulah beberapa istilah dalam dunia ngeblog yang harus kamu ketahui.

 

Jenis-Jenis Blog

Kehadiran blog dengan beragam topik terus berkembang, dan kamu dapat memilih salah satu topik yang saya paparkan ini sesuai dengan kesukaan atau passion-mu. Pada dasarnya, banyak orang yang bisa membuat blog, namun kemudian tidak mampu mengurusnya.

Mengapa?

Karena dia membuat blog dengan topik yang tidak dia sukai.

Padahal, syarat utama untuk membuat blog yang menghasilkan duit adalah kamu harus menyukai topik yang kamu bahas dalam blog kamu, sehingga kamu bisa tahan lama dan artikel-artikel yang kamu sajikan menarik pembaca sekaligus membuatmu bersemangat untuk terus meng-update-nya.

Nah, demikian ini adalah contoh blog-blog yang bisa menjadi inspirasi kamu.

Blog politik. Blog ini berisi informasi tentang politik, baik profil, kampanye politik, maupun propaganda.

Blog pribadi. Blog ini milik perorangan yang biasanya memuat artikel sesuai dengan minat dan hobi si pemilik blog. Atau, biasanya berisi curhatan pribadi dan artikel-artikel yang sifatnya pengalaman pribadi.

Blog bertopik. Blog yang dikhususkan membahas tentang topik tertentu, misalnya membahas tentang fotografi, bisnis online, pemrograman, dan lain-lain. Kamu bisa memilih topik yang sesuai dengan minatmu. Semua topik pada dasarnya bisa diuangkan, tergantung bagaimana strategi kita mengelola blog dengan topik tersebut.

Blog kesehatan. Blog yang tentu saja membahas tentang informasi kesehatan.

Blog sastra. Blog yang berisi artikel-artikel berbau sastra dan seni, baik yang bersifat lokal, regional, nasional, maupun internasional.

Blog perjalanan atau traveling. Blog yang membahas tentang informasi pariwisata bagi orang-orang yang hobi traveling.

Blog riset atau penelitian. Blog ini berisi survei produk, hasil analisis masalah, jurnal penelitian dan riset milik perorangan maupun institusi riset, baik swasta maupun pemerintah.

Blog hukum. Blog yang membahas tentang kasus hukum dan kriminal.

Blog media. Blog inti berisi tentang informasi terkini sebuah media pemberitaan baik cetak maupun elektronik.

Blog agama. Blog yang berisi tentang artikel-artikel keagamaan.

Blog pendidikan. Blog yang berisi tentang opini tentang kependidikan, atau blog milik institusi pendidikan.

Blog bisnis. Blog yang memuat informasi dan referensi tentang bisnis online maupun online, informasi tentang peluang usaha, kurs mata uang dan investasi bisnis.

Blog mode. Blog berisi perkembangan mode ter-update, model rambut, model pakaian terbaru, dll.

Dan tentu, jenis-jenis blog lainnya masih banyak. Paling tidak, dengan pemaparan ini, kamu memiliki gambaran, hendak memulai blog yang seperti apa.

 

WordPress atau Blogger?

Untuk menjadi jutawan modal ngeblog, ada dua pilihan yang bisa kamu gunakan. Apakah WordPress ataukah Blogger. Baiklah, kita bahas secara singkat mengenai dua platform tersebut.

WordPress.com. Ini adalah platform favorit saya. Mengapa? Karena WordPress lebih ramah dengan SEO, dengan banyaknya pilihan theme mengagumkan yang bisa kita gunakan. WordPress dibangun dengan sebuah bahasa pemrograman PHP dan berbasis data (database) MySQL. WordPress ini sangat cocok digunakan untuk sebuah website komersial atau juga untuk sebuah website jual-beli.

Blogger.com adalah tempat membuat blog yang paling populer dan sekarang dibeli oleh Google. Blogger begitu populer dan banyak digunakan oleh para pengguna internet di dunia, layanan blog yang berada di situs ini sangat mudah untuk digunakan, termasuk bagi kamu yang newbie sekalipun. Namun saya tidak merekomendasikan, karena cenderung tidak kelihatan profesional dalam tampilan user interface maupun user experience-nya.

