Berdoa di Waktu Lapang Maupun Sempit

Doa selalu menyelamatkan. Doa adalah usaha yang juga dikerahkan oleh Nuh yang terselamatkan dari air bah lewat kapal besarnya. Doa adalah usaha yang dikerahkan oleh Musa dari kejaran Fir’aun yang hendak melumatnya hingga ke Laut Merah. Doa adalah usaha yang dikerahkan oleh Shalih dari kekejian kaum Tsamud. Doa adalah usaha yang dikerahkan oleh Hud dari kezhaliman kaum Ad.

Begitulah. Doa selalu menyelamatkan.

Berdoalah. Karena doa adalah ibadah paling mudah yang bisa terlafalkan, pada saat yang sama, ia adalah ibadah terkuat yang bisa mencegah berbagai musibah, dan menghadirkan apa yang kita inginkan dan pinta.

Berdoalah. Baik di kala lapang, juga sempit. Karena sang Nabi pernah bersabda suatu kali, “Kenalilah Allah di masa lapang (senang),” kata beliau, “niscaya Allah akan mengenalimu di masa engkau menghadapi kesulitan.” (HR. Tirmidzi)

Mengenal Allah di masa lapang, berarti tetap memperbanyak dzikir walau nikmat tengah mengguyur. Banyak bersyukur kala anugerah tengah meruah. Banyak beribadah kala hari-hari tengah terlimpah riang dan kemudahan. Maka, di saat sempit dan susah menerpa, Allah akan selalu di samping kita untuk membimbing dan mengeluarkan kita dari kegelapan dan jalan hidup yang sempit.

“Barang siapa yang senang (ingin) Allah kabulkan doanya di masa kesulitan dan genting, hendaknya memperbanyak doa (ketika) di masa lapang.” (HR. Tirmidzi dan Hakim)

Paling mudah sebagai ilustrasi adalah kisah tentang Nabi Yunus. Yah, Nabi Yunus pernah mengalami hari paling menyusahkan dalam hidupnya ketika berada dalam perut ikan. Allah pun memberikan kabar gembira dengan mengeluarkannya dari perut ikan itu. Allah menyelamatkannya, tersebab Nabi Yunus sering melakukan shalat.

“Kalaulah ia tidak termasuk orang yang dulunya banyak bertasbih (shalat), niscaya ia akan tetap tinggal di perutnya hingga hari dibangkitkan.” (As-Shaffat [37]: 143)

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!