Hal ini penting diketahui, mengingat naik pesawat tidaklah seperti naik bus, kereta api, apalagi kapal ferry. Saya sudah pernah menjajal semua moda transportasi itu, dan pesawat memiliki kekhasannya. Jangan langsung membayangkan enaknya berada di atas awan, ada beberapa hal yang tetap perlu kamu ketahui sebelum naik pesawat pertama kali.

1 . Semua ponsel dan peralatan elektronik yang menggunakan pemancaran radio tidak diperbolehkan selama berada di dalam pesawat. Mengapa? Karena hal ini sangat mengganggu sistem navigasi dan komunikasi dengan menara pengawas setempat.

2. Untuk penggunaan laptop dan PDA boleh dipergunakan setelah fasten seatbely OFF dengan menggunakan flight mode. Setelah fasten seatbelt ON, untuk persiapan mendarat maka penumpang harus mematikan penggunaan laptop dan PDA tersebut.

3. Barang-barang yang mudah terbakar seperti korek api, atau yang mudah meledak seperti petasan, atau material yang mengandung magnet seperti baterai, tabung gas, tidak diperbolehkan untuk dibawa.

4. Peraturan pemerintah melarang kegiatan merokok selama dalam penerbatang. Terdapat detektor asap di semua toilet dan akan dikenai sanksi berat bagi yang melanggar aturan.

5. Jaket/baju pelampung merupakan salah satu peralatan keselamatan di pesawat untuk kondisi darurat di atas air, jangan keluarkan pelampung dari tempat dalam kondisi normal, dan tidak untuk dibawa pulang.

6. Dilarang mengonsumsi minuman beralkohol selama penerbangan berlangsung.

7. Sabuk pengaman harus selalu terpasang sewaktu take off dan landing. Dianjurkan untuk selalu memasang seat belt selama penerbangan.

8. Barang bawaan harus selalu diletakkan di atas kepala atau di bawah kursi depan.

9. Barang atau benda tajam harus dipak dalam bagasi dan tidak diperkenankan untuk dibawa ke dalam bagasi kabin.

Itulah hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum melakukan penerbangan pertama kali dengan pesawat.

Selamat melakukan penerbangan pertama kamu. Tidak usah takut, pemandangannya cantik kok dari atas 😉

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.