 

Apa Saja yang Kita Dapatkan dari Ngeblog

Oke, kamu memang bertujuan untuk bisa mendapatkan duit hanya bermodal ngeblog. Akan tetapi, ternyata itu adalah salah satu manfaat saja dari ngeblog. Masih banyak manfaat lain dari ngeblog.

Pertama, blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online. Dengan ngeblog, kamu mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog. Blog kemudian juga menjadi alat personal branding kamu. Blog adalah media paling ampuh sebagai alat untuk promosi online tentang keahlian sekaligus “siapa kita” kepada netizen. Tempat di mana kamu bisa pamer keahlian.

Kedua, blog bisa menghasilkan uang yang tidak sedikit. Untuk bisa menghasilkan uang seorang blogger memang harus kerja keras dan tekun berusaha. Bahkan, hanya bermodal hobi saja, kamu bisa mendapatkan income puluhan juta hanya dari ngeblog. Banyak kok yang sudah membuktikannya.

Ketiga, tentu saja mendapatkan tambahan klien dan relasi bisnis. Kamu mungkin tak akan pernah menduga, hanya bermodal ngeblog rutin, kamu bisa mendapatkan tawaran kerja sama dan kolaborasi, sehingga kamu bisa memiliki income tambahan yang jumlahnya bukan ratusan ribu, tetapi jutaan. Mengagumkan, bukan?

Keempat, menjadi penulis yang lebih baik. Tak ada manusia sempurna di bumi ini. Begitu juga tak ada yang memiliki kemampuan menulis sempurna di bumi ini, kecuali dia terus menerus melakukan latihan. Nah, ngeblog adalah sarana terbaik untuk berlatih menulis. Dan setiap harinya, ketika kamu berlatih menulis, kemampuan menulismu akan semakin baik, dan tentu saja, selain ngeblog, kamu bahkan bisa menulis buku!

Mengapa bisa begitu? Karena kamu terbiasa menulis. Dan royalti dari menulis buku cukup menggiurkan. Yah, lumayanlah bisa buat beli Yamaha N-Max terbaru secara cash!

Kelima, memperoleh pengaruh. Kamu bisa menjadi seorang influencer, yang bisa memberikan pengaruh-pengaruh positif kepada pembacamu, dan merekomendasikan beberapa produk tertentu, sehingga kamu pun mendapatkan tambahan income lagi dari kerja sama ini.

Keenam, kamu bisa meningkatkan keahlianmu seiring dengan pembahasanmu yang semakin hari semakin mendalam dalam niche blog yang kamu kelola.

Ketujuh, ngeblog membuatmu memiliki dan membangun jaringan pertemanan dan bisnis yang lebih luas.

Kedelapan, secara tidak sadar, kamu belajar mengenai desain web, HTML, dan CSS. Bahkan, kamu juga secara alami belajar mengenai desain grafis, marketing, dan juga content marketing dan pemasaran lewat media sosial.

Kesembilan, blog menjadi CV onlinemu. Semakin bermutu konten blogmu, akan semakin banyak orang yang datang mengunjungi blogmu, dan tingkat authority-mu juga terus melesat. Dan ini sangat baik bagi personal branding dan juga bagi personal maupun bisnismu ke depannya.

 

panduan menjadi editor andal

KENDALA BLOGGER PEMULA

Wah, sepertinya menarik bukan menjadi seorang blogger? Apalagi bisa menjadi jutawan hanya bermodal ngeblog. Uh, siapa yang tidak ingin.

Akan tetapi, tunggu dulu.

Ngeblog adalah soal mengelola konten. Saat kita tak sanggup mengelola konten, kita akan stres dan menyerah.

Itulah mengapa, tak banyak blogger yang berhasil. Sebagian besar hanya bertahan satu hingga tiga bulan saja. Sisanya, blog menjadi tidak terurus, padahal potensi untuk mendapatkan uang dari ngeblog sangatlah besar.

Berikut masalah yang sering dihadapi blogger pemula.

1 – Dari mana sumber inspirasi

Harus secara rutin mengisi konten blog bukanlah hal yang mudah. Apalagi menulis artikel di blog, karena memang menulis bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan begitu mudahnya. Nah, permasalahan paling mendasar dari seorang blogger adalah ketidakmampuannya untuk mendapatkan inspirasi dari menulis artikel.

