6 Tips Meeting dengan Klien yang Efektif

Tak semua orang bisa melewati meeting dengan baik. Tak semua orang pula bisa membuat meeting yang membawa hasil sesuai dengan apa yang diinginkan.

Pasti kamu sering banget dengar pepatah Inggris yang berbunyi, “Those who fail to plan – plan to fail.’ Bagi yang bahasa Inggrisnya agak memprihatinkan, arti bebasnya adalah seperti ini, “Orang yang gagal membuat perencanaan sebenarnya telah berencana untuk gagal.”

Pepatah itu sangat relevan, manakala setiap meeting, pitching, atau pun penawaranmu secara tatap muka dengan klien tidak berbuah sesuai hasil yang kamu harapankan. Yang kamu perlukan hanyalah persiapan yang baik dan tujuan yang jelas.

Perhatikan hal-hal berikut jika tidak ingin gagal, ya.

1 – Apa yang ingin kamu dapatkan dalam pertemuan itu?

2 – Tentukan tujuan kamu meeting dengan jelas. Kalau bisa, sangat jelas. Dan tulislah tujuan tersebut. Hal tersebut akan membantu kamu menentukan rencana cadangan jika ternyata rencana pertama tidak berhasil.

3 – Seberapa baikkah kamu mengenal orang yang akan kamu jajagi? Seperti FBI atau CIA, kalau bisa, carilah segala hal tentangnya: prestasinya, latar belakangnya, kesukaannya, dan lain sebagainya. Ini untuk memudahkanmu membuka perbincangan, membuat flow pertemuan, dan menghadirkan keakraban.

4 – Pertanyaan-pertanyaan apa yang ingin kamu ajukan? Siapkan pertanyaan terbuka (memerlukan penjelasan) dan pertanyaan tertutup (hanya pilihan jawaban) yang akan memberikan informasi yang kamu butuhkan, serta akan menunjukkan ketertarikan kepada orang yang kamu jajagi dan membantu kamu mencapai tujuan.

5 – Sanggahan apa yang mungkin akan dia kemukakan? Buatlah daftar sanggahan yang mungkin dia kemukakan. Dan tentu saja, jangan lupa untuk menyiapkan tanggapanmu.

6 – Buatlah penutup yang berkesan. Pikirkan cara agar dia yang kamu jajagi mengingat kamu. Menjadi berbeda itu gampang. Tetapi menjadi berbeda yang juga diingat, tentu memiliki triknya sendiri, bukan?

Gunakan hal-hal di atas untuk mempersiapkan diri sebelum melakukan meeting dengan klien. Persiapan tentu akan membuat kamu lebih percaya diri dan membantu mencapai hasil yang diinginkan.

Selamat mencoba!

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

Leave a Comment