. . .

5 Cara Bermain Bisnis Agar Selalu Menang

Setelah mendapatkan pendanaan Seri C dari Peter Thiel pada tahun 2012, Brian Chesky, founder dari Airbnb, mengundang Peter Thiel ke markas Airbnb. Usai meeting beberapa waktu untuk menganalisis laporan keuangan dan pertumbuhan perusahaan, Brian Chesky bertanya kepada Peter.

“Satu hal penting apa yang akan kamu nasihatkan kepada kami?”

Jawab Peter sungguh menakjubkan.

“Jangan rusak kultur perusahaan AirBnB ini.”

Sebuah jawaban tidak disangka, yang keluar dari mulut seorang Peter yang telah menggelontorkan investasi sebesar $150 miliar kepada Airbnb.

Ternyata, salah satu alasan terbesar Peter mau berinvestasi pada Airbnb adalah karena kultur perusahaan tersebut. Kultur perusahaan, yang didefinisikan oleh Brian Chesky sebagai, “Culture is simply a shared way of doing something with passion.”

Membangun kultur perusahaan dan membuatnya perusahaan tersebut memiliki fondasi yang kuat untuk melesat, bagi saya adalah menempatkan 5 PLAY pada posisinya.

Product Play. Ketahui dengan baik siapa saja kompetitormu, dan buatlah produkmu cukup superior di antara produk lain, sehingga “kelihatan”.

Production Play. Memahami proses atau model bisnismu dengan sangat jelas mendefinisikan hendak ke mana bisnis ini akan kamu bawa nantinya.

Delivery Play. Pelayanan terhadap pelanggan adalah kunci untuk membuat mereka tetap bahagia, maka buatlah koneksi yang tepat.  

Price Play. Harga seharusnya dibentuk dengan asas: bahwa orang-orang mau untuk membayar produk atau layanan yang kita tawarkan, karena produk atau layanan tersebut memiliki nilai yang tinggi.   

Sales Play. Memahami mana saja kanal penjualan dan memiliki strategi khusus dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan dan menjaga pelanggan.

Dalam bisnis, bagaimana kamu “bermain” akan menentukan kemenanganmu.

Bergabunglah bersama 5.357 pembelajar lainnya.
I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )
Dua pekan sekali, saya berikan informasi penting mengenai writerpreneurship. Wajib bagimu untuk bergabung dalam komunitas email saya ini kalau kamu ingin belajar menjadikan profesi penulis sebagai ikthiar utama dalam menjemput rezeki, seperti yang saya lakukan sekarang ini.
Kesempatan terbatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.