2 – Harus memulai dari mana

Mungkin kamu juga pernah mengalami hal tersebut. Kamu tak tahu harus menulis artikel dari mana. Ada ide di otak, namun terasa begitu sulit untuk menuangkannya. Kendala seperti ini harus bisa kamu atasi, bila ingin mendapatkan duit jutaan modal ngeblog.

Hal paling mendasar untuk mengatasi permasalahan seperti ini adalah: teruslah menulis semampu kamu. Seiring waktu, tulisanmu akan terus menjadi lebih baik. Dan itu artinya kamu berproses.

3 – Kualitas artikel

Jangankan blogger pemula. Blogger yang sudah mahir sekalipun, sebenarnya memiliki kendala yang sama, yakni kualitas konten. Akan tetapi, masalah ini bisa diatasi, bila kamu memiliki strategi yang cukup, yakni dengan cara memposisikan diri sebagai pembaca.

Dengan memposisikan diri sebagai pembaca, kamu akan tahu bagaimana rasanya membaca artikelmu sendiri.

Tuntaskanlah pembahasan, sisipkan gambar, diagram, foto, dan beberapa fitur lain yang diperlukan. Hal tersebut akan membuat artikelmu terlihat lebih menarik, profesional, dan tingkat kebermutuannya menjadi lebih tinggi.

4 – Sulit menulis artikel panjang

Ada sebuah fakta yang menarik, yakni artikel yang biasa nangkring di halaman pertama adalah artikel yang memiliki kepanjangan lebih dari 1000 kata. Hayo, pusing, kan? Menulis 400-500 kata susahnya minta ampun, kok menulis lebih dari 1000 kata.

5 – Sudah mendapatkan pengunjung

Untuk menjadi blogger yang dikenal banyak orang, tingginya traffic sangat menentukan. Melalui jumlah pengunjung yang ramai itulah sebuah blog bisa dinilai berkualitas dan pantas untuk dijadikan rujukan (blog otoritas). Meskipun begitu, seiring berjalannya waktu dan bertambahnya jumlah artikel serta proses mencari backlink yang tepat akan menjadi solusi untuk mendapatkan pengunjung.

 

CARA MENGHASILKAN DUIT MODAL NGEBLOG

Kedengarannya mudah menghasilkan uang dari blog. Akan tetapi, jika kamu tidak tahu caranya dan tidak bekerja keras, akan sangat sulit untuk menghasilkan duit ratusan bahkan jutaan dari modal ngeblog.

Mengapa?

Karena kamu harus memelihar blogmu, alias rajin meng-update konten di blog kamu.

Selain itu, kamu juga harus merencanakan sejak awal tujuan dari blog kamu. Mengapa? Karena, dengan tujuan yang jelas, akan membuat kamu lebih fokus untuk melakukan aktivitas blogging dan lebih mudah dalam me-monetize blog kamu nantinya.

Banyak orang yang ngeblog hanya untuk ikut-ikutan atau iseng saja. Seiring waktu, nanti akan terlihat, yang aktif dan pasif. Dan tentu saja, blog yang aktif akan lebih banyak diminati oleh pengunjung dan hal ini berarti potensi untuk menghasilkan uang dari blog terbuka lebar.

Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari blog.

1 – Komisi dari Affiliate Marketing

Bergabung dalam sebuah program affiliasi adalah salah satu cara untuk menjadi jutawan modal ngeblog. Ada orang yang tidak mau repot-repot membuat produk sendiri. Tidak mau repot urusan pembayaran, repot buat produk, dll. Affiliate marketing bisa jadi pilihan yang menarik mendatangkan duit modal ngeblog.

Bahkan, menurut saya, penghasilan dari affiliate marketing ini besar. Sangat besar.

Teman saya, Mas Gani, bahkan dalam satu hari, memperoleh Rp14.000.000, hanya dari menjadi affiliate marketing ini. Sehari doang loh, itu. Sehari!

