. . .

Bila Antusiasme Penulis dan Pembaca Bertemu

Joker. Kulit putih pucat, rambut hijau berminyak dengan tubuh kerempeng. Karakter ini diganjar sebagai juara tertinggi dari 100 Greatest Villains of All Time oleh Wizard. Pria aneh dengan cengiran lebar. Beraksi gila dalam perampokan bank, pembunuhan berantai-rantai secara gelap, hingga pembunuhan massal. Dan coba tebak, ia melakukan semua itu karena ia pikir, “Ini menyenangkan!”

Penjahat kelas kakap lain macam Lex Luthor paling-paling hanya ingin menghancurkan musuh bebuyutannya saja. Tapi Joker, ia tak puas dengan itu. Ia bermain-main dulu dengan orang-orang terdekat musuh utamanya. Ia bermain-main dengan mereka dalam ruang kejahatan yang sangat pekat nan rumit. Keluarga komisaris Gordon, Todd, Barbara, semua kena ulah anehnya.

Setiap kemunculannya dalam komik, Joker selalu menghadirkan semangat di benak pembaca. Kesintingan, kerumitan, keanehan, ketidakkontrolannya, berbanding terbalik dengan Batman yang keras namun terkalkulasi.

Joker memegang rekor penjahat dengan otak paling brilian dalam kesintingan kejahatan, dan korban terbanyak dalam aksi brutalnya. Dan yang paling menakutkan dari itu semua adalah, ia tidak mencari keuntungan berupa kekayaan dari aksi-aksinya itu. Bginya itu adalah aksi dari penjahat kelas teri. Ia menganggap semua kejahatannya adalah lelucon. Ia kira semua itu adalah hal yang menyenangkan dan lucu!

Kegairahan. Gelora semangat. Minat besar terhadap sesuatu, biasa tersebut dengan antusiasme. Bagaimana bila antusiasme penulis bertemu dengan antusiasme pembaca?

 

Kejutan-kejutan, totalitas dalam pengerjaan, dan sentuhan-sentuhan outstanding dalam proses berkarya, tentu akan menghadirkan antusiasme yang sama di pembaca. Dan uniknya, antusiasme tidak akan hilang. Ia hanya akan berubah menjadi lebih besar dan menyebar. Maka, kerjakan karyamu dengan antusiasme terbaik. Dengan begitu, akan datang juga pembaca yang menikmati karyamu dengan antusiasme terbaik.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.