. . .

Harus Menulis Apa Hari Ini?

Historia vitae magistra. Sejarah atau pengalaman adalah guru kehidupan yang baik. Itulah cara sederhana memulai menulis. “Menulislah tentang pengalaman dan perasaanmu sendiri,” kata J. K. Rowling. Setiap orang mempunyai jejaring dan jalan hidup sendiri-sendiri. Semua akan terasa menyenangkan saat kita menuliskan kisah kita tersebut.

Ada banyak orang yang membutuhkan kisah itu, kemudian diambil maknanya. Itu pun saja sudah disebut menulis. Artinya, tak perlu memikirkan pusing-pusing harus menulis apa.

Mulailah dari hal-hal sederhana yang pernah terjadi dalam hidup kita. “Menulislah dengan alasan apapun asal bukan untuk meremehkan,” kata Stephen King.

Menulislah apa saja yang kita mau, dan mulailah menulis apa saja yang kita tahu. Dua hal tersebut akan membangkitkan serta membuat semua kekata yang kita goreskan akan terasa nikmat dan berdaya. Menulis adalah mengubah hal-hal negatif menjadi positif dalam kehidupan. Lalu, apa ciri yang melekat di dalam diri seseorang yang dapat menunjukkan bahwa dia dipengaruhi dan diubah oleh sesuatu yang positif? Dia mau dan menjadi berkembang, itu jawabnya.

Menulis, paling tidak akan mengubah si penulis menuju pemahaman dan cara hidup yang lebih baik. Pada saat yang sama, dia kemudian juga berdaya dan benar-benar terbangkitkan antusiasmenya untuk terus lebih baik dalam menyajikan tulisan.

Setiap katanya berdaya: memberikan pengaruh, menyajikan keindahan, melazimkan keanggunan, dan rerentet katanya mewakili susunan menuju kehidupan yang lebih baik.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

2 thoughts on “Harus Menulis Apa Hari Ini?”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.