Cara kerja affiliate marketing ini sangat gampang. Kamu tinggal memilih produk affiliate untuk dijual. Lalu, kamu mempromosikan produk tersebut. Ketika ada pengunjung blogmu yang membeli dari kamu, maka kamu akan mendapatkan komisi sekian persen dari harga produk.

Hanya saja, yang perlu kamu perhatikan adalah, program affiliasi yang kamu ikuti sebaiknya sesuai dengan topik blog kamu. Misalnya sebuah blog topiknya tentang internet marketing, maka program affiliasi yang kamu ikuti harus berhubungan dengan niche tersebut.

Bagaimana caranya menjadi affiliate marketer?

Nah, itu adalah pertanyaan yang menarik. Ada dua cara kamu bisa mulai mempromosikan produk afiliasi. Pertama, dengan bergabung dalam affiliate network. Kedua, dengan cara mencari langsung program afiliasi individu yang ada.

Saran saya untukmu yang masih pemula, bergabunglah dengan affiliate network buatan anak Indonesia, semacam IDAFF dan RATAKAN. Dari sana, kita akan mendapatkan suguhan banyak sekali pilihan produk untuk kita jualkan, dengan komisi yang menggiurkan.

Masih kesusahan untuk memahaminya? Maka, saran saya, kamu bergabung dengan MONSTER AFFILATE, yaitu sebuah kursus untuk menjadi seorang affiliate marketer. Murah, kok. Ketika saya bergabung, hanya sebesar 400.000-an saja. Dan ini adalah kursus untuk bisnis affiliate marketing versi indonesia terbaik yang pernah saya ikuti, karena diisi oleh dua orang mentor yang sudah level mastah dengan pemaparan materi yang super enak dipahami, bahkan oleh pemula sekalipun! Enaknya lagi, ada grupnya di Facebook dan Telegram di mana member-nya saling support demi perkembangan bersama. Didukung dengan pematerinya adalah DEWA EKA PRAYOGA dan ANDRI ANDROPIA. Sebuah kesempatan yang sangat langka dan harus kamu manfaatkan, kalau kamu memang serius ingin menjadi jutawan modal ngeblog doang.

Nah, untuk affiliate network yang ada di luar negeri adalah:

Amazon: menjual produk fisik.

Clickbank: menjual produk digital.

WarriorPlus dan JVZoo: menjual produk internet marketing.

ShareASale: menjual berbagai produk dan layanan.

CJ: menjual berbagai produk dan layanan.

Rakuten Linkshare: Berbagai produk dan layanan

Envato: Produk untuk web developer dan desain grafis.

Produk afiliasi yang bagus dan dipromosikan dengan benar akan mendapatkan conversion rate yang tinggi. Keunggulan mempromosikan produk affiliate melalui blog dibandingkan dengan memasang iklan adalah tidak merusak tampilan website dan komisi yang kamu dapatkan jauh lebih tinggi.

2 – Menawarkan Ruang Iklan di Blog (Direct Advertising)

Direct advertising adalah metode di mana kamu menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog kamu.

Cara seperti ini memiliki keunggulan dan kelemahannya sendiri.

Kelebihan dari cara ini, kamu punya penghasilan besar, tanpa melalui pihak ketiga, seperti program affilate marketing tadi. Karena, sang pengiklan langsung menghubungi dirimu, atau, kamu secara langsung menghubungi sang pemilik brand. Sediakan saja slot di website kamu berupa banner yang berada di samping.

Akan tetapi, satu hal yang perlu kamu ingat.

Blog yang menghasilkan uang pastilah blog dengan traffic yang tinggi. Traffic yang tinggi tentu saja menarik minat banyak pengiklan. Kamu bisa menyiapkan ruang/spot untuk pemasangan iklan di blog kamu. Sang pengiklan bisa menyewanya per bulan atau per tahun. Terserah metodemu sendiri.

Tentu saja kamu harus pintar-pintar memilih produk iklan yang akan dipasang di blog. Pilihlah produk yang sesuai dengan topik blog atau yang berkaitan dengan konten blog.

Misalkan blog saya yang lain, yakni HIJABPRENEUR, saya hanya menerima iklan mengenai fesyen.

