Benci Melakukan Sales Marketing? Ini 16 Kiat Agar Energi Jualanmu Berkibar Lagi

Tidak peduli apakah bisnis yang kita jalankan besar atau kecil, kita tetap membutuhkan pembeli. Bisa jadi kita tidak suka melakukan penawaran melalui telepon atau secara langsung atas barang atau jasa yang kita hasilkan, tapi kita tetap harus mendapatkan pembeli baru, bahkan dalam jumlah besar, bila tidak ingin bisnis tersebut gulung tikar seketika.

Maka, trik kita perlukan, agar kita tetap harus menawarkan barang atau jasa dari bisnis kita kepada calon pelanggan, agar bisnis kita tetap jalan.

1 – Jangan beralasan sibuk, sehingga hari ini tidak mengalokasikan untuk melakukan penawaran. Luangkan sekitar 20% dari semua waktu kita dalam sehari. Itu sudah lebih dari cukup, asal dilakukan dengan konsisten. Ingat, banyak orang menjual barang atau jasa yang sebenarnya berkualitas baik, tetapi tidak berhasil dalam bisnisnya. Kenapa? Karena sebagian besar gagal dalam hal alokasi waktu waktu yang mereka gunakan untuk melakukan penawaran dan penjualan.

2 – Ada dua cara mendapatkan calon pembeli dan pelanggan, yaitu: membuat mereka datang pada kita dan membeli barang atau jasa yang kita miliki, atau kita datangi mereka dan kita menjual barang atau jasa kita. Paling bagus, tentu dua hal tersebut dilakukan.

3 – Sudah menjadi kewajiban bagi seorang pebisnis untuk melakukan selling. Presiden utama perusahaan IBM, Thomas J. Watson Sr, bahkan mengatakan, “Perusahaan ini tidak akan berjalan jika tak seorang pun berhasil menjual sesuatu.” Apalagi bisnismu yang tidak sebesar IBM, kan?

4 – Calon pembeli tidak akan pernah mengatakan kepada kita alasan mereka sebenarnya membeli barang atau produk yang kita tawarkan. Makanya, harus mengenali karakter mereka masing-masing. Karena, orang memiliki keinginan tertentu saat mereka mengeluarkan uang.

5- Untuk calon pembeli yang memiliki lebih banyak uang, kita hanya perlu menunjukkan kepada mereka cara menabung, karena mereka sudah tahu cara mencari uang, apalagi uang yang banyak.

6 – Para pembeli akan membelanjakan uangnya dengan orang yang menyukai mereka dan dengan orang yang mereka sukai.

7 – Jangan menawarkan makanan sehat atau gaya hidup sehat, sebaiknya tawarkan panjang umur.

8 – Tawarkan bahwa produk atau jasamu akan membuat hidup calon pelangganmu akan hidup lebih bahagia. Bukankah ini yang diinginkan semua orang?

9 – Tunjukkan kepada para pelanggan bahwa apa yang kita lakukan akan mengurangi stres dan baik untuk kesehatan mereka.

10 – Jangan lupa untuk membuat para pelanggan merasa dihargai sehingga mereka akan menjadi pelanggan setia.

11 – Menjadi lebih pintar. Pikirkan cara agar barang atau jasa yang kita tawarkan dapat memenuhi kebutuhan ini.

12 – Merasakan kedamaian. Jika para pembeli membeli pada kita, apakah mereka akan tidur lebih nyenyak?

13 – Dipuji merupakan kebutuhan dasar setiap orang. Oleh karena itu, pujilah para pembeli, kita tidak akan rugi.

14 – Takut kehilangan uang. Alasan inilah yang menyebabkan orang membeli jasa keuangan dan yang semacamnya agar uang tunai mereka tidak hilang.

15 – Tunjukkan kepada mereka bahwa barang dan jasa yang kita tawarkan membuat mereka terhindar dari melakukan kesalahan.

16 – Oranglah yang menjadi kunci penjualan. Sebelum menerima apa yang kita katakan, orang perlu ‘membeli’ kita terlebih dahulu. Jika kita merasa hal ini sulit diterima, bayangkanlah seseorang yang mencoba menawarkan sesuatu kepada kita, termasuk para politisi dan pemimpin agama di televisi. Jika kita tidak menyukai orang tersebut, akan sulit bagi kita untuk menerima apa yang mereka katakan.

Selamat melakukan selling. Ingat, berusahalah untuk menyesuaikan diri dengan orang lain. Belajarlah untuk menyesuaikan diri dengan kata, nada suara, serta bahasa tubuh orang lain. Tidak berarti bahwa kita harus menirukan persis seperti yang dilakukan orang lain, tapi saat berkomunikasi dengan orang lain berupayalah untuk menyesuaikan dengan cara dan bahasa mereka. Misalnya, jika pelanggan berbicara lembut dan perlahan, hubungan baik akan terjalin jika kita pun berbicara dengan lembut dan perlahan. Secara tidak sadar, para pelanggan dapat menangkap kesan bahwa kita memiliki kesamaan dengan mereka.

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

Leave a Comment