5 Kunci Mendirikan Startup

Mendirikan startup bukanlah persoalan main-main. Ini adalah sebuah kegiatan yang memang kita rancang menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan. Lalu, apa saja yang perlu kamu persiapkan?

Temukan Alasan Mendasar

Mengapa kamu mendirikan startup? Apakah agar jadi kaya raya dengan income miliaran, atau agar terkenal, atau hal lainnya? Pada akhirnya, alasan terbaik untuk memulai sebuah startup adalah karena kamu sangat-sangat bergairah untuk menjadi pemecah sebuah masalah, dan kamu akan menyesal seumur hidup bila tidak mendirikan startup tersebut.

Dengan alasan semendasar itu, halangan apa pun yang akan hadir dalam perjalananmu, akan menjadi tantangan yang harus kamu taklukkan. Dalam dunia startup, adalah dunia yang penuh stres dan pembaruan-pembaruan yang terus berlanjut. Pastikan alasan mendasarmu untuk mendirikan startup tersebut menghasilkan energi.

Membuat Tim Tetap Ramping

Tetaplah memiliki tim yang sedikit, namun berimpak besar. Dengan begitu, kamu dan tim bisa fokus kepada produk, dan siap untuk bertumbuh lebih lanjut.

Tetaplah ramping selama yang kamu bisa.

Dua Pikiran yang Harus Dipikirkan

Pikiran pertama yang harus dipikirkan adalah, pikirkan bagaimana caranya agar bisnismu bisa berjalan dalam jangka waktu yang panjang. Pikirkan apa yang seharusnya dicapai dalam sepuluh tahun ke depan oleh bisnismu, dan keputusan macam apa yang harus kamu putuskan sekarang.

Pikiran kedua yang harus dipikirkan adalah, berpikirlah besar. Apa yang bisa kamu lakukan sepuluh kali hingga seratus kali lebih baik dari apa yang bisa kamu lakukan daripada kompetitor. Apa yang bisa bisnismu lakukan yang saat ini kompetitormu tak bisa lakukan.

Pola pikir keduanya akan membuat bisnismu berjalan dengan baik.

Satu Daya Gebrak

Yang kamu butuhkan bukanlah banyak fitur keren yang justru membingungkan pelanggan. Yang kamu perlukan hanya satu daya gebrak, yaitu one core value.

Tentukan sejak dini, apa itu one core value-mu.

Daripada memaparkan puluhan fitur, lebih baik berikan satu instruksi jelas untuk pelangganmu:

Kami melakukan _____ 10 kali lebih baik daripada yang lain.

Dengan begitu, pelanggan dengan jelas, mengapa mereka harus memilih menggunakan bisnismu.

Memiliki banyak fitur yang sebenarnya tak terlalu perlu sebenarnya merupakan pertanda bahwa bisnismu kehilangan fokusnya. Dan itu justru menjadi penjebakmu dalam mengembangkan bisnis ke tingkat lebih lanjut.

Sebagai catatan, memiliki DESAIN YANG LEBIH BAIK atau LEBIH MUDAH DIGUNAKAN bukanlah core value. Bisnis lain bisa datang dengan desain yang benar-benar lebih bagus atau benar-benar lebih mudah digunakan, karena kedua hal itu bersifat pengembangan, bukan sesuatu yang mendasar dan substantif.

Untuk core value, kamu butuh satu hal yang bersifat substantif. Dan itu adalah tugasmu sendiri untuk mencari tahunya.

Fokus pada Kualitas Produk

Produk adalah kunci. Memang, fokus pada produk bukanlah garansi bahwa bisnis akan sukses. Akan tetapi, produk yang bagus, menjadi kunci segalanya. Kunci di pemasaran, kunci di pertumbuhan bisnis, kunci untuk mendapatkan pelanggan, dan sebagainya.

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

Leave a Comment