Hindari iklan yang bertentangan dengan niche blog kamu karena akan membingungkan pengunjung. Jangan sampai iklan yang kamu pasang dianggap mengganggu dan membingungkan dan justru mengurangi visitor.

3 – Memasarkan Jasa atau Produk Sendiri

Misalnya, kamu hobi memasak, kamu bisa posting konten berupa resep-resep masakan yang kamu praktikkan. Semakin blog kamu diminati orang, semakin besar peluang yang kamu dapatkan. Bisa jadi, akan melayani pemesanan makanan yang kamu buat dan akhirnya kamu bisa membuka catering.

Contoh lainnya, nih. Jika kamu hobi menulis dan tertarik dengan internet marketing, maka kamu bisa mulai membuat e-book dan video tutorial yang kamu bagikan secara gratis. Selanjutnya, kamu dapat membuat e-book dan video tutorial yang berkualitas sehingga bisa kamu jual dan memberi income.

Semakin kamu rajin membuat konten yang berkualitas, menarik dan bermanfaat, semakin besar orang yang berminat terhadap produk kamu. Dan tidak menutup kemungkinan akhirnya kamu dapat menerbitkan buku karya kamu.

Nah, untuk strategi MENEMBUS PENERBIT, sudah saya paparkan dengan sangat gamblang di SINI.

Selain produk, kamu juga dapat menawarkan pelayanan jasa di blog anda. Misalnya yang memiliki keahlian khusus seperti: membuat website, menulis artikel, desain grafis, dll. Kalau kamu perhatikan, di blog ini, kamu bisa menemukan tulisan WRITING SERVICE. Di sanalah saya memasarkan keahlian saya dalam penulisan.

4 – Paid for Review

Yang dimaksud dengan paid for review atau paid post adalah metode monetisasi di mana kamu dibayar hanya dengan me-review produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog kamu. Jika direct advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

Banyak yang ingin agar bisnis mereka diulas di blog orang lain. Satu artikel review biasanya dibayar sebesar Rp300.000–Rp500.000.

Tergantung dengan negosiasi sebenarnya. Semakin terkenal blogmu, semakin sering kamu menulis artikel bermutu, maka blogmu semakin berkualitas, dan daya tawarmu tentu semakin tinggi.

5 – CPA Marketing

CPA adalah bisnis di mana kamu dibayar berdasarkan tindakan atau apa yang diperintahkan oleh penyedia layanan tersebut. CPA marketing merupakan salah satu cara terbaik yang sangat populer untuk mendapatkan penghasilan secara online karena rata-rata komisinya besar.

CPA lebih digunakan untuk ‘action‘ atau tindakan. Apa saja? Misalkan:

  • Mengisi form pendaftaran
  • Mendaftarkan alamat email
  • Memberikan informasi kartu kredit
  • Mengunduh file
  • Subscribe/berlangganan terhadap suatu layanan
  • Mengisi survei
  • Meng-install software/aplikasi (sering juga disebut CPI – Cost per Install)

 

Dalam CPA marketing, kamu akan “merayu” pengunjung untuk melakukan tindakan-tindakan di atas kepada website/produk/layanan tertentu.

Setiap kali pengunjung melakukan ‘tindakan’ yang dimaksud atau dengan kata lain kamu berhasil membujuk pengujung, maka kamu akan mendapatkan komisi.

Komisi yang anda dapatkan dari CPA beragam mulai dari $0.01 sampai $50 bahkan lebih. Semakin sulit tindakan yang diminta, semakin tinggi pula komisi yang diberikan. Misalnya, pendaftaran email termasuk yang mudah jadi komisinya lebih kecil daripada informasi kartu kredit atau mengisi survei.

CPA marketing tidak terlepas dari sebuah proses bernama optimasi. Tugas pokok dari seorang CPA marketer adalah mempromosikan tawaran dan mengoptimasi kampanye promosinya. Optimasi harus dilakukan secara terus-menerus supaya selalu mendapatkan hasil terbaik.

Ada tiga elemen utama dalam sebuah proses CPA, yakni: iklan, landing page dan offer. Ketiga elemen ini masing-masing harus dioptimasi seiring proses berpromosi. Jika kamu tidak menggunakan paid traffic maka tidak perlu pusing dengan optimasi iklan.

