5 Bloger yang Penghasilannya Miliaran Bahkan Triliunan dan Apa yang Bisa Kamu Pelajari dari Mereka

Siapa menyangka, bahwa dari aktivitas ngeblog, bisa menghasilkan miliaran, bahkan triliunan. Helo, itu uang yang banyak. Banyak banget, malah!

Dulunya, waktu internet belum semasif sekarang, aktivitas ngeblog masih sebatas curhat di blog, atau sharing catatan pribadi yang ‘cenderung’ nggak penting. Tetapi, nyatanya kedelapan bloger kaya raya ini mampu membuktikan bahwa bila ngeblog dilakukan dengan seharusnya, bisa menghasilkan duit yang banyak.

Bayangkan, ngeblog bisa dilakukan di mana saja, selama ada koneksi internet. Bila dulu hanya bisa dilakukan lewat laptop, sekarang bahkan bisa dilakukan lewat ponsel. Dengan digabung dengan kemampuan menulis yang mumpuni, hujan duit bisa datang.

Baiklah, inilah lima bloger berpenghasilan miliaran bahkan triliunan dan apa yang bisa kita pelajari dari mereka.

1 – Pete Cashmore

Menurut Sunday TImes, Pete Cashmore memiliki kekayaan sebanyak 230 juta dolar AS, atau bila dirupiahkan senilai 3,12 triliun!

Hanya berawal dari sebuah kamar kecil nan berantakan di Skotlandia, Pete Cashmore mulai ngeblog saat ia baru berumur 19 tahun. Tapi, walau umurnya baru segitu, bukan berarti dia ngeblog tentang curhatan pribadi yang galau dan tak bermutu. Pete Cashmore ngeblog dengan tema bisnis, teknologi, gaya hidup, dan dunia hiburan. Nama blognya adalah Mashable. Yap, sekarang, blog tersebut berubah menjadi media rujukan banyak orang, karena memang secara cepat menghadirkan informasi yang dibutuhkan dalam dunia teknologi, gaya hidup, dan juga bisnis serta hiburan.

Dan kerennya, sekarang sebagai pendiri dan CEO dari Mashable, Pete Cashmore juga rutin menulis kolom teknologi dan media sosial di CNN.

Apa yang kita bisa pelajari dari Pete Cashmore? Menyajikan tema yang jelas, dan konten yang konsisten dalam blog. Membuat blog yang bermutu dengan trafik dan komunitas yang baik butuh waktu. Tidak asal jadi dalam hitungan hari. Bisa berbulan bahkan bertahun. Konsistensi diperlukan di sini. Tetapi, selama menulis dan berada dalam dunia media adalah passion-mu, saya kira kamu tak perlu mengkhawatirkannya. People with passion can change the world, bukan?

2 – TImothy Sykes

Penghasilannya per bulan bisa sebesar US$180 ribu, dan itu didapat hanya dengan mengelola blognya TimothySykes.com. Walaun UI dan UX dari blognya biasa saja menurutku, tetapi dengan memiliki penghasilan sebesar itu, tentu saja sangat menggiurkan dan kita perlu tahu, apa yang dilakukannya dengan blog tersebut.

Ternyata, selain bloger, Timothy juga seorang pebisnis dan pemain saham. Timothy terkenal sebagai jagoannya di bidang saham dan pasar modal. Makanya, blognya berisi tentang kedua hal tersebut. Benar-benar niche market! Selain itu, ia memanfaatkan blognya untuk mengajar finansial, dengan ribuan siswa berada di bawah asuhannya.

Apa yang bisa kita pelajari dari Timothy Sykes? Menurut saya, soal niche market. Kita tak perlu ikut-ikutan dengan blog lain yang sudah sukses. Yang perlu kita lakukan sebenarnya sederhana: menganalisis kemampuan terbesar apa yang ada dalam diri sendiri. Paparkan secara rutin tentang konten tersebut ke dalam blog. Setiap hari bila perlu. Lalu, secara smooth ataupun hard selling, itu terserah kamu, juallah kemampuanmu itu. Selama kita memiliki kemampuan, mengapata tak memonetisasi, iya kan?

3 – Gina Trapani

Bagi pengemar situs LifeHacker, kamu patut mengidolakan Gina Trapani. Dia adalah pendiri sekaligus CEO-nya. Gina Trapani adalah satu-satunya bloger wanita yang memiliki penghasilan tinggi dari blog, sekitar 1.5 miliar rupiah per bulan. Oke, itu sangat banyak memang.

