menjadi penulis buku

Bersiap Menjadi Penulis Buku

Bersiap Menjadi Penulis Buku РMenurut saya, paling tidak ada tiga syarat dalam  menulis buku. Jika ketiga syarat ini berhasil kamu penuhi, maka langkah-langkah lainnya cenderung gampang untuk ditaklukkan.

Pertama, memahami tema yang akan ditulis. Katakanlah dalam pikiran kamu sudah ada tema yang ingin kamu tulis. Itu saja tidak cukup. Itu baru sebatas ide. Masih ada satu hal yang perlu kamu perhatikan dengan sangat serius dan menjadi urutan pertama dalam hal perhatian kamu dari semua syarat menulis, yakni kamu cukup menguasai tema yang kamu tulis tidak? Jika dalam hati kecilmu menjawab tidak, segera tinggalkan ide itu. Namun bila kamu merasa yakin bisa menyelesaikan tema, maka persiapkanlah dirimu untuk menyelesaikan karyamu.

Kedua, waktu yang tersedia dan stamina yang cukup. Ide sudah ada, pemahaman mengenai tema yang ditulis pun sudah cukup. Sekarang coba cek lagi, punya waktu untuk mengeksekusinya tidak? Persiapan kita akan waktu ini begitu penting. Bila masih mengeluh tentang tidak punya waktu untuk menulis, kita harus sadar, bahwa di dunia ini, kita semua memiliki jatah waktu yang sama, yakni 24 jam. Klise memang. Akan tetapi, kenyataannya memang seperti itu. Tak pernah ada waktu yang cukup ideal untuk memulai. Bulatkan tekad, persiapkan diri, dan terobos segala ketidakmungkinan. Bila kita selalu menunggu waktu yang ideal, maka kita takkan pernah mendapatkan kesempatan itu.

Menulis adalah sebuah perjalanan panjang. Perlu waktu yang lama untuk menuntaskan sebuah buku. Tak seperti artikel yang mungkin hanya butuh dua atau tiga hari saja. Malah, mungkin hanya beberapa jam saja. Akan tetapi, menulis buku membutuhkan waktu yang tak sedikit. Pastikan waktu dan energimu cukup untuk mengerjakannya.

Ketiga, pastikan referensimu sudah tersedia. Nah, inilah bagian menarik dalam pembuatan buku. Tak hanya ide, waktu dan energi yang cukup saja harus ada, namun juga referensi yang sudah tersedia dengan baik. Fungsi referensi ini beragam, misalkan untuk semakin memperkaya naskah kamu, dan di saat yang lain, saat kamu stuck, maka referensi inilah yang akan memberikan ide baru untuk melanjutkan naskah. Tak harus semua referensi tersedia, namun sebagian besar memang harus sudah tersedia. Dalam perjalanan penggarapan naskah, kamu akan bertemu dengan referensi-referensi baru lagi yang akan memperkaya naskahmu. Nikmati proses kreatif itu dengan sebaik-baiknya.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
Karena berkolaborasi akan lebih baik, apalagi kolaborasi yang bermanfaat. Bergabunglah bersama pembelajar lainnya. Sekarang.
Jangan khawatir, saya juga benci dengan spamming. Kita belajar bersama untuk hidup yang lebih baik.

Leave a Reply