6 – Publisher untuk Google Adsense

Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang menghubungkan antara pemasang iklan/advertiser dengan para pemilik website atau blog.

Nah, jika ingin menghasilkan uang dari program seperti ini, kamu perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut. Baru, setelah itu kamu akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog.

Penghasilan yang didapatkan biasanya dihitung setiap kali ada orang yang mengklik iklan yang kamu pasang. Makanya, biasanya bisnis ini disebut dengan PPC (Pay Per Click).

Salah satu program Advertising Networks yang paling populer adalah Google AdSense. Untuk menjadi publisher dan mendapatkan uang dan mendapatkan uang dari Google Adsense, kamu harus punya blog yang memiliki traffic yang cukup besar dan mendaftar ke pihak Google untuk menjadi mitra ini.

Penghasilan publisher didapatkan dari klik valid iklan adsense yang ada di blog. Jadi, jangan sekali-kali berpikir untuk melakukan klik pada iklan Anda sendiri karena ini dilarang oleh pihak Google Adsense.

7 – Membership

Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program di mana kamu menyediakan konten premium di blog kamu dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.

Biasanya membership bulanan dan tahunan. Kamu memberikan fasilitas dan akses khusus kepada para member blog lkamu. Program membership terbukti efektif mendatangkan income yang terus mengalir.

Misalkan, blog saya ini fokus membahas tentang penulisan, penerbitan, dan digital marketing. Maka, saya mengadakan program membership untuk trik penulisan buku, dengan konten yang hanya bisa diakses hanya oleh yang telah membayar biaya membership.

8 – Private Label Right (PLR)

Salah satu bisnis PLR lokal favorit saya adalah PLRTUBE.COM, karya Mas Andri Andropia. PLR merupakan singkatan dari Private Label Right. Produk-produk PLR meliputi banyak hal (terbatas pada produk digital), seperti artikel,ebook,software, grafis, template, dll. PLR merupakan solusi sederhana bagi kamu yang ingin menjual karya digital tanpa perlu membuatnya sendiri.

Pada produk PLR, klaim kepemilikan bahkan nama pembuatnya dapat diubah tanpa melanggar hak cipta.

Kok bisa?

Karena pada dasarnya, bisnis PLR adalah mengklaim sebuah produk yang memiliki lisensi PLR dan menjualnya kepada orang lain. Di sinilah enaknya bisnis PLR. Dengan produk PLR kamu bisa:

  • Memarketkan produk PLR dengan nama nama kamu
  • Mengedit, memperbarui bahkan menjual kembali dan mendapatkan 100% profit.
  • Tidak perlu pusing membuat konten video & artikel.
  • Tidak perlu pusing membuat sales letter & download area.
  • Karena kamu hanya perlu download, edit, upload dan jual.
  • Dan masih banyak lagi…

Dengan membeli sekali produk PLR, maka kamu sudah bisa mengklaim produk tersebut dengan nama kamu sendiri dan memasarkannya dengan KOMISI 100% menjadi milik kamu.

Bayangkan bila kamu membeli produk PLR seharga Rp150.000, dan kamu bahkan boleh menjual produk tersebut seharga minimal Rp150.000, artinya bisa kamu jual Rp180.000 dengan 500 pembeli. Berapa yang kamu dapatkan? Rp90.000.000! Padahal, modal kamu hanya Rp150.000.

kesalahan dalam penulisan

KUNCI MENGHASILKAN DUIT DARI NGEBLOG

Apakah blog menghasilkan duit itu segampang kedengarannya? Tentu tidak. Kamu harus tahu cara mengelola blog dengan benar sehingga menghasilkan income. Jika pada artikel-artikel sebelumnya kamu mengetahui cara menghasilkan uang dari blog. Maka, belum lengkap rasanya jika kamu belum tahu kunci menghasilkan uang melalui blog.

Berikut kunci keberhasilan yang harus kamu kuasai.

1 – Konten

Konten adalah raja. Ini adalah ungkapan yang paling ampuh di dunia internet marketing. Semua master blog mengandalkan konten di blog mereka. Pada umumnya pengguna internet mencari informasi di dunia maya. Jika blog anda bisa menyediakan informasi yang dicari dan dibutuhkan mereka tentu saja blog kamu akan cepat berkembang dan tumbuh besar.