LifeHacker sendiri adalah blog yang berisi berbagai konten untuk memberikan petunjuk tentang cara mengerjakan sesuatu dengan lebih mudah, lebih cepat, dan lebih baik.

Selain mengurusi LifeHacker, Gina Trapani juga mengerjakan beberapa proyek keren, sebut saja misalnya Makerbase, ThinkUp, dan lain sebagainya, yang bisa kamu tengok di situs pribadinya.

Apa yang bisa kita pelajari dari Gina Trapani? Berpikir beda. Sekali lagi, tema blog sangat menentukan akan sehebat apa nantinya blog tersebut. LifeHacker memiliki trafik tinggi dan penggemar yang banyak karena memang ‘menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda’. Coba saja tengok media tersebut.

4 – Michael Arrington

Michael Arrington adalah pendiri TechCrunch. Penghasilannya sekitar US$500 ribu hingga US$800 ribu per bulan. Situs yang membahas tentang dunia tenologi. Ada yang menarik tentang Michael Arrington ini. Ternyata, dia tak memiliki latar belakang teknologi. Arrington justru lulusan ekonomi.

Saat mendirikan TechCrunch, Arrington benar-benar mencurahkan hidupnya untuk blog tersebut. Bahkan, dalam satu hari dia bisa menulis beberapa artikel, hingga merasa sangat kelelahan dan tertidur di papan tiknya. Setelah terbangun, dia langsung menulis lagi, dan begitu terus hingga tertidur di papan tiknya lagi. Dan dikarenakan siklusnya itu, Arrington harus bermasalah dengan kesehatannya, karena pola tidurnya dan pola makannya yang tidak teratur. Berat badannya bahkan sempat naik sekitar 22,7 kg hanya dalam waktu lima tahun.

Apa yang bisa kita pelajari dari Michael Arrington? Dedikasi dan konsistensi. Dedikasi sepenuhnya atas passion. Atas visi dari apa yang sedang kita kerjakan. Dan perlu juga kamu ketahui, kebesaran nama TechCrunch tak semata karena kerja keras Arrington. Keputusannya yang tepat dalam merekrut orang-orang untuk mengisi konten TechCrunch juga memiliki andil besar. Pengisi konten TechCrunch adalah jurnalis-jurnalis yang cukup ternama, serta orang-orang dengan kompetensi di bidang tertentu, seperti Chris Dixon dan Semil Shah dan Kevin Rose.

Dan hebatnya, dengan kondisi finansialnya yang membengkak besar itu, Arrington mendirikan CrunchFund pada tahun 2011 bersama dengan dua rekannya, M.G. Siegler dan Patrick Gallagher. CrunchFund didedikasikan untuk mendanai perusahaan-perusahaan startup dan bahkan membelinya bila dinilai memiliki prospek bagus.

5 – Vitaly Friedman

Bagi para web developer ataupun desainer grafis, pasti kenal dengan website karya Vitaly Friedman ini. Namanya SmashingMagazine. Blog ini sangat terkenal di kalangan web desainer dan desainer grafis, karena memang menyajikan ulasan yang menarik dan bermutu tentang dunia itu. Situs ini menyajikan tip terbaru beserta panduan dan tutorial berkualitas tinggi. Penghasilan blognya dihasilkan dari banner dan afiliasi. 2,6 miliar rupiah sudah mampir di kantor Vitaly Friedman.

Apa yang bisa kita pelajari dari Vitaly Friedman? Mutu konten. Ada beberapa blog yang memiliki konten sangat banyak, namun tak memiliki kebermutuan konten yang cukup bagus. Nah, SmashingMagazine termasuk yang sering mengisi konten namun juga memiliki tingkat kebermutuan konten yang tinggi. Dan inilah yang disebut dengan content is king. Akan banyak para pengiklan yang rela antri demi menjadi partner, bila kita cukup cerdas mengelola blog dengan kualitas konten yang bagus.

Nah, itulah lima bloger dengan penghasilan tinggi yang bisa kita ambil pelajaran. Sekarang, jadi makin semangat unguk ngeblog dong pastinya.

Fachmy Casofa
3 EBOOK GRATIS!
Dapatkan 3 e-book gratis spesial dari saya, khusus untuk kamu yang siap dan mau saja. Daftar lewat form ini. Penawaran terbatas!
Jangan Lupa Share, Ya!

Leave a Comment