apa itu penerbit

Apa Itu Penerbit?

Apa itu penerbit? – Menjadi penulis tanpa tahu apa itu sebuah penerbitan terasa aneh menurut saya, karena penerbitlah yang akan mengapresiasi karyamu pertama kali dan bersedia menjadi rekanmu dalam melesatkan karyamu. Maka, sepatutnyalah bagi setiap penulis mengetahui apa dan bagaimana sebuah industri penerbitan bekerja.

Masih banyak yang bingung apa perbedaan antara penerbitan dan percetakan. Alhasil, saat seseorang bekerja di penerbitan, dia dianggap bekerja di percetakan.

Hal itu pun terjadi kepada saya.

Saya sering tersodor pertanyaan, “Di tempatmu bisa mencetak kartu nama, nggak?”

Bikin baper, memang.

Apa sih yang dimaksud dengan penerbitan?

Educational Publishers Council, Inggris, mendefinisikan penerbit demikian: publishing is not printing, nor it is bookselling. Essentially it is the business of supporting, and developing an author’s idea, and preparing it for public use. Artinya, sebuah penerbitan tidak dapat disamakan dengan percetakan dan tidak pula disamakan dengan kegiatan penjualan buku. Makna penting dari kegiatan penerbitan yaitu mendukung dan mengembangkan ide seorang pengarang dan mempersiapkan ide dalam bentuk naskah untuk kebaikan publik.

Nah, yang perlu digaris bawahi, tugas dan makna penting dari sebuah penerbitan adalah mendukung dan mengembangkan ide penulis, kemudian mempersiapkannya ke dalam sebuah buku yang siap dikonsumsi publik.

Mulia sekali tujuan sebuah penerbit didirikan.

Jadi, sebuah penerbitan belum tentu memiliki mesin cetak, karena memang area kerjanya adalah mengembangkan gagasan menjadi sebuah karya.

Oleh karena itu, sebuah penerbitan standarnya hanya memiliki beberapa kru seperti ini. Tim editorial, yang terdiri atas editor, layouter, desainer, dan ilustrator, serta proof reader. Kemudian ada tim pemasaran dan promosi yang fokus mengurusi distribusi dan penjualan buku dan menata stok. Persoalan mencetak, penerbit bisa mencetaknya ke percetakan.[]

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
Karena berkolaborasi akan lebih baik, apalagi kolaborasi yang bermanfaat. Bergabunglah bersama pembelajar lainnya. Sekarang.
Jangan khawatir, saya juga benci dengan spamming. Kita belajar bersama untuk hidup yang lebih baik.

Leave a Reply