Oleh karena itu, saran saya, buatlah konten yang berkualitas, yang membuat orang ingin mengunjungi blogmu lagi dan lagi.

Ubahlah hobi, bakat dan keahlian kamu menjadi informasi yang dibutuhkan pembaca.

2 – Traffic

Blog tanpa traffic, ya agak percuma juga. Karena traffic adalah sumber dari income kamu. Semakin besar traffic, akan semakin baik untuk blog kamu ke depannya.

Dari mana mendapatkan traffic?

Bisa dari media sosial, misalkan dengan rajin menyebarkan link artikel kita lewat website.

3 – Sharing-Sharing Dahulu, Selling Kemudian

Itu adalah strategi yang diajarkan oleh Coach Dewa Eka Prayoga. Membangun bisnis sama dengan membangun jaringan dan komunikasi. Blog anda harus cukup friendly dengan pengunjung.

Bagaimana caranya?

Bangun komunikasi yang efektif dan berikan pelayanan yang maksimal. Bangun komunikasi dua arah dengan pengunjung blog. Balas komentar dan tanggapan yang diberikan pengunjung terhadap postingan kamu, karena dengan demikian mereka merasa dihargai.

Kamu juga dapat memberikan pelayanan khusus bagi pengunjung misalnya memberikan e-book gratis, video tutorial gratis, kupon diskon, dll.

4 – Monetizing

Kunci terakhir adalah monetizing dari blog kamu. Inilah yang membuat blog kamu menghasilkan duit.

Monetizing blog ada dua jenis, yaitu:

Satu, monetize langsung. Yaitu, memanfaatkan program monetisasi seperti Google Adsense, iklan PPC Lokal, Affiliate Program atau menulis review terhadap program afiliasi.

Dua, monetize tidak langsung. Yaitu, dilakukan dengan memanfaatkan blog yang kamu miliki sebagai sarana menawarkan barang dan jasa yang kamu tawarkan. Monetisasi ini bisa berupa jasa pembuatan website, jasa SEO, jual e-book, jual jasa dari kemampuan yang kamu bisa, dan lain sebagainya.

Nah, sudah ada bayangan kan bagaimana jadi jutawan modal ngeblog doang?

Artikel yang saya tulis di sini hanyalah dasar-dasarnya saja. Untuk versi lengkapnya, saya membuat ebook-nya, dengan pemaparan yang lebih lengkap. Bahkan, mungkin super lengkap, membahas dari dasar, dibimbing dengan cara step by step, dan bisa dikonsumsi mulai dari yang baru belajar ngeblog hingga yang sudah bertahun-tahun ngeblog namun belum juga bisa me-monetizing blognya.

Kamu bisa melihat daftar isi dari ebooknya seperti ini.

cari duit dari ngeblog

EBOOK JADI JUTAWAN MODAL NGEBLOG

BAB

KONTEN

PENDAHULUAN Menjadi Jutawan Lewat Ngeblog Bukanlah Isapan Jempol
BAB 1

MENCARI TOPIK BLOG

·      Topik Apa yang Bisa Menghasilkan Uang?

·      Pertimbangan dalam Memilih Niche

·      Menentukan Niche yang Tepat

·      Melakukan Diferenesiasi Niche

BAB 2

MENGGUNAKAN PLATFORM WORDPRESS

·      Mengapa Harus WordPress?

