cara mengirimkan naskah ke penerbit

Cara Mengirimkan Naskah ke Penerbit

Cara Mengirimkan Naskah ke Penerbit – Ada sebuah penerbit yang hanya menerima naskah dalam format hardcopy. Maksudnya, kamu perlu menge-print naskahmu, menjilidnya rapi, memasukannya ke dalam amplop besar, dan mengirimkan ke alamat penerbit terkait.

Akan tetapi, ada juga penerbit yang baik hati, bisa menerima naskahnya dalam format softcopy. Maksudnya, kamu tak perlu menge-print naskahmu dan menjilidnya rapi. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mengirimkan naskahmu ke alamat email penerbit tersebut.

Nah, setelah mengetahui kebijakan masing-masing penerbit, apakah naskahmu bisa dikirim dalam format hardcopy ataukah softcopy, hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuat surat pengantar untuk penerbit dan mencantumkan CV-mu.

Contoh surat pengantar adalah sebagaimana berikut.

 

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

Kepada yang terhormat Penerbit Salam. Dengan ini, saya Fachmy Casofa, penulis yang secara konsisten menulis buku-buku sejak 2009, menawarkan naskah buku saya yang berjudul Muslimah Penakluk Surga.

Dalam buku ini, saya berbagi tips, inspirasi, juga motivasi untuk para muslimah agar tidak fokus ke kecantikan lahiriah, namun lebih bergairah untuk membangun kekuatan jiwa, agar menjadi muslimah kesayangan-Nya, sehingga bisa menaklukkan surga sesuai dengan cara-Nya.

Dengan gaya tulisan butiran, dapat dinikmati muslimah muda dengan santai dan per tema. Juga, ketebalan naskah yang tak terlalu banyak, harapannya dapat menjadi handbook sakti bagi generasi muda Islam kekinian.

Demikian pengantar ini saya sampaikan. Naskah dan CV saya lampirkan dalam email ini. Terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuhu.

 

Cukup sesederhana itu, tak perlu panjang-panjang. Tujuan dari surat pengantar adalah memberikan gambaran awal kepada editor yang nantinya akan me-review naskahmu. Jadi, jangan mempersulit editor dengan surat yang sangat panjang, sehingga membuat editor pusing dan justru akan malas menyentuh naskahmu.

Selain membuat surat pengantar, kamu juga harus membuat curriculum vitae-mu. Yaitu, semacam profil dari dirimu. Contohnya adalah demikian.

 

Data Umum

Nama Lengkap                    :       Fahmi Mubarok

Nama Pena                           :       Fachmy Casofa

Tempat/Tanggal Lahir      :       Jepara/04 Juni 1985

Status Perkawinan            :       Menikah

Alamat Rumah                    :       Jalan Gede RT: 06 RW: 06, Pondongan, Banaran, Sukoharjo

Nomor Ponsel                     :       085229282182

Profil ringkas   Fachmy Casofa adalah praktisi penulisan dan penerbitan dengan pengalaman lebih dari 7 tahun (sejak 2009). Ia telah menghasilkan karya +23 judul buku berbagai bidang dan ratusan artikel yang tersebar di berbagai media.
Keterampilan &KOMPETENSI  
  • Penulisan (Umum, Akademis, Bisnis, Jurnalistik, Anak, Religi Islam, Iklan, Konten Media Digital)
  • Penulisan Bayangan (Ghost Writing) dan Pendampingan (Co-Writing)
  • Penyuntingan (Copy Editing)
  • Penerbitan dan Pengelolaan Media
  • Penerbitan Buku
  • Penerbitan Destop (Desktop Publishing)
  • Pelatihan dan Pendampingan Menulis
Pengalaman   EDITOR, Wacana Ilmiah Press

2009-2011

EDITOR AKUISISI, PT TIGA SERANGKAI

2011-2015

MANAGING eDITOR, Virala Zetta Media

2015-sekarang

CO-FOUNDER institut penulis indonesia

2016-sekarang

Lembaga pendidikan dan pengkajian bidang literasi baca-tulis yang melenggarakan kegiatan di bidang kursus daring (online), pelatihan luring (offline), dan juga jasa penerbitan.

PELATIH (TRAINER), PENDAMPING (COACH), SERTA KONSULTAN bidang penulisan dan penerbitan

2014-SEKARANG

pendidikan   UNIVERSITAS Muhammadiyah Surakarta

Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah

Karya   Sejak berkarya pada tahun 2008, Fachmy Casofa telah menulis lebih dari 23 judul buku  berbagai bidang, dan menulis biografi tokoh penting yang menembus best seller nasional, seperti BJ Habibie. Menjadi penulis pendamping untuk tokoh-tokoh bisnis nasional, seperti Natali Ardianto CTO Tiket.com, Saptuari Sugiharto CEO Kedai Digital, Silka Mitrasari CEO Silka Clothing, dan Sunil Tolani CEO Idaff.

Informasi detail tentang karya dapat diakses di www.fachmycasofa.com.

 

organisasi   Fachmy Casofa telah bergiat di beberapa organisasi perbukuan dan literasi, seperti Yayasan Ayo Membaca Indonesia (AMIND), dan Asosiasi Penulis Profesional Indonesia.
pengalaman sebagai trainer, dan konsultan   Lembaga Sosial dan LSM

Accenture, Plan Indonesia, Yayasan Panti Yatim Indonesia, Forum Lingkar Pena, Asosiasi Penulis Profesional Indonesia, Tangan Di Atas, Zetta Media, Forsais.

Lembaga Pendidikan

Universitas Negeri Surakarta, Universtas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Magistra Utama, Politeknik Negeri Semarang.

 

Fungsi dari kita melampirkan CV ini adalah agar pihak penerbit mengetahui seperti apa potensi yang kita miliki sebagai penulis. Bahkan, terkadang tanpa melihat naskahnya terlebih dahulu, dengan melihat CV-nya saja, editor akan tahu bahwa penulis ini memiliki potensi yang bisa dimaksimalkan oleh penerbit ataukah tidak. Akan tetapi, tentu saja setelah itu melihat karya yang dikirimkan. Namun tetap saja, intuisi seorang editor dalam menangkap talenta seorang penulis bisa menjadi pertimbangan tersendiri.[]

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
Karena berkolaborasi akan lebih baik, apalagi kolaborasi yang bermanfaat. Bergabunglah bersama pembelajar lainnya. Sekarang.
Jangan khawatir, saya juga benci dengan spamming. Kita belajar bersama untuk hidup yang lebih baik.

Leave a Reply