Eksotisme Alam dan Sejarah Bumi Sriwijaya

Siapa sangka, Palembang yang selama ini dikenal dengan pempek dan Jembatan Ampera ternyata merupakan kota tertua di Indonesia. Ya, kota yang sering dijuluki “Bumi Sriwijaya” ini telah berdiri sejak tahun 688 masehi. Dengan panjangnya rekam jejaknya, tak heran jika ibu kota Provinsi Sumatra Selatan ini memiliki banyak wisata religi dan sejarah.

Tidak hanya itu, kota terbesar kedua di Pulau Sumatra ini juga dikaruniai eksotisme alam yang tak kalah memesona. Menariknya, wisata alam di kota ini umumnya masih berkaitan erat dengan sejarah kota itu sendiri.

 

wisata kota palembang

Apa saja? Berikut destinasi wisata alam yang patut Anda nikmati ketika bertandang ke Palembang.

1 – Wisata Sungai Musi

Sungai Musi adalah sungai terpanjang di Pulau Sumatra, tepatnya sepanjang 750 km dan telah membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Uniknya, sungai ini tidak hanya difungsikan sebagai pendukung sektor ekonomi, tetapi juga dimanfaatkan sebagai salah satu sektor pariwisata. Tersedia perahu wisata yang akan membawa Anda menjelajah dan mengarungi sungai, sembari menikmati suguhan panorama kota.

Anda pun bisa menyaksikan kegagahan Jembatan Ampera yang menghubungkan dua daerah di kedua sisi Sungai Musi, yaitu Seberang Ulu dan Seberang Ilir. Terdapat pula beragam sajian kuliner yang bisa Anda nikmati di tepian sungai.

2 – Pulau Kimaro

Pulau yang letaknya berada di tengah Sungai Musi ini tidak hanya menawarkan panorama alam yang indah, tetapi juga wisata religi yang sakral. Uniknya, wisata religi yang ada di pulau ini cukup beragam, mulai dari wisata religi umat Muslim, Tionghoa, dan Buddha. Di sini, Anda bisa mengunjungi pagoda 9 lantai, makam Siti Fatimah, Klenteng Dewi Kwan Im, dan beragam patung kepercayaan masyarakat Tionghoa lainnya. Tentu, wisata alam yang satu ini akan menjadi berbeda dan berkesan, bukan?

3 – Bukit Siguntang

Pada masa pemerintahan Kerajaan Sriwijaya, bukit kecil setinggi 30 mdpl ini adalah tempat ibadah dan bertapa umat Buddha. Kawasan hijau yang asri dan jauh dari keramaian ini, menjadi tempat yang cocok bagi mereka yang mencari ketenangan. Bahkan, hingga saat ini arca-arca berukuran besar yang tersisa, masih dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Berwisata alam sembari wisata sejarah dan religi ini, patut dicoba, ‘kan?

4 – Taman Kambang Iwak

Dulunya, taman ini adalah taman yang dibangun Belanda sebagai tempat untuk berolahraga para kaum bangsawan. Taman ini dilengkapi dengam danau buatan di tengahnya, yang difungsikan sebagai penghias taman dan penampung air hujan guna menangkal banjir. Kini, Anda pun bisa menikmati taman seluas 5 hektare ini, lengkap dengan segala fasilitas yang ditawarkan. Di antaranya seperti area bermain anak, dan tempat bersantai untuk menikmati keindahan dan keasrian taman.

5 – Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Hutan lindung yang telah ada sejak tahun 1998 ini juga patut Anda kunjungi. Di lahan seluas 50 hektare, cagar alam ini menawarkan beragam pilihan wisata alam. Sebut saja kebun binatang, penangkaran buaya, dan area pacuan kuda. Jadi, di sini Anda tidak hanya bisa berpiknik di taman, tetapi juga berenang, naik perahu, menunggang kuda, dan lain sebagainya.

Perjalanan wisata Anda di Kota Palembang, tentu akan semakin berkesan jika didukung dengan akomodasi yang nyaman. Tak perlu bingung, Anda bisa mendapatkan hotel murah di Palembang dengan mudah, yakni dengan memanfaatkan layanan Airy Rooms—jaringan hotel terbesar dan termurah di Indonesia.

 

airy rooms

 

Anda dijamin akan mendapatkan beragam fasilitas terbaik, seperti AC, TV LCD, Wi-Fi gratis, dan perlengkapan mandi lengkap dengan pancuran air hangat. Anda bisa melakukan reservasi melalui situs web Airy Rooms maupun versi aplikasi Android dan iOS.  Kemudahan lain, tersedia beberapa pilihan cara pembayaran; bisa melalui transfer, kartu kredit, maupun melalui gerai Indomaret.

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!
  • 16
    Shares
  • 16
    Shares

Leave a Comment