·      Menyewa Hosting dan Domain

·      Tips Menentukan Nama Domain

·      Cara Membeli Hosting dan Domain

·      Instalasi WordPress

BAB 3

DASAR-DASAR WORDPRESS

·      Membuat Post Baru

·      Video dalam Post

·      Post dan Page

·      Categories dan Tags

·      Mengganti Theme

·      Instalasi Plugin

·      10 Plugin Terbaik untuk Blog

·      Mengganti Favicon

·      Mengatur Widget

·      Membuat Menu Navigasi

·      Mengubah Permalink

·      Memasang Google Analytics

·      Pengaturan Yoast SEO

·      Panduan Membuat Tampilan Blog seperti Profesional

BAB 4

SUMBER PENDAPATAN DARI NGEBLOG

·      Membuat Produk Digital

·      Membuat Produk Fisik

·      Program Afiliasi

·      Jasa atau Layanan

·      Publisher Iklan

BAB 5

BELAJAR SEO

·      Konsep Dasar SEO

·      On Page SEO

·      Riset Kata Kunci

·      Content Marketing

·      Off Page SEO

·      Link Building

·      Menilai Kinerja SEO

BAB 6

PANDUAN MENULIS ARTIKEL YANG BAGUS DAN MENARIK DI BLOG BAHKAN VIRAL

·      Mempelajari Karakter Calon Pembaca

·      Memancing dengan Judul yang Menarik

·      Metode Piramida Terbalik dalam Menulis Artikel di Blog

·      Beberapa Teknis Kecil namun Berdampak Besar

·      Kualitas dan Bobot Artikel

·      Laten Semantic Index

·      Editing Naskah Artikel

·      Membuat Konten yang Berpotensi Viral

BAB 7

KEYWORD RESEARCH

·      Search Intent

·      Mencari Keyword yang Tepat

·      Analisis Tingkat Kesulitan

·      Strategi Keyword

·      Long Tail Keyword

·      Meningkatkan Performa Keyword

BAB 8

MEMPROMOSIKAN KONTEN

·      Menyiapkan Umpan

·      Email List

·      Media Sosial

·      Mention Blogger

·      Memvariasi Bentuk Konten

·      Komentar Cerdas di Blog Lain

·      Guest Blogging

BAB 9

MAHIR BERJUALAN DENGAN COPYWRITING

·      Mindset Copywriter

·      Formula AIDA

·      Copywriting untuk Iklan

·      Copywriting untuk Landing Page

·      Copywriting untuk Email

·      Copywriting untuk Media Sosial

BAB 10

LEAD MAGNET

·      Jenis Lead Magnet

·      Menentukan Topik untuk Lead Magnet

·      Membuat Ebook PDF

·      Strategi Meningkatkan Efektivitas Lead magnet

·      Mengirimkan Lead Magnet Secara Otomatis

PENUTUP

 

Bila kamu perhatikan, ebook tersebut adalah panduan superlengkap tentang mendapatkan duit modal ngeblog doang. Bahkan, penghasilan kamu bisa saja tak hanya puluhan juta, namun juga ratusan juta. Dan semua saya sajikan dalam satu ebook, hasil dari pembelajaran saya selama tiga tahun, yang telah menelan biaya sekitar Rp75.000.000, mulai dari membeli ebook, mengikuti seminar, webinar, kursus, diskusi dengan para master, dan lain sebagainya. Dan jangan lupakan pula bagaimana saya menghabiskan waktu berjam-jam untuk belajar, dan saya merangkumnya ke dalam sebuah ebook.

Artinya, kamu tak perlu melakukan seperti apa yang sudah saya korbankan seperti di atas. Mengorbankan waktu dan juga biaya.

Khusus untuk kamu yang preorder, akan mendapatkan potongan sebesar 50%. Silakan mendaftarkan diri lewat form di bawah ini, agar saya bisa mendatanya dan memberi tahu kamu kapan ketika buku ini sudah jadi dan siap kamu konsumsi dan praktikkan untuk menjadi jutawan modal ngeblog doang.

Pada bagian SUBJECT, tulislah PREORDER EBOOK JADI JUTAWAN MODAL NGEBLOG

Pada bagian MESSAGE, tulislah alasan mengapa kamu butuh banget ebook ini.

Semua data yang masuk akan saya simpan dan tidak akan saya salahgunakan.

Nah, akhir kata, bila masih ada pertanyaan, silakan tinggalkan di kolom komentar. Jangan lupa untuk share, agar teman-teman kamu tahu bahwa banyak peluang yang tersedia di internet yang bisa dimanfaatkan menjadi duit, bahkan kita bisa menjadi jutawan hanya bermodal ngeblog saja.

 


Yuk, WAJIB SHARE DI MEDIA SOSIAL, ya!


Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

2 thoughts on “Jadi Jutawan Modal Ngeblog

Leave a Comment