. . .

Hal Apa Saja yang Harus Kamu Lakukan Sebagai Blogger Pemula?

Banyak yang bertanya kepada saya, bagaimana saya bisa rutin menulis di blog ini, secara konsisten, dan gilanya lagi, kata mereka, dengan beragam tema namun tetap dalam satu bingkai: kreatif. Dan lebih gilanya lagi, kata mereka lagi, tampilan blog ini keren, responsif, dan ngangeni untuk dikunjungi balik. Itulah mengapa, walau blog ini baru saya gulirkan awal tahun 2015, namun sehari sudah ada pengunjung mendekati angka dua ribu!

Saya tidak memiliki resep khusus. Akan tetapi, berangkat dari pengalaman, saya akan sharing deh tentang apa saja sih yang harus kamu lakukan agar bisa ngeblog dengan baik dan rutin.

Satu. Ngebloglah sesuai passion-mu. Iya, kamu harus sering bertanya-tanya kepada diri sendiri, “Aku ngeblog untuk apa?” Ngeblog tidak sehari atau dua hari. Maka, pastikan dia sesuai passion-mu. Bila tidak, kamu tidak akan konsisten mengisi konten. Karena passion-ku dunia kreatif, maka saya pun ngeblog bertema itu. Jadinya enak, santai pas nulis, dan bisa terus ngisi konten.

Dua. Gunakan WordPress dan pilihlah theme yang bagus. Hingga saat ini, WordPress tetaplah platform terbaik menurut saya. Selain itu, plugin pendukungnya juga banyak. Theme yang dipilih pun luar biasa banyak dan bagus-bagus. Maka, pastikan memakai WordPress dan pilih theme yang bagus, yak. Kalau mau gratisan, bisa nongkrongin di banyak penyedia theme WordPress gratisan. Kalau mau versi berbayar seperti punya saya ini, bisa nongkrongin di ThemeForest. TInggal pilih sesuai kebutuhan.

Tiga. Pastikan rajin nge-share postingan ke sosial media. Kenapa saya bisa mendapatkan trafik yang lumayan banyak, mungkin karena saya memiliki banyak follower di sosial media. Selain itu, mungkin juga karena kualitas konten yang terjaga. Maka, bila selesai membuat konten yang bagus, jangan dibiarkan. Saatnya menjualnya. Saatnya membaginya di sosial media. Akan banyak para pengunjung yang mendapatkan kebermanfaatan dari postinganmu. Apalagi, bila mereka dengan sukarela nge-share postinganmu. Itu tentu anugerah tersendiri.

Yap. Tiga tips tersebut semoga membantu. Hal itu sudah saya praktikkan sendiri. Sekarang giliran kamu. Oiya, blog kamu apa dan membahas tentang apa? Boleh dong kita saling sharing dan bertukar kunjungan.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

8 thoughts on “Hal Apa Saja yang Harus Kamu Lakukan Sebagai Blogger Pemula?”

  1. Blogmu memang mbois mas, responsif dan ngangeni-nya boleh juga tuh 🙂
    Selama ini, aku masih nulis seputar pengamatan dan pencatatan ala pekerja profesional sih. Jarang banget yang pakai sudut pandang personal, apalagi yang bisa terasa banget ciri khas pribadinya #eh.

    Ada saran gak, buat blogku yang membahas khusus “Pengembangan Bakat” (bakat.co.id)? Siapa tahu, bisa lebih banyak yang mengunjungi dan menerima manfaat dari sini.

    Matur nuwun.

    1. Ahahah. Memang ngangeni kok, Mas.

      Konten blog sudah luar biasa bagus, Mas. Cuman mungkin landing page-nya yang kurang ehem. Coba deh beli theme di ThemeForest. Banyak, tinggal milih, dan bagus-bagus, Kok.

  2. Saya juga pakai wordpress mas. Mas beli thema berbayar kayak gini berapa? Kalau blog saya berhubungan dengan liputan komunitas, kuliner, produk hingga travel mas. Saya suka dengan kegiatan sosial, dan hal-hal unik di dalamnya mas.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.